Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online
None

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Anggota DPR Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

Kriteria Untuk Menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (318/U)

KOPI - Indonesia adalah negara yang besar, yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh negara lain. Wilayahnya yang luas dengan kekayaan alamnya yang melimpah, serta jumlah penduduknya yang besar, menjadi added value bagi bangsa Indonesia bila mana itu semua dikelola secara baik dan profesional.

Meski demikian, mengatur negara tidaklah semudah membalikkan tangan. Perlu kesadaran dan komitmen bersama dari seluruh stakeholder bangsa Indonesia, baik itu masyarakat, pemerintah, lembaga legislatif, lembaga yudikatif, dan semua unsur lapisan yang menghuni negara ini, untuk membangun dan memajukan Indonesia dengan tujuan kemakmuran bersama, bukan sekedar menguntungkan sebagian pihak saja.

Karenanya, untuk memimpin dan mengendalikan negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau dengan adat istiadat penduduknya yang beraneka ragam dan memiliki lebih dari 746 bahasa daerah (sumber : www.kompas.com, 2008), tentunya tidak semua orang mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang cukup berat ini.

Salah satu lembaga yang berperan penting dalam mengatur negara ini diantaranya adalah Dewan Perwakilan Rakyat, baik itu di pusat ataupun di daerah. Dewan Perwakilan Rakyat ini bertanggung jawab menyusun perundang-undangan dan kebijakan-kebijakan bersama dengan pemerintah, yang akan mengarahkan kemana negara ini akan dibawa. Anggota dewan sebagai representasi dari rakyat, sudah semestinya menyuarakan keinginan rakyat yang diwakilinya. Mereka harus mampu menangkap seluruh aspirasi rakyat dari pusat hingga daerah, meliputi 33 propinsi yang tersebar dari Nangroe Aceh Darusalam hingga Papua Barat, yang terbagi lagi menjadi 399 kabupaten dan 98 kota (sumber : www.depdagri.go.id, 2009).

Oleh karena kompleksnya permasalahan yang akan dihadapi oleh anggota dewan, maka semestinya perlu ditetapkan kriteria bagi seseorang yang akan mencalonkan diri menjadi anggota dewan sehingga ia layak untuk dipilih rakyat pada saat dilangsungkannya pemilihan umum. Kriteria yang semestinya dimiliki calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat baik di pusat ataupun di daerah, yaitu antara lain :

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Tidak mungkin pembuatan peraturan perundang-undangan kita serahkan kepada orang-orang yang tidak beragama dan tidak meyakini keberadaan Tuhan. Bila demikian, tentu mereka akan berkompromi dalam membuat perundang-undangan agar menguntungkan kelompoknya saja. Sudah pasti rakyatlah yang akan dirugikan. Tentunya akan berbeda bilamana mereka adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa, maka mereka tidak akan mungkin menentang Tuhannya dan takut berbuat sesuatu yang dapat mengundang kemarahan Tuhannya, sehingga ia akan selalu berpegang teguh dengan nilai-nilai kebenaran.

2. Menjunjung tinggi keadilan

Apa yang diperjuangkan anggota dewan harus berasaskan keadilan, bukan berdasarkan kepentingan kelompoknya sendiri. Suatu negara dapat dikatakan berhasil bila tercapai kemakmuran yang berkeadilan, bukan segelintir kelompok saja yang sejahtera.

3. Sehat jasmani dan rohani

Agar seseorang dapat beraktifitas dengan baik perlu didukung dengan jasmani dan rohani yang sehat. Bagaimana mungkin anggota dewan dapat mengurus rakyatnya bila ia sendiri tidak mampu mengurus dirinya karena sering sakit-sakitan. Waktunya habis untuk dirinya sendiri.

4. Anti terhadap korups

i Korupsi berarti mengambil uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran rakyat. Haram hukumnya orang yang diberikan wewenang, kemudian menyalahgunakan wewenangnya sehingga merugikan banyak orang. Anggota dewan tidak layak mengambil uang rakyat, sebaliknya seharusnya mengambil uangnya sendiri untuk kepentingan rakyat.

5. Menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana pengabdian diri

Sebagai anggota dewan tidak layak menyombongkan diri dan gila hormat. Karena semestinya ia lah yang bertugas melayani rakyat, bukan sebaliknya mengambil keuntungan dari jabatannya. Ia harus mau berlelah-lelah tanpa kenal waktu untuk mengurus dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Kesedihan yang dirasakan rakyatnya, adalah kesedihannya pula. Kebahagiaannya adalah bilamana melihat rakyatnya bahagia. Itu bisa terjadi bila tujuannya menjadi anggota dewan adalah sebagai sarana untuk pengabdian dirinya

6. Berani menghadapi segala resiko

Di dalam lembaga dewan yang terhormat, pasti terjadi perang kepentingan antar anggota ataupun antar partai. Sebagai anggota dewan yang berpegang teguh pada kebenaran, tentulah ia akan mendapatkan pertentangan, tidak disukai, mungkin difitnah, ataupun mendapat ancaman dari pihak lain yang berbeda tujuan. Maka, sifat berani dalam arti yang positif mesti dimiliki oleh anggota dewan, bukan keberanian untuk berbuat sesuatu yang salah.

7. Memiliki ikatan khusus/emosional dengan daerah yang diwakilinya

Jangan sampai anggota dewan yang dipilih tidak paham dengan daerah yang diwakilinya. Hal ini bisa terjadi karena sang anggota dewan tidak memiliki ikatan khusus atau emosional dengan daerah yang diwakilinya. Ia tidak dilahirkan di daerah tersebut ataupun juga belum pernah tinggal di sana, dengan alasan ditugaskan oleh partai semata sehingga ia dapat mewakili Daerah Pemilihan tersebut. Dampaknya, ia kurang gigih dalam menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat setempat.

8. Memiliki ilmu pengetahuan yang memadai

Menjadi wakil rakyat harus berilmu pengetahuan sehingga ia tidak mudah ditipu oleh pihak-pihak lain yang ingin mengambil keuntungan. Orang yang baik saja tidak cukup, tetapi permasalahan yang terjadi hanya bisa diselesaikan bila menguasai ilmunya.

9. Mau turun ke masyarakat

Tidak boleh anggota dewan hanya duduk-duduk saja di ruang sidang. Ia harus mau turun ke masyarakat untuk menyelami kehidupan mereka, mencari tahu permasalahan-permasalahan yang mereka hadapi, dan mencarikan solusinya.

10. Memiliki visi dan misi ke depan

Hendak dibawa kemana arah pembangunan negara ini? Anggota dewan sebagai mitra pemerintah dalam menjalankan pembangunan, harus memiliki visi dan misi ke depan dalam menumbuh kembangkan kekayaan dan potensi yang dimiliki oleh daerahnya sehingga mampu berkembang dan meraih kemajuan dari sisi ekonomi.

11. Memiliki semangat juang yang tinggi

Kewajiban anggota dewan adalah memperjuangkan kepentingan rakyat yang diwakilinya. Ia tidak boleh patah semangat, bila apa yang diperjuangkannya belum meraih keberhasilan. Adanya hambatan bukanlah halangan yang akan melemahkan, namun menjadi penguat semangat untuk bergegas menuju pintu kemenangan.

12. Bergaya hidup sederhana

Anggota dewan adalah teladan bagi rakyatnya. Gaya hidup anggota dewan akan selalu mendapatkan sorotan dari seluruh kalangan. Ia harus dapat bertoleransi dengan rakyatnya yang sebagian besar masih hidup di dalam keterbatasan. Maka sudah semestinya anggota dewan hidup dalam kesederhanaan, agar hati rakyat tidak tersakiti akibat ulah anggota dewan yang suka pamer kekayaan.

Kriteria-kriteria tersebut diatas merupakan persyaratan dasar yang harus miliki seseorang bila menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Bukan sesuatu yang tidak mungkin, kesejahteraan rakyat akan segera terwujud bila semua anggota dewannya memenuhi kriteria tersebut.


DATA PENULIS :

 

Nama : Herry Budi Santoso

Tempat/Tgl Lahir : Pekalongan, 13 Nopember 1977

Alamat rumah : Jl. Jatipadang no.12, RT 007 RW 003, Pasar Minggu – Jakarta Selatan

No. Hp : 081310736632

Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook : herry.budi

 

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.