Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Karakter Pemimpin Masa Depan (212/S)

Karakter Pemimpin Masa Depan (212/S)

KOPI - Seorang pemimpin yang baik tidak dilihat dari banyaknya ia mendapat suara dari masyarakat tetapi pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang benar-benar berjiwa demokratis dan memiliki kriteria tersendiri demi menciptakan masyarakat adil dan makmur, tidak hanya itu seorang pemimpin yang baik juga harus berkomitmen demi mencapai tujuan yang utama bukan tujuan sampingan demi meraih material. Ada beberapa karakter atau kriteria pemimpin yang harus diwujudkan di masa depan :

 

1. Berpegang teguh pada Tuhan

Seorang pemimpin harus berpegang teguh kepada Tuhan dan mempertahankan keimanan agar tidak terlibat dalam lingkaran setan.

2. Berjiwa Demokratis

Demokratis berarti tidak mementingkan diri sendiri atau pun golongan tetapi lebih mementingkan dan mendahulukan masyarakat. Jika wakil rakyat memiliki jiwa demokratis maka tidak akan terjadi penyelewengan dan penyimpangan di negara ini.

3. Peka terhadap perubahan intern bangsa

Perubahan intern bangsa adalah perubahan yang terjadi di negara tersebut baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya, maupun politik. Wakil rakyat atau anggota DPR harus cepat merespon segala bentuk tindakan dari masyarakat baik itu demonstrasi atau bukan. Seperti perubahan terhadap harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang banyak menimbulkan kericuan di masyarakat. Oleh karna itu, mereka harus bertindak cepat dalam mengatasi hal seperti itu dengan menetapkan harga BBM.

4. Mengakomodasi kesetaraan gender

Gender artinya jenis kelamin. Sedangkan kesetaraan adalah kesamaan seseorang dengan orang lain tanpa membedakan status sosial. Disini kesetaraan gender bukan berarti kesamaan antara derajat kaum pria dan kaum wanita. Melainkan, kesamaan di muka umum. Dimana setiap wakil rakyat boleh mengakomodasikan seseorang sesuai dengan keahliannya. Wanita juga berhak mengapresiasikan pendapatnya kepada wakil rakyat, bahkan wakil rakyat dapat pula berasal dari kaum wanita. Sebagai contoh, Ibu Megawati sebagai presiden wanita pertama di Indonesia.

5. Bervisi Multikulturalisme

Indonesia memiliki banyak keanekaragaman etnis atau suku, adat istiadat, agama, bahasa, kebudayaan dan lain-lain. Semua itu tercakup dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika. Multikulturalisme adalah tuntutan pengetahuan atas berbagai jenis kebudayaan agar kebudayaan tersebut tidak di klaim oleh negara lain. Jadi, pemerintah harus bersikap tegas dan bertindak cepat untuk segera mempatenkan milik negara yang menjadi ciri khas dan budaya bangsa.

6. Memimpin dengan Bersih dan Anti-KKN.

Jika seorang pemimpin tidak bersih dan bersikap KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) maka dampak negatif dari sikap tesebut adalah dapat membahayakan stabilitas serta keamanan, bahkan merongrong pembangunan sosial ekonomi, politik, juga nilai-nilai demokrasi. Apabila pemimpin bersikap bersih dan bebas dari KKN maka akan terwujud para pemimpin atau wakil rakyat yang jujur dan dapat mempertahankan stabilitas keamanan, bahkan mempercepat pembangunan sosial ekonomi, politik dan nilai demokratis akan terwujud.

7. Mengutamakan Profesionalisme dan Kepemimpinan

Seorang pemimpin diangkat karena keahlian, kesamaaan visi ke depan, dan keberanian untuk melakukan tindakan-tindakan yang membawa bangsa ini maju dan beradab secara tegas. Bukan sebaliknya, seorang pemimpin diangkat karena memiliki kedekatan semata terhadap pemimpin yang ada diatasnya hal tersebut dilakukan secara tidak profesional.

8. Berani Bermimpi dan Mewujudkannya

Berani mengatur langkah dan bertindak adalah tanda keberanian untuk mewujudkan berbagai hal yang menjadi impiannya. Sedangkan mimpi adalah sebuah imajinasi dan angan-angan tentang bagaimana bangsa ini perlu diubah agar kesengsaraan masyarakat dan beban-beban bangsa yang berat bisa teratasi.

9. Keharusan Memiliki Visi Jauh ke Depan

Visi adalah wawasan jauh ke depan dan juga keinginan akhir yang dituju. Untuk menciptakan masyarakat yang makmur, adil dan sejahtera, jauh waktu sebelum semua itu para pemimpin telah memesan tentang pentingnya semangat dalam penyelenggaraan kepemimpinan bangsa. Semangat yang baik akan membuahkan kepemimpinan yang baik, meskipun undang-undang dasarnya yang ada misalnya kurang baik. Sebaliknya, meskipun undang-undang dasarnya bagus, tetapi mutu semangat kepemimpinannya rendah ( hanya untuk mementingkan pribadi dan golongan), undang-undang yang baik pun akan direkayasa.

10. Jiwa Nasionalisme dan Merakyat

Wakil rakyat harus memiliki tujuan yang sama dengan masyarakat yaitu menciptakan masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. Karena wakil rakyat berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jika wakil rakyat memiliki jiwa nasionalisme dan merakyat maka semua tujuan akan tercapai.

