Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR DPR Sehat, Indonesia Selamat (314/M)

DPR Sehat, Indonesia Selamat (314/M)

KOPI - Dewasa ini rakyat Indonesia seakan kian jengah menatap panggung pemerintahan yang makin suram karena permainan politik para lakonnya. Tidak hanya kisah kasus korupsi yang tersaji, namun penghianatan atas hak-hak rakyat pun telah menjelma menjadi “dongeng sebelum tidur”. Berbagai interupsi dan demonstrasi mengiringi carut marut jalannya pemerintahan Indonesia, namun semua seakan tak berarti banyak.

 

Kondisi tersebut sukses menghilangkan kepercayaan rakyat kepada pemerintah, terutama DPR yang kian hari makin menjadi sorotan. Seperti yang kita ketahui bahwa DPR menjadi begitu disorot karena Lembaga Perwakilan Rakyat inilah yang paling banyak kehilangan kepercayaan dari rakyat Indonesia. Sebagai sebuah lembaga yang sensasional, DPR berhasil mendapat perhatian semua kalangan terutama pers yang makin asik membahas berbagai topik seputar DPR.

Bukanlah hal yang berlebihan jika masyarakat menyikapi berbagai isu maupun fakta yang ada dari sudut pandang negativ thinking, mengingat banyaknya kontroversi yang terjadi seakan mengaburkan kinerja dan prestasi DPR. Hal tersebut menjadi wajar jika kita melihat kembali kasus-kasus korupsi yang banyak dilakukan anggota DPR, kemudian kasus skandal sex beberapa anggota DPR dan yang selalu menjadi tontonan menarik ketika media massa menampilkan banyaknya kursi kosong atau pun anggota DPR yang tertidur ketika sedang rapat. Oleh karena itu masyarakat pun semakin dapat menilai bahwa sebenarnya DPR saat ini tengah “sakit parah” dan memerlukan pemulihan secepatnya. Apabila kondisi DPR di masa depan tidak membaik maka dapat dipastikan negeri ini pun akan terjerembab lebih dalam dan akan semakin jauh dari cita-cita bangsa ini.

Melihat apa yang terjadi seharusnya DPR mulai berbenah untuk mengembalikan nama baiknya serta mengembalikan kepercayaan masyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan memilih anggota DPR yang sungguh-sungguh konsen terhadap kemakmuran rakyat, karena rakyat membutuhkan sosok ideal yang dapat mewakili aspirasi mereka.

Berbicara mengenai sosok ideal anggota DPR di masa depan tidak terlepas dari pertanyaan, sosok seperti apakah yang diinginkan rakyat? Sanggupkah ia menjawab dan menyalurkan aspirasi rakyat? dan pantaskah ia menjadi wakil rakyat? Berusaha menjawab pertanyaan di atas, maka calon anggota Dewan di masa mendatang seharusnya memenuhi kriteria-kriteria yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Beriman dan beretika

Seseorang akan menjadi kuat apabila ia memiliki pegangan yaitu agama. Apapun agamanya, karena pada dasarnya setiap agama itu sama yaitu mengajarkan pada kebaikan. Namun beragama saja tidak cukup. Calon anggota dewan pun diharapkan memiliki iman yang kuat dan juga beretika. Adanya iman dan etika dengan sendirinya akan menjadi filter terhadap setiap perilaku calon anggota dewan di masa depan.

2. Berprinsip kuat

Prinsip merupakan bentuk lain dari karakter yang kuat namun bukan egois. Ketika seseorang memiliki prinsip yang kuat, maka ia akan menjadi pribadi yang kuat pula. Dengan begitu ketika ia dihadapkan pada dua pilihan, maka ia tidak akan segan mempertahankan prinsipnya sesuai hati nuraninya.

3. Berwawasan luas

Anggota dewan haruslah orang yang memiliki wawasan yang luas dan menguasai bidangnya. Wawasan yang luas sangat penting dimiliki calon anggota DPR mengingat tugas dan fungsi utama DPR adalah menjadi wakil rakyat dengan merumuskan peraturan perundang-undangan yang menentukan jalannya Republik ini dan menjadi kunci kemakmuran rakyat.

4. Disiplin

Penyakit lainnya dari anggota DPR saat ini yaitu tidak disiplin. Kursi rapat yang kosong, absen yang diwakilkan asisten, tidur saat rapat dll sudah cukup menjadi bukti dan sejujurnya DPR tidak seharusnya diisi oleh orang-orang yang tidak dapat menempatkan dirinya dengan tepat.

