Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Syarat-syarat Menjadi Pemimpin Masa Depan (309/M)

Syarat-syarat Menjadi Pemimpin Masa Depan (309/M)

KOPI - Seorang pemimpin adalah manusia, maka wajar jika pemimpin juga melakukan suatu kesalahan. Pemimpin bukanlah malaikat yang tidak mungkin melakukan kesalahan. Tetapi, alangkah baiknya jika pemimpin terpilih karena Ia memenuhi syarat-syarat yang membangung. Di sini saya menuliskan beberapa syarat untuk menjadi pemimpin sejati yang patut untuk dijadikan contoh bagi anggota atau rakyatnya. Berikut adalah syarat-syarat yang ingin saya ungkapkan :

1. Wajib memiliki syarat-syarat dasar, yaitu beragama, berakal, berilmu, sehat fisik maupun mental, dan baligh atau mencapai umur.

Seorang Pemimpin wajiblah memiliki syarat-syarat dasar tersebut. Beragama berarti memiliki pegangan untuk menyandarkan suatu perkara kenegaraan. Berakal berarti memiliki modal untuk pengembangan ilmu. Tentu mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Berilmu berarti memiliki pengetahuan untuk memajukan Negara, dan akan memimpin suatu Negara dengan dasar ilmu yang benar, serta jauh dari kekolotan. Sehat jasmani dan rohani berarti mampu terjun mendekati rakyat dan mampu berjuang secara fisik juga mental. Mental disini berarti memiliki banyak tak tik yang mematikan musuh dan memajukan Negara. Baligh berarti mencapai umur, bukan anak kecil, sehingga suatu kepemimpinan menjadi sah.

2. Memiliki Cita-cita Mulia

Maksudnya, seorang Anggota DPR RI wajib memiliki cita-cita yang mulia untuk kemajuan suatu Negara. Apabila seorang pemimpin memiliki cita-cita yang mulia, tinggi, dan bermutu, maka secara otomatis akan mempengaruhi pikiran-pikiran rakyat untuk berpikir lebih maju. Cita-cita dan impian yang tinggi inilah yang akan menantang kita untuk maju.

3. Memiliki Sifat Ikhlas

Memiliki sifat ikhlas disini berarti bahwa seorang pemimpin wajib melakukan, memerintah, berkeinginan, dan memutuskan suatu perkara dari hati. Bukan semata-mata hanya untuk menggurgurkan kewajiban seorang pemimpin, akan tetapi karena kesadaran ia menjadi seorang pemimpin. Cita-cita yang mulia tidak akan berarti jika cita-cita tersebut hanya terwujud dalam ucapan, tanpa adanya gerakan dalam hati untuk benar-benar memajukan bangsa, yang didasari dengan ikhlas.

4. Perjuangan yang Gigih

Memiliki keinginan untuk berjuang dengan gigih sangat penting dalam kemajuan dan perkembangan Negara, sifat ini menunjukan adanya rasa tanggung jawab dan kecilnya rasa individual dalam jiwa pemimpin. Karena, pemimpin akan selalu mengutamakan kepentingan Negara jika keinginan untuk berjuang gigih ditanamkan pada jiwa pemimpin.

5. Tidak Melakukan Kompromi Negatif

Kompromi negatif merupakan induk dari munculnya korupsi. Pemimpin harus mampu menghindari dan menghilangkan kerjasama dan kompromi negatif, agar tidak terjadi korupsi yang mengakibatkan rakyat miskin. Apalagi berkompromi dengan musuh atau penjajah yang sebenarnya akan membunuh Negara kita.

6. Mengutamakan Ilmu

Seorang pemimpin harus berpikiran bahwa suatu bangsa atau negara tidak akan jaya jika warganya bodoh. Karenanya, pemimpin akan mewujudkan upaya-upaya untuk menjadikan warga berilmu. Jika warga berilmu, maka dalam pemilihan suatu pemimpin pastinya sangat berhati-hati. Warga yang berilmu akan memilih pemimpin yang berilmu pula, bukan memilih calon pemimpin yang memberi mereka uang yang banyak. Dan bagaimana untuk menciptakan warga yang berilmu jika tidak dimulai dari pemimpin yang berperan sebagai contoh dan panutan warga?.

