Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Syarat-syarat Menjadi Pemimpin Masa Depan (309/M)

Syarat-syarat Menjadi Pemimpin Masa Depan (309/M)

KOPI - Seorang pemimpin adalah manusia, maka wajar jika pemimpin juga melakukan suatu kesalahan. Pemimpin bukanlah malaikat yang tidak mungkin melakukan kesalahan. Tetapi, alangkah baiknya jika pemimpin terpilih karena Ia memenuhi syarat-syarat yang membangung. Di sini saya menuliskan beberapa syarat untuk menjadi pemimpin sejati yang patut untuk dijadikan contoh bagi anggota atau rakyatnya. Berikut adalah syarat-syarat yang ingin saya ungkapkan :

1. Wajib memiliki syarat-syarat dasar, yaitu beragama, berakal, berilmu, sehat fisik maupun mental, dan baligh atau mencapai umur.

Seorang Pemimpin wajiblah memiliki syarat-syarat dasar tersebut. Beragama berarti memiliki pegangan untuk menyandarkan suatu perkara kenegaraan. Berakal berarti memiliki modal untuk pengembangan ilmu. Tentu mampu membedakan yang baik dan yang buruk. Berilmu berarti memiliki pengetahuan untuk memajukan Negara, dan akan memimpin suatu Negara dengan dasar ilmu yang benar, serta jauh dari kekolotan. Sehat jasmani dan rohani berarti mampu terjun mendekati rakyat dan mampu berjuang secara fisik juga mental. Mental disini berarti memiliki banyak tak tik yang mematikan musuh dan memajukan Negara. Baligh berarti mencapai umur, bukan anak kecil, sehingga suatu kepemimpinan menjadi sah.

2. Memiliki Cita-cita Mulia

Maksudnya, seorang Anggota DPR RI wajib memiliki cita-cita yang mulia untuk kemajuan suatu Negara. Apabila seorang pemimpin memiliki cita-cita yang mulia, tinggi, dan bermutu, maka secara otomatis akan mempengaruhi pikiran-pikiran rakyat untuk berpikir lebih maju. Cita-cita dan impian yang tinggi inilah yang akan menantang kita untuk maju.

3. Memiliki Sifat Ikhlas

Memiliki sifat ikhlas disini berarti bahwa seorang pemimpin wajib melakukan, memerintah, berkeinginan, dan memutuskan suatu perkara dari hati. Bukan semata-mata hanya untuk menggurgurkan kewajiban seorang pemimpin, akan tetapi karena kesadaran ia menjadi seorang pemimpin. Cita-cita yang mulia tidak akan berarti jika cita-cita tersebut hanya terwujud dalam ucapan, tanpa adanya gerakan dalam hati untuk benar-benar memajukan bangsa, yang didasari dengan ikhlas.

4. Perjuangan yang Gigih

Memiliki keinginan untuk berjuang dengan gigih sangat penting dalam kemajuan dan perkembangan Negara, sifat ini menunjukan adanya rasa tanggung jawab dan kecilnya rasa individual dalam jiwa pemimpin. Karena, pemimpin akan selalu mengutamakan kepentingan Negara jika keinginan untuk berjuang gigih ditanamkan pada jiwa pemimpin.

5. Tidak Melakukan Kompromi Negatif

Kompromi negatif merupakan induk dari munculnya korupsi. Pemimpin harus mampu menghindari dan menghilangkan kerjasama dan kompromi negatif, agar tidak terjadi korupsi yang mengakibatkan rakyat miskin. Apalagi berkompromi dengan musuh atau penjajah yang sebenarnya akan membunuh Negara kita.

6. Mengutamakan Ilmu

Seorang pemimpin harus berpikiran bahwa suatu bangsa atau negara tidak akan jaya jika warganya bodoh. Karenanya, pemimpin akan mewujudkan upaya-upaya untuk menjadikan warga berilmu. Jika warga berilmu, maka dalam pemilihan suatu pemimpin pastinya sangat berhati-hati. Warga yang berilmu akan memilih pemimpin yang berilmu pula, bukan memilih calon pemimpin yang memberi mereka uang yang banyak. Dan bagaimana untuk menciptakan warga yang berilmu jika tidak dimulai dari pemimpin yang berperan sebagai contoh dan panutan warga?.

7. Menerima Perbedaan

Dalam suatu komunitas tentulah terdapat banyak perbedaan. Dan tidak mungkin seorang pemimpin akan memenuhi rakyatnya satu persatu. Tetapi, pemimpin harus mampu untuk menerima perbedaan mereka dengan cara yang baik, dan tentunya berfikir untuk menyatukan rakyat agar tiada perbedaan dengan cara yang tidak menyinggung perasaan rakyat, sehingga dengan menyatunya suatu rakyat, maka akan mudah untuk memajukan Negara tercinta kita.

