Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Kriteria Pemimpin Indonesia (104/M)

Kriteria Pemimpin Indonesia (104/M)

KOPI - Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk dengan berbagai keanekaragamannya. Terdapat banyak kekayaan yang terdapat di Indonesia, di antaranya kekayaan sumber daya alam, seni, budaya, suku bangsa dan lain-lain. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan potensial untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyatnya. Negara ini telah menjalani masa yang sangat panjang sejak pertama kali lahir pada tanggal 17 Agustus 1945. Telah banyak perjalanan yang dialami oleh bangsa ini yang semuanya telah tercatat dalam sejarah.

Beberapa contoh sejarah yang dicatat oleh bangsa Indonesia adalah keberhasilan menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika tanggal 18-24 April 1955 di Bandung. Adanya KAA ini merupakan cikal bakal berdirinya Gerakan Non Blok dan sebagai pemicu untuk negara-negara di kawasan Asia dan Afrika untuk dapat merdeka dari penjajahan di negeri mereka. Contoh lain keberhasilan negara Indonesia adalah mencatatkan diri sebagai negara swasembada beras. Hal ini dapat diraih karena memaksimalkan potensi pertanian dalam negeri. Negara Indonesia juga pernah mencatatkan diri sebagai macan Asia pada medio 1980-an. Hal ini membuktikan bahwa negara Indonesia sebenarnya mampu untuk menjadi yang terbaik di antara negara-negara lainnya di dunia. Dari beberapa ulasan di atas, ada beberapa kriteria pemimpin yang ideal untuk memimpin negara Indonesia ke depannya. Kriteria tersebut di antaranya:

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang religius dan patuh terhadap agama yang dianut. Patuh disini memiliki arti bahwa menjalankan apa yang diperintahNya dan menjauhi laranganNya. Bangsa Indonesia membutuhkan seorang pemimpin yang religius dan taat terhadap agama yang dianutnya. Agama disini memiliki peran penting dalam hidup seseorang. Dengan agama, seseorang yang religius akan selalu berbuat baik dan menjauhi segala apa yang dilarang dalam agama. Seorang pemimpin disini dibutuhkan sosok keteladanan yang salah satunya dilihat dari kehidupan agamanya.

2. Jiwa nasionalisme yang tinggi Jiwa nasionalisme sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang pemimpin di negara Indonesia. Nasionalisme disini memiliki arti bahwa memiliki semangat kebangsaan yang kuat yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongannya. Jiwa nasionalisme harus ada dalam pemimpin Indonesia ke depannya, agar dapat memberikan sepenuh jiwa dan raganya untuk kepentingan nasional. Contohnya, ketika ada konflik dengan negara lain yang diutamakan adalah harga diri dan martabat bangsa, bukan semata-mata hanya mencari pujian dan sanjungan dari pihak lain. Dengan adanya jiwa nasionalisme, kecintaan terhadap negara akan tumbuh dengan sendirinya. Hal inilah yang harus dimiliki oleh pemimpin Indonesia, karena akan menjadi contoh bagi rakyatnya.

3. Tidak meminta jabatan Seorang pemimpin yang baik adalah yang tidak meminta jabatan tersebut. Jabatan atau amanah tersebut merupakan dukungan dari rakyatnya bukan semata-mata ambisi dari seseorang untuk menjadi pemimpin. Ketika seseorang menjadi pemimpin tanpa meminta jabatan tersebut, dapat dipastikan ia akan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan ia akan berusaha menjalankan amanah yang sudah didukung oleh rakyatnya. Apabila seseorang menjadi pemimpin karena ambisinya, sudah dipastikan ia akan merasa tidak puas ketika sudah di posisi tersebut dan cenderung menggunakan kekuasaannya untuk memuaskan keinginannya.

4. Jujur Seorang pemimpin harus memiliki sifat jujur dalam kehidupannya. Dengan adanya sifat jujur, maka ia akan selalu mengemukakan segala sesuatu sesuai dengan apa yang terjadi. Sifat jujur apabila diterapkan secara menyeluruh oleh setiap elemen bangsa, bisa dipastikan tidak ada lagi yang namanya kasus korupsi. Kasus korupsi merupakan akibat adanya sikap yang tidak jujur dan menggunakan kesempatan untuk memperkaya diri melalui jalan yang tidak benar. Dengan adanya sifat jujur, secara perlahan-lahan semua kasus-kasus suap maupun korupsi yang membelit di negeri ini akan semakin sedikit bahkan hilang sama sekali.

