Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Kriteria Pemimpin Indonesia (104/M)

Kriteria Pemimpin Indonesia (104/M)

KOPI - Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk dengan berbagai keanekaragamannya. Terdapat banyak kekayaan yang terdapat di Indonesia, di antaranya kekayaan sumber daya alam, seni, budaya, suku bangsa dan lain-lain. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan potensial untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyatnya. Negara ini telah menjalani masa yang sangat panjang sejak pertama kali lahir pada tanggal 17 Agustus 1945. Telah banyak perjalanan yang dialami oleh bangsa ini yang semuanya telah tercatat dalam sejarah.

Beberapa contoh sejarah yang dicatat oleh bangsa Indonesia adalah keberhasilan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika tanggal 18-24 April 1955 di Bandung. Adanya KAA ini merupakan cikal bakal berdirinya Gerakan Non Blok dan sebagai pemicu untuk negara-negara di kawasan Asia dan Afrika untuk dapat merdeka dari penjajahan di negeri mereka. Contoh lain keberhasilan negara Indonesia adalah mencatatkan diri sebagai negara swasembada beras. Hal ini dapat diraih karena memaksimalkan potensi pertanian dalam negeri. Negara Indonesia juga pernah mencatatkan diri sebagai macan Asia pada medio 1980-an. Hal ini membuktikan bahwa negara Indonesia sebenarnya mampu untuk menjadi yang terbaik di antara negara-negara lainnya di dunia. Dari beberapa ulasan di atas, ada beberapa kriteria pemimpin yang ideal untuk memimpin negara Indonesia ke depannya. Kriteria tersebut di antaranya:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang religius dan patuh terhadap agama yang dianut. Patuh disini memiliki arti bahwa menjalankan apa yang diperintahNya dan menjauhi laranganNya. Bangsa Indonesia membutuhkan seorang pemimpin yang religius dan taat terhadap agama yang dianutnya. Agama disini memiliki peran penting dalam hidup seseorang. Dengan agama, seseorang yang religius akan selalu berbuat baik dan menjauhi segala apa yang dilarang dalam agama. Seorang pemimpin disini dibutuhkan sosok keteladanan yang salah satunya dilihat dari kehidupan agamanya.

2. Jiwa nasionalisme yang tinggi Jiwa nasionalisme sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin di negara Indonesia. Nasionalisme disini memiliki arti bahwa memiliki semangat kebangsaan yang kuat yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongannya. Jiwa nasionalisme harus ada dalam pemimpin Indonesia ke depannya, agar dapat memberikan sepenuh jiwa dan raganya untuk kepentingan nasional. Contohnya, ketika ada konflik dengan negara lain yang diutamakan adalah harga diri dan martabat bangsa, bukan semata-mata hanya mencari pujian dan sanjungan dari pihak lain. Dengan adanya jiwa nasionalisme, kecintaan terhadap negara akan tumbuh dengan sendirinya. Hal inilah yang harus dimiliki oleh pemimpin Indonesia, karena akan menjadi contoh bagi rakyatnya.

3. Tidak meminta jabatan Seorang pemimpin yang baik adalah yang tidak meminta jabatan tersebut. Jabatan atau amanah tersebut merupakan dukungan dari rakyatnya bukan semata-mata ambisi dari seseorang untuk menjadi pemimpin. Ketika seseorang menjadi pemimpin tanpa meminta jabatan tersebut, dapat dipastikan ia akan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan ia akan berusaha menjalankan amanah yang sudah didukung oleh rakyatnya. Apabila seseorang menjadi pemimpin karena ambisinya, sudah dipastikan ia akan merasa tidak puas ketika sudah di posisi tersebut dan cenderung menggunakan kekuasaannya untuk memuaskan keinginannya.

4. Jujur Seorang pemimpin harus memiliki sifat jujur dalam kehidupannya. Dengan adanya sifat jujur, maka ia akan selalu mengemukakan segala sesuatu sesuai dengan apa yang terjadi. Sifat jujur apabila diterapkan secara menyeluruh oleh setiap elemen bangsa, bisa dipastikan tidak ada lagi yang namanya kasus korupsi. Kasus korupsi merupakan akibat adanya sikap yang tidak jujur dan menggunakan kesempatan untuk memperkaya diri melalui jalan yang tidak benar. Dengan adanya sifat jujur, secara perlahan-lahan semua kasus-kasus suap maupun korupsi yang membelit di negeri ini akan semakin sedikit bahkan hilang sama sekali.

5. Adil Seorang pemimpin harus dapat bersikap adil dalam memutuskan sebuah perkara. Tidak diperkenankan berbuat yang tidak adil yang hanya berpihak terhadap golongannya. Ketika pemimpin berpihak terhadap kepentingan golongannya, rakyat secara otomatis akan mengetahuinya dan akan muncul sikap tidak puas dari rakyat. Pemimpin yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah pemimpin yang adil dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dikarenakan rakyat Indonesia butuh keadilan dalam menjalani kehidupan di masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing.

