Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Anggota Legislatif Masa Depan (213/M)

Anggota Legislatif Masa Depan (213/M)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) sebagai perpanjangan tangan rakyat harus terdiri dari sosok yang berkualitas. Miris melihat fenomena oknum anggota legislatif itu sendiri memperkuat krisis kepercayaan dari rakyat. Jika tidak sedari awal memilih bibit yang baik maka tetap saja tidak akan ada perubahan kedepannya di lembaga legislatif. Sudah menjadi isu publik oknum wakil rakyat yang sering titip absen, sering terlambat rapat di gedung DPR, tiduran saat membahas Rancangan Undang – Undang ( RUU ), tertangkap kamera membuka situs yang tidak selayaknya saat rapat, hingga oknum anggota DPR yang menyandang gelar tersangka, terdakwa, dan terpidana dalam berbagai kasus. Tentunya bukan wakil seperti ini yang diharapkan. Seolah – olah kursi legislatif bukan lagi menjadi sarana tetapi tujuan akhir untuk kesejahteraan golongan tertentu. Julukan wakil rakyat bersifat simbolis. Tiga fungsi lembaga legislatif telah berubah fungsi; fungsi legislasi dijadikan ajang merumuskan dan mengesahkan RUU yang sarat kepentingan politik saja, fungsi anggaran lebih difokuskan pada anggaran untuk studi banding ( pelesiran ) keluar negeri, dan fungsi pengawasan juga memiliki cerita.

Perlu disadari perilaku anggota legislatif yang sering menjadi sorotan publik terkadang kesalahan rakyat juga. Memilih tanpa pertimbangan atau sekedar menggugugurkan hak pilih saja. Orang bijak tidak akan mau terjebak pada kesalahan yang sama. Sehingga diperlukan panduan cerdas memilih anggota legislatif minimal 12 kriteria berikut:

Pertama, Berakhlak mulia, bermental pancasila. Kriteria ini tidak hanya yang pertama tetapi juga utama bagi anggota legislatif. Akhlak mulia sebagai aktualisasi diri kepada Tuhan akan direalisasikan dalam segala tindakan. Seseorang yang mengenal baik Tuhannya akan berbuat maksimal dalam setiap amanah yang dipercayakan. Prinsip bekerja maksimal akan dijaga sebaik – baiknya karena laporan pertanggungjawaban tidak terbatas kepada manusia tetapi yang tertinggi kepada Tuhannya.

Selain berakhlak mulia, juga harus bermental pancasila. Pancasila sebagai landasan idiil negara Indonesia merupakan patokan tertinggi dalam melaksanakan amanah sebagai wakil rakyat. Kemampuan yang baik untuk merealisasikan pancasila dan berakhlak mulia tidak akan ditemui wakil rakyat yang goyang kaki saja.

Kedua, Kompeten dibidangnya. Sudah menjadi rahasia publik banyak anggota legislatif yang tidak kompeten untuk berada di komisi tertentu. Seolah latar belakang pendidikan tidak menjadi pertimbangan untuk menjadi anggota legislatif, misalnya fenomena artis beralih profesi menjadi anggota dewan. Sepertinya di lembaga legislatif menggunakan sistem penjatahan kuota setiap fraksi sehingga latar belakang pendidikan tidak menjadi persoalan. Untuk perbaikan kedepannya fit and proper test perlu lebih intensif.

Ketiga, Dapat dipercaya ( amanah ). Anggota legislatif juga seorang pemimpin sehingga harus siap menjaga amanah rakyat. Jika tidak bisa menjaga kriteria ini maka dari sinilah berawal krisis kepercayaan. Hilangnya rasa kepercayaan merupakan musibah bagi anggota legislatif.

Keempat, Idealis. Tidak bisa dipungkiri sebelum berada dilembaga legislatif bakal calon anggota legislatif memiliki idealisme yang tinggi khususnya untuk perubahan. Namun, tidak jarang semua itu luntur seiring berjalannya waktu setelah berada dikursi legislatif. Sosok anggota legislatif yang sejati akan senantiasa menjaga sikap idealis dimanapun posisinya.

Kelima, Solutif mengelola masalah. Konflik yang terjadi dengan mengusung isu Suku, Agama, dan Ras ( SARA ) selain membutuhkan kreatifitas presiden, peran anggota legislatif juga sangat diperlukan. Tidak dipungkiri terjadinya konflik ( anarkis ) terkadang bermotif ketidakpuasan kepada pemimpin termasuk anggota legislatif. Setiap kebijakan sering memunculkan kontraversi dari berbagai kalangan. Bukan sikap yang bijak apabila media massa leluasa berspekulasi dan memprovokasi kebijakan karena tidak kunjung melihat aksi dan klarifikasi.

Keenam, Fokus. Kriteria ini juga perlu dimiliki oleh anggota legislatif. Tanpa adanya sikap fokus khususnya dalam menyelesaikan target pengesahan RUU atau isu yang berkembang dimasyarakat maka yang terjadi hanya bekerja tidak maksimal. Tepatnya bekerja setengah jalan tanpa kualitas sedikitpun.

