Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Mampukah Aku Menjadi Teladan? (220/S)

KOPI -  Negara Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik dan demokrasi sebagai sistem pemerintahannya. Sebagai sebuah negara demokrasi, Indonesia perlu menjaga 4 pilar demokrasi yakni Legislatif, Yudikatif, eksekutif dan juga Pers demi tercapainya keseimbangan dalam bernegara.

Sebagai salah satu faktor terpenting, lembaga Legislatif di Indonesia memiliki andil yang besar dalam negara ini. Lembaga legislatif di Indonesia adalah Dewan Perwakilan Rakyat atau biasa kita kenal dengan DPR. Lembaga ini merupakan tempat wakil-wakil rakyat untuk menyuarakan aspirasi rakyat dan pelayan bagi masyarakat Indonesia. Namun pada kenyataannya banyak wakil rakyat yang menyalahgunakan jabatannya untuk melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat Indonesia dan negara Indonesia sendiri. Korupsi, Kolusi dan Nepoteisme merajarela dinegara kita tercinta, Indonesia.

Pada berbagai tingkatan, mulai dari RT hingga pemerintah pusat bisa kita jumpai berbagai tindakan yang sarat dengan KKN. Bahkan kini Indonesia menduduki salah satu peringkat teratas sebagai negara terkorup didunia. Hal ini ironis bagi negara yang telah dibangun oleh jutaan tengkorak manusia yang mati karena memperjuangkan kemerdekaan negara kita tercinta ini.

Anggota DPR dipilih setiap lima tahun sekali dalam Pemilu. Penyelenggaraan Pemilu ini sering disebut-sebut dengan pesta demokrasi. Berbagai partai mengusung beberapa oarang atau belasan bahkan tak sedikit partai yang mengusung puluhan kadernya dalam perebutan kursi empuk anggota dewan. Menjadi anggota dewan mungkin menjadi kebanggaan tersendiri bagi segelintir orang. Fasilitas dan kedudukan bisa kita dapatkan setelah menjadi ‘pelayan rakyat’ ini.

Fasilitas yang diberikan kepada anggota DPR merupakan hak yang diberikan negara oleh para anggota dewan. Namun sebaiknya kita sebagai manusia menyadari bahwa sebelum kita mengambil hak kita, kita harus menjalankan kewajiban yang diberikan pula kepada kita. Sebelum memberanikan diri mencalonkan diri sebagai abdi masyarakat, kita sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya sanggupkah kita menjadi tauladan bagi orang lain?

Menjadi seorang wakil rakyat bukanlah sesuatu yang sederhana. Masalah yang dihadapi juga bukan hanya masalah-masalah sederhana yang dapat diselesaikan dengan mudah.begitu banyak masalah-masalah rumit yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Gerak-gerik kita sebagai wakil rakyat menjadi salah satu penilaian orang terhadap kita.

• Mencintai negara Republik Indonesia

Sebagai anak bangsa, sudah seharusnya kita mencintai dan membela negara kita tercinta. Berusaha untuk membangun negara kita dan membebaskan negara kita dari kemiskinan, dan masalah-masalah lain yang menghimpit negara kita. Cinta terhadap negara akan menumbuhkan energi dan kekuatan untuk membangun negara ini dengan hati yang bahagia. Cinta terhadap negara juga berarti tidak menghianati negara dengan cara apapun.

• Amanah

Kekuasaan adalah amanah rakyat yang diberikan kepada kita. Dan setiap amanah akan dipertanggung jawabkan dihari akhir. pertanggung jawaban kita bukan hanya kepada satu dua orang rakyat Indonesia, namun kepada jutaan masyarakat Indonesia. Mampukah kita mejaga amanah yang diberikan kepada kita?