6. Amanah Seorang pemimpin harus memiliki sifat amanah. Sifat amanah merupakan sifat yang dapat dipercaya ketika menjalankan tugasnya. Saat ini, rakyat sangat membutuhkan seorang pemimpin yang amanah tanpa adanya sifat khianat. Rakyat sudah diberikan janji-janji ketika para pemimpin ini berjuang kampanye merebut hati rakyat. Tapi, apa yang didapatkan rakyat saat ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya sifat amanah, seorang pemimpin akan terus berbuat sekuat tenaga untuk mewujudkan janji-janji yang sudah dipercayakan oleh rakyat untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata.

7. Cerdas Dalam memutuskan sebuah perkara, seorang pemimpin harus dapat berpikir cerdas. Berpikir cerdas disini adalah dapat memberikan solusi yang terbaik. Solusinya bukan hanya untuk jangka pendek, tapi untuk jangka panjang. Seorang pemimpin yang cerdas akan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyatnya. Dan juga akan dapat memajukan bangsanya dengan kecerdasannya itu.

8. Tegas Seorang pemimpin harus memiliki sifat tegas. Sifat tegas dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa adanya keragu-raguan dan kebimbangan. Tegas disini berbeda dengan otoriter. Jika otoriter adalah bertindak semaunya sesuai dengan kemauannya, sedangkan jika tegas adalah memiliki pendirian yang teguh, tidak mudah goyah, dan tidak ragu ketika mengatasi sebuah masalah. Ketika ada masalah seperti kasus korupsi, maka pihak yang terlibat harus dikenai sanksi secara tegas tanpa adanya keragu-raguan dan bimbang.

9. Hidup sederhana Seorang pemimpin untuk negara ini, harus selalu menerapkan hidup sederhana. Pola hidup yang harus diadaptasikan dengan kehidupan mayoritas rakyat Indonesia. Hidup sederhana dapat diartikan sebagai pola hidup yang cukup tanpa berfoya-foya. Pemimpin harus menyadari bahwa rakyat Indonesia mayoritas adalah kalangan menengah ke bawah. Rakyat Indonesia pasti membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki pola hidup sederhana tanpa menghambur-hamburkan uang rakyat untuk kepentingan pribadi yang sebenarnya pengeluaran tersebut bisa ditekan apabila hidup dengan sederhana.

10. Mengutamakan kepentingan rakyat Pemimpin di Indonesia harus selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Dalam perkara apapun, harus dilihat kondisinya yang dapat memenuhi kepentingan rakyat banyak. Hal yang harus dihindari, adalah kebijakan yang hanya mengutamakan kepentingan beberapa golongan atau segelintir saja. Indonesia adalah milik bersama, milik rakyat Indonesia secara keseluruhan. Segala kebijakan yang diambil oleh pemimpin harus selalu mengutamakan kepentingan mayoritas rakyat Indonesia.

11. Profesional Seorang pemimpin di negara Indonesia harus dapat bertindak secara profesional. Profesional disini adalah harus selalu mematuhi aturan hukum yang ada dan menegakkannya tanpa ada rasa sungkan terhadap pihak-pihak lain meskipun terhadap kerabatnya sendiri. Contohnya ketika ada kewajiban membayar pajak, maka para wajib pajak harus membayar pajak sesuai ketentuan yang ada. Termasuk apabila wajib pajak tersebut adalah pemimpin itu sendiri dan jajarannya.

12. Sering turun ke bawah Seorang pemimpin di Indonesia harus sering turun ke bawah. Turun ke bawah disini dalam arti ikut merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya dan mengetahui apa yang sebenarnya yang diharapkan oleh rakyatnya. Ketika pemimpin turun ke bawah, sebaiknya tidak menggunakan fasilitas negara tetapi fasilitas pribadi. Dan dilakukan secara pribadi, tanpa harus menggunakan fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Seperti contoh, salah satu mantan Presiden RI yang sering turun langsung ke rakyatnya untuk mengetahui kesulitan rakyatnya dengan mengunjungi langsung area persawahan dan tidak segan-segan untuk beristirahat di gubuk petani milik rakyat.