5. Tanggap dan peduli

Calon anggota DPR yang dibutuhkan rakyat adalah orang yang tanggap akan isu dan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta peduli terhadap kemakmuran rakyat. Senantiasa mendengar suara rakyat dan memikirkan kepentingan rakyat.

6. Berani dan tegas

Anggota DPR sekarang ini masih banyak yang tidak memiliki keberanian untuk lepas dari embel-embel partainya dan tidak tegas terhadap penyimpangan yang terjadi di tubuh DPR. Sifat berani dan tegas menjadi duo sifat yang harus dimiliki calon anggota dewan untuk mewujudkan DPR yang sehat.

7. Bijak dan adil

Calon anggota dewan yang kelak akan memiliki tugas penting dalam perumusan kebijakan dan perundang-undangan seharusnya adalah orang yang bijak pula. Ia harus dapat menempatkan segala sesuatunya secara cermat pada waktu dan tempat yang tepat. Selain itu kebijaksanaan pun harus didampingi dengan sifat adil sehingga segala sesuatunya dapat diputuskan secara obyektif.

8. Memiliki Visi untuk kemakmuran rakyat

Sebagai wakil rakyat tentunya anggota dewan harus memiliki visi yang jelas sebagai panduan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Visi tersebut yang nantinya menentukan kinerja calon anggota dewan di DPR. Tentunya visi tersebut harus berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

9. Amanah dan bertanggung jawab

Kondisi DPR saat ini sangat memprihatinkan. Masyarakat tidak lagi mempercayai anggota dewan yang notabene merupakan wakil rakyat. Namun harus diakui bahwa mayoritas anggota dewan yang duduk di kursi DPR saat ini tidak lagi amanah atau dengan kata lain tidak dapat dipercaya. Kondisi tersebut pada akhirnya telah menciptakan wakil rakyat yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu di calon anggota DPR di masa mendatang haruslah orang yang dapat dipercaya dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap amanah yang diembannya.

10. Memiliki integritas yang tingg

i Integritas merupakan persoalan yang teramat pelik dan sulit ditemukan di tubuh DPR. seseorang dikatakan berintegritas ketika ia memiliki jabatan yang dekat dengan godaan namun ia tetap bisa bertahan. Namun demikian korupsi, suap, manipulasi, dll menjadi bukti nyata dari krisis integritas di negeri ini. Oleh karenanya calon anggota DPR wajib memiliki integritas.

11. Loyalitas tinggi

Loyalitas mencerminkan kesetiaan sekaligus rasa cinta terhadap pekerjaan yang dalam hal ini adalah DPR, Negara dan rakyat. Penting bagi calon anggota DPR untuk memiliki loyalitas yang tinggi agar etos kerja anggota dewan nantinya pun akan menjadi lebih baik.

12. Profesional

Calon anggota DPR haruslah orang yang profesional dan dapat membedakan antara kepentingan pribadi, partai atau kewajiban kepada negara.

Menemukan sosok anggota dewan yang ideal tentunya tidak akan semudah membalikkan telapak tangan karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Apalagi menilai hati seseorang yang sebenarnya sungguh hal yang sangatlah sulit dan DPR merupakan sebuah arena pertarungan batin dimana mereka yang berprinsip kuat dan benar-benar mengabdikan diri untuk rakyatlah yang akan bertahan sebagai anggota DPR yang ideal.Namun pada prinsipnya semua hal yang terbaik harus dicoba untuk dapat menyelamatkan negeri ini meskipun hal tersebut tidaklah mudah.

Perlu diingat bahwa untuk mewujudkan DPR yang sehat maka perlu adanya perubahan besar-besaran tidak hanya dari diri anggota DPR di masa depan namun juga dari sistem yang ada. Pemerintahan yang telah berjalan hampir enam puluh tujuh tahun sejak kemerdekaan Indonesia ini seharusnya telah cukup memberikan sinyal untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Adapun perubahan yang dapat dilakukan antara lain:

Pertama, dimulai dari perbaikan sistem pemilihan anggota DPR yang akan jauh lebih baik apabila diambil dari calon non partai. Sebab dengan sistem partai saat ini dirasa justru membuat segala sesuatu terkait DPR menjadi tidak obyektif. Anggota DPR seakan dibayang-bayangi kepentingan partai dan terikat dengan politik balas budi dari masing-masing partainya

Kedua, buat peraturan yang ketat terkait kedisiplinan anggota dewan dan peraturan lainnya

Ketiga, penempatan anggota DPR dengan dasar the right man in the right place. Keempat, pengawasan terhadap perkembangan jumlah harta kekayaan anggota DPR Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi DPR yang semak in kritis.

