Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR DPR Sehat, Indonesia Selamat (314/M)

DPR Sehat, Indonesia Selamat (314/M)

KOPI - Dewasa ini rakyat Indonesia seakan kian jengah menatap panggung pemerintahan yang makin suram karena permainan politik para lakonnya. Tidak hanya kisah kasus korupsi yang tersaji, namun penghianatan atas hak-hak rakyat pun telah menjelma menjadi “dongeng sebelum tidur”. Berbagai interupsi dan demonstrasi mengiringi carut marut jalannya pemerintahan Indonesia, namun semua seakan tak berarti banyak.

 

Kondisi tersebut sukses menghilangkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah, terutama DPR yang kian hari makin menjadi sorotan. Seperti yang kita ketahui bahwa DPR menjadi begitu disorot karena Lembaga Perwakilan Rakyat inilah yang paling banyak kehilangan kepercayaan dari rakyat Indonesia. Sebagai sebuah lembaga yang sensasional, DPR berhasil mendapat perhatian semua kalangan terutama pers yang makin asik membahas berbagai topik seputar DPR.

Bukanlah hal yang berlebihan jika masyarakat menyikapi berbagai isu maupun fakta yang ada dari sudut pandang negativ thinking, mengingat banyaknya kontroversi yang terjadi seakan mengaburkan kinerja dan prestasi DPR. Hal tersebut menjadi wajar jika kita melihat kembali kasus-kasus korupsi yang banyak dilakukan anggota DPR, kemudian kasus skandal sex beberapa anggota DPR dan yang selalu menjadi tontonan menarik ketika media massa menampilkan banyaknya kursi kosong atau pun anggota DPR yang tertidur ketika sedang rapat. Oleh karena itu masyarakat pun semakin dapat menilai bahwa sebenarnya DPR saat ini tengah “sakit parah” dan memerlukan pemulihan secepatnya. Apabila kondisi DPR di masa depan tidak membaik maka dapat dipastikan negeri ini pun akan terjerembab lebih dalam dan akan semakin jauh dari cita-cita bangsa ini.

Melihat apa yang terjadi seharusnya DPR mulai berbenah untuk mengembalikan nama baiknya serta mengembalikan kepercayaan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan memilih anggota DPR yang sungguh-sungguh konsen terhadap kemakmuran rakyat, karena rakyat membutuhkan sosok ideal yang dapat mewakili aspirasi mereka.

Berbicara mengenai sosok ideal anggota DPR di masa depan tidak terlepas dari pertanyaan, sosok seperti apakah yang diinginkan rakyat? Sanggupkah ia menjawab dan menyalurkan aspirasi rakyat? dan pantaskah ia menjadi wakil rakyat? Berusaha menjawab pertanyaan di atas, maka calon anggota Dewan di masa mendatang seharusnya memenuhi kriteria-kriteria yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Beriman dan beretika

Seseorang akan menjadi kuat apabila ia memiliki pegangan yaitu agama. Apapun agamanya, karena pada dasarnya setiap agama itu sama yaitu mengajarkan pada kebaikan. Namun beragama saja tidak cukup. Calon anggota dewan pun diharapkan memiliki iman yang kuat dan juga beretika. Adanya iman dan etika dengan sendirinya akan menjadi filter terhadap setiap perilaku calon anggota dewan di masa depan.

2. Berprinsip kuat

Prinsip merupakan bentuk lain dari karakter yang kuat namun bukan egois. Ketika seseorang memiliki prinsip yang kuat, maka ia akan menjadi pribadi yang kuat pula. Dengan begitu ketika ia dihadapkan pada dua pilihan, maka ia tidak akan segan mempertahankan prinsipnya sesuai hati nuraninya.

3. Berwawasan luas

Anggota dewan haruslah orang yang memiliki wawasan yang luas dan menguasai bidangnya. Wawasan yang luas sangat penting dimiliki calon anggota DPR mengingat tugas dan fungsi utama DPR adalah menjadi wakil rakyat dengan merumuskan peraturan perundang-undangan yang menentukan jalannya Republik ini dan menjadi kunci kemakmuran rakyat.

4. Disiplin

Penyakit lainnya dari anggota DPR saat ini yaitu tidak disiplin. Kursi rapat yang kosong, absen yang diwakilkan asisten, tidur saat rapat dll sudah cukup menjadi bukti dan sejujurnya DPR tidak seharusnya diisi oleh orang-orang yang tidak dapat menempatkan dirinya dengan tepat.

5. Tanggap dan peduli

Calon anggota DPR yang dibutuhkan rakyat adalah orang yang tanggap akan isu dan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta peduli terhadap kemakmuran rakyat. Senantiasa mendengar suara rakyat dan memikirkan kepentingan rakyat.