5. Adil Seorang pemimpin harus dapat bersikap adil dalam memutuskan sebuah perkara. Tidak diperkenankan berbuat yang tidak adil yang hanya berpihak terhadap golongannya. Ketika pemimpin berpihak terhadap kepentingan golongannya, rakyat secara otomatis akan mengetahuinya dan akan muncul sikap tidak puas dari rakyat. Pemimpin yang dibutuhkan rakyat saat ini adalah pemimpin yang adil dalam menjalankan tugasnya. Hal ini dikarenakan rakyat Indonesia butuh keadilan dalam menjalani kehidupan di masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing.

6. Amanah Seorang pemimpin harus memiliki sifat amanah. Sifat amanah merupakan sifat yang dapat dipercaya ketika menjalankan tugasnya. Saat ini, rakyat sangat membutuhkan seorang pemimpin yang amanah tanpa adanya sifat khianat. Rakyat sudah diberikan janji-janji ketika para pemimpin ini berjuang kampanye merebut hati rakyat. Tapi, apa yang didapatkan rakyat saat ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan adanya sifat amanah, seorang pemimpin akan terus berbuat sekuat tenaga untuk mewujudkan janji-janji yang sudah dipercayakan oleh rakyat untuk dapat diwujudkan dalam kehidupan nyata.

7. Cerdas Dalam memutuskan sebuah perkara, seorang pemimpin harus dapat berpikir cerdas. Berpikir cerdas disini adalah dapat memberikan solusi yang terbaik. Solusinya bukan hanya untuk jangka pendek, tapi untuk jangka panjang. Seorang pemimpin yang cerdas akan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyatnya. Dan juga akan dapat memajukan bangsanya dengan kecerdasannya itu.

8. Tegas Seorang pemimpin harus memiliki sifat tegas. Sifat tegas dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa adanya keragu-raguan dan kebimbangan. Tegas disini berbeda dengan otoriter. Jika otoriter adalah bertindak semaunya sesuai dengan kemauannya, sedangkan jika tegas adalah memiliki pendirian yang teguh, tidak mudah goyah, dan tidak ragu ketika mengatasi sebuah masalah. Ketika ada masalah seperti kasus korupsi, maka pihak yang terlibat harus dikenai sanksi secara tegas tanpa adanya keragu-raguan dan bimbang.

9. Hidup sederhana Seorang pemimpin untuk negara ini, harus selalu menerapkan hidup sederhana. Pola hidup yang harus diadaptasikan dengan kehidupan mayoritas rakyat Indonesia. Hidup sederhana dapat diartikan sebagai pola hidup yang cukup tanpa berfoya-foya. Pemimpin harus menyadari bahwa rakyat Indonesia mayoritas adalah kalangan menengah ke bawah. Rakyat Indonesia pasti membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki pola hidup sederhana tanpa menghambur-hamburkan uang rakyat untuk kepentingan pribadi yang sebenarnya pengeluaran tersebut bisa ditekan apabila hidup dengan sederhana.

10. Mengutamakan kepentingan rakyat Pemimpin di Indonesia harus selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Dalam perkara apapun, harus dilihat kondisinya yang dapat memenuhi kepentingan rakyat banyak. Hal yang harus dihindari, adalah kebijakan yang hanya mengutamakan kepentingan beberapa golongan atau segelintir saja. Indonesia adalah milik bersama, milik rakyat Indonesia secara keseluruhan. Segala kebijakan yang diambil oleh pemimpin harus selalu mengutamakan kepentingan mayoritas rakyat Indonesia.

11. Profesional Seorang pemimpin di negara Indonesia harus dapat bertindak secara profesional. Profesional disini adalah harus selalu mematuhi aturan hukum yang ada dan menegakkannya tanpa ada rasa sungkan terhadap pihak-pihak lain meskipun terhadap kerabatnya sendiri. Contohnya ketika ada kewajiban membayar pajak, maka para wajib pajak harus membayar pajak sesuai ketentuan yang ada. Termasuk apabila wajib pajak tersebut adalah pemimpin itu sendiri dan jajarannya.