 

 

Identitas Penulis

ID KTP : 3174022006910003

Nama : Azmi Alfalah

Universitas : Institut Manajemen Telkom Bandung

Alamat : Jl. Gegerkalong Hilir No.47 Bandung 40152

Alamat Rumah : Jl. Kober No. 10 RT.10 RW.02, Kelurahan Condet Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Nomor HP : 085257800708

No.Telepon Rumah : 021-80880372

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun FB : http://www.facebook.com/azmi.alfalah

Akun Twitter : @azmialfalah

 

Cuitan Tommy Soeharto di Medsos "Menceramahi" Jokowi
Selasa, 04 Agustus 2015

KOPI, Jakarta – Cuitan putra bungsu mantan presiden Republic Indonesia (alm) Soeharto yakni Hutomo Mandala Putra nama panggilan beken Tommy Soeharto di jejaring social atau Media social (Medsos) yakni Twitter mengatakan. Pemimpin negara yang mudah diatur pihak kedua karena keterikatan tertentu bukanlah pemimpin tapi petugas. Pernyataan itu disampaikan putera mantan Presiden Soeharto, Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), melalui akun... Baca selengkapnya...

Pilkada Kabupaten Blitar Batal Digelar 2015
Senin, 03 Agustus 2015

Diduga anggaran yang sudah terserap mencapai hingga 30 % atau sekitar Rp. 10.5 miliar Blitar, KOPI - Pasangan Rijanto – Marhainis Urip Widodo (Rido) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP) dan Partai Gerindra ini, hingga detik terakhir  masa Perpanjangan Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar, yang dibuka kembali pada 1 hingga 3 Agustus, tidak memiliki lawan tanding. Pasalnya hingga 3 Agustus pukul... Baca selengkapnya...

Pengambilan Sumpah dan Pelantikan KPN Tanjungpinang dan KPN Batam
Sabtu, 01 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru- Usai sholat Jum’at (31/7-15) bertempat di aula kantor Pengadilan Tinggi Pekanbaru, Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Pekanbaru Yohannes Ether, SH. M.Hum melantik dan pengambilan sumpah Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pinang dari Parulian Lumban Toruan kepada Jufriyadi SH, M.Hum. Serta Ketua Pengadilan Negeri (KPN) Pulau Batam dari KHairul Fuad SH.M.Hum kepada Aroziduhu Waruwu, SH. M.Hum. Dalam kata sambutanya Ketua... Baca selengkapnya...

Berkas Perkara DBS Yang Dilimpahkan Ke Kejaksaan Dikembalikan Lagi
Jumat, 31 Juli 2015

§ KRPK Tuding Kejaksaan Main Mata Dengan Kepolisian KOPI, Blitar, - Kasus penipuan investasi bodong PT. Dua Belas Suku (DBS), yang mengakibatkan kerugian puluhan ribu anggota DBS hinga mencapai ratusan miliar rupiah, hingga kini penangannannya dinilai lamban. Pasalnya berkas perkara yang menjadikan kelima direksinya yakni, JF, Komisaris Utama PT. DBS, NY Komisaris,  RDR, Direktur Utama, YSK, Direktur Income dan NRR, Direktur Keuangan menjadi... Baca selengkapnya...

Pengamat : Kerjasama PT.Telkom dengan Sing Tel = Membocorkan Rahasia Negara
Jumat, 31 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Ajisutisyoso mengatakan Menteri BUMN Rini Soemarno menyerahkan proyek E-Budgeting Telekomunikasi kepada Singapura melalui kerjasama Telkom dan Singtel (Temasek), sama sekali tidak bisa disebut sebagai langkah korporasi, namun merupakan tindakan membantu intelijen asing dalam menguasai, memata matai, dan memporak porandakan negeri ini, Dunia Intelijen barat hanya mengandalkan perangkat elektronik canggih , alat komunikasi... Baca selengkapnya...

Akhirnya Kapolda Papua Diganti oleh Brigjen Paulus Waterpaw
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Jakarta - Kapolri Jendral (pol) Badrodin Haiti melakukan pencopotan terhadap Kapolda Papua Irjen Yotje Mende. Posisi Yotje digantikan Kapolda Papua Barat Brigjen Paulus Waterpaw. Kepala Bagian Penerangan Umum Div Humas Mabes Polri, Kombes Pol Suharsono, membenarkan mutasi tesebut. Ia menerangkan, pada Jumat 31 Juli 2015 akan dilaksanakan serah-terima jabatan kepada ketiga perwira tinggi itu.   “Betul, besok pagi akan dilaksanakan... Baca selengkapnya...

Pemkab Blitar Mutasi 215 Eselon III, IV Dan V
Kamis, 30 Juli 2015

KOPI, Blitar - Setelah mutasi/promosi pejabat struktural terakhir dilakukan pada 28 Februari 2014 lalu, kini Pemerintah Kabupaten Blitar, kembali lakukan mutasi/promosi Pejabat Struktural sebanyak 285 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, yang meliputi 215 pejabat Eselon III, IV dan V, 57 Kepala Sekolah dan 13 Pengawas.   Sebanyak 285 PNS Pejabat Struktural Eselon III, IV dan V, juga Kepala Sekolah dan  Pengawas tersebut... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Diskriminasi Tarif Disneyland Paris.....
30/07/2015 | Ramses Rajagukguk

