Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Pemenang bagi Rakyat Indonesia (94/G)

Pemenang bagi Rakyat Indonesia (94/G)

KOPI - Kata-kata ajaib dari Les Brown, berbunyi Shoot for the moon. Even if you miss it you will land among the stars. Bersama kalimat tersebut kita diajak berpikir tentang suatu makna di balik kata-kata ajaibnya. Ibarat bergantung pada sebuah impian. Mengandaikan impian itu dapat terwujud dan dapat diraih hasilnya. Dan apabila impian itu tidak terwujud, mungkin hasilnya akan kelihatan walau hanya sedikit.

Kalimat ajaib yang dapat membuat seseorang tidak patah semangat. Tidak kalah meskipun telah berjuang habis-habisan dan akhirnya menang tidak mutlak. Kemenangan tidak penuh yang dicapai tanpa derai airmata. Tetapi, tetap menjalankan kemenangan itu dengan terus berusaha.

Indonesia bangsa yang besar. Bangsa yang juga mempunyai mimpi tinggi. Dengan segala kelimpahan alamnya berdiri untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu. Berharap mimpinya akan memimpin ke arah yang baik. Segala yang baik itu bukan hanya angan tanpa penopang yang kokoh.

Untuk meraih mimpi, bangsa Indonesia membutuhkan seseorang yang dapat membimbing dalam menggapai mimpinya. Seseorang yang dapat mengarahkan. Seseorang yang dapat mewujudkan yang bukan sekedar angan, tetapi berani dan mampu menempuh segala aral dan rintangan demi merealisasikan harapan bangsa Indonesia.

Memilah dan memilih di antara ratusan bahkan ribuan calon. Menentukan kriteria yang pantas untuk ditunjuk menjalankan tugas agung dari rakyat Indonesia. Bangsa Indonesia dengan segenap kekuatannya, melemparkan batu harapan ke langit. Bangsa Indonesia bermantra agar batu harapan mendarat mulus di bulan sana.

Batu harapan akan menentukan kepantasan seseorang untuk berdiri paling tinggi di Indonesia. Dengan segala kepantasannya, seseorang itu harus memenuhi syarat-syarat yaitu,

Pertama, seorang calon pemimpin harus bangsa Indonesia tulen atau asli. Tidak seperti ajang pemilihan miss Indonesia yang memperbolehkan bukan keturunan asli Indonesia menjadi kandidatnya. Yang bangga karena bukan keturunan asli Indonesia, dan belum tentu bangga menjadi warga negara Indonesia.

Tetapi, calon pemimpin tersebut harus memiliki rasa percaya diri dan bangga karena keturunan asli Indonesia. Bangga karena memiliki bangsa yang beragam suku dan budayanya. Percaya diri karena yakin Indonesia bisa lebih baik dari negara lain. Dan mengakui bangsa Indonesia adalah darah dan dagingnya.

Kedua, seorang calon pemimpin harus datang dari keluarga cendekiawan. Kaum cendekiawan biasanya adalah orang-orang terpelajar yang lebih mementingkan ilmu daripada harta. Ibaratnya orang pintar sangat bangga karena pengetahuannya bukan orang bodoh yang bangga dengan kekayaannya. Kaum cendekiawan menggunakan pengetahuannya untuk menaikkan martabat dan derajatnya. Mereka memakai akal pikirnya untuk meraih tingkat lebih tinggi dalam masyarakat. Disegani oleh karena kecerdasannya dan keelokan pribadinya. Harga dirinya dibangun dari kesadarannya sebagai orang yang mempunyai prinsip hidup. Tidak dibangun dari lembaran-lembaran kertas bernamakan uang. Orang-orang tersebut sangat sulit untuk dibeli. Dan tidak ingin dibeli. Tidak mudah untuk dipengaruhi. Setiap hal yang datang selalu dipikirkannya matang. Paham idealismenya yang tinggi membuat mereka lebih kuat mempertahankan jati dirinya. Tidak ikut arus dan terbawa pula.

Ketiga, calon pemimpin harus sederhana. Dalam kesederhanaan dapat terlihat keagungan. Kesederhanaan dalam menjalani hidup dengan sikap empati dan menjunjung tinggi nilai kehidupan lebih tinggi dari nilai material. Seperti presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Sosoknya terlihat agung meskipun terbalut pakaian sederhana. Makanannya pun tidak mewah, hanya buatan istri dari rumah. Hak istimewanya sebagai presiden tidak digunakannya untuk menguntungkan dirinya sendiri. Kekuasaannya sebagai presiden tidak membuat dia bertindak semena-mena. Kesederhanaannya patut ditiru. Pantas untuk dikaca juga.

