Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

‘Hero’ Impian Indonesia (87/U)

KOPI - Proses reformasi yang telah digulirkan semenjak tahun 1998 ternyata masih menyisakan pekerjaan rumah yang cukup panjang. Naik turunnya figur-figur pimpinan negara pasca reformasi ternyata belum memberikan perubahan mendasar yang cukup signifikan bagi perbaikan kehidupan berbangsa di Indonesia. Setiap kepemimpinan menyisakan berbagai perkara tak terselesaikan, oleh karena itulah Indonesia membutuhkan ‘hero’ segera. Ada banyak segmentasi permasalahan yang selalu saja menjadikan rakyat sebagai korban. Politik selalu dikedepankan, persoalan mendasar lain yang berhubungan langsung dengan kebutuhan rakyat seperti hukum dan ekonomi malah terabai.

 

Inilah yang menyebabkan Indonesia di tahun 2014 mendatang membutuhkan sosok presiden ‘super star’. Kancah pesta demokrasi akbar yang bakar digelar ditahun-tahun tahun mendatang diharapkan mampu memilih figur-figur pemimpin dengan kriteria sebagai berikut:

1. Akhlak

Dimana-mana orang baik selalu dicari. Hanya orang-orang yang berakhlak baik lah yang akan mampu menjadi pahlawan bagi kondisi carut marutnya Indonesia saat ini. Tolak ukur baik tidaknya akhlak yang bersangkutan tentu saja bisa dibuktikan oleh orang-orang yang ada di sekitar figur tersebut, juga bagaimana ia bersikap terhadap keluarga serta masyarakat sekitarnya.

2. Tidak punya riwayat korupsi

Inilah presiden impian Indonesia di 2014 mendatang. Penyakit kronis sebagian para elit politik Indonesia saat ini adalah hobi berkorupsi. Presiden Indonesia 2014 maupun masa-masa selanjutnya diharapkan adalah figur yang bebas dari riwayat korupsi. Pemimpin adalah teladan, bagaimana mungkin seorang pemimpin akan bisa memberantas korupsi apabila dirinya sendiri punya catatan kelam tentang korupsi, atau bahkan masih suka berkorupsi.

3. Punya track record yang baik sebagai pemimpin

Memimpin Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang cukup besar di dunia, dibarengi dengan kondisi keragaman suku, agama, budaya dan sebagainya menjadikan kebutuhan figur pemimpin Indonesia mendatang adalah figur yang punya track record yang baik soal kepemimpinan. Jadi bukan sosok yang hanya dengan modal uang saja maju menjadi presiden, namun ia telah terbukti mampu mengkoordinir atau memimpin sejumlah masa yang besar dan terbukti kepemimpinannya tersebut berkualitas.

4. Kaum muda

Pemuda adalah tulang punggung sebuah kebangkitan di setiap zaman. Rekam jejak sejarah Indonesia sendiri bahkan telah membuktikan bahwa pemuda selalu berada di barisan terdepan dalam melakukan perubahan. Sumpah pemuda, gerakan reformasi 1998 merupakan beberapa contoh sebuah perubahan besar yang dipelopori kaum muda. Tahun-tahun mendatang merupakan pertarungan penting yang akan membuat Indonesia mampu bertahan di peta dunia atau tidak, oleh karena itu kehadiran kaum muda sebagai orang nomor satu di Indonesia akan lebih menjanjikan harapan yang besar untuk sebuah perubahan Indonesia yang lebih baik.

5. Inovatif dan kreatif

Permasalahan Indonesia bukan lah permasalahan yang hanya bisa diselesaikan dengan otak kiri. Figur presiden Indonesia di tahun mendatang diharapkan adalah orang-orang yang mampu mengoptimalisasikan otak kanan sehingga mampu melahirkan sosok yang kreatif dan inovatif. Pemimpin Indonesia mendatang harus mampu menciptakan kebijakan-kebijakan tidak populer yang mampu memberi solusi secara nyata terhadap multi krisis yang dialami Indonesia, terutama dalam aspek hukum dan ekonomi. Kebijakan-kebijakan kreatif seperti langsung turun menemui rakyat, sidak atas berbagai kebijakan baik di pusat maupun daerah merupakan langkah kreatif yang paling ditunggu dari sosok presiden Indonesia 2014.

