Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)

Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)

KOPI - Indonesia adalah negara yang besar, yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh negara lain. Wilayahnya yang luas dengan kekayaan alamnya yang melimpah, serta jumlah penduduknya yang besar, menjadi added value bagi bangsa Indonesia bila mana itu semua dikelola secara baik dan profesional.

Meski demikian, mengatur negara tidaklah semudah membalikkan tangan. Perlu kesadaran dan komitmen bersama dari seluruh stakeholder bangsa Indonesia, baik itu masyarakat, pemerintah, lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan semua unsur lapisan yang menghuni negara ini, untuk membangun dan memajukan Indonesia dengan tujuan kemakmuran bersama, bukan sekedar menguntungkan sebagian pihak saja.

Karenanya, untuk memimpin dan mengendalikan negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau dengan adat istiadat penduduknya yang beraneka ragam dan memiliki lebih dari 746 bahasa daerah (sumber : www.kompas.com, 2008), tentunya tidak semua orang mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang cukup berat ini.

Salah satu lembaga yang berperan penting dalam mengatur negara ini diantaranya adalah Dewan Perwakilan Rakyat, baik itu di pusat ataupun di daerah. Dewan Perwakilan Rakyat ini bertanggung jawab menyusun perundang-undangan dan kebijakan-kebijakan bersama dengan pemerintah, yang akan mengarahkan kemana negara ini akan dibawa. Anggota dewan sebagai representasi dari rakyat, sudah semestinya menyuarakan keinginan rakyat yang diwakilinya. Mereka harus mampu menangkap seluruh aspirasi rakyat dari pusat hingga daerah, meliputi 33 propinsi yang tersebar dari Nangroe Aceh Darusalam hingga Papua Barat, yang terbagi lagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota (sumber : www.depdagri.go.id, 2009).

Oleh karena kompleksnya permasalahan yang akan dihadapi oleh anggota dewan, maka semestinya perlu ditetapkan kriteria bagi seseorang yang akan mencalonkan diri menjadi anggota dewan sehingga ia layak untuk dipilih rakyat pada saat dilangsungkannya pemilihan umum. Kriteria yang semestinya dimiliki calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik di pusat ataupun di daerah, yaitu antara lain :

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak mungkin pembuatan peraturan perundang-undangan kita serahkan kepada orang-orang yang tidak beragama dan tidak meyakini keberadaan Tuhan. Bila demikian, tentu mereka akan berkompromi dalam membuat perundang-undangan agar menguntungkan kelompoknya saja. Sudah pasti rakyatlah yang akan dirugikan. Tentunya akan berbeda bilamana mereka adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa, maka mereka tidak akan mungkin menentang Tuhannya dan takut berbuat sesuatu yang dapat mengundang kemarahan Tuhannya, sehingga ia akan selalu berpegang teguh dengan nilai-nilai kebenaran.

2. Menjunjung tinggi keadilan

Apa yang diperjuangkan anggota dewan harus berasaskan keadilan, bukan berdasarkan kepentingan kelompoknya sendiri. Suatu negara dapat dikatakan berhasil bila tercapai kemakmuran yang berkeadilan, bukan segelintir kelompok saja yang sejahtera.

3. Sehat jasmani dan rohani

Agar seseorang dapat beraktifitas dengan baik perlu didukung dengan jasmani dan rohani yang sehat. Bagaimana mungkin anggota dewan dapat mengurus rakyatnya bila ia sendiri tidak mampu mengurus dirinya karena sering sakit-sakitan. Waktunya habis untuk dirinya sendiri.

4. Anti terhadap korups

i Korupsi berarti mengambil uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran rakyat. Haram hukumnya orang yang diberikan wewenang, kemudian menyalahgunakan wewenangnya sehingga merugikan banyak orang. Anggota dewan tidak layak mengambil uang rakyat, sebaliknya seharusnya mengambil uangnya sendiri untuk kepentingan rakyat.

5. Menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana pengabdian diri

Sebagai anggota dewan tidak layak menyombongkan diri dan gila hormat. Karena semestinya ia lah yang bertugas melayani rakyat, bukan sebaliknya mengambil keuntungan dari jabatannya. Ia harus mau berlelah-lelah tanpa kenal waktu untuk mengurus dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Kesedihan yang dirasakan rakyatnya, adalah kesedihannya pula. Kebahagiaannya adalah bilamana melihat rakyatnya bahagia. Itu bisa terjadi bila tujuannya menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana untuk pengabdian dirinya

6. Berani menghadapi segala resiko

Di dalam lembaga dewan yang terhormat, pasti terjadi perang kepentingan antar anggota ataupun antar partai. Sebagai anggota dewan yang berpegang teguh pada kebenaran, tentulah ia akan mendapatkan pertentangan, tidak disukai, mungkin difitnah, ataupun mendapat ancaman dari pihak lain yang berbeda tujuan. Maka, sifat berani dalam arti yang positif mesti dimiliki oleh anggota dewan, bukan keberanian untuk berbuat sesuatu yang salah.