Keempat, calon pemimpin mempunyai jiwa besar. Sifat yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Seperti cerita kerang rebus dan kerang mutiara. Kerang mutiara yang mempunyai jiwa besar karena rela pasir masuk dalam cangkangnya dan mengubahnya menjadi mutiara. Dan orang lain dapat mengambil manfaatnya. Begitupun calon pemimpin, rela berkorban dan harus mampu memberikan kegunaan bagi orang lain. Terlebih kepada rakyatnya.

Kelima, calon pemimpin mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Tanggung jawab adalah simbol dari keberanian. Setiap perkataan dan tindakan yang akan dilakukan atau yang sudah dilakukan dipertanggungjawabkan dengan penuh keberanian. Bertanggung jawab membawa bangsa ke depan pintu gerbang kemakmuran. Bertanggung jawab menjaga ketertiban dan kenyamanan setiap warganya. Dan bertanggung jawab untuk memberikan yang terbaik bagi bangsanya.

Keenam, kriteria yang diperlukan adalah kejujuran. Seperti setangkai kembang yang selalu jujur pada masanya akan mekar. Jujur adalah sikap yang sangat penting. Kejujuran diperlukan untuk memurnikan segala kefasikan. Manusia jujur adalah manusia yang dapat mengekang hawa nafsunya. Kejujuran adalah pilihan untuk memurnikan diri. Setiap manusia jujur memiliki hati yang bersih. Orang lain akan melihatnya dengan penuh rasa percaya.

Ketujuh, calon pemimpin harus bijaksana. Dalam kamus arti bijaksana adalah selalu menggunakan akal budinya ( pengalaman dan pengetahuannya ) atau tajam pikiran, pandai dan hati-hati tindakannya. Begitu pun harapan bangsa Indonesia ini kepada pemimpinnya kelak. Berharap pemimpin akan selalu menggunakan akal budinya untuk kebaikan rakyat bukan untuk membodohinya. Tajam analisanya untuk setiap persoalan yang ada di negaranya bukan untuk memanipulasi rakyatnya. Hati-hati tindakannya setiap menjalankan rencana. Bukan seperti pepatah “belajar dari kegagalan” dan bila terjadi kegagalan maka dianggap maklum. Tetapi, setiap rencana harus dipikirkan matang agar tidak sampai gagal. Karena urusan negara seharusnya tidak ada kata gagal, hal itu menyangkut untuk kepentingan orang banyak.

Kedelapan. Calon pemimpin yang adil. Setiap orang sangat mengingini keadilan. Karena keadilan adalah hitam dan putih. Tidak ada abu-abu. Keadilan adalah kebenaran. Setiap kebenaran adalah tidak pernah berubah, seperti matahari yang selalu menyinari bumi setiap hari, tidak pernah berubah. Tidak seperti kebenaran kasus-kasus di meja hijau. Kebenaran yang bisa berubah-ubah, tergantung kepentingan oknum tertentu. Terakhir adalah keadilan yang objektif. Keadilan yang tidak memihak kepada yang siapa pun. Keadilan yang seimbang seperti neraca. Kaya atau miskin, berkuasa atau lemah, semua sama dihadapan keadilan.

Kesembilan adalah cinta. Pemimpin harus mempunyai cinta. Di sini dibicarakan cinta universal. Cinta yang datang dari hati nurani lembut. Cinta yang hancur bila melihat kesengsaraan. Cinta seperti mother Teressa kepada orang-orang yang renta dan dibalut kedukaan hidup. Cinta yang dapat bertindak segera untuk menolong orang. Rakyat membutuhkan seorang pemimpin seperti itu. Pemimpin yang peduli kepada rakyatnya. Pemimpin yang mencukupi kebutuhan rakyatnya dengan cinta yang didalamnya ada pengabdian, simpati, empati, ketulusan, tidak menuntut balas, dan memeluk dengan hatinya.

Kesepuluh, rakyat membutuhkan pemimpin yang berintegritas. Seseorang dapat dipercaya karena perkataan mulut dan perbuatan beriringan sejalan. Ketika kampanye pemilihan, banyak sekali janji yang diberikan dan sering tidak ada yang ditepati. Maka dari itu, rakyat sangat merindukan pemimpin yang kukuh akan setiap perkataan dan perbuatannya. Tidak berubah-ubah seperti ombak di lautan, kadang besar kadang kecil.

Kesebelas, pemimpin yang demokratis. Demokrasi adalah jalan menuju arah kemajuan suatu bangsa. Pemimpin yang maju adalah seorang yang dapat mendengar rakyatnya. Dia mempunyai telinga yang peka akan aspirasi dari orang lain. Seorang pemimpin yang memiliki jiwa terbuka terhadap inspirasi positif yang datang. Dia tidak menutup kemungkinan suatu perubahan ke arah yang lebih baik. Dia sadar akan solusi yang terkadang datang bukan dari dirinya sendiri. Sadar untuk mendengarkan orang lain akan memperkaya nilai hidupnya.

