Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Menuju Kedigdayaan Legislatif Indonesia (74/U)

Menuju Kedigdayaan Legislatif Indonesia (74/U)

KOPI - Reformasi dan demokratisasi Indonesia yang telah berlangsung hampir satu setengah dasawarsa sejak 1998 ini ternyata masih belum menampakkan hasil yang baik dalam proses perpolitikan nasional. Proses perpolitikan Indonesia masihlah secara dominan dikuasai oleh kekuatan “trias politica” (eksekutif, legislatif dan yudikatif), meskipun dua entitas sub-politik lainnya yakni media massa dan organisasi non-pemerintah semakin aktif turut berpartisipasi dalam proses politik di negeri ini. Pemilihan umum langsung yang telah berlangsung dua kali yaitu pada 2004 dan 2009 belum menunjukkan kematangan elit-elit politik Indonesia untuk mewujudkan proses perpolitikan nasional yang bersih, jujur, dan membaik.

Indonesia masih terbelenggu oleh kata “stabilitas politik” yang hanya terasosiasikan dengan pemilu harus berlangsung dalam 5 tahun sekali, yang sebenarnya justru menunjukkan sikap ketidakdewasaan para elit-elit politik negeri ini. Indonesia seakan-akan memiliki paranoid yang berlebihan dimana jika “stabilitas politik” itu tidak ada maka pembangunan ekonomi pun dapat terhambat. Kini, peran legislatif menjadi semakin kuat dibandingkan era sebelumnya, dimana setiap kedudukan penting di negeri ini akan melalui proses seleksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terutama posisi di lembaga-lembaga eksekutif dan yudikatif.

Kekuatan legislatif Indonesia sebenarnya tidak hanya DPR, melainkan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), namun yang senantiasa dominan ialah DPR. Jabatan sebagai Anggota DPR dipandang sangatlah terhormat di mata rakyat awam, namun ternyata telah banyak kasus yang mengungkapkan bahwa sebagian besar Anggota DPR berperan sebagai “mafia kebijakan” dan bukan penyambung aspirasi rakyat sebagaimana fungsinya. Penyalahgunaan wewenang dan jabatan sebagai Anggota DPR seharusnya mendapat penghukuman berat karena secara langsung dan tidak langsung telah meremehkan suara rakyat (konstituennya) yang telah memilihnya.

Berdasarkan latar belakang yang cukup ironis tersebut, sebagai masyarakat biasa, saya sungguh berharap bahwa setiap anggota legislatif Indonesia memiliki 12 kriteria yang mampu menghantarkan negara ini menuju kedigdayaannya sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, yakni sebagai berikut:

1. Cerdas dan tangkas

Cerdas artinya mampu mengelola masalah dengan baik hingga menemukan solusi yang tepat dan berdaya guna tinggi, sedangkan tangkas artinya lincah dan berhasil dalam beraksi. Setiap anggota legislatif harus cerdas dan tangkas karena problematika di Indonesia sangatlah kompleks dan multidimensional. Cerdas dan tangkas tidak hanya terkait intelektualitas secara akademis namun juga mencakup kematangan dalam menanggapi masalah secara praktis.

2. Menjunjung tinggi kejujuran dan harga diri

Kejujuran adalah salahsatu sifat yang semakin sulit ditemukan pada elit-elit politik kita mengingat kepribadiannya yang terlalu mudah untuk berkompromi untuk kepentingan pribadi dan golongan. Harga diri juga semakin sulit didapati karena elit-elit politik dengan mudah mengumbar janji-janjinya kepada masyarakat tanpa memperhatikan bahwa hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh bagi sebuah harga diri Anggota DPR. Setiap anggota legislatif harus menjunjung tinggi kejujuran dan harga diri sehingga niscaya peran sebagai “mafia kebijakan” tidak melekat lagi pada Anggota-Anggota legislatif terutama yang berada di Senayan.

3. Mencintai Tuhan pasti mencintai rakyat

Jika seseorang mencintai Tuhan tentu ia akan mencintai orang-orang yang berada di sekelilingnya. Begitupun dengan setiap Anggota legislatif, jika ia mencintai Tuhan pasti ia pun akan mencintai rakyat. Cinta rakyat menandakan bahwa ia sanggup rela mengorbankan kepentingan pribadinya demi kepentingan masyarakat seperti yang telah Tuhan contohkan pada kitab suci berbagai agama.

4. Kepribadian yang hangat dan senang beraudiensi

Setiap anggota legislatif diharapkan memiliki kepribadian yang hangat, mengapa? Karena rakyat dan media massa mengharapkan sesosok perwakilan mereka yang akrab tidak hanya secara momentual pada saat pemilu namun juga sepanjang memegang posisi tersebut. Kepribadian yang hangat akan menjamin adanya hubungan karib, baik, dan berkelanjutan yang ditunjang oleh kesenangan beraudiensi haruslah dimiliki oleh setiap anggota legislatif sehingga akan membawa suasana politik yang kondusif bahkan inspiratif bagi segenap rakyat Indonesia.

