Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Anggota Legislatif Masa Depan (213/M)

Anggota Legislatif Masa Depan (213/M)

KOPI - Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) sebagai perpanjangan tangan rakyat harus terdiri dari sosok yang berkualitas. Miris melihat fenomena oknum anggota legislatif itu sendiri memperkuat krisis kepercayaan dari rakyat. Jika tidak sedari awal memilih bibit yang baik maka tetap saja tidak akan ada perubahan kedepannya di lembaga legislatif. Sudah menjadi isu publik oknum wakil rakyat yang sering titip absen, sering terlambat rapat di gedung DPR, tiduran saat membahas Rancangan Undang – Undang ( RUU ), tertangkap kamera membuka situs yang tidak selayaknya saat rapat, hingga oknum anggota DPR yang menyandang gelar tersangka, terdakwa, dan terpidana dalam berbagai kasus. Tentunya bukan wakil seperti ini yang diharapkan. Seolah – olah kursi legislatif bukan lagi menjadi sarana tetapi tujuan akhir untuk kesejahteraan golongan tertentu. Julukan wakil rakyat bersifat simbolis. Tiga fungsi lembaga legislatif telah berubah fungsi; fungsi legislasi dijadikan ajang merumuskan dan mengesahkan RUU yang sarat kepentingan politik saja, fungsi anggaran lebih difokuskan pada anggaran untuk studi banding ( pelesiran ) keluar negeri, dan fungsi pengawasan juga memiliki cerita.

Perlu disadari perilaku anggota legislatif yang sering menjadi sorotan publik terkadang kesalahan rakyat juga. Memilih tanpa pertimbangan atau sekedar menggugugurkan hak pilih saja. Orang bijak tidak akan mau terjebak pada kesalahan yang sama. Sehingga diperlukan panduan cerdas memilih anggota legislatif minimal 12 kriteria berikut:

Pertama, Berakhlak mulia, bermental pancasila. Kriteria ini tidak hanya yang pertama tetapi juga utama bagi anggota legislatif. Akhlak mulia sebagai aktualisasi diri kepada Tuhan akan direalisasikan dalam segala tindakan. Seseorang yang mengenal baik Tuhannya akan berbuat maksimal dalam setiap amanah yang dipercayakan. Prinsip bekerja maksimal akan dijaga sebaik – baiknya karena laporan pertanggungjawaban tidak terbatas kepada manusia tetapi yang tertinggi kepada Tuhannya.

Selain berakhlak mulia, juga harus bermental pancasila. Pancasila sebagai landasan idiil negara Indonesia merupakan patokan tertinggi dalam melaksanakan amanah sebagai wakil rakyat. Kemampuan yang baik untuk merealisasikan pancasila dan berakhlak mulia tidak akan ditemui wakil rakyat yang goyang kaki saja.

Kedua, Kompeten dibidangnya. Sudah menjadi rahasia publik banyak anggota legislatif yang tidak kompeten untuk berada di komisi tertentu. Seolah latar belakang pendidikan tidak menjadi pertimbangan untuk menjadi anggota legislatif, misalnya fenomena artis beralih profesi menjadi anggota dewan. Sepertinya di lembaga legislatif menggunakan sistem penjatahan kuota setiap fraksi sehingga latar belakang pendidikan tidak menjadi persoalan. Untuk perbaikan kedepannya fit and proper test perlu lebih intensif.

Ketiga, Dapat dipercaya ( amanah ). Anggota legislatif juga seorang pemimpin sehingga harus siap menjaga amanah rakyat. Jika tidak bisa menjaga kriteria ini maka dari sinilah berawal krisis kepercayaan. Hilangnya rasa kepercayaan merupakan musibah bagi anggota legislatif.

Keempat, Idealis. Tidak bisa dipungkiri sebelum berada dilembaga legislatif bakal calon anggota legislatif memiliki idealisme yang tinggi khususnya untuk perubahan. Namun, tidak jarang semua itu luntur seiring berjalannya waktu setelah berada dikursi legislatif. Sosok anggota legislatif yang sejati akan senantiasa menjaga sikap idealis dimanapun posisinya.