• Memiliki akhlakul karimah

Akhlak manusia adalah sesuatu yang terpenting dalam berhubungan dengan sesama manusia maupun makhluk lain. Sikap kita, cara kita bicara, menyampaikan pendapat, maupun menerima kritik dari orang lain dapat menjadi barometer penilaian orang lain terhadap kita. Baik itu masyarakat dalam negeri maupun masyarakat luar negeri. Coba kita renungkan apabila para wakil rakyat tidak mampu mengontrol emosinya saat rapat sedang berlangsung? Kondisi akan kacau balau dan tidak stabil. Dan akhirnya, bukan menyelesaikan masalah rakyat malah menambah masalah baru yang bisa jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah rakyat yang tengah dibicarakan.

• Adil

Adil adalah mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil adalah mampu menetapkan yang salah itu salah dan yang benar itu benar. Adil adalah dimana kita tidak memihak pada salah satu pihak karena alasan-alasan yang subyektif. Berbagai macam definisi adil yang dapat kita jabarkan. Tapi perlu kita ingat juga, bahwa adil bukan berarti membagi sama rata. Adil bukan mberarti menyamakan kebutuhan seseorang.

Seperti pembagian warisan dalam islam, bagian anak laki-laki adalah dua kali lipat dari bagian anak perempuan. Adilkah itu? tentunya ini adil. Karena anak laki-laki akan berkeluarga dan menjadi kepala rumah tangga. Ia juga berkewajiban memberi nafkah kepada anak dan istrinya. Sedangkan wanita, ia memiliki kewajiban untuk memberi nafkah kepada keluarganya.

Diri kita sering menganggap sesuatu yang kita inginkan adalah sesuatu yang paling benar dan terbaik untuk kita. Tapi apakah itu baik untuk orang lain? Apakah kita mampu bersikap adil saat menghadapi masalah yang dihadapkan kepada kita? Jika kita sudah merasa diri kita adil dan mampu menegakkan keadilan, tidak ada salahnya kita mewakili aspirasi masyarakat Indonesia dibangku anggota dewan.

• Jujur

Kejujuran adalah modal utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Kejujuran adalah sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki. Kejujuran sangatlah mahal dan tidak dapat digantikan oleh siapapun. Salah satu penyebab tingginya angka korupsi di Indonesia adalah memudarnya kejujuran yang ada pada diri manusia. Mulai dari pembengkakan biaya pada proposal-proposal kegiatan sederhana sampai proyek-proyek negara yang menelan biaya hingga milyaran rupiah. Betapa tragisnya negeri yang kaya raya ini, jika nilai-nilai kejujuran yang telah ditanamkan sejak dini terlupakan begitu saja.

• Ahli dalam suatu bidang

Tidak semua manusia yang dianugerahi Tuhan berupa keahlian dalam banyak bidang. Namun setiap manusia pastilah memiliki kemampuan disuatu bidang, dan keinginan memperdalam keahlian yang telah dianugerahkan-Nya kepada kita kembali kepada masing-masing manusia itu sendiri.

Pada lembaga maupun organisasi-organisasi tentu memiliki pembagian-pembagian tugas sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimilikinya. Begitupun dengan lembaga legislatif. Alangkah baiknya apabila kita mempersiapkan kemampuan kita sebelum mencalinkan diri sebagai wakil rakyat.

• Cerdas

Kecerdasan yang dimiliki seorang wakil rakyat bukan hanya kecerdasan otak saja. Namun kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual juga harus dimilki seorang anggota dewan untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban yang telah diembankan kepadanya.

• Mampu dalam penghidupannya

Ketika kita mencalonkan diri sebagai anggota legislatif berarti kita mencalonkan diri sebagai abdi negara dan juga abdi masyarakat. Perhatian kita harus kita bagi antara keluarga dan negara. Mencurahkan perhatian kita terhadap negara kita tercinta ini. Tunjangan dan fasilitas memang merupakan hak kita. Tapi kita adalah abdi negara yang seharusnya mengabdi untuk negara ini.

• Mencintai ilmu pengetahuan

Ilmu adalah cahaya. Cahaya yang mampu menerangi dunia dari kebodohan yang menyengsarakan. Negara ini juga harusnya dibangun dengan ilmu pengetahuan. Dan pembangunnya haruslah lebih dahulu mencintai ilmu pengetahuan.