11. Ketekunan dan Kemandirian

Seorang pemimpin harus memiliki ketekunan dalam menciptakan tujuan-tujuannya terhadap bangsa walaupun hal yang diraih harus butuh perjuangan dan dilakukan berulang-ulang sampai pada apa yang ingin dicapai. Kemandirian tidak luput dari aspek pencapaian bangsa yang merdeka dalam artian bukan tidak menerima pemberian dari orang lain tetapi dalam hal ini pemberian orang lain tidaklah dianggap sebagai tujuan. Segala sesuatu harus dimulai dari hal yang kecil dan terbatas. Dengan sifat ketekunan dan kemandirian inilah yang kelak berkembang dan menjalar menjadi semangat bangsa secara nasional.

12. Amanah dan Bertanggung jawab

Amanah adalah sebuah kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat kepada wakil rakyat atau anggota DPR yang bertugas untuk menyampaikan segala bentuk apresiasi positif dari masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah yang bebas aktif. Selain itu, amanah tersebut harus dipertanggung-jawabkan dampaknya, apakah berdampak positif atau negatif karena setiap perbuatan yang dilakukan harus didasarkan pada tanggung jawab seseorang yang melakukannya.

Dengan karakter-karakter tersebut, para calon pemimpin dapat selalu mengevaluasi diri agar dapat menjadi aktor utama dalam mengembalikan jati diri bangsa. Sebagai contoh, Soekarno yang terkenal dengan sebutan Bung Karno merupakan pemimpin bangsa sejati. Jiwa patriotisme yang dimiliki oleh beliau yang mengantarkan Indonesia pada kursi kepemimpinan. Gaya kepemimpinan Soekarno menghipnotis dunia. Meski saat itu kondisi Indonesia dalam impitan ekonomi dan sosial yang mendera, secara politis Indonesia begitu kukuh di mata dunia. Walaupun semua kriteria di atas bisa saja tidak tercapai, tetapi kita berharap memiliki pemimpin yang mampu merangkul semua aspek kehidupan di Indonesia dan memajukan bangsa ini demi mengembalikan jati diri bangsa.

Referensi :

Khalik, Nur. (2012). Kepemimpinan Kaum Muda. Yogyakarta : Cempaka Putih.

 

BIODATA PENULIS

Nama : SEPTIA MILANDA

T.T.L : Palembang, 11 September 1995

Nama Sekolah : SMAN 3 Unggulan Kayuagung

Alamat sekolah : Jalan Letnan Sayuti. Kelurahan Kedaton Kab. Ogan Komering Ilir. SUM-SEL.

Alamat rumah : Asrama SMAN 3 Unggulan Kayuagung, Jalan Letnan Sayuti. Kelurahan Kedaton Kab. Ogan Komering Ilir. SUM-SEL. 30617.

No. Hp : 087796666876

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it atau This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook : Septia Milanda

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

Menteri Ristek Dikti Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kewibawaan Akademik oleh IMARC dan FEB UNDIP
Senin, 18 Januari 2016

KOPI, Semarang - Tak diduga dan tak disangka, Menteri Nasir langsung meninggalkan rombongan setelah peresmian Sekretariat ISEI Semarang. "Saya mau keatas dulu" Sebut Menteri Nasir kepada rombongan dan  beranjak pergi menuju lantai 2 mendatangi Indonesian Scopus Project.  Belakangan baru diketahui bahwa kedatangan tersebut diluar agenda selama Menteri Ristek Dikti berada di Semarang. Tempat  tersebut merupakan pelatihan penulisan jurnal... Baca selengkapnya...

DAERAHPerkembangan Harga Rata-rata Kebutuhan P.....
06/02/2016 | Fahma

Kopi, Sumut - Harga rata-rata bahan kebutuhan pokok di 33 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara menjelang Tahun Baru Imlek 2567, di minggu pertama b [ ... ]



PENDIDIKANPeran Serta Orang Tua Mengatasi Kenakala.....
07/02/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Lapas Sarolangun beberapa waktu yang lalu mengadakan kegiatan penyuluhan Hukum di sejumlah sekolah secara serentak yakni di SMA [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATAKurnia Illahi Calon Putri Indonesia 2016.....
23/01/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Duri – Dukungan mengalir kepada Nia, tidak hanya dari pemerintah daerah. Tapi juga dari masyarakat dan pihak swasta, seperti Hotel Grand Zur [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPengedar Sabu Dihadiahi Timah Panas.....
06/02/2016 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Satuan Narkoba Polres Sarolangun dan Polsek kota berhasil menangkap dua orang yang diduga pengedar barang haram jenis sabu barna [ ... ]



POLITIKSarolangun Butuh Sosok Pemimpin Birokras.....
07/02/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Birokrasi menjadi elite dalam aplikasi teknis pengelolaan sumber keuangan pemerintah. Penyelenggara birokrasi berasal dari berb [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIMaling-maling di Mesjid Kita.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Mesjid adalah tempat utama untuk menjalankan ibadah bagi umat Islam. Dimana mesjid juga sebagai sarana pendidikan, menuntut ilmu, peny [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKutitip Ginjal Ini.....
07/01/2016 | Nova Ibun

KOPI - Air mukamu sudah bisa ku lihat jelas, walaupun sedikit itupun karena kau paksakan untuk membersihkannya dengan air tajin yang sengaja kau olesk [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIIronis, Dua Wanita Calon TKI Asal BLK Ma.....
05/02/2016 | Maulana Hasanuddin
article thumbnail

KOPI - Jakarta, Telah ditemukan 2 orang wanita calon TKI yang telah tersesat di ibukota jakarta dalam keadaan terlantar serta amat memperihatinkan kea [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.