Kelima, Solutif mengelola masalah. Konflik yang terjadi dengan mengusung isu Suku, Agama, dan Ras ( SARA ) selain membutuhkan kreatifitas presiden, peran anggota legislatif juga sangat diperlukan. Tidak dipungkiri terjadinya konflik ( anarkis ) terkadang bermotif ketidakpuasan kepada pemimpin termasuk anggota legislatif. Setiap kebijakan sering memunculkan kontraversi dari berbagai kalangan. Bukan sikap yang bijak apabila media massa leluasa berspekulasi dan memprovokasi kebijakan karena tidak kunjung melihat aksi dan klarifikasi.

Keenam, Fokus. Kriteria ini juga perlu dimiliki oleh anggota legislatif. Tanpa adanya sikap fokus khususnya dalam menyelesaikan target pengesahan RUU atau isu yang berkembang dimasyarakat maka yang terjadi hanya bekerja tidak maksimal. Tepatnya bekerja setengah jalan tanpa kualitas sedikitpun.

Ketujuh, Kemampuan memimpin dan dipimpin. Posisi memimpin dan dipimpin juga sangat penting bagi anggota legislatif. Ketika ada pemimpin maka yang lain harus siap dipimpin. Sebaliknya jika tidak ada yang memimpin maka harus siap mengambil peran pimpinan. Miris, melihat setiap proses perumusan atau pengesahan RUU yang berkecamuk tanpa arah. Bahkan terkadang pimpinan tidak dianggap dalam sidang di lembaga legislatif. Perlu adanya perubahan yang lebih baik dalam hal ini.

Kedelapan, Berkrepibadian Intelek. Latar belakang pendidikan anggota dewan merupakan bagian vital untuk berada di lembaga legislatif. Sebab kecerdasan intelektual akan sangat membantu dalam memberikan pemikiran – pemikiran yang brilliant yang tentunya sangat dibutuhkan dengan permasalahan yang ada. Dari kemampuan intelektual akan melahirkan ide – ide baru yang solutif.

Kesembilan, Manajemen waktu. Banyaknya tugas menyelesaikan rancangan regulasi membutuhkan sikap prioritas yang sangat erat kaitannya waktu. Melihat padatnya daftar program legislasi nasional ( prolegnas ) anggota legislatif harus memiliki penjadwalan yang matang dan target penyelesaian setiap RUU menjadi UU.

Kesepuluh, Loyal bukan royal. Loyalitas sangat menentukan kualitas kinerja dalam pencapaian target. Bekerja yang didominasi sikap royal akan menurunkan loyalitas karena banyaknya waktu yang terpakai untuk tidak bekerja dan sebaliknya. Perlu disadari bahwa menjadi anggota legislatif adalah melayani bukan dilayani dengan cara menghabiskan uang rakyat.

Kesebelas, Kritis dan solutif. Kriteria ini sangat penting dimiliki oleh para anggota legislatif yang notabene mewakili kepentingan rakyat. Sangat tidak lucu jika wakil rakyat hanya mengangguk saja dengan perdebatan yang terjadi dan tidak mempunyai pendirian ( yang benar ). Sering dilihat dalam perumusan dan pembahasan RUU berujung debat kusir dan tidak jarang berakhir walk out.

Kedua belas, Muda dan Energik. Banyaknya RUU yang masuk daftar prolegnas membutuhkan anggota legislatif yang muda dan energik. Selain otak yang brilliant juga harus didukung semangat dalam mencapai target. Kata bijak mengatakan masa muda adalah saat yang tepat mengaplikasikan ide dan mengasah kreatifitas.

Implementasi dua belas kriteria diatas memberikan rasa optimisme untuk perubahan yang lebih baik dilembaga legislatif yang notabene kumpulan orang – orang yang siap memperjuangkan hak – hak rakyat.

