Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Pemimpin Berkarakter, Pemimpin Harapan Bangsa (63/S)

Pemimpin Berkarakter, Pemimpin Harapan Bangsa (63/S)

Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak daripada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh daripada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihat. Leroy Eims[1]

KOPI - Kondisi kepemimpinan Indonesia yang penuh dengan dilema dan harapan untuk sebuah perbaikan. Posisi nomor satu di negeri demokrasi terbesar di Asia ini yang semakin rentan akan cercaan, gunjingan, hinaan, dan tudingan akan berbagai permasalahan dari berbagai dimensi permasalahan. Sebuah pekerjaan rumah besar bagi calon-calon pemimpin bangsa Indonesia ini.

Konsep kepemimpinan yang selaras dengan kondisi kehidupan bangsa Indonesia. Karakter kepemimpinan tidak serta merta muncul dengan sendirinya. Karakter pemimpin merupakan sebuah bentukan dari berbagai aspek kristalisasi dan pendewasaan dalam berbagai hal dari waktu ke waktu di dalam mengambil sebuah keputusan untuk menyelesaiakan permasalahan (problem solver) dan peningkatan sifat bijaksana dan rasional di dalam menentukan sebuah kebijakan. Pendirian seorang pemimpin yang kukuh, kuat dan tidak mudah terombang-ambing oleh relasi politik ataupun rekan sejawat yang mengandung unsur-unsur politis.

Kepemimpinan di negeri Zamrud Khatulistiwa ini memang penuh dengan berbagai lika-liku dan model kepemimpinan. Mulai dari sosok seorang proklamator Ir. Soekarno, Bapak Orde Baru Soeharto, inisiator pesawat terbang Indonesia Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie, kiai tersohor di Indonesia KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, putri sang mendiang proklamator Indonesia Megawati Soekarnoputri, dan sekarang adalah jenderal besar keturunan Pacitan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Semenjak dideklarasikannya kemerdekaan atas Indonesia sampai sekarang ini, profil seorang pemimpin yang bisa dikatakan sempurna hamper tidak mungkin ditemukan. Karena sempurna memang sebuah kemustahilan. Setiap tokoh yang pernah menduduki posisi nomor satu di negeri ini, tentu terdapat nilai positif dan negatif. Pemimpin Indonesia yang selanjutnya adalah pemimpin yang bisa mengambil sisi positif dari pendahulunya sebagai acuan dan menjadikan sisi negatifnya sebagai sebuah koreksi.

Harapan akan pemimpin yang tepat untuk mengantarkan Indonesia menuju sebuah kemakmuran, setidaknya harus memenuhi beberapa indikator, diantaranya :

1. Pemimpin yang religius dan taat beragama

Sosok pemimpin yang kuat dan teguh dalam beragama, adalah modal awal dalam mengawali karir sebagai seorang pemimpin bangsa ini. Jiwa religius yang akan mengantarkan dalam kepemimpinan yang berkualitas dan memimpin secara tegas dan tangkas.

2. Abdi negara yang berpikiran kritis, tangkas, dan bijaksana

Pemimpin adalah abdi negara yang mengabdikan seluruh kemampuannya secara totalitas, meski harus mengorbankan harta, tenaga, dan waktu. Kekuatan rasa memiliki seorang abdi negara akan menguatkan jiwanya untuk berkorban demi negara tercinta.

3. Pemimpin yang sederhana, bersahaja, dan tidak memakan uang rakyat

Kenikmatan uang yang hanya sementara, jangan sampai menjadi penghalang bagi seorang pemimpin untuk menjadi baik dan tegas. Berbagai polemik pemerintahan yang melibatkan uang rakyat, nampaknya menduduki posisi nomor satu di negeri ini. Seorang pemimpin yang terbebas dari korupsi adalah dambaan masyarakat. Figur yang bersahaja, sederhana, akan menjadi panutan dan contoh bagi masyarakatnya kelak.

4. Pengayom masyarakat yang tak pandang bulu dan merakyat

Seorang pemimpin adalah sosok yang mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpin sehingga tercipta rasa aman, nyaman, dan terwujudnya kepercayaan dari yang dipimpin kepada pemimpinnya. Tidak mengenal istilah pilih kasih dan pandang bulu di dalam mengambil segala macam keputusan. Pemimpin yang merakyat, dan tidak menindas rakyat.

5. Penguasa yang terbuka dan siap menerima masukan dari berbagai golongan masyarakat

Pemimpin yang transparan dalam berbagai kebijakan, dan siap mendapatkan koreksi dari berbagai pihak yang menginginkan sebuah perbaikan. Koreksi bukanlah sebuah hinaan, tapi koreksi adalah sebuah refleksi untuk perbaikan di kemudian hari. Meski koreksi datang dari masyarakat lapis bawah, seorang pemimpin yang bijak adalah menerima apapun masukan yang diberikan.

