Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR 12 Kriteria Anggota DPR RI Harapan Rakyat (207/M)

12 Kriteria Anggota DPR RI Harapan Rakyat (207/M)

KOPI - Dalam sejarah bangsa Indonesia tercatat bahwa Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, benarkah demikian ? Secara hukum memang benar Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun menilik lebih jauh, pada kenyataannya hingga sekarang pun Indonesia belum benar – benar merdeka. Jika dahulu Indonesia dijajah oleh Belanda dan Jepang yang notabene ‘orang luar’, kondisi saat ini lebih memprihatinkan. Penjajahan justru datang dari warga negara Indonesia sendiri. Meski bukan berupa penjajahan secara fisik, namun ternyata akibat yang ditimbulkan lebih fatal.

Salah satu poin yang perlu mendapat sorotan terkait dengan hal ini adalah buruknya kinerja anggota DPR RI yang seharusnya wakil rakyat dalam menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah. Tidak sedikit anggota DPR RI yang terjerat kasus korupsi, suap, maupun penyalahgunaan wewenang lainnya. Di layar televisi juga acap kali kita jumpai anggota DPR yang tertidur saat sedang melangsungkan rapat. Bahkan akhir – akhir ini realitas yang ada semakin parah. Bukannya menyampaikan aspirasi rakyat, rakyat justru dijadikan ladang emas untuk menimbun kekayaan. Uang rakyat dipergunakan untuk kenikmatan mereka pribadi. Sebut saja kasus ruang banggar dan renovasi gedung DPR dimana uang dihambur – hamburkan untuk sesuatu yang sama sekali tidak perlu. Tampaknya tertangkap tangan saat sedang melakukan pelanggaran dianggap sudah merupakan hal yang lumrah dan bisa diselesaikan kemudian. Anggota DPR seakan sudah melupakan identitas dan tugas sebenarnya. Kritik pedas yang dilontarkan rakyat tampaknya sudah tidak mampu mengubah sikap anggota DPR. Ini yang seharusnya diluruskan. Apa jadinya bangsa ini jika orang – orang yang duduk di pemerintahan sudah tidak peduli pada nasib rakyat ? Indonesia akan semakin mundur ke belakang. Yang kaya akan semakin kaya, sedangkan yang melarat juga semakin melarat.

Kemajuan suatu bangsa hanya dapat dicapai jika terbina hubungan saling mendukung yang harmonis antara rakyat dan pemerintah. Untuk itu, rakyat harus benar – benar selektif dalam memilih calon wakilnya di pemerintahan. Ada 12 kriteria untuk menjadi anggota DPR seperti yang diharapkan rakyat.

Pertama, seorang anggota DPR harus bersedia ikhlas mengabdikan diri sepenuhnya sebagai wakil rakyat. Ia harus rela berkorban serta mengedepankan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi.

Kedua, seorang anggota DPR harus peka terhadap berbagai permasalahan rakyat. Ia secara aktif tergerak hatinya untuk mencari tahu kondisi rakyat tanpa menunggu laporan dari staf bawahannya. Apa yang kurang, apa yang perlu dibantu, apa yang harus diperbaiki, kemudian bersama – sama rakyat mencari solusi terbaiknya.

Ketiga, seorang anggota DPR harus bersedia turun ke lapangan untuk mendukung dan mewujudkan suara rakyat. Dengan turun langsung ke lapangan, seorang anggota DPR dapat melihat dengan mata kepalanya sendiri permasalahan yang tengah dihadapi rakyat. Dengan demikian ia tahu pasti langkah terbaik yang harus diambil untuk memajukan negara selaras dengan keinginan rakyat. Sudah banyak contoh dimana suara rakyat kalah karena tidak adanya dukungan yang kuat dari golongan atas. Dengan berdiri di belakang rakyat, rakyat akan lebih terbuka jalannya untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

Keempat, seorang anggota DPR harus berani menghadapi dan menyelesaikan permasalahan rakyat. Beberapa permasalahan rakyat justru timbul akibat perbuatan anggota DPR sendiri. Sebagai contoh renovasi ruang banggar yang menelan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Seandainya saja uang sebesar itu disalurkan untuk kesejahteraan rakyat, maka dapat meningkatkan kualitas hidup rakyat. Namun hal itu tidak dilakukan, akibatnya kesejahteraan rakyat terabaikan, terjadi protes dimana – mana. Jika ia sudah berkomitmen untuk menjadi wakil rakyat, seharusnya ia siap akan segala konsekuensi dari tindakan yang ia ambil.

Kelima, seorang anggota DPR harus tahu bagaimana harus bersikap dan menempatkan diri dalam segala kondisi. Misalnya ketika meninjau rakyat di pedesaan. Meski ia anggota DPR, ia cukup berpakaian sederhana dan tidak menunjukkan sisi mewah anggota DPR. Ia juga tidak segan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Keenam, seorang anggota DPR harus cerdas dan berwawasan luas. Permasalahan rakyat cenderung kompleks karena menyangkut kepentingan banyak orang, sedang keinginan setiap orang tidaklah sama. Kecerdasan dan wawasan yang luas diperlukan untuk menyatukan pendapat serta mengambil jalan tengah terbaik tanpa merugikan pihak manapun.

