Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Kreteria Anggota DPR, Saudara Dipilih Bukan Dilotre (101/U)

Kreteria Anggota DPR, Saudara Dipilih Bukan Dilotre (101/U)

KOPI - “TAK SERIUS : Deretan depan kursi Ruang Paripurna DPRD Ponorogo kemarin (1/6) banyak yang kosong di saat 18 peserta sidang absen “ itulah salah satu berita yang ke sekian kalinya di buat di media cetak maupun elektronik tentang pelanggaran Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Wakil rakyat tersebut di tingkat Kabupaten/Kota. Bahkan yang lebih parah penyalahgunaan wewenang dan jabatan, mulai dari penyuapan, korupsi, pornografi dan aksi bahkan yang tiduk ketika sidang paripurna. Anggota dewan dipilih dari partai politik pesreta pemilu, bukan dari perorangan.

Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) menegaskan bahwa kita berhak untuk dipilih dan memilih pada pesta demokrasi (pemilu). Tentunya dalam hal ini bisa pemilu presiden atau pemilu legislatif. Disana juga dikatakan bahwa kita berhak memilih pekerjaan. Menjadi anggota DPR/DPRD adalah bekerjaan yang bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kita harus mengetahui apa yang diinginkan masyarakat. Peribahasa jawa mengatakan bahwa “tanggap sasmitoning jagad”petikan ini bermakna bahwa kita harus tanggap akan kebutuhan masyarakat. Ada pula dalam petikan lagu iwan fals bahwa “saudara dipilih bukan dilotre “ itulah prosedur pengangkatan anggota parlemen.

Pada waktu kampanye banyak slogan yang bertuliskan “jangan memilih kucing dalam karung” banyak yang berlomba menawarkan dirinya untuk menjadi nomor 1. Dari sedikit uraian di atas terdapat 1 (satu) tanda Tanya yang sangat sulit untuk menemukan jawabannya. SEPERTI APA KRETERIA ANGGOTA DPR RI DI MASA DEPAN..? setiap orang diciptakan dengan pribadi berbeda-beda, kadang pada saat beliau belum menjadi anggota DPR aklaqnya santun, dan setelah terpilih menjadi wakil rakyat berubah 1800.

Berikut adalah 12 kreteria calon wakil rakyat masa depan.

1. Jujur

Kejujuran adalah kata yang sangat mudah untuk diucapkan, tetapi ternyata sangat sulit pula untuk di jalankan. Jujur adalah kunci dari semua urusan, karena 1 (satu) kali tidak jujur, maka akan menimbulkan ketidak jujuran yang berikutnya. Jiwa jujur wajib dimiliki calon wakil rakyat agar tidak terjadi penyelewengan-penyelewengan seperti wakil rakyat yang tersandung beberapa kasus kemarin.

2. Pekerja keras

Sebagai jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah harus selalu siap setiap saat dan mencari solusi yang benar dari setiap kebutuhan dan masalah, karena sesuatu yang benar itu membutuhkan tenaga dan pemikiran yang ekstra keras untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

3. Patuh dan taat

Sebagai wadah aspirasi rakyat, dan dipilih langsung oleh rakyat maka tentunya ada norma, aturan dan adab yang harus ditaati oleh wakil rakyat tersebut. Aturan dibuat untuk ditaati dan sebagai barometer, bukan untuk dilanggar.

4. Taat pada agamanya

Dalam Islam dijelaskan bahwa, Ibadah akan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak terpuji. Tuntunan dan batasan diri harus tertanam kepada calon wakil rakyat, agar di kemudian hari tidak akan lupa ketika telah terpilih menjadi wakil rakyat.

5. Rajin

Membolos, tidur, telfonan, ngobrol saat rapat paripurna. Apakah hal-hal tersebut akan kita temukan jika kita memilih wakil yang asal-asalan. Apa yang disuarakan rakyat adalah tanggung jawab mereka para wakil rakyat yang duduk di parlemen, mereka dipilih bukan untuk berpangku tangan, namun untuk bekerja dmi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

6. Mampu mewakili rakyat di parlemen

DPR selalu menjadi badan pertimbangan untuk setiap program pemerintah. Kata iwan fals wakil rakyat adalah kumpulan orang hebat yang bukan kompak serukan setuju.

7. Memiliki moral yang baik

Wakil rakyat adalah orang – orang pilihan yang akan disaksikan kinerja dan moralnya nya setiap warganya. Sangat tidak baik ketika sidang membuat suasana gaduh dan dilihat seluruh warga Negara. Seperti apa warga masyarakat yang melihat wakil mereka adu jotos di ruang sidang.

8. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi

Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi juga wajib dimiliki oleh para wakil rakyat yang jaraknya begitu dekat dengan uang rakyat pula. Sedikit mereka lengah maka uang rakyat yang menjadi korban sehingga pembangunan kurang berjalan sesuai program yang telah direncanakan.

9. Tidak berjiwa premanisme

Gedung DRP adalah gedung yang dibangun untuk menuangkan ide, gagasan yang muncul dari rakyat dan nantinya kembali lagi kepada rakyat. Jadi tempat itu tempat mulia yang harusnya suasana damai, nyaman, dan bersahabat antar sesama anggota walaupun berbeda partai. Saran kami jika memang akan adu pukul jangan di gedung yang menjadi sarang aspirasi rakyat, tapi di ring tinju.

10. Tidak gila hormat

Para wakil rakyat tersebut dibayar dengan uang rakyat juga, jadi tidak sepantasnya mereka mengharapkan hormat dari rakyat. Sepantasnya mereka yang menjadi pelayan masyarakat harusnya menghormati masyarakat.

11. Berkompeten

Tugas yang diemban oleh setiap anggota DPR sangat berat, maka tidak heran jika harus mempunyai jiwa yang berkompeten untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

12. Berpendidikan tinggi

Pendidikan tinggi haruslah syarat mutlak wakil rakyat ke depan, jadi tidak hanya mereka yang ber uang yang bisa duduk di kursi empuk. Namun pendidikan menjadi factor penting dalam pencalonan menjadi wakil rakyat.

Demikian sedikit harapan kami sebagai rakyat kecil, semoga ke depan wakil-wakil kami akan lebih baik lagi, demi tercapainya program dan semata-mata demi kesejahteraan rakyat sehingga mulai dari akar hingga pucuk pimpinan pun juga baik dan negeri ini menjadi seperti harapan kita semua, yaitu baldatun, toyyibayun warobun hgofur.

 

Biodata Penulis

Nama : Deni Eko Purwanto

TTL : Pacitan, 18 Februari 1990

Alamat Rumah : RT 02 RW VII Dsn. Sulang, Ds. Ploso, Kec. Punung, Kab. Pacitan JATIM 63553

No HP : 08973472839

E_mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it / This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Ikuti... Lomba Foto Polri Berhadiah Bingkisan Lebaran 2015
Rabu, 01 Juli 2015

KOPI – Menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H mendatang, Kepolisian Republik Indonesia akan mengelar “Operasi Ketupat 2015”. Kegiatan penting Polri ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam merayakan Hari Besar umat Islam tersebut agar dapat berlangsung lancar, aman, nyaman dan membahagiakan. Dalam rangka merekam setiap jejak langkah anggota Polri di lapangan saat melaksanakan tugas-tugas “Operasi Ketupat 2015”... Baca selengkapnya...

Terdakwa Pembunuh Ambalat Divonis 20 Tahun
Selasa, 30 Juni 2015

§ Keluarga korban tidak terima putusan hakim, karena bukti-bukti lain dihilangkan Blitar, KOPI - Kasus pembunuhan almarhumah Yuswanto, suami dari Nanik Yuswati (53), warga jalan Ambalat Nomor 8 Kota Blitar, korban pembunuhan pada 21 Januari 2015 lalu, akhirnya pada Selasa (30/6) sekitar pukul 12.48 kemarin, sidang putusannya dibacakan Majelis Hakim.   Sidang kasus pembunuhan Yuswanto tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua, Yohanes Priyana,... Baca selengkapnya...

Korupsi Dana Bansos, Bupati Inhil H. Wardan Diminta Bersaksi
Senin, 29 Juni 2015

KOPI, Pangkalan Kerinci - Jajaran Polres Pelalawan satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan pada 3 Juli 2015 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Polres Pelalawan, AKBP Ade Johan Hasudungan Sinaga, hari Rabu (24/6/15), orang nomor satu di Inhil yakni Bupati Inhil Haji Muhammad Wardan akan dipanggil dalam kasus... Baca selengkapnya...

Pererat “Sling Silaturahmi”, Grup 3 Kopassus Buka Puasa Bersama Wartawan
Sabtu, 27 Juni 2015

KOPI - Media sebagai salah satu unsur potensial yang menguatkan semangat kebersamaan dan memiliki fungsi strategis, diharapkan dapat menjadikan prajurit khususnya di Grup 3 semakin cerdas, serta dapat memperluas wawasan, karena berita yang disampaikan bersifat edukatif dan informatif.     Hal tersebut disampaikan Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, saat acara buka puasa bersama wartawan se Jabodetabek,... Baca selengkapnya...

