Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Pemenang bagi Rakyat Indonesia (94/G)

Pemenang bagi Rakyat Indonesia (94/G)

KOPI - Kata-kata ajaib dari Les Brown, berbunyi Shoot for the moon. Even if you miss it you will land among the stars. Bersama kalimat tersebut kita diajak berpikir tentang suatu makna di balik kata-kata ajaibnya. Ibarat bergantung pada sebuah impian. Mengandaikan impian itu dapat terwujud dan dapat diraih hasilnya. Dan apabila impian itu tidak terwujud, mungkin hasilnya akan kelihatan walau hanya sedikit.

Kalimat ajaib yang dapat membuat seseorang tidak patah semangat. Tidak kalah meskipun telah berjuang habis-habisan dan akhirnya menang tidak mutlak. Kemenangan tidak penuh yang dicapai tanpa derai airmata. Tetapi, tetap menjalankan kemenangan itu dengan terus berusaha.

Indonesia bangsa yang besar. Bangsa yang juga mempunyai mimpi tinggi. Dengan segala kelimpahan alamnya berdiri untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Berharap mimpinya akan memimpin ke arah yang baik. Segala yang baik itu bukan hanya angan tanpa penopang yang kokoh.

Untuk meraih mimpi, bangsa Indonesia membutuhkan seseorang yang dapat membimbing dalam menggapai mimpinya. Seseorang yang dapat mengarahkan. Seseorang yang dapat mewujudkan yang bukan sekedar angan, tetapi berani dan mampu menempuh segala aral dan rintangan demi merealisasikan harapan bangsa Indonesia.

Memilah dan memilih di antara ratusan bahkan ribuan calon. Menentukan kriteria yang pantas untuk ditunjuk menjalankan tugas agung dari rakyat Indonesia. Bangsa Indonesia dengan segenap kekuatannya, melemparkan batu harapan ke langit. Bangsa Indonesia bermantra agar batu harapan mendarat mulus di bulan sana.

Batu harapan akan menentukan kepantasan seseorang untuk berdiri paling tinggi di Indonesia. Dengan segala kepantasannya, seseorang itu harus memenuhi syarat-syarat yaitu,

Pertama, seorang calon pemimpin harus bangsa Indonesia tulen atau asli. Tidak seperti ajang pemilihan miss Indonesia yang memperbolehkan bukan keturunan asli Indonesia menjadi kandidatnya. Yang bangga karena bukan keturunan asli Indonesia, dan belum tentu bangga menjadi warga negara Indonesia.

Tetapi, calon pemimpin tersebut harus memiliki rasa percaya diri dan bangga karena keturunan asli Indonesia. Bangga karena memiliki bangsa yang beragam suku dan budayanya. Percaya diri karena yakin Indonesia bisa lebih baik dari negara lain. Dan mengakui bangsa Indonesia adalah darah dan dagingnya.

Kedua, seorang calon pemimpin harus datang dari keluarga cendekiawan. Kaum cendekiawan biasanya adalah orang-orang terpelajar yang lebih mementingkan ilmu daripada harta. Ibaratnya orang pintar sangat bangga karena pengetahuannya bukan orang bodoh yang bangga dengan kekayaannya. Kaum cendekiawan menggunakan pengetahuannya untuk menaikkan martabat dan derajatnya. Mereka memakai akal pikirnya untuk meraih tingkat lebih tinggi dalam masyarakat. Disegani oleh karena kecerdasannya dan keelokan pribadinya. Harga dirinya dibangun dari kesadarannya sebagai orang yang mempunyai prinsip hidup. Tidak dibangun dari lembaran-lembaran kertas bernamakan uang. Orang-orang tersebut sangat sulit untuk dibeli. Dan tidak ingin dibeli. Tidak mudah untuk dipengaruhi. Setiap hal yang datang selalu dipikirkannya matang. Paham idealismenya yang tinggi membuat mereka lebih kuat mempertahankan jati dirinya. Tidak ikut arus dan terbawa pula.

Ketiga, calon pemimpin harus sederhana. Dalam kesederhanaan dapat terlihat keagungan. Kesederhanaan dalam menjalani hidup dengan sikap empati dan menjunjung tinggi nilai kehidupan lebih tinggi dari nilai material. Seperti presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Sosoknya terlihat agung meskipun terbalut pakaian sederhana. Makanannya pun tidak mewah, hanya buatan istri dari rumah. Hak istimewanya sebagai presiden tidak digunakannya untuk menguntungkan dirinya sendiri. Kekuasaannya sebagai presiden tidak membuat dia bertindak semena-mena. Kesederhanaannya patut ditiru. Pantas untuk dikaca juga.

Keempat, calon pemimpin mempunyai jiwa besar. Sifat yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Seperti cerita kerang rebus dan kerang mutiara. Kerang mutiara yang mempunyai jiwa besar karena rela pasir masuk dalam cangkangnya dan mengubahnya menjadi mutiara. Dan orang lain dapat mengambil manfaatnya. Begitupun calon pemimpin, rela berkorban dan harus mampu memberikan kegunaan bagi orang lain. Terlebih kepada rakyatnya.

Kelima, calon pemimpin mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Tanggung jawab adalah simbol dari keberanian. Setiap perkataan dan tindakan yang akan dilakukan atau yang sudah dilakukan dipertanggungjawabkan dengan penuh keberanian. Bertanggung jawab membawa bangsa ke depan pintu gerbang kemakmuran. Bertanggung jawab menjaga ketertiban dan kenyamanan setiap warganya. Dan bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi bangsanya.