• Cakap dan bijak dalam bicara

Kecakapan dalam berbicara adalah salah satu modal sebagai penyara aspirasi masyarakat. Bagaimana kita bisa menyampaikan asprirasi masyarakat yang telah mengamanahi kita sehingga kehidupan mereka bisa lebih baik.

• Teguh pendirian

Ia memiliki prinsip yang tak mudah digoyahkan oleh orang lain. Meskipun begitu banyak godaan, ia tidak akan tergoda dan tetap pada prinsipnya untuk memegang amanah dengan sebaik mungkin.

• Dekat dengan rakyat

Diperlukan kedekatan antara wakil rakyat dengan rakyatnya agar mampu mengaspirasikan suara rakyat dengan baik. Tanpa adanya kedekatan antara rakyat dan wakilnya, aspirasi rakyat tidak mampu tersampaikan dengan baik.

Sekarang, sudahkah kita yakin untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat? Siapkah kita dengan pertanggung jawaban kita nanti dihadapan Yang Maha Kuasa dan dihadapan seluruh masyarakat Indonesia?

Referensi : Buku Fiqih kelas XII, Semarang : Toha Putra.


Biodata Penulis

Nama : Safinatun Najah

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 27 September 2012

Nama sekolah : MAN Insan Cendekia Gorontalo

Alamat sekolah : Jl. Tapa-Suwawa, kec. Tilong kabila, kab. Bone Bolango, Gorontalo

Alamat rumah : Kp. Bulak rt. 03/07 no. 29B, Klender, kec. Duren Sawit, Jakarta Timur, Jakarta 13470.

No. HP : 085340896716 atau 081284514988

E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : Fina Fathoni

 

Mantan Ajudan Presiden Megawati, Budi Gunawan Kembali Jabat Ka BIN
Minggu, 07 Januari 2018

KOPI, Jakarta - Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/15/I/2018. Dalam surat tersebut BG dimutasikan menjadi Perwira Tinggi (Pati) Baintelkam Polri dalam rangka pensiun, diungkapkan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal. "Pak BG pensiun dari Polri, tetapi tetap jadi kepala BIN karena BIN tidak berdasar dari Polri. Sebagai Polisi beliau pensiun karena usia sudah 58 tahun,... Baca selengkapnya...

Kapolri Mengakui : Ada Pungli Bidokkes , Oknum Perwira Tinggi “Wong Kito Galo” Terlibat Bro
Sabtu, 30 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Bukan rahasia umum lagi diduga penerimaan siswa calon Sekolah Kepolisian Negara (SPN) menggunakan rumus 2 F . Para orang tua yang ingin anak menjadi anggota Polri harus mempersiapkan 2 F (Fulus, Fisik). Kapolri Jenderal Tito Karnavian akhirnya pun mengakui adanya perilaku koruptif di lingkungan Biddokkes Polri. Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Yang herannya masyarakat kenapa Kapolri baru mengetahui... Baca selengkapnya...

Putin Mencalonkan Kembali Sebagai Capres Rusia
Senin, 25 Desember 2017

KOPI, Kremlin – Pria kelahiran 7 Oktober 1952 di daerah Leningrad atau St Petersburg awalnya adalah  Ia kuliah hukum dan bergabung dengan KGB setelah lulus. Putin menyamar sebagai Turis serta bertemu dengan Presiden Ronal Reagen . Saat itu Putin bertugas di Jerman timur . Sejumlah rekannya sesama agen rahasia beberapa kali menempati posisi penting di era Putin berkuasa sebagai Presiden maupun Perdana Mentri. N Kini ribuan jumlah media... Baca selengkapnya...

Paradise Paper Ungkap Kelicikan Bisnis Taipan Sukanto Tanoto
Senin, 25 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Dulu heboh Panama Paper, melibatkan para oknum petinggi negara Asia pasifik memiliki harta   dari hasil korupsi disimpan suatu bank. Serta mendirikan perusahaan fiktif untuk menghindari pajak. Kini heboh Paradise Paper , pengungkapan bisnis Taipan Sukantotanoto oleh ICJI (Jejaring Jurnalis Investigas Internasional). Nama April Group, perusahaan bubur kayu dan kertas (pulp andpaper) milik Sukanto Tanoto, disebut dalam... Baca selengkapnya...