Meskipun merubah paradigma yang sudah berkembang di masyarakat tentang DPR bukanlah hal yang mudah, namun tetap harus dilaksanakan. Karena untuk menyelamatkan negara ini dari keterpurukan diperlukan DPR yang sehat.

 

Biodata Penulis

Nama : Marina Galuh Kirana

Tempat/tanggal lahir : Bandar Lampung, 3 Maret 1992

Nama Universitas : STIA “AAN” Yogyakarta

Jurusan : Administrasi Negara, S1 Semester 6

Alamat Universitas : Blunyahrejo, Karangwaru, Tegalrejo, Yogyakarta 55241,

No Tlp : (0274) 517471

NIM : 0108090307

Alamat Rumah : Gondolayu Lor Jt II/1151 Yogyakarta

Nomor HP :087839271130

E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it / marinagaluh

 

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

Tim Persib Targetkan Jadi Juara Liga 1 2017
Jumat, 07 April 2017

KOPI, Bandung - Manajer Persib Umuh mengemukakan, Persib tidak akan bisa sebesar ini tanpa dukungan kuat Bobotoh, mereka di mana pun Persib bertanding selalu ada memberikan semangat dan energi untuk berjuang keras menghadapi lawan-lawannya.   “Oleh karena itu,  tidak ada harapan lain selain Persib harus berjuang dan mentargetkan jadi  juara Liga 1 2017 tahun ini, tanpa dukungan Bobotoh, Persib tidak akan seperti sekarang. Terimakasih,... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Terima Pasukan Satgas TMMD Ke 98
Selasa, 04 April 2017

KOPI, ACEH SELATAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menerima Sebanyak 100 personel Batalyon Infanteri 115/Macan Lauser yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-98 tahun 2017 di Lapangan Makodim 0107/Aceh Selatan. Selasa (4/4/17).   Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan, Pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 98 tersebut akan diterjunkan ke lokasi sasaran dan berbaur dengan kehidupan ... Baca selengkapnya...

Akting Ibu Negara Iriana Joko Widodo Berperan sebagai “Anak Paud”
Sabtu, 01 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja ibuk negara Iriana Jokowi beserta Ibuk Mufidah Jusuf Kalla, ke Propinsi Riau, Rabu (29/3-17). Rombongan ini didampingi oleh kunjungan kerja istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE). Jadwal kunjugan kerja rombongan Istri Presiden Joko Widodo ke Riau mengunjungi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), melakukann pemeriksaan kanker serviks leher rahim atau... Baca selengkapnya...

Persit Kodim Aceh Selatan Disambut Haru Nyak Siti Rohmat
Senin, 27 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, telah mengetuk rasa keprihatinan dan simpati Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto dan pengurus Ranting 8 Koramil 07 Kluet Selatan. Selama ini, kondisi 'Nyak' Siti Rohmat memang serba kekurangan. Bukan hanya itu saja, bahkan kesehatannya pun menurun dan sering sakit. Sering kali tak memiliki makanan apalagi... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHGebyar Dirgantara 2017, Lanud Iswahjudi .....
22/04/2017 | Iswahyudi

KOPI, Magetan – Ribuan pengunjung yang terdiri dari pelajar maupun masyarakat umum padati Lapangan Udara (Lanud) Iswahjudi guna menyaksikan dan meme [ ... ]



PENDIDIKANMawardi, S.Pd Kepala SDN 20 Kampung Pada.....
21/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Pasaman - Kepala SDN 20 Kampung Padang, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman optimis membina sekolah yang beliau pimpin kearah yang leb [ ... ]



EKONOMIRaker KAMSRI; Membangun Sinergi Ekonomi .....
22/04/2017 | Andri Santana

KOPI, Pembangunan infrastruktur di Pemerintahan Era Jokowi, selain sebagai stimulus pembangunan nasional, pembangunan jalan, jembatan dan Dermaga meru [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIRevitalisasi Pendidikan Vokasi: Upaya Me.....
13/04/2017 | Harjoni Desky

Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi telah diterbitkan dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan  [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.