6. Pengambil keputusan yang rasional dan tak terpengaruh unsur politis

Seorang pemimpin yang berkualitas akan selalu mengambil keputusan secara rasional, dengan mempertimbangkan berbagai resiko yang mungkin terjadi dari apa yang telah diputuskan. Keputusan yang diambil tanpa pengaruh dari unsur-unsur politis, yang mungkin saja pengaruh dari rekan separpol ataupun relasi-relasi yang lain.

7. Mengutamakan produksi dalam negeri sebagai pondasi perekonomian Indonesia

Penggunaan APBN secara maksimal di dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk membentuk sebuah usaha yang nantinya akan menjadi industri yang kuat, rupanya sama sekali belum terealisasi di negeri ini. Produksi dalam negeri akan menjadi prospek utama, jika pengembangannya dapat dilakukan secara maksimal dan totalitas. Nantinya, dari yang didapatkan ini nanti, dapat menjadikan produksi dalam negeri sebagai pondasi utama perekonomian Inonesia.

8. Membentuk sistem filtering yang kuat untuk menangkal dampak globalisasi yang menyerang berbagai dimensi kehidupan

Globalisasi yang menerpa berbagai dimensi permasalahan kehidupan rupanya tetap menjadi fokus utama bangsa ini. Kondisi yang menjadikan bangsa ini luntur karakternya, lepas dari tatanan sosial yang teratur secara rapi, pola pikir yang serba pragmatis, materialis, yang disebabkan karena paham-paham kapitalis yang nantinya akan menghancurkan bangsa Indonesia. Sebuah filter yang kuat sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Sistem yang akan membangun benteng yang kuat dalam menangkal segala macam dampak dari globalisasi.

Dengan indikator-indikator di atas, diharapkan mampu terwujud calon presiden Indonesia yang bijak berkualitas, berkarakter, dan merakyat. Pemimpin yang siap menyelesaikan berbagai macam permasalahan Indonesia secara tegas, lugas, dan tangkas. Dengan berbagai inovasi yang akan membangun Indonesia menuju negara yang makmur dan sejahtera.

[1] http://gokilbo.wordpress.com/category/kata-mutiara-2/kata-mutiara-tentang-kepemimpinan/

 

BIODATA PENULIS

Nama: GHUFRAN MUSTA’AN

TTL: Sukoharjo, 15 Desember 1995

Sekolah: SMA MTA Surakarta

Alamat Sekolah: Jalan Kyai Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Alamat Rumah: Jalan Nusa Indah, No.12 Seliran, RT.3/5 Jetis, Sukoharjo, Jawa Tengah

No. HP: 08172835440

No. Telp: 0271 8081126

Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook: Ghufran Musta’an

 

Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Dibentak oleh Anggota Dewan
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ) kota Pekanbaru banyak menerima laporan yang masuk kekami dari para tenaga pengajar/guru perihal pemotongan tunjangan dana sertifikasi tersebut. Seakan menganggap sepele hak para guru, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Prof Zulfadil terlihat pucat saat dibentak oleh Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga. Emosi Politisi dari PDI-P ini meluap saat... Baca selengkapnya...

Para Guru Berdemontrasi , Buntut Pemotongan Dana Sertifikasi
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru - Guru pahlawan tanpa tanda jasa , tanpa guru kita tidak bisa baca tulis. Begitu besar jasa para guru mencerdaskan kehidupan anak bangsa, dan membentuk generasi penerus bangsa ini. Ratusan orang guru terdiri dari guru TK hingga SMA, Rabu (24/06/15) pagi berunjukrasa mendatangi kantor Walikota dan DPRD Kota Pekanbaru. Aksi demonstrasi para tenaga pengajar tersebut memprotes atas pemotongan dana sertifikasi yang dilakukan oleh... Baca selengkapnya...

Ikuti... Lomba Foto Polri Berhadiah Bingkisan Lebaran 2015
Rabu, 01 Juli 2015

KOPI – Menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H mendatang, Kepolisian Republik Indonesia akan mengelar “Operasi Ketupat 2015”. Kegiatan penting Polri ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam merayakan Hari Besar umat Islam tersebut agar dapat berlangsung lancar, aman, nyaman dan membahagiakan. Dalam rangka merekam setiap jejak langkah anggota Polri di lapangan saat melaksanakan tugas-tugas “Operasi Ketupat 2015”... Baca selengkapnya...

