Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Pemimpin Berkarakter, Pemimpin Harapan Bangsa (63/S)

Pemimpin Berkarakter, Pemimpin Harapan Bangsa (63/S)

Seorang pemimpin adalah orang yang melihat lebih banyak daripada yang dilihat orang lain, melihat lebih jauh daripada yang dilihat orang lain, dan melihat sebelum orang lain melihat. Leroy Eims[1]

KOPI - Kondisi kepemimpinan Indonesia yang penuh dengan dilema dan harapan untuk sebuah perbaikan. Posisi nomor satu di negeri demokrasi terbesar di Asia ini yang semakin rentan akan cercaan, gunjingan, hinaan, dan tudingan akan berbagai permasalahan dari berbagai dimensi permasalahan. Sebuah pekerjaan rumah besar bagi calon-calon pemimpin bangsa Indonesia ini.

Konsep kepemimpinan yang selaras dengan kondisi kehidupan bangsa Indonesia. Karakter kepemimpinan tidak serta merta muncul dengan sendirinya. Karakter pemimpin merupakan sebuah bentukan dari berbagai aspek kristalisasi dan pendewasaan dalam berbagai hal dari waktu ke waktu di dalam mengambil sebuah keputusan untuk menyelesaiakan permasalahan (problem solver) dan peningkatan sifat bijaksana dan rasional di dalam menentukan sebuah kebijakan. Pendirian seorang pemimpin yang kukuh, kuat dan tidak mudah terombang-ambing oleh relasi politik ataupun rekan sejawat yang mengandung unsur-unsur politis.

Kepemimpinan di negeri Zamrud Khatulistiwa ini memang penuh dengan berbagai lika-liku dan model kepemimpinan. Mulai dari sosok seorang proklamator Ir. Soekarno, Bapak Orde Baru Soeharto, inisiator pesawat terbang Indonesia Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie, kiai tersohor di Indonesia KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur, putri sang mendiang proklamator Indonesia Megawati Soekarnoputri, dan sekarang adalah jenderal besar keturunan Pacitan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Semenjak dideklarasikannya kemerdekaan atas Indonesia sampai sekarang ini, profil seorang pemimpin yang bisa dikatakan sempurna hamper tidak mungkin ditemukan. Karena sempurna memang sebuah kemustahilan. Setiap tokoh yang pernah menduduki posisi nomor satu di negeri ini, tentu terdapat nilai positif dan negatif. Pemimpin Indonesia yang selanjutnya adalah pemimpin yang bisa mengambil sisi positif dari pendahulunya sebagai acuan dan menjadikan sisi negatifnya sebagai sebuah koreksi.

Harapan akan pemimpin yang tepat untuk mengantarkan Indonesia menuju sebuah kemakmuran, setidaknya harus memenuhi beberapa indikator, diantaranya :

1. Pemimpin yang religius dan taat beragama

Sosok pemimpin yang kuat dan teguh dalam beragama, adalah modal awal dalam mengawali karir sebagai seorang pemimpin bangsa ini. Jiwa religius yang akan mengantarkan dalam kepemimpinan yang berkualitas dan memimpin secara tegas dan tangkas.

2. Abdi negara yang berpikiran kritis, tangkas, dan bijaksana

Pemimpin adalah abdi negara yang mengabdikan seluruh kemampuannya secara totalitas, meski harus mengorbankan harta, tenaga, dan waktu. Kekuatan rasa memiliki seorang abdi negara akan menguatkan jiwanya untuk berkorban demi negara tercinta.

3. Pemimpin yang sederhana, bersahaja, dan tidak memakan uang rakyat

Kenikmatan uang yang hanya sementara, jangan sampai menjadi penghalang bagi seorang pemimpin untuk menjadi baik dan tegas. Berbagai polemik pemerintahan yang melibatkan uang rakyat, nampaknya menduduki posisi nomor satu di negeri ini. Seorang pemimpin yang terbebas dari korupsi adalah dambaan masyarakat. Figur yang bersahaja, sederhana, akan menjadi panutan dan contoh bagi masyarakatnya kelak.

4. Pengayom masyarakat yang tak pandang bulu dan merakyat

Seorang pemimpin adalah sosok yang mengayomi seluruh masyarakat yang dipimpin sehingga tercipta rasa aman, nyaman, dan terwujudnya kepercayaan dari yang dipimpin kepada pemimpinnya. Tidak mengenal istilah pilih kasih dan pandang bulu di dalam mengambil segala macam keputusan. Pemimpin yang merakyat, dan tidak menindas rakyat.

5. Penguasa yang terbuka dan siap menerima masukan dari berbagai golongan masyarakat

Pemimpin yang transparan dalam berbagai kebijakan, dan siap mendapatkan koreksi dari berbagai pihak yang menginginkan sebuah perbaikan. Koreksi bukanlah sebuah hinaan, tapi koreksi adalah sebuah refleksi untuk perbaikan di kemudian hari. Meski koreksi datang dari masyarakat lapis bawah, seorang pemimpin yang bijak adalah menerima apapun masukan yang diberikan.