Ketujuh, seorang anggota DPR harus beriman dan bermoral. Setiap tindakan anggota DPR pasti dinilai oleh rakyat sesuai nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Iman dan moral yang baik diperlukan karena anggota DPR memegang amanah seluruh rakyat Indonesia. Seorang anggota DPR harus mampu menahan godaan harta maupun bentuk lainnya selama masa kerjanya.

Kedelapan, seorang anggota DPR harus disiplin. Media siar di Indonesia telah beberapa kali menayangkan bukti kurang disiplinnya anggota DPR di Indonesia. Ruang sidang yang nyaris kosong dan beberapa yang hadir malah tertangkap kamera sedang tidur, ada juga beberapa anggota DPR yang membuat forum di dalam forum, tidak memperhatikan rekannya yang sedang berbicara di depan. Hal ini mengakibatkan sidang tidak menghasilkan keputusan yang terbaik karena fokus para anggotanya terpecah. Diperlukan adanya tindakan tegas untuk memperbaiki kondisi ini.

Kesembilan, seorang anggota DPR harus tegas dalam mengambil tindakan. Bahkan jika memang diperlukan ia tidak segan mendobrak peraturan yang ada demi mendukung kepentingan rakyat.

Kesepuluh, seorang anggota DPR harus menepati janji yang telah ia ucapkan. Jangan hanya bermulut manis ketika masa – masa kampanye pemilu legislatif namun setelah terpilih, ia terlena dan lupa akan janjinya pada rakyat.

Kesebelas, seorang anggota DPR harus jujur. Transparansi saat menjalankan program kerja merupakan fokus penilaian rakyat pada anggota DPR. Sebagai contoh di dalam tubuh DPR seringkali terjadi tuduh menuduh saat terjadi suatu kesalahan. Hal ini menimbulkan ketidakpastian dan kebingungan masyarakat. Rakyat tidak tahu pihak mana yang benar dan pihak mana yang salah sehingga pada akhirnya rakyat memberikan cap buruk sama rata kepada semua anggota DPR akibat ulah oknum-oknum tertentu.

Keduabelas, seorang anggota DPR harus mempunyai visi ke depan. Hal ini penting dimiliki agar ia mempunyai arahan apa yang ingin ia bangun, berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk mewujudkannya, serta output apa yang harus ia capai.

 

Biodata Penulis

Nama : Pramudipta Zahriyani

Tempat / tanggal lahir : Sumedang, 23 Desember 1992

Nama Universitas : Institut Pertanian Bogor

Alamat Universitas : Jl. Lingkar Akademik, Kampus IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat.

Alamat rumah : Cucian Mobil Pandas Sakti Jl. Baturaja no. 637 Talang Gabus, Tanjung Enim, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim, Sumatera Selatan 31714.

Contact person : 085367017092

E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : Pramudipta Zahriyani

Twitter : Nur_Llwyddiant

 

 

Pemkab Blitar Mutasi 215 Eselon III, IV Dan V
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Blitar - Setelah mutasi/promosi pejabat struktural terakhir dilakukan pada 28 Februari 2014 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Blitar, kembali lakukan mutasi/promosi Pejabat Struktural sebanyak 285 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, yang meliputi 215 pejabat Eselon III, IV dan V, 57 Kepala Sekolah dan 13 Pengawas.   Sebanyak 285 PNS Pejabat Struktural Eselon III, IV dan V, juga Kepala Sekolah dan  Pengawas tersebut... Baca selengkapnya...

Pilkada Kabupaten Blitar Terancam Gagal
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Blitar - Sampai hari terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar di KPU Kabupaten Blitar, baru pasangan Rijanto – Marhainis Urip Widodo ( Rido ) yang mendaftarkan diri. Pasangan Rido dengan dihantarkan oleh partai pengusungnya yakni, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra juga para relawan dan tim pemenangan, secara resmi mendaftarkan diri ke kantor KPU Kabupaten Blitar pada Selasa (28/7) sekitar pukul 02.05 wib. yang... Baca selengkapnya...

Surya Paloh Persilahkan Jokowi Copot Mentri dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu.   Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak... Baca selengkapnya...

PAN Manfaatkan Popularitas Artis ikut Calon Kepala Daerah
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Ajisutisyoso mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) ngotot dukung selebriti sebagai calon kepala daerah yakni aktor Zumi Zola, Sigit Purnomo Syamsuddin Said dikenal dengan nama Pasha ungu, Desy Ratna Sari. PAN sengaja mengandalkan popularitas kalangan seleb atau artis untuk menyedot suara pemilih pada pilkada serentak akhir tahun ini , pun tak ada undang-undang melarang kalangan seleberiti ikut Pilkada serentak ketus... Baca selengkapnya...

Ketum PDIP Hj. Megawati Merekomendasi Beberapa Pasangan Calon Bupati seRiau
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Riau Kordias Pasaribu didampingi Sekretaris Syafrudin Poti, Bendahara Makmun Solihin serta pengurus PDIP dihadiri sejumlah bakal calon bupati/walikota yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada ) serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang . inilah nama-nama  dituangkan dalam surat rekomendasi DPP PDIP yang disetujui langsung Ketua Umum... Baca selengkapnya...