6. Memiliki rumah tangga yang sukses

Mungkin sekilas kriteria ini terlihat sederhana. Tapi dari semua itulah segalanya bermula. Rumah tangga adalah organisasi paling kecil yang dibina orang seorang pemimpin. Tolak ukur baik tidaknya ia menjadi seorang pemimpin bisa dilihat dari kepiawaian dirinya dalam memimpin rumah tangga. Keberhasilan membangun sebuah rumah tangga yang bekualitas akan memberi simulasi besar perjuangan figur tersebut di ruang publik. Rumah dan keluarga akan menjadi penghibur dan penguat hatinya dalam bekerja untuk rakyat.

7. Cerdas

Kriteria cerdas mutlak dibutuhkan oleh calon pemimpin Indonesia di masa mendatang. Cerdas dalam artian mampu menghasilkan kebijakan-kebijakan yang betul-betul merakyat, cerdas untuk bersegera mengambil sikap atas sebuah permasalahan yang berlarut-larut. Pemimpin diharapkan tidak lamban dan terlalu lama berpikir sehingga pada akhirnya rakyat juga yang akan menjadi korban atas kelambanan sikap pemimpin.

8. Figur dikenal oleh dunia internasional

Seorang figur yang telah dikenal oleh dunia internasional atau paling tidak memiliki hubungan yang baik dengan negara-negara internasional akan memberikan aspek kepercayaan atau legitimasi yang diberikan oleh negara-negara di dunia terhadap pemerintahan seorang tokoh. Indonesia akan lebih dikenal, salah satunya dengan pemimpinnya yang memang seorang tokoh cukup populer di dunia internasional.

9. Adil dan merakyat

Pemimpin Indonesia di tahun mendatang yang diyakini mampu memberikan solusi nyata bagi berbagai bentuk permasalahan di Indonesia adalah pemimpin yang mampu menegakkan nilai-nilai keadilan serta tidak malu berkumpul bersama rakyatnya. Permasalahan mendasar yang menjadi derita rakyat Indonesia hari ini adalah tidak tegaknya nilai-nilai keadilan, baik itu di ranah hukum, ekonomi, sosial dan sebagainya. Di Indonesia cukup banyak pengadilan, namun keadilan masih menjadi barang langka. Intan paling dicari di tahun 2014 adalah pemimpin yang mampu menegakkan nilai-nilai keadilan bagi rakyatnya, serta tidak malu jika harus merakyat.

10. Berani

Indonesia butuh pemimpin yang berani dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang mengancam kenyamanan pihak-pihak terkait. Keberanian menanggung resiko atas sebuah kebijakan strategis yang dijalankan, keberanian mengungkap dan menyatakan bersalah orang yang memang bersalah, melepaskan baju politik saat berkuasa dan seterusnya. Inilah hal yang belum dimiliki oleh para pemimpin sebelum ini. Keberanian menegakkan nilai-nilai keadilan di tengah masyarakat meskipun mengancam keselamatan diri seorang pemimpin itu sendiri. Indonesia butuh ‘hero’ pemberani di tahun 2014.

11. Sabar dan tidak emosional

Menjadi seorang pemimpin harus sabar jika mendapat kritikan atas sebuah kebijakan, sabar dalam membangun dan menjalankan sebuah usaha kebijakan yang dinilai tidak populer. Kesabaran akan membuat seorang pemimpin dewasa dan terhindar dari sikap emosional. Pemimpin yang emosional dan tidak sabar akan mudah membuat kebijakan represip yang menghalangi rakyat untuk menyampaikan aspirasi. Kebebasan bicara akan dikekang, dan pada akhirnya terbangun lah kepemimpinan yang otoriter.