5. Pengalaman dan kapabilitas dalam mensosialisasikan aspirasinya

Telah menjadi rahasia umum bahwa masih banyak anggota legislatif yang mengalihkan sebagian tugasnya kepada para staf ahlinya, hal ini tentu menunjukkan kurangnya pengalaman dan kapabilitas dalam mensosialisasikan aspirasi. Setiap anggota legislatif diharapkan memiliki bobot seperti menulis buku, memimpin aksi, ataupun menulis opini dalam surat kabar dan penelitian dalam jurnal ilmiah sehingga tidak akan lagi ditemui orang yang menjadikan posisi anggota legislatif sebagai pekerjaan formal saja melainkan sebagai pengabdian dan balas budi kepada ibu pertiwi.

6. Empati dan kesederhanaan

Setiap anggota diharapkan memiliki empati dan kesederhanaan yang tentunya menjadi contoh bagi masyarakat luas Indonesia yang juga senantiasa mengingatkan kita bahwa ancaman kemiskinan dan bencana alam masih menghantui banyak masyarakat di segenap penjuru negeri. Empati dan kesederhanaan anggota legislatif tentu menjadi modal awal bagi terciptanya kalangan legislatif yang bersih dan progresif.

7. Kapasitas berkolaborasi dan berrelasi yang mapan

Menyusun kebijakan untuk menyelesaikan begitu banyak problematika di masyarakat tentu membutuhkan kapasitas berkolaborasi yang baik, terutama bagi setiap anggota legislatif yang menjadi mediator utama antara aspirasi rakyat dengan kebijakan pemerintah. Selain itu jiwa membina relasi baik secara lokal, regional, nasional, hingga internasional haruslah dimiliki oleh setiap anggota legislatif karena relasi menjadi salahsatu kunci bagi keberhasilan kita dalam era globalisasi kini.

8. Keseimbangan proporsional antara kepentingan nasional dan internasional

Indonesia adalah negara yang selalu terbuka dalam pergaulan internasional dan telah menjadi salahsatu kekuatan ekonomi politik terkemuka di dunia, maka itu setiap kepentingan nasional akan selalu bersinggungan dengan kepentingan internasional. Dalam proses penyusunan kebijakan, setiap anggota legislatif harus mampu mempertimbangkan kepentingan nasional dan internasional secara logis dan proporsional.

9. Optimisme dan progresivitas

Sebagai salahsatu pihak yang bertanggungjawab dalam penyusunan kebijakan negara, setiap anggota legislatif harus memiliki rasa optimisme dan progresivitas yang kuat sehingga kemajuan pembangunan negeri ini dapat tercapai karena adanya sokongan moral yang begitu kuat dari lembaga aspirasi rakyat ini.

10. Kesehatan prima dan gaya hidup ramah lingkungan

Kesehatan menjadi modal paling dasar bagi setiap manusia untuk melakukan pekerjaannya secara baik dan berkelanjutan. Selain itu, kini alangkah baiknya jika setiap anggota legislatif pun menerapkan gaya hidup ramah lingkungan sehingga menjadi teladan bagi masyarakat luas.

11. Memiliki cita-cita tentang perbaikan dan percepatan pendidikan politik Indonesia

Anggota legislatif berasal dari rakyat dan adalah merupakan kewajiban jika masyarakat harus mampu mendapatkan manfaat dari anggota legislatif tersebut yaitu perbaikan dan percepatan dalam pendidikan berpolitik. Setiap anggota legislatif harus mampu memajukan kualitas pendidikan politik di wilayah konstituennya masing-masing sehingga situasi politik nasional secara keseluruhan akan kondusif.

12. Bersedia mundur dari jabatan jika melakukan tindakan melanggar hukum dan atau tidak mewakili suara rakyat

Rela mundur dari jabatan sebagai anggota legislatif masihlah langka terjadi di Indonesia, karena banyak anggota legislatif memiliki keangkuhan dan eksklusivitas yang berlebihan sehingga orang justru menghalalkan segala cara untuk mengamankan “posisi zona nyaman” tersebut. Setiap anggota legislatif seharusnya memiliki rasa bersedia mundur dari jabatan jika dirinya telah didapati melanggar hukum dan atau tidak mewakili suara rakyat.

Memang tidak akan pernah ada manusia yang sempurna di dunia ini, namun setidaknya, memenuhi kriteria-kriteria tersebut, maka tentu setiap anggota legislatif dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Selanjutnya, kedigdayaan legislatif Indonesia akan tercapai tidak lama lagi dan mungkin menjadi contoh teladan bagi penerapan demokrasi di negara-negara berkembang lainnya.

