Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)

Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)

KOPI - Indonesia adalah negara yang besar, yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh negara lain. Wilayahnya yang luas dengan kekayaan alamnya yang melimpah, serta jumlah penduduknya yang besar, menjadi added value bagi bangsa Indonesia bila mana itu semua dikelola secara baik dan profesional.

Meski demikian, mengatur negara tidaklah semudah membalikkan tangan. Perlu kesadaran dan komitmen bersama dari seluruh stakeholder bangsa Indonesia, baik itu masyarakat, pemerintah, lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan semua unsur lapisan yang menghuni negara ini, untuk membangun dan memajukan Indonesia dengan tujuan kemakmuran bersama, bukan sekedar menguntungkan sebagian pihak saja.

Karenanya, untuk memimpin dan mengendalikan negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau dengan adat istiadat penduduknya yang beraneka ragam dan memiliki lebih dari 746 bahasa daerah (sumber : www.kompas.com, 2008), tentunya tidak semua orang mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang cukup berat ini.

Salah satu lembaga yang berperan penting dalam mengatur negara ini diantaranya adalah Dewan Perwakilan Rakyat, baik itu di pusat ataupun di daerah. Dewan Perwakilan Rakyat ini bertanggung jawab menyusun perundang-undangan dan kebijakan-kebijakan bersama dengan pemerintah, yang akan mengarahkan kemana negara ini akan dibawa. Anggota dewan sebagai representasi dari rakyat, sudah semestinya menyuarakan keinginan rakyat yang diwakilinya. Mereka harus mampu menangkap seluruh aspirasi rakyat dari pusat hingga daerah, meliputi 33 propinsi yang tersebar dari Nangroe Aceh Darusalam hingga Papua Barat, yang terbagi lagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota (sumber : www.depdagri.go.id, 2009).

Oleh karena kompleksnya permasalahan yang akan dihadapi oleh anggota dewan, maka semestinya perlu ditetapkan kriteria bagi seseorang yang akan mencalonkan diri menjadi anggota dewan sehingga ia layak untuk dipilih rakyat pada saat dilangsungkannya pemilihan umum. Kriteria yang semestinya dimiliki calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik di pusat ataupun di daerah, yaitu antara lain :

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak mungkin pembuatan peraturan perundang-undangan kita serahkan kepada orang-orang yang tidak beragama dan tidak meyakini keberadaan Tuhan. Bila demikian, tentu mereka akan berkompromi dalam membuat perundang-undangan agar menguntungkan kelompoknya saja. Sudah pasti rakyatlah yang akan dirugikan. Tentunya akan berbeda bilamana mereka adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa, maka mereka tidak akan mungkin menentang Tuhannya dan takut berbuat sesuatu yang dapat mengundang kemarahan Tuhannya, sehingga ia akan selalu berpegang teguh dengan nilai-nilai kebenaran.

2. Menjunjung tinggi keadilan

Apa yang diperjuangkan anggota dewan harus berasaskan keadilan, bukan berdasarkan kepentingan kelompoknya sendiri. Suatu negara dapat dikatakan berhasil bila tercapai kemakmuran yang berkeadilan, bukan segelintir kelompok saja yang sejahtera.

3. Sehat jasmani dan rohani

Agar seseorang dapat beraktifitas dengan baik perlu didukung dengan jasmani dan rohani yang sehat. Bagaimana mungkin anggota dewan dapat mengurus rakyatnya bila ia sendiri tidak mampu mengurus dirinya karena sering sakit-sakitan. Waktunya habis untuk dirinya sendiri.

4. Anti terhadap korups

i Korupsi berarti mengambil uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran rakyat. Haram hukumnya orang yang diberikan wewenang, kemudian menyalahgunakan wewenangnya sehingga merugikan banyak orang. Anggota dewan tidak layak mengambil uang rakyat, sebaliknya seharusnya mengambil uangnya sendiri untuk kepentingan rakyat.

5. Menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana pengabdian diri

Sebagai anggota dewan tidak layak menyombongkan diri dan gila hormat. Karena semestinya ia lah yang bertugas melayani rakyat, bukan sebaliknya mengambil keuntungan dari jabatannya. Ia harus mau berlelah-lelah tanpa kenal waktu untuk mengurus dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Kesedihan yang dirasakan rakyatnya, adalah kesedihannya pula. Kebahagiaannya adalah bilamana melihat rakyatnya bahagia. Itu bisa terjadi bila tujuannya menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana untuk pengabdian dirinya

6. Berani menghadapi segala resiko

Di dalam lembaga dewan yang terhormat, pasti terjadi perang kepentingan antar anggota ataupun antar partai. Sebagai anggota dewan yang berpegang teguh pada kebenaran, tentulah ia akan mendapatkan pertentangan, tidak disukai, mungkin difitnah, ataupun mendapat ancaman dari pihak lain yang berbeda tujuan. Maka, sifat berani dalam arti yang positif mesti dimiliki oleh anggota dewan, bukan keberanian untuk berbuat sesuatu yang salah.