6. Berani dan tegas

Anggota DPR sekarang ini masih banyak yang tidak memiliki keberanian untuk lepas dari embel-embel partainya dan tidak tegas terhadap penyimpangan yang terjadi di tubuh DPR. Sifat berani dan tegas menjadi duo sifat yang harus dimiliki calon anggota dewan untuk mewujudkan DPR yang sehat.

7. Bijak dan adil

Calon anggota dewan yang kelak akan memiliki tugas penting dalam perumusan kebijakan dan perundang-undangan seharusnya adalah orang yang bijak pula. Ia harus dapat menempatkan segala sesuatunya secara cermat pada waktu dan tempat yang tepat. Selain itu kebijaksanaan pun harus didampingi dengan sifat adil sehingga segala sesuatunya dapat diputuskan secara obyektif.

8. Memiliki Visi untuk kemakmuran rakyat

Sebagai wakil rakyat tentunya anggota dewan harus memiliki visi yang jelas sebagai panduan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Visi tersebut yang nantinya menentukan kinerja calon anggota dewan di DPR. Tentunya visi tersebut harus berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

9. Amanah dan bertanggung jawab

Kondisi DPR saat ini sangat memprihatinkan. Masyarakat tidak lagi mempercayai anggota dewan yang notabene merupakan wakil rakyat. Namun harus diakui bahwa mayoritas anggota dewan yang duduk di kursi DPR saat ini tidak lagi amanah atau dengan kata lain tidak dapat dipercaya. Kondisi tersebut pada akhirnya telah menciptakan wakil rakyat yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu di calon anggota DPR di masa mendatang haruslah orang yang dapat dipercaya dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap amanah yang diembannya.

10. Memiliki integritas yang tingg

i Integritas merupakan persoalan yang teramat pelik dan sulit ditemukan di tubuh DPR. seseorang dikatakan berintegritas ketika ia memiliki jabatan yang dekat dengan godaan namun ia tetap bisa bertahan. Namun demikian korupsi, suap, manipulasi, dll menjadi bukti nyata dari krisis integritas di negeri ini. Oleh karenanya calon anggota DPR wajib memiliki integritas.

11. Loyalitas tinggi

Loyalitas mencerminkan kesetiaan sekaligus rasa cinta terhadap pekerjaan yang dalam hal ini adalah DPR, Negara dan rakyat. Penting bagi calon anggota DPR untuk memiliki loyalitas yang tinggi agar etos kerja anggota dewan nantinya pun akan menjadi lebih baik.

12. Profesional

Calon anggota DPR haruslah orang yang profesional dan dapat membedakan antara kepentingan pribadi, partai atau kewajiban kepada negara.

Menemukan sosok anggota dewan yang ideal tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Apalagi menilai hati seseorang yang sebenarnya sungguh hal yang sangatlah sulit dan DPR merupakan sebuah arena pertarungan batin dimana mereka yang berprinsip kuat dan benar-benar mengabdikan diri untuk rakyatlah yang akan bertahan sebagai anggota DPR yang ideal.Namun pada prinsipnya semua hal yang terbaik harus dicoba untuk dapat menyelamatkan negeri ini meskipun hal tersebut tidaklah mudah.

Perlu diingat bahwa untuk mewujudkan DPR yang sehat maka perlu adanya perubahan besar-besaran tidak hanya dari diri anggota DPR di masa depan namun juga dari sistem yang ada. Pemerintahan yang telah berjalan hampir enam puluh tujuh tahun sejak kemerdekaan Indonesia ini seharusnya telah cukup memberikan sinyal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Adapun perubahan yang dapat dilakukan antara lain:

Pertama, dimulai dari perbaikan sistem pemilihan anggota DPR yang akan jauh lebih baik apabila diambil dari calon non partai. Sebab dengan sistem partai saat ini dirasa justru membuat segala sesuatu terkait DPR menjadi tidak obyektif. Anggota DPR seakan dibayang-bayangi kepentingan partai dan terikat dengan politik balas budi dari masing-masing partainya

Kedua, buat peraturan yang ketat terkait kedisiplinan anggota dewan dan peraturan lainnya

Ketiga, penempatan anggota DPR dengan dasar the right man in the right place. Keempat, pengawasan terhadap perkembangan jumlah harta kekayaan anggota DPR Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi DPR yang semak in kritis.

Meskipun merubah paradigma yang sudah berkembang di masyarakat tentang DPR bukanlah hal yang mudah, namun tetap harus dilaksanakan. Karena untuk menyelamatkan negara ini dari keterpurukan diperlukan DPR yang sehat.

 

Biodata Penulis

Nama : Marina Galuh Kirana

Tempat/tanggal lahir : Bandar Lampung, 3 Maret 1992

Nama Universitas : STIA “AAN” Yogyakarta

Jurusan : Administrasi Negara, S1 Semester 6

Alamat Universitas : Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta 55241,

No Tlp : (0274) 517471

NIM : 0108090307

Alamat Rumah : Gondolayu Lor Jt II/1151 Yogyakarta

Nomor HP :087839271130

E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it / marinagaluh

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.