 

Identitas Penulis

Nama lengkap : Stevie Leonard Harison, S.Sos

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 30 Agustus 1988

Alumnus Universitas : UNIVERSITAS INDONESIA (UI)

No. Identitas (KTP) : 1050033008883002

Alamat rumah : Jl. Arjuna No. 62B, RT.01 RW.01 Kel. Arjuna, Kec. Cicendo, Bandung 40172.

No. Telp : 022-6029841 (rumah) dan 08889790438, 08811460434

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it , This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook / Blog website : Stevie Harison / www.stevieharison.blogspot.com

 

Deputi IV Staf Presiden Hadiri Pelantikan Suroto sebagai Ketua DPW Permata Riau
Minggu, 30 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Tatang B . Tama Deputi IV kantor Staff kepresidenan membidani lahirnya Permata (Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi). Permata relawan pasangan Jokowi - Jusuf Kalla saat Pilpres tahun 2014 kemaren. Ketua Umum DPP Permata,  Yana Achbarie melantik pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Propinsi Riau yakni Suroto, ST, MT sebagai ketua DPW Permata Riau, Sekretaris Dalimin. Dalam sambutannya Yana mengatakan, “Program Permata... Baca selengkapnya...

YAPMI Gandeng PPWI Selenggarakan Pemilihan Top Model Junior Indonesia 2017
Sabtu, 29 April 2017

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil konsultasi dan pertemuan PPWI Nasional dengan perwakilan dari Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI), kedua pihak bersepakat untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam penyelenggaraan event pemilihan Top Model Junior Indonesia tahun 2017, yang grand finalnya akan diadakan di Jakarta pada September 2017. "Kegiatan audisi pemilihan calon Top Model Junior di daerah-daerah akan berlangsung di bulan Mei s/d... Baca selengkapnya...

Komedi Senyum Lakukan Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan Maria Immaculata
Kamis, 27 April 2017

KOPI, Jakarta - Seiring dengan arus modernisasi dan globalisasi yang masuk dalam kehidupan kita saat ini, termasuk serangan pengaruh budaya barat yang begitu sedemikian dahsyatnya menerpa generasi muda kita, yang dampaknya tidaknya di kota metropolitan saja, namun sudah sampai ke daerah-daerah nusantara pelosok, yang sudah tidak mampu lagi dibendung oleh pemerintah kita yang menyebabkan, perubahan yang sangat mendasar pada tatanan kehidupan... Baca selengkapnya...

Alamak... Cantik Kali, Supir Uber Taksi Filipina
Rabu, 26 April 2017

KOPI, Filipina - Pemerintah kota Pekanbaru kurang kreatif, bila supir Trans Metro atau Bus Way pengemudinya seorang wanita cantik dan seksi , pasti banyak orang menaiki bus Trans Metro khususnya pria dari berbagai latar belakang profesi dan suku.   Bus Trans Metro milik Pemkot (Pemerintah kota Pekanbaru) pengemudinya pria.Pengelola bus Trans Metro tidak kreatif, inovatif mencari gebrakan baru agar masyarakat pergi kekantor menaiki bus... Baca selengkapnya...

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHBersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen .....
29/04/2017 | M. Dwi Richa JP

Bersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen Wujudkan Pemerintahan Bersih KOPI, Pasaman - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Republik Indonesia meminta  [ ... ]



EKONOMIMother & Baby Fair 2017 Digelar 2 Kali d.....
27/04/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Menginjak tahun ke-10, untuk pertama kalinya Mother & Baby Fair Jakarta diselenggarakan 2 kali dalam setahun. Periode pertama digelar  [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



PARIWISATAPesona Wisata Sampuran Sorosah Kabupaten.....
24/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

Pesona Wisata Sampuran Sorosah April 24, 2017 KOPI, Pasaman : Satu lagi Destinasi Wisata Air Terjun yang tersembunyi di Alam Pasaman. Air Te [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIPenelitian Tindakan, Mengapa Begitu Pent.....
11/04/2017 | Nova Indra

Cara yang digunakan untuk mengeksplorasi informasi untuk memperoleh variasi perbaikan alternatif atas dasar aspek praktis; dalam hal ini adalah memp [ ... ]



PROFILBrigadir David Gusmanto Bhabinkamtibmas .....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Taratakbuluh- Brigadir David Gusmanto , Bhabinkamtibmas desa Teratak buluh, Polsek Siak Hulu, kabupaten Kampar, propinsi Riau berdayakan pemuda [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



SERBA-SERBIKetua Bhayangkari Riau Milawati Kagum.....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan – Kagum dengan keindahan batik tulis bono Pelalawan, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Ibu Milawati Zulkarnain beserta rombongan  melak [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.