Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Kreteria Anggota DPR, Saudara Dipilih Bukan Dilotre (101/U)

Kreteria Anggota DPR, Saudara Dipilih Bukan Dilotre (101/U)

KOPI - “TAK SERIUS : Deretan depan kursi Ruang Paripurna DPRD Ponorogo kemarin (1/6) banyak yang kosong di saat 18 peserta sidang absen “ itulah salah satu berita yang ke sekian kalinya di buat di media cetak maupun elektronik tentang pelanggaran Tugas Pokok dan Fungsi (TUPOKSI) Wakil rakyat tersebut di tingkat Kabupaten/Kota. Bahkan yang lebih parah penyalahgunaan wewenang dan jabatan, mulai dari penyuapan, korupsi, pornografi dan aksi bahkan yang tiduk ketika sidang paripurna. Anggota dewan dipilih dari partai politik pesreta pemilu, bukan dari perorangan.

Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) menegaskan bahwa kita berhak untuk dipilih dan memilih pada pesta demokrasi (pemilu). Tentunya dalam hal ini bisa pemilu presiden atau pemilu legislatif. Disana juga dikatakan bahwa kita berhak memilih pekerjaan. Menjadi anggota DPR/DPRD adalah bekerjaan yang bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kita harus mengetahui apa yang diinginkan masyarakat. Peribahasa jawa mengatakan bahwa “tanggap sasmitoning jagad”petikan ini bermakna bahwa kita harus tanggap akan kebutuhan masyarakat. Ada pula dalam petikan lagu iwan fals bahwa “saudara dipilih bukan dilotre “ itulah prosedur pengangkatan anggota parlemen.

Pada waktu kampanye banyak slogan yang bertuliskan “jangan memilih kucing dalam karung” banyak yang berlomba menawarkan dirinya untuk menjadi nomor 1. Dari sedikit uraian di atas terdapat 1 (satu) tanda Tanya yang sangat sulit untuk menemukan jawabannya. SEPERTI APA KRETERIA ANGGOTA DPR RI DI MASA DEPAN..? setiap orang diciptakan dengan pribadi berbeda-beda, kadang pada saat beliau belum menjadi anggota DPR aklaqnya santun, dan setelah terpilih menjadi wakil rakyat berubah 1800.

Berikut adalah 12 kreteria calon wakil rakyat masa depan.

1. Jujur

Kejujuran adalah kata yang sangat mudah untuk diucapkan, tetapi ternyata sangat sulit pula untuk di jalankan. Jujur adalah kunci dari semua urusan, karena 1 (satu) kali tidak jujur, maka akan menimbulkan ketidak jujuran yang berikutnya. Jiwa jujur wajib dimiliki calon wakil rakyat agar tidak terjadi penyelewengan-penyelewengan seperti wakil rakyat yang tersandung beberapa kasus kemarin.

2. Pekerja keras

Sebagai jembatan penghubung antara masyarakat dengan pemerintah harus selalu siap setiap saat dan mencari solusi yang benar dari setiap kebutuhan dan masalah, karena sesuatu yang benar itu membutuhkan tenaga dan pemikiran yang ekstra keras untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

3. Patuh dan taat

Sebagai wadah aspirasi rakyat, dan dipilih langsung oleh rakyat maka tentunya ada norma, aturan dan adab yang harus ditaati oleh wakil rakyat tersebut. Aturan dibuat untuk ditaati dan sebagai barometer, bukan untuk dilanggar.

4. Taat pada agamanya

Dalam Islam dijelaskan bahwa, Ibadah akan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak terpuji. Tuntunan dan batasan diri harus tertanam kepada calon wakil rakyat, agar di kemudian hari tidak akan lupa ketika telah terpilih menjadi wakil rakyat.

5. Rajin

Membolos, tidur, telfonan, ngobrol saat rapat paripurna. Apakah hal-hal tersebut akan kita temukan jika kita memilih wakil yang asal-asalan. Apa yang disuarakan rakyat adalah tanggung jawab mereka para wakil rakyat yang duduk di parlemen, mereka dipilih bukan untuk berpangku tangan, namun untuk bekerja dmi terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

6. Mampu mewakili rakyat di parlemen

DPR selalu menjadi badan pertimbangan untuk setiap program pemerintah. Kata iwan fals wakil rakyat adalah kumpulan orang hebat yang bukan kompak serukan setuju.

7. Memiliki moral yang baik

Wakil rakyat adalah orang – orang pilihan yang akan disaksikan kinerja dan moralnya nya setiap warganya. Sangat tidak baik ketika sidang membuat suasana gaduh dan dilihat seluruh warga Negara. Seperti apa warga masyarakat yang melihat wakil mereka adu jotos di ruang sidang.

8. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi

Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi juga wajib dimiliki oleh para wakil rakyat yang jaraknya begitu dekat dengan uang rakyat pula. Sedikit mereka lengah maka uang rakyat yang menjadi korban sehingga pembangunan kurang berjalan sesuai program yang telah direncanakan.

9. Tidak berjiwa premanisme

Gedung DRP adalah gedung yang dibangun untuk menuangkan ide, gagasan yang muncul dari rakyat dan nantinya kembali lagi kepada rakyat. Jadi tempat itu tempat mulia yang harusnya suasana damai, nyaman, dan bersahabat antar sesama anggota walaupun berbeda partai. Saran kami jika memang akan adu pukul jangan di gedung yang menjadi sarang aspirasi rakyat, tapi di ring tinju.

10. Tidak gila hormat

Para wakil rakyat tersebut dibayar dengan uang rakyat juga, jadi tidak sepantasnya mereka mengharapkan hormat dari rakyat. Sepantasnya mereka yang menjadi pelayan masyarakat harusnya menghormati masyarakat.

11. Berkompeten

Tugas yang diemban oleh setiap anggota DPR sangat berat, maka tidak heran jika harus mempunyai jiwa yang berkompeten untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat.

12. Berpendidikan tinggi

Pendidikan tinggi haruslah syarat mutlak wakil rakyat ke depan, jadi tidak hanya mereka yang ber uang yang bisa duduk di kursi empuk. Namun pendidikan menjadi factor penting dalam pencalonan menjadi wakil rakyat.

Demikian sedikit harapan kami sebagai rakyat kecil, semoga ke depan wakil-wakil kami akan lebih baik lagi, demi tercapainya program dan semata-mata demi kesejahteraan rakyat sehingga mulai dari akar hingga pucuk pimpinan pun juga baik dan negeri ini menjadi seperti harapan kita semua, yaitu baldatun, toyyibayun warobun hgofur.

 

Biodata Penulis

Nama : Deni Eko Purwanto

TTL : Pacitan, 18 Februari 1990

Alamat Rumah : RT 02 RW VII Dsn. Sulang, Ds. Ploso, Kec. Punung, Kab. Pacitan JATIM 63553

No HP : 08973472839

E_mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it / This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Operasional Fee
Selasa, 28 Juli 2015

Curhat: KOPI, Jakarta – Prilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan berikan umpan. itu mengajarkan rakyat malas bekerja. Kita mengetahui Jokowi saat kunjungan kedaerah sering membagi-bagikan uang kepada rakyat berkisar Rp.100 hingga 300 ribu, ini membuat rakyat malas kerja, hanya menimbulkan bangsa pengemis yang suka-suka mint-minta. Betul hak prerogative presiden... Baca selengkapnya...

Surya Paloh Mempersilahkan Jokowi Copot Mentri berasal dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 , terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu. Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak bagus-bagus... Baca selengkapnya...

PAN Manfaatkan Popularitas Artis ikut Calon Kepala Daerah
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Ajisutisyoso mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) ngotot dukung selebriti sebagai calon kepala daerah yakni aktor Zumi Zola, Sigit Purnomo Syamsuddin Said dikenal dengan nama Pasha ungu, Desy Ratna Sari. PAN sengaja mengandalkan popularitas kalangan seleb atau artis untuk menyedot suara pemilih pada pilkada serentak akhir tahun ini , pun tak ada undang-undang melarang kalangan seleberiti ikut Pilkada serentak ketus... Baca selengkapnya...

Ketum PDIP Hj. Megawati Merekomendasi Beberapa Pasangan Calon Bupati seRiau
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Riau Kordias Pasaribu didampingi Sekretaris Syafrudin Poti, Bendahara Makmun Solihin serta pengurus PDIP dihadiri sejumlah bakal calon bupati/walikota yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada ) serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang . inilah nama-nama  dituangkan dalam surat rekomendasi DPP PDIP yang disetujui langsung Ketua Umum... Baca selengkapnya...

Polresta Pekanbaru Ringkus 2 orang Distributor Narkoba Wilayah Sumatera
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua orang Bandar narkoba asal Sumatera Utara SU (35) dan SN (37) yang ingin melakukan transaksi penjualan narkoba lokasi komplek perumahaan mewah yakni di Perumahan Kuantan Regency blok B , Kecamatan Lima Puluh, Jumat (24/07/15) malam. Penangkapan ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat. Jajaran aparat Polresta Pekanbaru menyita sepucuk... Baca selengkapnya...