7. Memiliki ikatan khusus/emosional dengan daerah yang diwakilinya

Jangan sampai anggota dewan yang dipilih tidak paham dengan daerah yang diwakilinya. Hal ini bisa terjadi karena sang anggota dewan tidak memiliki ikatan khusus atau emosional dengan daerah yang diwakilinya. Ia tidak dilahirkan di daerah tersebut ataupun juga belum pernah tinggal di sana, dengan alasan ditugaskan oleh partai semata sehingga ia dapat mewakili Daerah Pemilihan tersebut. Dampaknya, ia kurang gigih dalam menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat setempat.

8. Memiliki ilmu pengetahuan yang memadai

Menjadi wakil rakyat harus berilmu pengetahuan sehingga ia tidak mudah ditipu oleh pihak-pihak lain yang ingin mengambil keuntungan. Orang yang baik saja tidak cukup, tetapi permasalahan yang terjadi hanya bisa diselesaikan bila menguasai ilmunya.

9. Mau turun ke masyarakat

Tidak boleh anggota dewan hanya duduk-duduk saja di ruang sidang. Ia harus mau turun ke masyarakat untuk menyelami kehidupan mereka, mencari tahu permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi, dan mencarikan solusinya.

10. Memiliki visi dan misi ke depan

Hendak dibawa kemana arah pembangunan negara ini? Anggota dewan sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan pembangunan, harus memiliki visi dan misi ke depan dalam menumbuh kembangkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh daerahnya sehingga mampu berkembang dan meraih kemajuan dari sisi ekonomi.

11. Memiliki semangat juang yang tinggi

Kewajiban anggota dewan adalah memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya. Ia tidak boleh patah semangat, bila apa yang diperjuangkannya belum meraih keberhasilan. Adanya hambatan bukanlah halangan yang akan melemahkan, namun menjadi penguat semangat untuk bergegas menuju pintu kemenangan.

12. Bergaya hidup sederhana

Anggota dewan adalah teladan bagi rakyatnya. Gaya hidup anggota dewan akan selalu mendapatkan sorotan dari seluruh kalangan. Ia harus dapat bertoleransi dengan rakyatnya yang sebagian besar masih hidup di dalam keterbatasan. Maka sudah semestinya anggota dewan hidup dalam kesederhanaan, agar hati rakyat tidak tersakiti akibat ulah anggota dewan yang suka pamer kekayaan.

Kriteria-kriteria tersebut diatas merupakan persyaratan dasar yang harus miliki seseorang bila menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Bukan sesuatu yang tidak mungkin, kesejahteraan rakyat akan segera terwujud bila semua anggota dewannya memenuhi kriteria tersebut.


DATA PENULIS :

 

Nama : Herry Budi Santoso

Tempat/Tgl Lahir : Pekalongan, 13 Nopember 1977

Alamat rumah : Jl. Jatipadang no.12, RT 007 RW 003, Pasar Minggu – Jakarta Selatan

No. Hp : 081310736632

Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook : herry.budi

 

 

Ha..ha… Memalukan Nyaris Adu Jotos Bupati Kuansing dengan Wakilnya
Jumat, 12 Pebruari 2016

KOPI, Kuansing – Ditempat lain Ajisutisyoso mengatakan sebagai Kepala Daerah emosi jangan dilampias kayak preman pasar. Anda sebagai pejabat negara wajib memperhatikan tata krama, adab sopan santun, hate speech (ucapan menyingung orang lain) dll. Anda perpanjangan dari pemerintah pusat , wajib memberikan contoh terbaik buat rakyat Anda dan jajaran pegawai sebagai abdi Negara. Ini Anda sudah tidak memiliki adab sopan santun orang timur. ... Baca selengkapnya...

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

PENDIDIKANPara Guru Yayasan Sekolah Cendana Riau G.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Biasa yang sering mogok belajar para murid-murid dan siswa-siswi akibat ketatnya peraturan sekolah, guru favoritnya dimutasi, temann [ ... ]



EKONOMIMatahariMall.com Resmikan Kantor Baru Be.....
10/02/2016 | Yeni Herliani

KOPI - MatahariMall.com, eCommerce terdepan besutan Lippo Group hari ini meresmikan kantor baru yang berlokasi di daerah strategis Kuningan, Jakarta S [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



HUKUM & KRIMINALSat Narkoba Polres Acah Tamiang Ringkus .....
12/02/2016 | Sumardi

KOPI, Aceh Tamiang. Anggota Opsnal Sat Narkoba Polres Aceh Tamiang berhasil meringkus seorang tersangka yang diduga sebagai pemilik narkotika jenis ga [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABocah di Kuansing Mohon Bantuan Para Der.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Arga Dimas Saputra dipanggil dimas kaki kirinya mengalami patah tulang setelah dianiaya oleh tiga orang kakak kelasnya pad [ ... ]



ROHANIPerayaan Imlek Bersama Diadakan oleh P.....
11/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Asal-usul Imlek sebenarnya berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum. Bahasa Tiongkok disebut dengan “Chung Cie [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.