Polresta Pekanbaru Ringkus 2 orang Distributor Narkoba Wilayah Sumatera
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua orang Bandar narkoba asal Sumatera Utara SU (35) dan SN (37) yang ingin melakukan transaksi penjualan narkoba lokasi komplek perumahaan mewah yakni di Perumahan Kuantan Regency blok B , Kecamatan Lima Puluh, Jumat (24/07/15) malam. Penangkapan ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat. Jajaran aparat Polresta Pekanbaru menyita sepucuk... Baca selengkapnya...

Proyek RLH Milik H. Nasir Orang Tua Bupati Meranti asal Jadi
Jumat, 24 Juli 2015

KOPI, Selatpanjang – Proyek pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun oleh  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui dana APBD tahun 2014 lalu untuk rakyat miskin. Proyek RLH tersebut asal jadi , yang penting rumah sudah berdiri dan ditempati warga. Rumah Layak Huni (RLH) diperuntukan untuk warga miskin seperti yang dimiliki oleh Kamisni dan Usman A, warga Desa Mekar sari kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti ... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Oknum Perwira AL Korea Selatan Bocorkan.....
19/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Korea - Kepala Komando Keamanan Pertahanan, Cho Hyun-chun telah merilis sebuah pernyataan di Kementerian Pertahanan di Seoul pada Jumat (10/7)  [ ... ]



NASIONAL

40 orang Prajurit melaksanakan pelatihan.....
30/07/2015 | andhika setyawan

KOPI - "Kemajuan perkembangan teknologi informasi secara pasti telah memberikan andil yang sangat besar dalam mendorong kemajuan pembangunan masyaraka [ ... ]



DAERAH

Proyek Tanpa Pamplet Dipertanyakan Warga.....
29/07/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Proyek pembangunan pipa distribusi dan sambungan rumah Instalasi Kota Kecamatan pada Badan Layanan Umum Sarana Penyediaan Air Minum  [ ... ]



PENDIDIKAN

Guru SMP/MTs Aceh Jaya Dilatih Modul III.....
28/07/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya – Untuk melanjutkan program peningkatan mutu sekolah USAID PRIORITAS kembali melatih 91 orang guru SMP/MTs di Kabupaten Aceh Jaya.  [ ... ]



EKONOMI

Pasar Gede Bage Ditinjau Menteri Perdaga.....
21/07/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Rachmat Gobel meninjau Pasar Induk Gedebage pada Selasa (21/7). Peninjauan ini dila [ ... ]



HANKAM

Pengamat: Tolong Komandan, Copot Kapold.....
21/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Papua- Sangat kita sayangkan aparat keamanan yang bertugas di propinsi Papua tidak tahu akan terjadi tragedi   pembakaran mushola, serta bebe [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Pesta Narkoba di Kamar Kost, Pasangan In.....
24/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Singaraja - Dikutip dari Balibangol news, dua orang sedang berpesta narkoba di sebuah kamar kos di gerebek Polisi setelah beberapa lama di intai [ ... ]



POLITIK

Bendera Bulan Bintang Berkibar di Aceh J.....
29/07/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Rabu 29 Juli masyarakat Aceh Jaya di kejutkan dengan pengibaran bendera bulan bintang 6 titik di desa Tuwi Kareung dan desa Lhok Gu [ ... ]



OPINI

Indonesia Perlu Komisi atau Lembaga Peny.....
27/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Korupsi, korupsi dan korupsi. Di mana- mana, di beberapa media, Korupsi selalu menjadi suatu hal yang seakan menarik untuk menjadi baha [ ... ]



PROFIL

Mengenal Lebih Dekat Tri Erri Astoety, D.....
28/07/2015 | Arifin

KOPI - Prof. Drg. Tri Erri Astoety, MKes dikenal dengan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan masalah [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Melihat Keunikan Bali dari Angkul-Angkul.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana

KOPI - Dikutip dari Balibangol news. Hampir disetiap rumah di Bali memiliki Angkul-angkul, ya begitulah orang Bali menyebutnya Angkul-angkul merupaka [ ... ]



ROHANI

Bupati Rohil Bawa Rombongan Open House k.....
20/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Rombongan Bupati Rokan Hilir   H. Suyatno membawa rombongan Muspida dan ketua DPRD Rohil Nasrudin, sejumlah Kepala Dinas saat  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Rr Eka Aslyhatin Saudiyah Putri : Pili.....
30/07/2015 | Edo Jaya

    Jakarta, 30 Juli 2015- Faika Puteri salah satu penyanyi yang sedang booming lewat lagu “masih nmencintai’ memberikan pernyataan, dia lebih [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Sosialisasi Humas Mabes Polri terkait Ta.....
28/07/2015 | Ug Dani
article thumbnail

KOPI, JAKRTA - Berikut adalah keterangan Humas Mabes Polri terkait tarif pembuatan sim yang dilatagorikan sebagai Tarif penerimaan Negara bukan pa [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.