Partai Oposisi Israel, Gotong Royong Memasukan Netayahu Kedalam Penjara
Kamis, 21 Desember 2017

KOPI, Yerusalem – Para Ketua, pengurus Partai Oposisi Israel gotong royong memasukan PM Israel Benyamin Netayahu kedalam penjara. ini buktinya pembaca setia Pewarta Indonesia dikutif dari kantor berita Ap, BBC, Media Israel. Media Israel heboh memberitakan penyidik tiba di kediaman Netanyahu sebelum 9.00, Jumat waktu setempat (15/12). Dia ditanya soal kesaksian milyuner Australia James Packer yang memperkuat kemungkinan Sang Perdana... Baca selengkapnya...

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALTiongkok Islam Phobia Larang Kegiatan K.....
20/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI- RRC - Ditempat kerjanya , Goh Peng Peck  menuturkan " Ketakutan Islam berkembang pesat di negara Tiongkok. Pemerintah membatasi kegiatan keaga [ ... ]



NASIONALAnak Anda Mau Jadi Anggota Polri Sia.....
29/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Sumatera Selatan – Anak Anda ingin jadi anggota Polri, siapkan 2 F (Fulus, Fisik). Netizenpun berkomentar, Akun Wesly Sneijder Ambarita menul [ ... ]



DAERAHMenteri Lingkungan Hidup Apresiasi Penge.....
22/01/2018 | Buddy Wirawan

KOPI, Bandung - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar mengapresiasi perubahan-perubahan besar yang terjadi di Kota Bandu [ ... ]



EKONOMIKOMPAK Gagas Optimalisasi Pelaksanaan OT.....
22/01/2018 | Rachmad Yuliadi

KOPI,Banda Aceh-Berbicara tentang Otsus pastilah bicara tentang dana yang khusus dikeluarkan untuk Provinsi Aceh, Provinsi Papua dan Provinsi Papua Ba [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKunjungan Turis Manca negara ke Indones.....
03/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Pariwisata andalan pendapatan negara non migas, negeri Indonesia kaya akan keindahan alam dan budayanya. Dulu para turis mancanegara [ ... ]



HUKUM & KRIMINALSerangkaian Kegiatan Budi Waseso Kepala .....
19/01/2018 | Rachmad Yuliadi

KOPI,Banda Aceh-Masalah narkoba tentu merupakan pekerjaan besar bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Aceh yang terkenal dengan ganja nomor sat [ ... ]



OPINIKali Ini Enak Ditonton.....
15/01/2018 | Siti Khumaira

KOPI - PILWAKO kali ini enak ditonton, karena semua petarungnya sama-sama sudah pernah menang dan dua diantaranya pernah pula kalah karena dicoret. "A [ ... ]



PROFILBripka Ralon Manurung Tulus Berbagi untu.....
21/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Gunung Sahilan - Ditempat kerjanya, Ucu Rosyid mengatakan “ Selama ini kami lihat Dinas Pendidikan propinsi rela menghabiskan dana puluhan mil [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPuluhan Penyair Siap Meriahkan HUT ke-9 .....
08/01/2018 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung–Di Hari Ulang Tahunnya yang ke-9, Majelis Satra Bandung (MSB) kembali menggelar acara. Jika tahun-tahun sebelumnya ada pentas dangdu [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATILSM KPK Laporkan Polresta Pekanbaru ke.....
27/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Kasus dugaan salah tangkap oleh anggota Polresta Pekanbaru, yang dialami oleh Syamsi Ramed (21) yang diduga pelaku perampokan Teras  [ ... ]



SERBA-SERBIDipicu Facebook Blokir Akun FPI, Ratus.....
13/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Dalam rilisnya Facebook Indonesia menyatakan laman webnya  ingin menjadi tempat yang aman untuk berbagi cerita dengan teman atau [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.