7. Menerima Perbedaan

Dalam suatu komunitas tentulah terdapat banyak perbedaan. Dan tidak mungkin seorang pemimpin akan memenuhi rakyatnya satu persatu. Tetapi, pemimpin harus mampu untuk menerima perbedaan mereka dengan cara yang baik, dan tentunya berfikir untuk menyatukan rakyat agar tiada perbedaan dengan cara yang tidak menyinggung perasaan rakyat, sehingga dengan menyatunya suatu rakyat, maka akan mudah untuk memajukan Negara tercinta kita.

8. Memiliki Sifat Tegas

Selain memiliki sifat yang sangat lentur, yaitu mampu menerima perbedaan, pemimpin juga harus memiliki sifat tegas. Sehingga jika terdapat suatu penyelewengan, tidak akan membiarkanya, tetapi bagaimana penyelewengan tersebut diberantas. Dan tentunya rakyat pun akan mersikap segan terhadap pemimpin, karena memiliki seorang pemimpin yang tegas, tetapi juga lentur atau bisa dikatakan lembut.

9. Berfikir Objektif

Jika terdapat suatu penyelewengan atau pelanggaran, pemimpin akan menyikapinya secara objektif,yaitu tidak melihat siapa yang melakukan, tetapi melihat apa yang dilakukan. Jika penyelewengan tersebut dilakukan oleh kerabatnya atau orang yang memiliki hubungan dengannya, pemimpin tetap menyikapinya dengan adil dan menghukuminya sesuai undang-undang Negara yang berlaku, bukan dengan undang-undang diri atau perasaan pemimpin tersebut. Yaitu pemimpin harus menerapkan hokum di Negara ini kepada semua warga. Bukan hanya kepada rakyat miskin yang melanggar, tetapi kepada semua.

10. Profesional

Professional berarti mampu menempatkan posisi dirinya, professional hampir mirip dengan objektif, syarat menjadi pemimpin nomor 9. Jika terdapat pelanggaran, tetapi pelaku pelanggaran adalah kerabat, maka pemimpin mampu menempatkan apa yang harus dilakukan. Di sini pemimpin berperan sebagai prmimpin, bukan sebagai saudara atau kerabat pelanggar. Jadi, pemimpin harus bersikap selayaknya pemimpin, meskipun yang diadili atau diproses tindakannya adal kerabatnya.

11. Disiplin

Disiplin adalah menghargai waktu. Pemimpin yang disiplin akan menghargai waktu dan tidak akan membiarkan sedetik pun waktunya untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Sedetik sangat bermanfaat untuk kemajuan Negara. Jika kita melihat kepada pemimpin-pemimpin kita pada zaman penjajahan, betapa berharganya waktu sedetik, bahkan dalam waktu sedetikpun bisa menyebabkan terbunuhnya saudara-saudara kita. Jika pemimpin bergerak cepat dan disiplin dalam segala hal, maka pergerakan yang dilakukan rakyat juga cepat. Karena antara atasan atau pemimpin dengan rakyat terdapat sirkulasi yang sangat berhubungan dan saling mempengaruhi.

12. Memiliki Rasa Cinta yang Tinggi

Yaitu mencintai dirinya, mencintai keluarganya, mencintai Negara, mencintai rakyat, dengan sepenuh hati. Cinta kepada dirinya yaitu mampu menjaga dirinya dari sesuatu yang tidak baik untuknya. Cinta keluarganya yaitu mampu menjaga keluarga, sehingga tidak terdapat suatu masalah yang mengakibatkan mencoreng nama baik keluarganya, yang pastinya akan menjatuhkan namanya sebagai seorang pemimpin. Cinta Negara dan rakyatnya yaitu memperjuangkan Negara dan rakyatnya dari penjajahan, kemiskinan, pengangguran, dan ketidakakuran.

Demikianlah beberapa syarat yang saya curahkan. Kembali lagi, tak lepas dari beberapa syarat tersebut, seorang pemimpin adalah manusia. Yang pasti memiliki kesalahan, tapi manusia memiliki akal dan hati. Yang dengannya kita mampu untuk berpikir dan merasakan sesuatu yang layaknya kita lakukan atau tidak. Semoga bermanfaat.