12. Mau membuat MoU dengan masyarakat

Di tahun mendatang, kita butuh pemimpin yang betul-betul mau membuat perjanjian dengan masyarakat untuk bisa memberikan nilai perbaikan dan keadilan bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Perjanjian tersebut langsung dibuat secara tertulis dan bermaterai, sebagai bukti keseriusan seorang pemimpin untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Orang yang mengajukan diri sebagai pemimpin paling tidak sudah yakin bahwa dirinya mampu memberikan solusi atas permasalahan multi dimensi di Indonesia, dan jika tidak mampu, hanya modal ingin berkuasa saja, silahkan mengundurkan diri.

Sejumlah kriteria yang dipaparkan di atas didasarkan atas kebutuhan yang dirasakan atas Indonesia saat ini terhadap keberadaan seorang ‘hero’ ideal bagi Indonesia. Apapun itu, optimisme tetap harus dilahirkan oleh kita selaku rakyat dalam menyambut momen yang selalu menegangkan dalam sejarah demokrasi di Indonesia. Sikap apatis harus disingkarkan, jika kita sendiri tidak mau memilih calon pemimpin, maka mengapa kita masih berharap ada perbaikan atas permasalahan bangsa ini?

 

Biodata Penulis:

Nama : Sugiarti, S.Si

Tempat/tanggal lahir : Sumut, 10 Mei 1985

Nama sekolah/universitas : Universitas Riau (alumni)

Alamat sekolah/universitas : Panam-Pekanbaru

Alamat rumah : Pondokan Rossa, Jl, Manyar sakti (depan darel hikmah), Panam- Pekanbaru, Riau 28293

Nomor telepon seluler : 085278740869

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook : Sugiarti Flp Riau


Artikel Lainnya:

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRatusan Umat Islam Nyatakan Sikap atas P.....
11/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Ratusan Umat Islam yang tergabung ke dalam Solidaritas Umat Islam Jawa Barat Untuk Palestina menyatakan sikap atas klaim sepihak P [ ... ]



NASIONALPress Conference Big Bang Jakarta 2017.....
13/12/2017 | Naufal Shabrito

KOPI, Jakarta - Apa itu BigBang Jakarta 2017?  Big bang Jakarta merupakan pameran terbesar terlengkap dan yang pertama di akhir tahun. Dengan konten  [ ... ]



DAERAHBappeda Kota Gunungsitoli Komitmen Beri .....
13/12/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

Gunungsitoli/13/12/2017. Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) didampingi Dinas Pengendalian Penduduk, Ppemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak D [ ... ]



PENDIDIKANWalau Terima Dana BOS, MAN 1 Pringsewu M.....
05/12/2017 | Redaksi KOPI

KOPI. Pringsewu, Lampung - Kendati sudah menerima bantuan operasioanl sekolah (BOS) miliyaran rupiah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu Provins [ ... ]



EKONOMIJikalahari: PT. RAPP dan APRIL Group M.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pelalawan - Siaran Pers tanggal 26 Oktober 2017 Jikalahari menilai PT. RAPP dan APRIL Grup melanggar UUD 1945, hukum Lingkungan Hidup dan Kehut [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATATentang Bandung Ada di Pojok Sejarah Ast.....
13/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI,  Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung? Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan Parijs Van Java. Bandung meru [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILForbes Rilis : Arini Subianto Masuk W.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Majalah Forbes merilis 50 orang memiliki kekayaan yang fantastis, seorang wanita menduduki peringkat ke 37 orang terkaya Indonesia ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAHeboh Kedekatan Mentri ESDM Jonan den.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Wajar dong pria suka wanita. lanjutkan ketua “ cakap  Pengamat, Penggemar wa [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBICentury Park Hotel, Senayan Jakarta Hadi.....
13/12/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Sambut datangnya tahun 2018 dengan perayaan yang tak terlupakan di Century Park Hotel, Senayan Jakarta.  Dengan lokasi yang sangat st [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.