Keenam, kriteria yang diperlukan adalah kejujuran. Seperti setangkai kembang yang selalu jujur pada masanya akan mekar. Jujur adalah sikap yang sangat penting. Kejujuran diperlukan untuk memurnikan segala kefasikan. Manusia jujur adalah manusia yang dapat mengekang hawa nafsunya. Kejujuran adalah pilihan untuk memurnikan diri. Setiap manusia jujur memiliki hati yang bersih. Orang lain akan melihatnya dengan penuh rasa percaya.

Ketujuh, calon pemimpin harus bijaksana. Dalam kamus arti bijaksana adalah selalu menggunakan akal budinya ( pengalaman dan pengetahuannya ) atau tajam pikiran, pandai dan hati-hati tindakannya. Begitu pun harapan bangsa Indonesia ini kepada pemimpinnya kelak. Berharap pemimpin akan selalu menggunakan akal budinya untuk kebaikan rakyat bukan untuk membodohinya. Tajam analisanya untuk setiap persoalan yang ada di negaranya bukan untuk memanipulasi rakyatnya. Hati-hati tindakannya setiap menjalankan rencana. Bukan seperti pepatah “belajar dari kegagalan” dan bila terjadi kegagalan maka dianggap maklum. Tetapi, setiap rencana harus dipikirkan matang agar tidak sampai gagal. Karena urusan negara seharusnya tidak ada kata gagal, hal itu menyangkut untuk kepentingan orang banyak.

Kedelapan. Calon pemimpin yang adil. Setiap orang sangat mengingini keadilan. Karena keadilan adalah hitam dan putih. Tidak ada abu-abu. Keadilan adalah kebenaran. Setiap kebenaran adalah tidak pernah berubah, seperti matahari yang selalu menyinari bumi setiap hari, tidak pernah berubah. Tidak seperti kebenaran kasus-kasus di meja hijau. Kebenaran yang bisa berubah-ubah, tergantung kepentingan oknum tertentu. Terakhir adalah keadilan yang objektif. Keadilan yang tidak memihak kepada yang siapa pun. Keadilan yang seimbang seperti neraca. Kaya atau miskin, berkuasa atau lemah, semua sama dihadapan keadilan.

Kesembilan adalah cinta. Pemimpin harus mempunyai cinta. Di sini dibicarakan cinta universal. Cinta yang datang dari hati nurani lembut. Cinta yang hancur bila melihat kesengsaraan. Cinta seperti mother Teressa kepada orang-orang yang renta dan dibalut kedukaan hidup. Cinta yang dapat bertindak segera untuk menolong orang. Rakyat membutuhkan seorang pemimpin seperti itu. Pemimpin yang peduli kepada rakyatnya. Pemimpin yang mencukupi kebutuhan rakyatnya dengan cinta yang didalamnya ada pengabdian, simpati, empati, ketulusan, tidak menuntut balas, dan memeluk dengan hatinya.

Kesepuluh, rakyat membutuhkan pemimpin yang berintegritas. Seseorang dapat dipercaya karena perkataan mulut dan perbuatan beriringan sejalan. Ketika kampanye pemilihan, banyak sekali janji yang diberikan dan sering tidak ada yang ditepati. Maka dari itu, rakyat sangat merindukan pemimpin yang kukuh akan setiap perkataan dan perbuatannya. Tidak berubah-ubah seperti ombak di lautan, kadang besar kadang kecil.

Kesebelas, pemimpin yang demokratis. Demokrasi adalah jalan menuju arah kemajuan suatu bangsa. Pemimpin yang maju adalah seorang yang dapat mendengar rakyatnya. Dia mempunyai telinga yang peka akan aspirasi dari orang lain. Seorang pemimpin yang memiliki jiwa terbuka terhadap inspirasi positif yang datang. Dia tidak menutup kemungkinan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Dia sadar akan solusi yang terkadang datang bukan dari dirinya sendiri. Sadar untuk mendengarkan orang lain akan memperkaya nilai hidupnya.

Keduabelas, pemimpin yang taat beragama. Setiap agama tentu mengajarkan tentang kebaikan, hidup yang lurus, tidak ada intrik dan tipu muslihat di dalamnya. Agama juga mengajarkan tentang segala aspek positif yang berbenturan dengan sifat manusia yang cenderung melakukan dosa. Agama sebagai rel hidup bagi manusia. Diperlukan karena dibutuhkan untuk mengatur kehidupan yang tidak baik ke arah yang baik. Manusia yang taat beragama tentu juga takut akan Tuhan. Itu juga adalah modal agar manusia selalu ingin berbuat kebaikan bila tidak ingin terkena murka-Nya.

Semua kriteria di atas adalah ideal, bukan hanya untuk calon presiden, tetapi juga untuk setiap makhluk hidup berbudi. Bila tidak tercapai semua kriteria di atas, maka patut diperbaiki terus. Hingga mimpi itu bukan hanya tersangkut pada bintang, tetapi tertanam kokoh di bulan sana. Amin.

Sumber data :

http://id-id.facebook.com/notes/berbagi-itu-indah-sobat-bii-hidup-lebih-indah-dengan-saling-berbagi/kesederhanaan-presiden-iran-mahmoud-ahmadinejad/304421302902670

 

Biodata Penulis

Nama : Ruby Supriadi

Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 15 Juli 1981

Pekerjaan : Guru swasta di Penabur International School / SMPK 8 Tanjung Duren

Alamat : Jl. H. Dimun III, No. 47, 01/06, Depok 16415

Telepon : 081804207452

Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.