12. Sering turun ke bawah Seorang pemimpin di Indonesia harus sering turun ke bawah. Turun ke bawah disini dalam arti ikut merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya dan mengetahui apa yang sebenarnya yang diharapkan oleh rakyatnya. Ketika pemimpin turun ke bawah, sebaiknya tidak menggunakan fasilitas negara tetapi fasilitas pribadi. Dan dilakukan secara pribadi, tanpa harus menggunakan fasilitas-fasilitas yang sudah ada. Seperti contoh, salah satu mantan Presiden RI yang sering turun langsung ke rakyatnya untuk mengetahui kesulitan rakyatnya dengan mengunjungi langsung area persawahan dan tidak segan-segan untuk beristirahat di gubuk petani milik rakyat.

 

 

Identitas Penulis

ID KTP : 3174022006910003

Nama : Azmi Alfalah

Universitas : Institut Manajemen Telkom Bandung

Alamat : Jl. Gegerkalong Hilir No.47 Bandung 40152

Alamat Rumah : Jl. Kober No. 10 RT.10 RW.02, Kelurahan Condet Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Nomor HP : 085257800708

No.Telepon Rumah : 021-80880372

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun FB : http://www.facebook.com/azmi.alfalah

Akun Twitter : @azmialfalah

 

Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Dibentak oleh Anggota Dewan
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ) kota Pekanbaru banyak menerima laporan yang masuk kekami dari para tenaga pengajar/guru perihal pemotongan tunjangan dana sertifikasi tersebut. Seakan menganggap sepele hak para guru, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Prof Zulfadil terlihat pucat saat dibentak oleh Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga. Emosi Politisi dari PDI-P ini meluap saat... Baca selengkapnya...

Para Guru Berdemontrasi , Buntut Pemotongan Dana Sertifikasi
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru - Guru pahlawan tanpa tanda jasa , tanpa guru kita tidak bisa baca tulis. Begitu besar jasa para guru mencerdaskan kehidupan anak bangsa, dan membentuk generasi penerus bangsa ini. Ratusan orang guru terdiri dari guru TK hingga SMA, Rabu (24/06/15) pagi berunjukrasa mendatangi kantor Walikota dan DPRD Kota Pekanbaru. Aksi demonstrasi para tenaga pengajar tersebut memprotes atas pemotongan dana sertifikasi yang dilakukan oleh... Baca selengkapnya...

Ikuti... Lomba Foto Polri Berhadiah Bingkisan Lebaran 2015
Rabu, 01 Juli 2015

KOPI – Menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H mendatang, Kepolisian Republik Indonesia akan mengelar “Operasi Ketupat 2015”. Kegiatan penting Polri ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam merayakan Hari Besar umat Islam tersebut agar dapat berlangsung lancar, aman, nyaman dan membahagiakan. Dalam rangka merekam setiap jejak langkah anggota Polri di lapangan saat melaksanakan tugas-tugas “Operasi Ketupat 2015”... Baca selengkapnya...

Terdakwa Pembunuh Ambalat Divonis 20 Tahun
Selasa, 30 Juni 2015

§ Keluarga korban tidak terima putusan hakim, karena bukti-bukti lain dihilangkan Blitar, KOPI - Kasus pembunuhan almarhumah Yuswanto, suami dari Nanik Yuswati (53), warga jalan Ambalat Nomor 8 Kota Blitar, korban pembunuhan pada 21 Januari 2015 lalu, akhirnya pada Selasa (30/6) sekitar pukul 12.48 kemarin, sidang putusannya dibacakan Majelis Hakim.   Sidang kasus pembunuhan Yuswanto tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua, Yohanes Priyana,... Baca selengkapnya...

Korupsi Dana Bansos, Bupati Inhil H. Wardan Diminta Bersaksi
Senin, 29 Juni 2015

KOPI, Pangkalan Kerinci - Jajaran Polres Pelalawan satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan pada 3 Juli 2015 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Polres Pelalawan, AKBP Ade Johan Hasudungan Sinaga, hari Rabu (24/6/15), orang nomor satu di Inhil yakni Bupati Inhil Haji Muhammad Wardan akan dipanggil dalam kasus... Baca selengkapnya...