7. Memiliki ikatan khusus/emosional dengan daerah yang diwakilinya

Jangan sampai anggota dewan yang dipilih tidak paham dengan daerah yang diwakilinya. Hal ini bisa terjadi karena sang anggota dewan tidak memiliki ikatan khusus atau emosional dengan daerah yang diwakilinya. Ia tidak dilahirkan di daerah tersebut ataupun juga belum pernah tinggal di sana, dengan alasan ditugaskan oleh partai semata sehingga ia dapat mewakili Daerah Pemilihan tersebut. Dampaknya, ia kurang gigih dalam menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat setempat.

8. Memiliki ilmu pengetahuan yang memadai

Menjadi wakil rakyat harus berilmu pengetahuan sehingga ia tidak mudah ditipu oleh pihak-pihak lain yang ingin mengambil keuntungan. Orang yang baik saja tidak cukup, tetapi permasalahan yang terjadi hanya bisa diselesaikan bila menguasai ilmunya.

9. Mau turun ke masyarakat

Tidak boleh anggota dewan hanya duduk-duduk saja di ruang sidang. Ia harus mau turun ke masyarakat untuk menyelami kehidupan mereka, mencari tahu permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi, dan mencarikan solusinya.

10. Memiliki visi dan misi ke depan

Hendak dibawa kemana arah pembangunan negara ini? Anggota dewan sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan pembangunan, harus memiliki visi dan misi ke depan dalam menumbuh kembangkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh daerahnya sehingga mampu berkembang dan meraih kemajuan dari sisi ekonomi.

11. Memiliki semangat juang yang tinggi

Kewajiban anggota dewan adalah memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya. Ia tidak boleh patah semangat, bila apa yang diperjuangkannya belum meraih keberhasilan. Adanya hambatan bukanlah halangan yang akan melemahkan, namun menjadi penguat semangat untuk bergegas menuju pintu kemenangan.

12. Bergaya hidup sederhana

Anggota dewan adalah teladan bagi rakyatnya. Gaya hidup anggota dewan akan selalu mendapatkan sorotan dari seluruh kalangan. Ia harus dapat bertoleransi dengan rakyatnya yang sebagian besar masih hidup di dalam keterbatasan. Maka sudah semestinya anggota dewan hidup dalam kesederhanaan, agar hati rakyat tidak tersakiti akibat ulah anggota dewan yang suka pamer kekayaan.

Kriteria-kriteria tersebut diatas merupakan persyaratan dasar yang harus miliki seseorang bila menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Bukan sesuatu yang tidak mungkin, kesejahteraan rakyat akan segera terwujud bila semua anggota dewannya memenuhi kriteria tersebut.


DATA PENULIS :

 

Nama : Herry Budi Santoso

Tempat/Tgl Lahir : Pekalongan, 13 Nopember 1977

Alamat rumah : Jl. Jatipadang no.12, RT 007 RW 003, Pasar Minggu – Jakarta Selatan

No. Hp : 081310736632

Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook : herry.budi

 

 

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

Diskannak Sarolangun Laksanakan Kegiatan Kesehatan Hewan
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Sarolangun - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sarolangun memberikan pelayanan kepada masyarakat tepatnya di Dusun Kebun Kelapa Desa Sindai Kelurahan Sukasari. Adapun pelayanan yang diberikan yakni tiga jenis pelayanan kesehatan hewan. Di antaranya, pemeriksaan penyakit dan kesehatan hewan, pemeriksaan kebuntingan pelayanan inseminasi buatan, pelayanan berbagai macam vaksinasi serta pelayanan pemberian surat keterangan... Baca selengkapnya...

Puluhan Wartawan Blitar Sesalkan Sikap Humas Pemkab
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Humas Pemkab Blitar Tidak Tanggap terkait dalam hal publikasi gunung Kelud Blitar, KOPI - Sedikitnya 50 wartawan  Cetak, Radio mapun Televisi yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Blitar ( KWB ) menyatakan sikap Peduli terhadap keberadaan Gunung Kelud yang akhir-akhir ini memanas kembali. Hal tersebut kembali mencuat, karena Putusan Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang memenangkan Pemerintah Kabupaten Kediri... Baca selengkapnya...

KRPK Pertanyakan Komitmen Kejaksaan Tangani Kasus Korupsi di Blitar
Kamis, 27 Agustus 2015

§ Kejaksaan Diduga Kecipratan Dana PT.DBS Blitar, KOPI - Sejumlah aktifis anti korupsi Blitar yang tergabung dalam Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), mendatangai Kantor Kejaksaan Negeri Blitar Kamis (27/8). Kedatangan mereka mempertanyakan keseriusan penanganan beberapa kasus korupsi yang telah dilaporkan oleh KRPK ke Kejaksaaan Negeri Blitar.   Menurut Triyanto, Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK), ada beberapa... Baca selengkapnya...