 

Biodata Penulis

Nama : ATNA DEWI

Tempat/tanggal lahir : Pasaman Barat, 21 Oktober 1988

Universitas : Andalas

Alamat universitas : Kampus Unand Limau Manis, Padang 25163

Alamat rumah : Asrama Beastudi etos jln. Kapalo koto no. 14 RT 2/I, kec. Pauh, Padang , Sumatera Barat 25163

No. Handphone : 085365957295 / 083181404889

E – mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : iat Dewi

 

 

Surya Paloh Persilahkan Jokowi Copot Mentri dari Partai Nasdem
Selasa, 28 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Surya Paloh pemilik Metro TV memberikan andil lebih kepada Jokowi saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, terlebih lagi Metro TV maupun jaringan medianya membantu Jokowi dalam menghadapi serangan kampanye hitam (red.Black Campaign) dari lawan politiknya dulu.   Ajisutisyoso mengatakan Surya Paloh menantang Jokowi mencopot mentri berasal dari kader Partai Nasdem (Nasional Demokrat) bila kerjanya tidak... Baca selengkapnya...

PAN Manfaatkan Popularitas Artis ikut Calon Kepala Daerah
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Jakarta- Ajisutisyoso mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) ngotot dukung selebriti sebagai calon kepala daerah yakni aktor Zumi Zola, Sigit Purnomo Syamsuddin Said dikenal dengan nama Pasha ungu, Desy Ratna Sari. PAN sengaja mengandalkan popularitas kalangan seleb atau artis untuk menyedot suara pemilih pada pilkada serentak akhir tahun ini , pun tak ada undang-undang melarang kalangan seleberiti ikut Pilkada serentak ketus... Baca selengkapnya...

Ketum PDIP Hj. Megawati Merekomendasi Beberapa Pasangan Calon Bupati seRiau
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) Riau Kordias Pasaribu didampingi Sekretaris Syafrudin Poti, Bendahara Makmun Solihin serta pengurus PDIP dihadiri sejumlah bakal calon bupati/walikota yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada ) serentak tanggal 9 Desember 2015 mendatang . inilah nama-nama  dituangkan dalam surat rekomendasi DPP PDIP yang disetujui langsung Ketua Umum... Baca selengkapnya...

Polresta Pekanbaru Ringkus 2 orang Distributor Narkoba Wilayah Sumatera
Minggu, 26 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – Polresta Pekanbaru berhasil menangkap dua orang Bandar narkoba asal Sumatera Utara SU (35) dan SN (37) yang ingin melakukan transaksi penjualan narkoba lokasi komplek perumahaan mewah yakni di Perumahan Kuantan Regency blok B , Kecamatan Lima Puluh, Jumat (24/07/15) malam. Penangkapan ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarief Hidayat. Jajaran aparat Polresta Pekanbaru menyita sepucuk... Baca selengkapnya...

Proyek RLH Milik H. Nasir Orang Tua Bupati Meranti asal Jadi
Jumat, 24 Juli 2015

KOPI, Selatpanjang – Proyek pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) yang dibangun oleh  Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui dana APBD tahun 2014 lalu untuk rakyat miskin. Proyek RLH tersebut asal jadi , yang penting rumah sudah berdiri dan ditempati warga. Rumah Layak Huni (RLH) diperuntukan untuk warga miskin seperti yang dimiliki oleh Kamisni dan Usman A, warga Desa Mekar sari kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti ... Baca selengkapnya...

PPWI Bersilahturahmi ke Panglima Kodam Jaya
Kamis, 23 Juli 2015

KOPI, JAKARTA - Rabu, 22 Juli 2015, pukul 10.00 wib, Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Agus Sutomo, SE berkenan menerima kunjungan Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke​, di ruang kerjanya di Markas Kodam Jaya, Jl. Mayjen Sutoyo No. 5, Cililitan, Jakarta Timur. Pertemuan yang dihadiri oleh beberapa staf Pangdam, antara lain Kepala Penerangan dan Asisten Intelijen Kodam Jaya, itu berlangsung hangat dan... Baca selengkapnya...