8. Memiliki Sifat Tegas

Selain memiliki sifat yang sangat lentur, yaitu mampu menerima perbedaan, pemimpin juga harus memiliki sifat tegas. Sehingga jika terdapat suatu penyelewengan, tidak akan membiarkanya, tetapi bagaimana penyelewengan tersebut diberantas. Dan tentunya rakyat pun akan mersikap segan terhadap pemimpin, karena memiliki seorang pemimpin yang tegas, tetapi juga lentur atau bisa dikatakan lembut.

9. Berfikir Objektif

Jika terdapat suatu penyelewengan atau pelanggaran, pemimpin akan menyikapinya secara objektif,yaitu tidak melihat siapa yang melakukan, tetapi melihat apa yang dilakukan. Jika penyelewengan tersebut dilakukan oleh kerabatnya atau orang yang memiliki hubungan dengannya, pemimpin tetap menyikapinya dengan adil dan menghukuminya sesuai undang-undang Negara yang berlaku, bukan dengan undang-undang diri atau perasaan pemimpin tersebut. Yaitu pemimpin harus menerapkan hokum di Negara ini kepada semua warga. Bukan hanya kepada rakyat miskin yang melanggar, tetapi kepada semua.

10. Profesional

Professional berarti mampu menempatkan posisi dirinya, professional hampir mirip dengan objektif, syarat menjadi pemimpin nomor 9. Jika terdapat pelanggaran, tetapi pelaku pelanggaran adalah kerabat, maka pemimpin mampu menempatkan apa yang harus dilakukan. Di sini pemimpin berperan sebagai prmimpin, bukan sebagai saudara atau kerabat pelanggar. Jadi, pemimpin harus bersikap selayaknya pemimpin, meskipun yang diadili atau diproses tindakannya adal kerabatnya.

11. Disiplin

Disiplin adalah menghargai waktu. Pemimpin yang disiplin akan menghargai waktu dan tidak akan membiarkan sedetik pun waktunya untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat. Sedetik sangat bermanfaat untuk kemajuan Negara. Jika kita melihat kepada pemimpin-pemimpin kita pada zaman penjajahan, betapa berharganya waktu sedetik, bahkan dalam waktu sedetikpun bisa menyebabkan terbunuhnya saudara-saudara kita. Jika pemimpin bergerak cepat dan disiplin dalam segala hal, maka pergerakan yang dilakukan rakyat juga cepat. Karena antara atasan atau pemimpin dengan rakyat terdapat sirkulasi yang sangat berhubungan dan saling mempengaruhi.

12. Memiliki Rasa Cinta yang Tinggi

Yaitu mencintai dirinya, mencintai keluarganya, mencintai Negara, mencintai rakyat, dengan sepenuh hati. Cinta kepada dirinya yaitu mampu menjaga dirinya dari sesuatu yang tidak baik untuknya. Cinta keluarganya yaitu mampu menjaga keluarga, sehingga tidak terdapat suatu masalah yang mengakibatkan mencoreng nama baik keluarganya, yang pastinya akan menjatuhkan namanya sebagai seorang pemimpin. Cinta Negara dan rakyatnya yaitu memperjuangkan Negara dan rakyatnya dari penjajahan, kemiskinan, pengangguran, dan ketidakakuran.

Demikianlah beberapa syarat yang saya curahkan. Kembali lagi, tak lepas dari beberapa syarat tersebut, seorang pemimpin adalah manusia. Yang pasti memiliki kesalahan, tapi manusia memiliki akal dan hati. Yang dengannya kita mampu untuk berpikir dan merasakan sesuatu yang layaknya kita lakukan atau tidak. Semoga bermanfaat.

 

Identitas Penulis :

 

Nama : Uswatun Hasanah

Tempat/tanggal lahir : Sragen/15 Agustus 1993

Universitas : STAIN Salatiga

Alamat Universitas : jl. Tentara Pelajar 02 Salatiga 50721

Alamat rumah : Kacangan RT 23/II, Kacangan, Sumberlawang, Sragen

Nomor telepon : 085728178714

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

 

Honor Tak Kunjung Cair, Honorer K2 Demo Gedung Dewan
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Sedikitnya lima puluh orang tenaga Guru Honorer K2, melakukan aksi damai di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (3/9) sekitar pukul 14.00 WIB. kemarin. Mereka menuntut agar anggota dewan peduli terhadap nasib ratusan guru, yang hingga kini belum menerima honor. Bahkan honor mereka, mulai bulan Januari hingga kini belum dibayarakan. Dalam aksi tersebut massa juga membakar poster sebegai wujud kekesalan mereka.   Dari pantauan di... Baca selengkapnya...