Keduabelas, pemimpin yang taat beragama. Setiap agama tentu mengajarkan tentang kebaikan, hidup yang lurus, tidak ada intrik dan tipu muslihat di dalamnya. Agama juga mengajarkan tentang segala aspek positif yang berbenturan dengan sifat manusia yang cenderung melakukan dosa. Agama sebagai rel hidup bagi manusia. Diperlukan karena dibutuhkan untuk mengatur kehidupan yang tidak baik ke arah yang baik. Manusia yang taat beragama tentu juga takut akan Tuhan. Itu juga adalah modal agar manusia selalu ingin berbuat kebaikan bila tidak ingin terkena murka-Nya.

Semua kriteria di atas adalah ideal, bukan hanya untuk calon presiden, tetapi juga untuk setiap makhluk hidup berbudi. Bila tidak tercapai semua kriteria di atas, maka patut diperbaiki terus. Hingga mimpi itu bukan hanya tersangkut pada bintang, tetapi tertanam kokoh di bulan sana. Amin.

Sumber data :

http://id-id.facebook.com/notes/berbagi-itu-indah-sobat-bii-hidup-lebih-indah-dengan-saling-berbagi/kesederhanaan-presiden-iran-mahmoud-ahmadinejad/304421302902670

 

Biodata Penulis

Nama : Ruby Supriadi

Tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 15 Juli 1981

Pekerjaan : Guru swasta di Penabur International School / SMPK 8 Tanjung Duren

Alamat : Jl. H. Dimun III, No. 47, 01/06, Depok 16415

Telepon : 081804207452

Alamat email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

Tim Persib Targetkan Jadi Juara Liga 1 2017
Jumat, 07 April 2017

KOPI, Bandung - Manajer Persib Umuh mengemukakan, Persib tidak akan bisa sebesar ini tanpa dukungan kuat Bobotoh, mereka di mana pun Persib bertanding selalu ada memberikan semangat dan energi untuk berjuang keras menghadapi lawan-lawannya.   “Oleh karena itu,  tidak ada harapan lain selain Persib harus berjuang dan mentargetkan jadi  juara Liga 1 2017 tahun ini, tanpa dukungan Bobotoh, Persib tidak akan seperti sekarang. Terimakasih,... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Terima Pasukan Satgas TMMD Ke 98
Selasa, 04 April 2017

KOPI, ACEH SELATAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menerima Sebanyak 100 personel Batalyon Infanteri 115/Macan Lauser yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-98 tahun 2017 di Lapangan Makodim 0107/Aceh Selatan. Selasa (4/4/17).   Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan, Pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 98 tersebut akan diterjunkan ke lokasi sasaran dan berbaur dengan kehidupan ... Baca selengkapnya...

Akting Ibu Negara Iriana Joko Widodo Berperan sebagai “Anak Paud”
Sabtu, 01 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja ibuk negara Iriana Jokowi beserta Ibuk Mufidah Jusuf Kalla, ke Propinsi Riau, Rabu (29/3-17). Rombongan ini didampingi oleh kunjungan kerja istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE). Jadwal kunjugan kerja rombongan Istri Presiden Joko Widodo ke Riau mengunjungi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), melakukann pemeriksaan kanker serviks leher rahim atau... Baca selengkapnya...

Persit Kodim Aceh Selatan Disambut Haru Nyak Siti Rohmat
Senin, 27 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, telah mengetuk rasa keprihatinan dan simpati Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto dan pengurus Ranting 8 Koramil 07 Kluet Selatan. Selama ini, kondisi 'Nyak' Siti Rohmat memang serba kekurangan. Bukan hanya itu saja, bahkan kesehatannya pun menurun dan sering sakit. Sering kali tak memiliki makanan apalagi... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHGebyar Dirgantara 2017, Lanud Iswahjudi .....
22/04/2017 | Iswahyudi

KOPI, Magetan – Ribuan pengunjung yang terdiri dari pelajar maupun masyarakat umum padati Lapangan Udara (Lanud) Iswahjudi guna menyaksikan dan meme [ ... ]



PENDIDIKANMawardi, S.Pd Kepala SDN 20 Kampung Pada.....
21/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Pasaman - Kepala SDN 20 Kampung Padang, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman optimis membina sekolah yang beliau pimpin kearah yang leb [ ... ]



EKONOMIRaker KAMSRI; Membangun Sinergi Ekonomi .....
22/04/2017 | Andri Santana

KOPI, Pembangunan infrastruktur di Pemerintahan Era Jokowi, selain sebagai stimulus pembangunan nasional, pembangunan jalan, jembatan dan Dermaga meru [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIRevitalisasi Pendidikan Vokasi: Upaya Me.....
13/04/2017 | Harjoni Desky

Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi telah diterbitkan dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan  [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.