 

Identitas Penulis :

 

Nama : Uswatun Hasanah

Tempat/tanggal lahir : Sragen/15 Agustus 1993

Universitas : STAIN Salatiga

Alamat Universitas : jl. Tentara Pelajar 02 Salatiga 50721

Alamat rumah : Kacangan RT 23/II, Kacangan, Sumberlawang, Sragen

Nomor telepon : 085728178714

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

 

Kapolda Riau dengan 5 Perusahaan Cegah Karhutla Mendatangani Kesepakatan
Sabtu, 13 Pebruari 2016

KOPI, Bengkalis – Dari 6 (enam) perusahaan yang ikut dalam penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau kesepakatan , hanya 5 (lima) perusahaan yang hadir, yaitu PT Sumatra Riang Lestari, PT Sekato Pratama Makmur, PT ADEI, PT Meskom Agro Sarimas dan PT Arara Abadi (Sinarmas Foresty dan Mitra). Sementara itu PT Murini Wood Industri tidak hadir dalam penandatanganan MoU terkait pencegahan karlahut. Usai Apel Forum Masyarakat Gotong... Baca selengkapnya...

Ha..ha… Memalukan Nyaris Adu Jotos Bupati Kuansing dengan Wakilnya
Jumat, 12 Pebruari 2016

KOPI, Kuansing – Ditempat lain Ajisutisyoso mengatakan sebagai Kepala Daerah emosi jangan dilampias kayak preman pasar. Anda sebagai pejabat negara wajib memperhatikan tata krama, adab sopan santun, hate speech (ucapan menyingung orang lain) dll. Anda perpanjangan dari pemerintah pusat , wajib memberikan contoh terbaik buat rakyat Anda dan jajaran pegawai sebagai abdi Negara. Ini Anda sudah tidak memiliki adab sopan santun orang timur. ... Baca selengkapnya...

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALIkuti Pameran Ambiente 2016 di Jerman, K.....
11/02/2016 | Fahma Huria Imtazi

KOPI,  Jakarta,  –  Kementerian Perdagangan RI memperkuat  Ekspor  Produk  Home Decor melalui pameran Ambiente 2016. Pameran ini dipastikan ma [ ... ]



NASIONALGubernur Korupsi, KPK Pantau 3 Provinsi .....
11/02/2016 | Fahma Huria Imtazi
article thumbnail

KOPI, Jakarta – KPK bekerja sama dengan Provinsi Banten, Riau, dan Sumatera Utara, mencegah korupsi. Ketiga provinsi itu jadi perhatian KPK karena g [ ... ]



PENDIDIKANPerbedaan Belajar Desain Grafis Secara M.....
13/02/2016 | Luis Andrianto

KOPI - Dalam dunia digital, desain grafis memegang peranan penting khususnya dalam pembuatan web desain. Web desain sangat berpengaruh dalam menciptak [ ... ]



EKONOMITahun Pertama MEA, Black Market Marak di.....
13/02/2016 | Subroto Laras
article thumbnail

KOPI, Tanjung Pinang, Februari 2016 - Setahun berjalan Masyarakat Ekonomi Asean - MEA (ASEAN Economic Communities), Kota Tanjung Pinang harus sia [ ... ]



HANKAMPolres Tangerang Kabupaten Akan Masuk Po.....
13/02/2016 | M. Hasanuddin

KOPI, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian pastikan mulai bulan Maret 2016 nanti Polres Tangerang Kabupaten bukan lagi menjadi bagian [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATATradisi Maulid Nabi SAW 1437 H di Kawasa.....
10/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Perayaan maulid nabi Muhammad SAW kali ini memasuki gampong lantemen Barat. Pada Pada hari Minggu, 7 Februari 2016 diadakan kenduri ma [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABocah di Kuansing Mohon Bantuan Para Der.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Arga Dimas Saputra dipanggil dimas kaki kirinya mengalami patah tulang setelah dianiaya oleh tiga orang kakak kelasnya pad [ ... ]



ROHANIPerayaan Imlek Bersama Diadakan oleh P.....
11/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Asal-usul Imlek sebenarnya berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum. Bahasa Tiongkok disebut dengan “Chung Cie [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGDjumenengipun Ndoro Papin.....
14/02/2016 | Agus Siroj Hudi

Suara kaki kuda  kadang melintas dan berbaur dengan suara langkah kaki mengisi malam. Berselimut dingin hanya lantunan sayup pujian dan kadang cacia [ ... ]



PUISISebatas Angan.....
14/02/2016 | Agus Siroj Hudi

Kelak kalau ku telah terbang... ku kan tepis awan menghilang... ku biarkan mentari dengan senyuman.. dan bulan tersenyum terang...   Kelak jika  [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.