Kader Partai PAN Soetrisno Bachir Bakal Jabat Mentri
Kamis, 25 Juni 2015

KOPI, Jakarta – Pengamat negara ini dibangun dari unsur  elemen partai politik . Bagaimanapun masing-masing partai politik koalisi akan mendukung calon kadernya yang akan menjadi Mentri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowidodo dengan Jusuf Kalla. Menurut Pengamat Politik Indonesia Ajisutisyoso berikan juga tawaran jatah kursi mentri kepada partai oposisi seperti PAN, PKS, Gerindra, Demokrat, Golkar. Mari kita bangun Indonesia... Baca selengkapnya...

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke- 488
Kamis, 25 Juni 2015

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resmi Pemprov DKI Jakarta, Jakarta.go.id, tersebut bercokol gambar ‘Naga Merah’. Naga tersebut bersebelahan dengan ‘duo ondel-ondel’ asli Jakarta tradisi budaya betawi. Ditempat Lain Pengamat Politik Indonesia Ajisutisyoso mengatakan Gambar ‘Naga Merah’ yang tercantum di logo resmi HUT... Baca selengkapnya...

Tangkap ,Tahan Bupati dan Sekda Meranti Terlibat Pembangunan Pelabuhan Internasional Selat Panjang
Selasa, 23 Juni 2015

KOPI, Pekanbaru – Pengamat Korupsi Riau (PKR) Ajisutisyoso mengatakan propinsi Riau pusat percontohan korupsi nasional ini buktinya. 3 (Tiga) orang mantan Gubernur Riau merasakan dinginnya lantai rumah tahanan alias penjara akibat tersandung kasus korupsi dan suap. Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk daerah Kulim penghuninya ada mantan Gubernur, mantan Bupati ,mantan Kepala Dinas (Kadis), serta mantan Pejabat propinsi/... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Artha Graha Peduli Gelar Pasar Murah Ter.....
29/06/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Sebanyak hampir 2000 titik pasar murah digelar Artha Graha Peduli di seluruh Indonesia. Pasar murah yang digelar 29 Juni – 16 J [ ... ]



DAERAH

Penyakit Ambeien Pada Kucing.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Wasir atau ambeien Pada kucing apabila tidak segera diobati akan menjadi gejala timbulnya penyakit wasir. Wasir atau ambeien p [ ... ]



PENDIDIKAN

HarukaEdu Siapkan Talenta Muda Terbaik d.....
23/06/2015 | Zohiri Kadir

KOPI, Jakarta - Pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia banyak melahirkan talenta-talenta baru dalam berbagai bidang, terutama teknologi informas [ ... ]



EKONOMI

Arabian Night Festival Jabodetabek Membe.....
28/06/2015 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Tangrang Selatan  South City,Pengembang, terkemuka yang saat ini sedang mengembangkan sebuah kawasan seluas 62 hektar di Pondok Cabe, [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

TACIDO, Tas Keren Pengganti Pengunaan Ka.....
18/06/2015 | Achmad Budianto
article thumbnail

  KOPI - Tas adalah benda yang tidak asing lagi bagi manusia. Dari semua kalangan, tua, muda, pelajar, dan mahasiswa pun membutuhkan tas untuk mem [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Toko Asia Baru Foto Disatroni Maling, P.....
30/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Bagaimana nih Komandaaaaaaan, maling merajalela di wilayah kerja Polresta Pekanbaru. kemana tim Patroli Komandaaaaaan. Ini buktiny [ ... ]



POLITIK

Deklarasi Pasangan Gusti (Agus – Tito.....
26/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Dumai - Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Dumai, Agus Widayat (red.incumbent wakil walikota ) dan A Tito Gito kader Partai PDIP [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Prosesi Pernikahan Anak Jokowi Gibran de.....
13/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Solo Kabar duka menyelimuti pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Sutamin seorang tukang becak  [ ... ]



ROHANI

Sempena Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 Keja.....
16/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru — Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa yang ke -55, dan ulang tahun  Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Ke- XV serta ulang tahun  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Akik.....
15/06/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Bongkahan batu terbelah menjadi irisan berarti... Di kedalamanpun kau digali... Di keruhnya sungai kau dicari... Di tebing, di hutan, di manapun ka [ ... ]



CURAHAN HATI

KDRT dan Terlantar Anak , H. Supian Hadi.....
27/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kota Waringin- Kemarin (Senin, 22/6), Hj. Iswanti melaporkan suaminya yakni H Supian Hadi Bupati Kota Waringin ke Polda Kalimantan Tengah atas [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Berrybenka.com dan Bilna.com Prakarsai J.....
20/06/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Jakarta Great Online Sale  (JGOS) sebagai bagian dari perayaan HUT DKI Jakarta ke 488, akan kembali digelar pada 22 - 30 Juni 2015. Penyelengg [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.