Peringatan HUT Adhyaksa Ke-55, Kajati Riau Serahkan Nasi Tumpeng Kepada Jaksa Termuda
Rabu, 22 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau Susdiyarto Agus Praptono SH. Menjadi Inspektur upacara Hut Adhyaksa ke–55 di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Riau,  (Rabu 22/7-15). Usai upacara Kajati Riau langsung ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, menaburkan bunga. Usai itu langsung ke Kantor merayakan HUT Ke-15  IAD (Ikatan Adhyaksa Dharma Karini) ke-15, acara berlangsung sangat sederhana serta dilanjutkan pemotongan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Oknum Perwira AL Korea Selatan Bocorkan.....
19/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Korea - Kepala Komando Keamanan Pertahanan, Cho Hyun-chun telah merilis sebuah pernyataan di Kementerian Pertahanan di Seoul pada Jumat (10/7)  [ ... ]



NASIONAL

Banyak Pelanggar KTP Terjaring di Penyeb.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Jembrana - Beberapa hari setelah Lebaran, ribuan pendatang mulai masuk ke Bali. Namun puluhan diantarannya tersaring di Pos Pemeriksaan KTP Gili [ ... ]



DAERAH

Akibat Tidak Mendapat VAR, Pemuda Tewas .....
28/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

  KOPI, Bangli,- Dikutip dari Beritajalanan.com, Diduga akibat stock var habis, seoarang pemuda asal dusun Buayang, Landih, Bangli tewas setelah t [ ... ]



PENDIDIKAN

Ahok Kecewa, JakBook & Edu Fair Menjual .....
27/07/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengeluarkan rasa kekecewannya kepada penyelenggara Event tahunan pameran buku [ ... ]



EKONOMI

Pasar Gede Bage Ditinjau Menteri Perdaga.....
21/07/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Rachmat Gobel meninjau Pasar Induk Gedebage pada Selasa (21/7). Peninjauan ini dila [ ... ]



HANKAM

Pengamat: Tolong Komandan, Copot Kapold.....
21/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Papua- Sangat kita sayangkan aparat keamanan yang bertugas di propinsi Papua tidak tahu akan terjadi tragedi   pembakaran mushola, serta bebe [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Pesta Narkoba di Kamar Kost, Pasangan In.....
24/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Singaraja - Dikutip dari Balibangol news, dua orang sedang berpesta narkoba di sebuah kamar kos di gerebek Polisi setelah beberapa lama di intai [ ... ]



POLITIK

Kampanye Pilkada Labura Resmi Dimulai.....
27/07/2015 | Bima Hariandi
article thumbnail

KOPI, Aek Kanopan - Kampanye Pilkada Labuhan Batu Utara (Labura) secara resmi telah dimulai pada hari Senin 27/07/2015. Salah seorang calon bupati L [ ... ]



OPINI

Indonesia Perlu Komisi atau Lembaga Peny.....
27/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Korupsi, korupsi dan korupsi. Di mana- mana, di beberapa media, Korupsi selalu menjadi suatu hal yang seakan menarik untuk menjadi baha [ ... ]



PROFIL

Untuk Kemajuan Sebuah Pemerintahan Dibut.....
28/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Kepiawaian M. Khoirun SE (40) Kepala Desa Bendosari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Untuk mengajak Warga Masyarakatnya Gotong Royong, [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Melihat Keunikan Bali dari Angkul-Angkul.....
23/07/2015 | I Wayan Wiyana

KOPI - Dikutip dari Balibangol news. Hampir disetiap rumah di Bali memiliki Angkul-angkul, ya begitulah orang Bali menyebutnya Angkul-angkul merupaka [ ... ]



ROHANI

Bupati Rohil Bawa Rombongan Open House k.....
20/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Rombongan Bupati Rokan Hilir   H. Suyatno membawa rombongan Muspida dan ketua DPRD Rohil Nasrudin, sejumlah Kepala Dinas saat  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

Bintang Bersemangat Memetik Kopi.....
27/07/2015 | I Wayan Wiyana
article thumbnail

KOPI, Bali - Umur boleh baru 8 bulan tapi sudah ada niat jadi petani, agar kelak kita tidak sampai mengimpor kopi dari luar. Banyak jargon tentang Ko [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.