Terdakwa Pembunuh Ambalat Divonis 20 Tahun
Selasa, 30 Juni 2015

§ Keluarga korban tidak terima putusan hakim, karena bukti-bukti lain dihilangkan Blitar, KOPI - Kasus pembunuhan almarhumah Yuswanto, suami dari Nanik Yuswati (53), warga jalan Ambalat Nomor 8 Kota Blitar, korban pembunuhan pada 21 Januari 2015 lalu, akhirnya pada Selasa (30/6) sekitar pukul 12.48 kemarin, sidang putusannya dibacakan Majelis Hakim.   Sidang kasus pembunuhan Yuswanto tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua, Yohanes Priyana,... Baca selengkapnya...

Korupsi Dana Bansos, Bupati Inhil H. Wardan Diminta Bersaksi
Senin, 29 Juni 2015

KOPI, Pangkalan Kerinci - Jajaran Polres Pelalawan satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan pada 3 Juli 2015 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Polres Pelalawan, AKBP Ade Johan Hasudungan Sinaga, hari Rabu (24/6/15), orang nomor satu di Inhil yakni Bupati Inhil Haji Muhammad Wardan akan dipanggil dalam kasus... Baca selengkapnya...

Pererat “Sling Silaturahmi”, Grup 3 Kopassus Buka Puasa Bersama Wartawan
Sabtu, 27 Juni 2015

KOPI - Media sebagai salah satu unsur potensial yang menguatkan semangat kebersamaan dan memiliki fungsi strategis, diharapkan dapat menjadikan prajurit khususnya di Grup 3 semakin cerdas, serta dapat memperluas wawasan, karena berita yang disampaikan bersifat edukatif dan informatif.     Hal tersebut disampaikan Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, saat acara buka puasa bersama wartawan se Jabodetabek,... Baca selengkapnya...

Kader Partai PAN Soetrisno Bachir Bakal Jabat Mentri
Kamis, 25 Juni 2015

KOPI, Jakarta – Pengamat negara ini dibangun dari unsur  elemen partai politik . Bagaimanapun masing-masing partai politik koalisi akan mendukung calon kadernya yang akan menjadi Mentri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowidodo dengan Jusuf Kalla. Menurut Pengamat Politik Indonesia Ajisutisyoso berikan juga tawaran jatah kursi mentri kepada partai oposisi seperti PAN, PKS, Gerindra, Demokrat, Golkar. Mari kita bangun Indonesia... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Pembangunan Jaringan Listrik Sepanjang 3.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Proyek Jaringan Listrik sepanjang 38 Kilo Meter Sirkuit (KMS) di kecamatan batang asai akan segera dibangun. Kini, proyek sen [ ... ]



DAERAH

Penyakit Ambeien Pada Kucing.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Wasir atau ambeien Pada kucing apabila tidak segera diobati akan menjadi gejala timbulnya penyakit wasir. Wasir atau ambeien p [ ... ]



PENDIDIKAN

Ezytravel Gelar Buka Puasa Bersama Dan W.....
01/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Buka Puasa Bersama selalu menjadi moment untuk berkumpul dan silaturahmi, bukan hanya milik perorangan tapi juga korporasi, seperti halnya ev [ ... ]



EKONOMI

ADVAN Gandeng Intel, Perkuat Pasar Table.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal, ADVAN kembali menghadirkan terobosan melalui kerja sama dengan perusahaan raksasa perangkat  [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Periode.....
02/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Pariwisata andalan penerimaan devisa non migas buat negara, pesona keindahaan alam Indonesia baik pegunungan, lautan, kebudayaan men [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Toko Asia Baru Foto Disatroni Maling, P.....
30/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Bagaimana nih Komandaaaaaaan, maling merajalela di wilayah kerja Polresta Pekanbaru. kemana tim Patroli Komandaaaaaan. Ini buktiny [ ... ]



POLITIK

Seminar Relawan ABJ Hadirkan Tapol Papua.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI – Kelompok Relawan Jokowi yang tergabung dalam komunitas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), menggelar Seminar Nasional yang bertema “Pembebasan [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

Sempena Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 Keja.....
16/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru — Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa yang ke -55, dan ulang tahun  Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Ke- XV serta ulang tahun  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Akik.....
15/06/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Bongkahan batu terbelah menjadi irisan berarti... Di kedalamanpun kau digali... Di keruhnya sungai kau dicari... Di tebing, di hutan, di manapun ka [ ... ]



CURAHAN HATI

KDRT dan Terlantar Anak , H. Supian Hadi.....
27/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kota Waringin- Kemarin (Senin, 22/6), Hj. Iswanti melaporkan suaminya yakni H Supian Hadi Bupati Kota Waringin ke Polda Kalimantan Tengah atas [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Promo Sahur Sale, Ezytravel Beri Diskon .....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Permintaan tiket pesawat, hotel, tour dan paket di bulan puasa hampir selalu meningkat, karena lebaran menjadi moment untuk liburan baik bagi y [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.