6. Pengambil keputusan yang rasional dan tak terpengaruh unsur politis

Seorang pemimpin yang berkualitas akan selalu mengambil keputusan secara rasional, dengan mempertimbangkan berbagai resiko yang mungkin terjadi dari apa yang telah diputuskan. Keputusan yang diambil tanpa pengaruh dari unsur-unsur politis, yang mungkin saja pengaruh dari rekan separpol ataupun relasi-relasi yang lain.

7. Mengutamakan produksi dalam negeri sebagai pondasi perekonomian Indonesia

Penggunaan APBN secara maksimal di dalam meningkatkan kemampuan masyarakat untuk membentuk sebuah usaha yang nantinya akan menjadi industri yang kuat, rupanya sama sekali belum terealisasi di negeri ini. Produksi dalam negeri akan menjadi prospek utama, jika pengembangannya dapat dilakukan secara maksimal dan totalitas. Nantinya, dari yang didapatkan ini nanti, dapat menjadikan produksi dalam negeri sebagai pondasi utama perekonomian Inonesia.

8. Membentuk sistem filtering yang kuat untuk menangkal dampak globalisasi yang menyerang berbagai dimensi kehidupan

Globalisasi yang menerpa berbagai dimensi permasalahan kehidupan rupanya tetap menjadi fokus utama bangsa ini. Kondisi yang menjadikan bangsa ini luntur karakternya, lepas dari tatanan sosial yang teratur secara rapi, pola pikir yang serba pragmatis, materialis, yang disebabkan karena paham-paham kapitalis yang nantinya akan menghancurkan bangsa Indonesia. Sebuah filter yang kuat sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Sistem yang akan membangun benteng yang kuat dalam menangkal segala macam dampak dari globalisasi.

Dengan indikator-indikator di atas, diharapkan mampu terwujud calon presiden Indonesia yang bijak berkualitas, berkarakter, dan merakyat. Pemimpin yang siap menyelesaikan berbagai macam permasalahan Indonesia secara tegas, lugas, dan tangkas. Dengan berbagai inovasi yang akan membangun Indonesia menuju negara yang makmur dan sejahtera.

[1] http://gokilbo.wordpress.com/category/kata-mutiara-2/kata-mutiara-tentang-kepemimpinan/

 

BIODATA PENULIS

Nama: GHUFRAN MUSTA’AN

TTL: Sukoharjo, 15 Desember 1995

Sekolah: SMA MTA Surakarta

Alamat Sekolah: Jalan Kyai Mojo, Semanggi, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Alamat Rumah: Jalan Nusa Indah, No.12 Seliran, RT.3/5 Jetis, Sukoharjo, Jawa Tengah

No. HP: 08172835440

No. Telp: 0271 8081126

Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Facebook: Ghufran Musta’an

 

Ha..ha… Memalukan Nyaris Adu Jotos Bupati Kuansing dengan Wakilnya
Jumat, 12 Pebruari 2016

KOPI, Kuansing – Ditempat lain Ajisutisyoso mengatakan sebagai Kepala Daerah emosi jangan dilampias kayak preman pasar. Anda sebagai pejabat negara wajib memperhatikan tata krama, adab sopan santun, hate speech (ucapan menyingung orang lain) dll. Anda perpanjangan dari pemerintah pusat , wajib memberikan contoh terbaik buat rakyat Anda dan jajaran pegawai sebagai abdi Negara. Ini Anda sudah tidak memiliki adab sopan santun orang timur. ... Baca selengkapnya...

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

PENDIDIKANPara Guru Yayasan Sekolah Cendana Riau G.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Biasa yang sering mogok belajar para murid-murid dan siswa-siswi akibat ketatnya peraturan sekolah, guru favoritnya dimutasi, temann [ ... ]



EKONOMIMatahariMall.com Resmikan Kantor Baru Be.....
10/02/2016 | Yeni Herliani

KOPI - MatahariMall.com, eCommerce terdepan besutan Lippo Group hari ini meresmikan kantor baru yang berlokasi di daerah strategis Kuningan, Jakarta S [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



HUKUM & KRIMINALSat Narkoba Polres Acah Tamiang Ringkus .....
12/02/2016 | Sumardi

KOPI, Aceh Tamiang. Anggota Opsnal Sat Narkoba Polres Aceh Tamiang berhasil meringkus seorang tersangka yang diduga sebagai pemilik narkotika jenis ga [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABocah di Kuansing Mohon Bantuan Para Der.....
12/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Arga Dimas Saputra dipanggil dimas kaki kirinya mengalami patah tulang setelah dianiaya oleh tiga orang kakak kelasnya pad [ ... ]



ROHANIPerayaan Imlek Bersama Diadakan oleh P.....
11/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Asal-usul Imlek sebenarnya berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum. Bahasa Tiongkok disebut dengan “Chung Cie [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.