KOPI - Disneyland Paris tengah menghadapi penyelidikan harga menyusul adanya tuduhan bahwa pengunjung dari Inggris dan Jerman diberikan harga paket ku [ ... ]



NASIONAL

IPW: Dirut Pelindo II Harus Tanggung Jaw.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Presiden Indonesia Port Watch (IPW) Syaiful Hasan mengatakan Direktur Pelindo II RJ Lino harus bertanggung jawab atas kerugian akibat  [ ... ]



DAERAH

Zulkifl Panjaitan Bantah Dirinya Ditampa.....
02/08/2015 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, RENGAT- Zulkifli Panjaitan melaporkan aksi dugaan tamparan tiga kali dilakukan oleh Bupati Inhu Yopi Arianto, ia mengadukan kasus tersebut ke P [ ... ]



PENDIDIKAN

MOS Makan Korban Apa Kata Mentri Anies B.....
03/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta- Setiap tahun ajaran baru, umumnya panitia MOS (Masa Orientasi Siswa) disekolah sibuk mengadakan perploncoan terhadap adik kelasnya yang [ ... ]



EKONOMI

Sikap Rini Perpanjang JICT Dipertanyakan.....
30/07/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI, JAKARTA - Pekerja Jakarta International Container Terminal (JICT) mempertanyakan sikap Menteri BUMN Rini Soemarno yang akan melanjutkan perpanja [ ... ]



HANKAM

Sekilas tentang Media Center Kodam Jaya.....
31/07/2015 | Hartoyoindrajaya Panggabean

KOPI - Mendukung pelaksanaan tugas untuk Kodam Jaya khususnya Penerangan, maka dibangunlah Media Center yang diresmikan oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Ma [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Disbudparpora Bengkalis Adakan Festival .....
27/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Bengkalis – Ribuan orang wisatawan dan masyarakat pulau Rupat berbaur menyaksikan Festival Pantai Rupat tahun 2015 berlangsung selama dua  [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Dirut Pelindo II Dinilai Arogan dan Beri.....
02/08/2015 | Hari Soeprijanto

KOPI — Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dituding memberikan keterangan bohong terkait perpanjangan konsesi dan pendapatan besar karyawan JICT seper [ ... ]



POLITIK

Partai Priboemi Siap Bertarung Di Pemilu.....
03/08/2015 | Zohiri Kadir

Normal 0 false false false EN-US X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4 /   KOPI, Jakarta.Jika tidak ada aral melintang, tepat  [ ... ]



OPINI

Manfaat Belajar dari dan Melestarikan Se.....
31/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI. Malang - Jempol lagi….kali ini acungan jempol tersebut saya tujukan pada teman-teman Komunitas 65391 Kecamatan Pujon. Setelah mengikuti acara  [ ... ]



PROFIL

Mengenal Lebih Dekat Tri Erri Astoety, D.....
28/07/2015 | Arifin

KOPI - Prof. Drg. Tri Erri Astoety, MKes dikenal dengan keahliannya di bidang kedokteran gigi. Memahami pentingnya meningkatkan kesadaran akan masalah [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Festival The 9Th China- Asean Youth Danc.....
02/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Beberapa negara Asean mempersembahkan seni tari dalam The 9 Th China- Asean Youth Dance exhibition. Ratusan orang penari berasal dar [ ... ]



ROHANI

MUI mendorong pemerintah “Untuk memben.....
01/08/2015 | Iyan Sofyan

KOPI – Menurut MUI, penyelenggaraan jaminan sosial oleh BPJS Kesehatan, terutama yang terkait dengan akad antar para pihak, tidak sesuai deng [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Bermimpi Terjaga.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

  Di ranah sendiri aku bisu aku tuli... Aku sendiri  tak mengerti.... dalam kebekuan ku coba mendekati... dalam keangkuhan ku coba mengerti..... [ ... ]



CURAHAN HATI

Operasional Fee.....
28/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta Perilaku Presiden Jokowi tidak mencerminkan seorang pemimpin yang baik kenapa ingin membantu rakyat berikan “kail” jangan beri [ ... ]



HIBURAN

Rr Eka Aslyhatin Saudiyah Putri : Pili.....
30/07/2015 | Edo Jaya

    Jakarta, 30 Juli 2015- Faika Puteri salah satu penyanyi yang sedang booming lewat lagu “masih nmencintai’ memberikan pernyataan, dia lebih [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA: “Hai orang-orang beriman d [ ... ]



SERBA-SERBI

LMR-RI Berbagi Keceriaan dengan Memberik.....
01/08/2015 | M. Samasi

LMR-RI Berbagi Keceriaan dengan Memberikan Santunan Media: Bengkalis, 10 Juli 2015: LMR-RI (Lembaga Missi Reclasseering Republik Indonesia) adalah sal [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.