Berkolaborasi dengan Jajaran Polsek, Polresta Pekanbaru Menangkap 7 Penjahat
Kamis, 27 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Tujuh orang oknum penjahat berhasil di ringkus oleh jajaran Kapolresta Pekanbaru, mereka ada yang berprofesi spesialis (C3) Curat (Pencurian dengan Pemberatan) , Curas (Pencurian dengan kekerasan) , Curanmor (pencurian kendaraan bermotor) . Keempat orang itu melakukan perlawanan saat digerebek, petugas menembak kakinya. Hal ini diungkapkan oleh kapolresta Pekanbaru Kombes (Pol) Aries Syarief Hidayat saat ekpose dengan... Baca selengkapnya...

Kejagung : Tangkap Segera Walikota Pekanbaru Dugaan Terlibat Kasus Korupsi
Rabu, 26 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru – Kita mengetahui Propinsi Riau sebagai pusat kebudayaan melayu, juga pusat percontohan korupsi di Indonesia. Propinsi Riau “lumbungnya koruptor” tiga orang Gubernurnya terlibat kasus suap dan izin kehutanan, bertempat Lapas Sialang Bungkuk tersebut sudah bisa didirikan satu propinsi sudah ada mantan Gubernur, mantan Bupati, mantan kepala dinas, serta mantan anggota dewan sudah menjadi narapidana he…he… Prilaku oknum... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Mesir Siap jadi yang Terdepan di Kawasan.....
20/08/2015 | Maruli Ferdinand

KOPI, Moskow - Tak lama lagi, Mesir bakal mewujudkan impiannya untuk menjadi pemimpin di kawasan Afrika Utara dalam industri nuklir. Impian ini akan t [ ... ]



NASIONAL

HUT Polwan Ke-67 dan HUT HKGB Ke 63, Sel.....
31/08/2015 | Rifnaldi
article thumbnail

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Hari Ulang Tahun Polisi Wanita (Polwan) ke 67 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 63 Tahun 2015 ini, dit [ ... ]



DAERAH

Gudang Mebel Caringin Bandung Dilalap Si.....
01/09/2015 | Iyan Sofyan

KOPI, Bandung – Sijago merah mengamuk lagi di Bandung. Kali ini, api dengan cepatnya membakar kayu, styrofoam dan mobil truk engkel di dalam gudang  [ ... ]



PENDIDIKAN

LPSD Darusalam Gelar FGD Pancasila Jelan.....
30/08/2015 | Ahmad Wahib

KOPI - Lembaga Studi Pancasila Darussalam (LSPD) menggelar Focus Group Discusion (FGD) yang mengangkat topik Penguatan Pancasila Bagi Pemuda Menghad [ ... ]



EKONOMI

APTI 2015 Umumkan 26 Perusahaan TBK Terb.....
28/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Majalah Economic Review untuk kedua kalinya menggelar Anugerah Perusahaan Terbuka (Tbk) APTI 2015, event ini terselenggara sebagai bentuk Apres [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin

KOPI, Cibinong (30/8) - Asosiasi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna Lebak Ban [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Ini Hasil Investigasi Kabid Intelijen da.....
30/08/2015 | Ari Muzakki
article thumbnail

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil pantauan dan investigasi oleh Kabid Intelijen dan Investigasi PWRI Santos, maka berdasarkan fakta bukti-bukti yang d [ ... ]



POLITIK

Kadiv Humas KPUD Kota Blitar: Jalan Prot.....
31/08/2015 | Fajar Agustyono

KOPI – KPU Kota memasuki masa kampanye Pilkada, mulai menerapkan Perwali  Nomor 24 tahun 2013, tentang zona-zona  yang dilarang untuk pemasangan A [ ... ]



OPINI

Integritas Perjalanan Pertumbuhan Kebang.....
26/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI - Perjalanan tegaknya suatu negara tidak terlepas dari peran seorang pemuda. Sehingga pantaslah, sebuah kalimat magis yang telah melegenda menyeb [ ... ]



PROFIL

Pejuang Kemerdekaan Tanpa Pamrih, Hanya .....
20/08/2015 | Bambang Suwarno

KOPI, Nganjuk - Siapa sangka ada lelaki tua berusia kurang lebih 93 tahun Namanya Moastro/Sarimah,hidup di Dusun Turi, Desa Nglundo,Kecamatan Sukomoro [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

SBY Pede Merasa Jadi Konsultan.....
30/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Heran saya sebagai mantan presiden seharusnya memberikan dukungan kepada pemerintah berkuasa saat ini. Bukan kayak konsultan memberi [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.