Proyek RLH Milik H. Nasir Orang Tua Bupati Meranti asal Jadi
Jumat, 24 Juli 2015

KOPI, Selatpanjang – Proyek pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun oleh  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui dana APBD tahun 2014 lalu untuk rakyat miskin. Proyek RLH tersebut asal jadi , yang penting rumah sudah berdiri dan ditempati warga. Rumah Layak Huni (RLH) diperuntukan untuk warga miskin seperti yang dimiliki oleh Kamisni dan Usman A, warga Desa Mekar sari kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti ... Baca selengkapnya...

PPWI Bersilahturahmi ke Panglima Kodam Jaya
Kamis, 23 Juli 2015

KOPI, JAKARTA - Rabu, 22 Juli 2015, pukul 10.00 wib, Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Agus Sutomo, SE berkenan menerima kunjungan Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke​, di ruang kerjanya di Markas Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5, Cililitan, Jakarta Timur. Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa staf Pangdam, antara lain Kepala Penerangan dan Asisten Intelijen Kodam Jaya, itu berlangsung hangat dan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Oknum Perwira AL Korea Selatan Bocorkan.....
19/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Korea - Kepala Komando Keamanan Pertahanan, Cho Hyun-chun telah merilis sebuah pernyataan di Kementerian Pertahanan di Seoul pada Jumat (10/7)  [ ... ]



NASIONAL

Banyak Pelanggar KTP Terjaring di Penyeb.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Jembrana - Beberapa hari setelah Lebaran, ribuan pendatang mulai masuk ke Bali. Namun puluhan diantarannya tersaring di Pos Pemeriksaan KTP Gili [ ... ]



DAERAH

Mahasiswa Papua Ditikam Orang Tak dikena.....
26/07/2015 | Gerson Wakerwa

KOPI, MANADO - Mahasiswa Papua, Nius Lokobal (24) yang sementara menuntut ilmu di Universitas Pembangunan Indonesia di Manado, pada Semester VIII (del [ ... ]



PENDIDIKAN

Ahok Kecewa, JakBook & Edu Fair Menjual .....
27/07/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengeluarkan rasa kekecewannya kepada penyelenggara Event tahunan pameran buku [ ... ]



EKONOMI

Pasar Gede Bage Ditinjau Menteri Perdaga.....
21/07/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Rachmat Gobel meninjau Pasar Induk Gedebage pada Selasa (21/7). Peninjauan ini dila [ ... ]



HANKAM

Pengamat: Tolong Komandan, Copot Kapold.....
21/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Papua- Sangat kita sayangkan aparat keamanan yang bertugas di propinsi Papua tidak tahu akan terjadi tragedi   pembakaran mushola, serta bebe [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Pesta Narkoba di Kamar Kost, Pasangan In.....
24/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Singaraja - Dikutip dari Balibangol news, dua orang sedang berpesta narkoba di sebuah kamar kos di gerebek Polisi setelah beberapa lama di intai [ ... ]



POLITIK

Kampanye Pilkada Labura Resmi Dimulai.....
27/07/2015 | Bima Hariandi
article thumbnail

KOPI, Aek Kanopan - Kampanye Pilkada Labuhan Batu Utara (Labura) secara resmi telah dimulai pada hari Senin 27/07/2015. Salah seorang calon bupati L [ ... ]



OPINI

Indonesia Perlu Komisi atau Lembaga Peny.....
27/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Korupsi, korupsi dan korupsi. Di mana- mana, di beberapa media, Korupsi selalu menjadi suatu hal yang seakan menarik untuk menjadi baha [ ... ]



PROFIL

Untuk kemajuan sebuah pemerintahan membu.....
28/07/2015 | Agus Siroj Hudi

  KOPI, Malang. Kepiawaian M.Khoirun SE (40) Kepala Desa Bendosari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Untuk mengajak Warga Masyarakatnya Gotong Royo [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Melihat Keunikan Bali dari Angkul-Angkul.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana

KOPI - Dikutip dari Balibangol news. Hampir disetiap rumah di Bali memiliki Angkul-angkul, ya begitulah orang Bali menyebutnya Angkul-angkul merupaka [ ... ]



ROHANI

Bupati Rohil Bawa Rombongan Open House k.....
20/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Rombongan Bupati Rokan Hilir   H. Suyatno membawa rombongan Muspida dan ketua DPRD Rohil Nasrudin, sejumlah Kepala Dinas saat  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Bupati Rote Ndao Melarang Wartawan Melip.....
23/07/2015 | Robby Dance Henukh

KOPI, ROTE - Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning, MM melalui Peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pejabat Pengelolaan Informasi dan dokument [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Bintang Bersemangat Memetik Kopi.....
27/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Bali - Umur boleh baru 8 bulan tapi sudah ada niat jadi petani, agar kelak kita tidak sampai mengimpor kopi dari luar. Banyak jargon tentang Ko [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.