Pernyataan Sikap PPWI Atas Kriminalisasi Dua Jurnalis Berita ATJEH
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut saat ini sedang menjalani proses hukum di Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh atas laporan dugaan pencemaran nama baik oleh seorang anggota DPR Aceh, Azhar alias Cage. Kasus tersebut bermula di saat hari Jum'at tanggal 24 April 2015 sekitar pukul 12.30 WIB, wartawan media online Berita ATJEH, Mawardi,... Baca selengkapnya...

Pencabutan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Bupati Rokanhulu Periode 2016-2021
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Rokanhulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokanhulu mengadakan pencabutan nomor urut pasangan calon bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 bertempat di di Hotel Sapadia Pasirpengaraian, Selasa (25/8/2015). Tiga pasang calon Bupati kabupaten Rokan Hulu- propinsi Riau yaitu Hafit Syukri dengan Nasrul Hadi, pasangan Syafarudin Poti dengan Erizal, terakhir pasangan Suparman-Sukiman. Pencabutan nomor urut ketiga pasangan calon bupati... Baca selengkapnya...

Di Lhokseumawe, Awak Media Dikriminalisasi Polisi
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Lhokseumawe - Di Indonesia sudah banyak kasus-kasus yang menyudutkan para insan jurnalis. Dan malah ada yang sebagian harus masuk ke dalam jeruji besi oleh karena karya tulisan pemberitaannya sendiri. Alhasil, implementasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak berlaku bagi para awak jurnalis. Karena akhirnya mereka harus berhadapan ke meja hukum untuk... Baca selengkapnya...

Monumen Polwan Diresmikan Kapolri
Rabu, 02 September 2015

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti Resmikan Pemugaran Monumen Polisi Wanita, tepat di hari jadi Polwan ke 67 1 September 2015 yang bertempat di Jalan Sudirman Bukittinggi, Selasa (1/9) kemaren. Pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai... Baca selengkapnya...

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

KNPB Dukung Forum Kepulauan Pasifik Baha.....
03/09/2015 | Gerson Wakerkwa

KOPI, Manado – Kegiatan Berlangsung di Asrama Mahasiswa Papua Cendrawasih V Kelurahan Bahu Lingkungan IX Kecamatan Malalayang Kota Manado akan dilak [ ... ]



NASIONAL

Adrianus Garu : Ubah Pola Penyerapan APB.....
03/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Salah satu persoalan serius yang terjadi saat ini adalah lambatnya penyerapan anggaran 2015. Berdasarkan data Kementerian Keuanga [ ... ]



DAERAH

Tinggalkan Sholat Jumat, Kualitas Keisla.....
04/09/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Tersiar khabar bahwa salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) berinisial AI dari Partai Aceh, diduga sering bolos Sho [ ... ]



PENDIDIKAN

Gubernur Jateng: Kebijakan 5 Hari Sekola.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - "Penurunan anggaran dinas pendidikan sebesar Rp 9,10 Milyar dikarenakan adanya efisiensi anggaran pada Belanja Gaji Pegawai berupa pe [ ... ]



EKONOMI

Wagub Jateng: Sektor Pertanian Menampung.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), Heru Sudjatmoko mengungkapkan bahwa RPJMD berlaku lima tahun. Wagub Jateng ditemui usai Ra [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Gasak Perhiasan Tetangga Dipolisikan.....
03/09/2015 | Fajar Agustyono

Blitar, KOPI - Sri Lestariningsih (56), warga dusun Gaprang 1 Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Rabu (2/9) sekitar pukul 22.00 WIB be [ ... ]



POLITIK

21 Kabupaten/Kota di Jateng akan Laksana.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin mengungkapkan ada 21 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkad [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

KOPI - Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Orde B [ ... ]



PROFIL

Kenalan dengan Teguh Purnomo, Mengawal D.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI - Penampilannya tenang dan ramah. Tapi dilihat dari gaya bicaranya, tampak bahwa dia seorang yang berwawasan luas. H. Teguh Purnomo, SH, MHum ada [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

Pasar Santa Semakin Meriah Dengan Kehadi.....
03/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua Belibis, saus yang terkenal memiliki cita rasa istimewa dan berkualitas tinggi, bekerjasama dengan para tenant di Pasar Santa, menggelar  [ ... ]



HIDUP SEHAT

5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhamm.....
03/09/2015 | Didi Ronaldo

1. 1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa  [ ... ]



SERBA-SERBI

Lowongan Kerja BNI Life Bancassurance.....
03/09/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia

KOPI - PT. BNI LIFE INSURANCE, anak company dari PT. BNI (persero) Tbk, MEMBUKA LOWONGAN KERJA UNTUK DI TEMPATKAN DI SELURUH KANTOR CABANG BANK BNI  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.