Ketujuh, Kemampuan memimpin dan dipimpin. Posisi memimpin dan dipimpin juga sangat penting bagi anggota legislatif. Ketika ada pemimpin maka yang lain harus siap dipimpin. Sebaliknya jika tidak ada yang memimpin maka harus siap mengambil peran pimpinan. Miris, melihat setiap proses perumusan atau pengesahan RUU yang berkecamuk tanpa arah. Bahkan terkadang pimpinan tidak dianggap dalam sidang di lembaga legislatif. Perlu adanya perubahan yang lebih baik dalam hal ini.

Kedelapan, Berkrepibadian Intelek. Latar belakang pendidikan anggota dewan merupakan bagian vital untuk berada di lembaga legislatif. Sebab kecerdasan intelektual akan sangat membantu dalam memberikan pemikiran – pemikiran yang brilliant yang tentunya sangat dibutuhkan dengan permasalahan yang ada. Dari kemampuan intelektual akan melahirkan ide – ide baru yang solutif.

Kesembilan, Manajemen waktu. Banyaknya tugas menyelesaikan rancangan regulasi membutuhkan sikap prioritas yang sangat erat kaitannya waktu. Melihat padatnya daftar program legislasi nasional ( prolegnas ) anggota legislatif harus memiliki penjadwalan yang matang dan target penyelesaian setiap RUU menjadi UU.

Kesepuluh, Loyal bukan royal. Loyalitas sangat menentukan kualitas kinerja dalam pencapaian target. Bekerja yang didominasi sikap royal akan menurunkan loyalitas karena banyaknya waktu yang terpakai untuk tidak bekerja dan sebaliknya. Perlu disadari bahwa menjadi anggota legislatif adalah melayani bukan dilayani dengan cara menghabiskan uang rakyat.

Kesebelas, Kritis dan solutif. Kriteria ini sangat penting dimiliki oleh para anggota legislatif yang notabene mewakili kepentingan rakyat. Sangat tidak lucu jika wakil rakyat hanya mengangguk saja dengan perdebatan yang terjadi dan tidak mempunyai pendirian ( yang benar ). Sering dilihat dalam perumusan dan pembahasan RUU berujung debat kusir dan tidak jarang berakhir walk out.

Kedua belas, Muda dan Energik. Banyaknya RUU yang masuk daftar prolegnas membutuhkan anggota legislatif yang muda dan energik. Selain otak yang brilliant juga harus didukung semangat dalam mencapai target. Kata bijak mengatakan masa muda adalah saat yang tepat mengaplikasikan ide dan mengasah kreatifitas.

Implementasi dua belas kriteria diatas memberikan rasa optimisme untuk perubahan yang lebih baik dilembaga legislatif yang notabene kumpulan orang – orang yang siap memperjuangkan hak – hak rakyat.

 

Biodata Penulis

Nama : ATNA DEWI

Tempat/tanggal lahir : Pasaman Barat, 21 Oktober 1988

Universitas : Andalas

Alamat universitas : Kampus Unand Limau Manis, Padang 25163

Alamat rumah : Asrama Beastudi etos jln. Kapalo koto no. 14 RT 2/I, kec. Pauh, Padang , Sumatera Barat 25163

No. Handphone : 085365957295 / 083181404889

E – mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : iat Dewi

 

 

Pengamat : H.Sby Sejak Lengser Jadi Tukang Kritik Pemerintah Jokowi -Jk
Selasa, 09 Pebruari 2016

KOPI, Jakarta – Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan Presiden ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sejak lengser jadi tukang kritik pemerintahan Jokowi-JK he..he.. ketus Pengamat Politik Indonesia singkatan dari Pepi. Ini cuplikan kritikan Haji SBY saat diwawancarai oleh Youtube. SBY sering menyampaikan pandangannya tentang kebijakan yang diambil oleh pemerintah Presiden Jokowi. Melalui media sosial, SBY sering sampaikan sejumlah... Baca selengkapnya...

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

NASIONALIntervensi Pers, Bentuk Pencederaan Terh.....
08/02/2016 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Intervensi kepada pers, adalah bentuk pencederaan hak publik atas informasi yang benar. Upaya intervensi adalah upaya melawan hukum. UU [ ... ]



PENDIDIKANPembangunan RKB Terbengkalai, Dinas Pend.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Pembangunan pengadaan ruang kelas baru (RKB) di SDN Trimekar Jaya, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat tidak kunjung selesai. [ ... ]



EKONOMIPDAM Banda Aceh Dituntut Tingkatkan Kine.....
09/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) merupakan salah satu unit yang melayani kebutuhan masyarakat terkait air minum. Memasuki tahun 2016 [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPolisi Gadungan Ditangkap Saat Melakukan.....
09/02/2016 | Maulana Hasanuddin

KOPI, Tangerang - Polisi gadungan RB (27Thn) warga kampung Leles Garut, Jawa Barat ini modal seragam dan atribut kepolisian melakukan pemalakkan kepad [ ... ]



POLITIKPARMUSI Aceh Menggelar Mukerwil I 2016.....
09/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - PARMUSI (Persaudaraan Muslimin Indonesia) wilayah Aceh kembali membuat terobosan dengan mengundang semua perwakilan utusan PARMUSI di  [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIPARMUSI Siapkan 100 Dai untuk Wilayah Pe.....
09/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Wilayah republik Indonesia yang luas dari Sabang hingga Merauke memang banyak mesjidnya. Akan tetapi disana-sini masih terlihat kekura [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi Bae

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.