Pererat “Sling Silaturahmi”, Grup 3 Kopassus Buka Puasa Bersama Wartawan
Sabtu, 27 Juni 2015

KOPI - Media sebagai salah satu unsur potensial yang menguatkan semangat kebersamaan dan memiliki fungsi strategis, diharapkan dapat menjadikan prajurit khususnya di Grup 3 semakin cerdas, serta dapat memperluas wawasan, karena berita yang disampaikan bersifat edukatif dan informatif.     Hal tersebut disampaikan Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, saat acara buka puasa bersama wartawan se Jabodetabek,... Baca selengkapnya...

Kader Partai PAN Soetrisno Bachir Bakal Jabat Mentri
Kamis, 25 Juni 2015

KOPI, Jakarta – Pengamat negara ini dibangun dari unsur  elemen partai politik . Bagaimanapun masing-masing partai politik koalisi akan mendukung calon kadernya yang akan menjadi Mentri dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowidodo dengan Jusuf Kalla. Menurut Pengamat Politik Indonesia Ajisutisyoso berikan juga tawaran jatah kursi mentri kepada partai oposisi seperti PAN, PKS, Gerindra, Demokrat, Golkar. Mari kita bangun Indonesia... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Pembangunan Jaringan Listrik Sepanjang 3.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Proyek Jaringan Listrik sepanjang 38 Kilo Meter Sirkuit (KMS) di kecamatan batang asai akan segera dibangun. Kini, proyek sen [ ... ]



DAERAH

Penyakit Ambeien Pada Kucing.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Wasir atau ambeien Pada kucing apabila tidak segera diobati akan menjadi gejala timbulnya penyakit wasir. Wasir atau ambeien p [ ... ]



PENDIDIKAN

Ezytravel Gelar Buka Puasa Bersama Dan W.....
01/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Buka Puasa Bersama selalu menjadi moment untuk berkumpul dan silaturahmi, bukan hanya milik perorangan tapi juga korporasi, seperti halnya ev [ ... ]



EKONOMI

ADVAN Gandeng Intel, Perkuat Pasar Table.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal, ADVAN kembali menghadirkan terobosan melalui kerja sama dengan perusahaan raksasa perangkat  [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

TACIDO, Tas Keren Pengganti Pengunaan Ka.....
18/06/2015 | Achmad Budianto
article thumbnail

  KOPI - Tas adalah benda yang tidak asing lagi bagi manusia. Dari semua kalangan, tua, muda, pelajar, dan mahasiswa pun membutuhkan tas untuk mem [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Toko Asia Baru Foto Disatroni Maling, P.....
30/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Bagaimana nih Komandaaaaaaan, maling merajalela di wilayah kerja Polresta Pekanbaru. kemana tim Patroli Komandaaaaaan. Ini buktiny [ ... ]



POLITIK

Seminar Relawan ABJ Hadirkan Tapol Papua.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI – Kelompok Relawan Jokowi yang tergabung dalam komunitas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), menggelar Seminar Nasional yang bertema “Pembebasan [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Prosesi Pernikahan Anak Jokowi Gibran de.....
13/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Solo Kabar duka menyelimuti pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Sutamin seorang tukang becak  [ ... ]



ROHANI

Sempena Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 Keja.....
16/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru — Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa yang ke -55, dan ulang tahun  Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Ke- XV serta ulang tahun  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Akik.....
15/06/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Bongkahan batu terbelah menjadi irisan berarti... Di kedalamanpun kau digali... Di keruhnya sungai kau dicari... Di tebing, di hutan, di manapun ka [ ... ]



CURAHAN HATI

KDRT dan Terlantar Anak , H. Supian Hadi.....
27/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kota Waringin- Kemarin (Senin, 22/6), Hj. Iswanti melaporkan suaminya yakni H Supian Hadi Bupati Kota Waringin ke Polda Kalimantan Tengah atas [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Promo Sahur Sale, Ezytravel Beri Diskon .....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Permintaan tiket pesawat, hotel, tour dan paket di bulan puasa hampir selalu meningkat, karena lebaran menjadi moment untuk liburan baik bagi y [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.