Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Who Is The Next Soekarno? (121/M)

Who Is The Next Soekarno? (121/M)

KOPI - Pemimpin sejati adalah ia yang mampu melihat pengikutnya dari berbagai sudut pandang, ia yang mampu menukarkan haknya kepada yang ia pimpin, ia yang meralakan waktunya untuk mengabdikan seluruhnya kepada yang ia pimpin. Pemimpin bukanlah suatu pangkat, derajat, kedudukan ataupun kekuasaan. Pemimpin adalah amanah, teladan, dan tanggung jawab. Lalu bagaimana dengan pemimpin negara ini ? Pertanyaan yang cukup membuat dahi kita mengerut. Lihatlah negara ini, negara yang kaya, bangsa yang besar, namun kenyataannya? Miris ketika melihat banyak penduduk miskin, anak-anak terlantar, gelandangan hingga pengemis pun menjalar dimana-mana, seolah mereka tidak punya pemimpin yang menjadi pegangan.

 

Pemimpin di era modernisasi saat ini seolah tak mempedulikan pengikutnya, seolah mengacuhkan segala jeritan yang terus menggema seantero negeri ini, menuntut KEADILAN. Bukankah mereka yang berada pada lapisan terbawah bangsa ini menjadi tanggung jawab negara? Namun kenapa hal itu harus terjadi? Saya sebagai penulis dengan mengatasnamakan mereka, mereka yang tersisih, mereka yang berada pada lapisan terbawah bangsa ini menyampaikan kriteria-kriteria presiden impian kami. Pemimpin masa depan kami, pemimpin yang tidak hanya haus akan kekuasaan, pemimpin yang tidak hanya memandang dengan sebelah mata, tetapi pemimpin yang berhati emas, pemimpin yang mampu melihat dengan mata hati.

1. Jujur, amanah, dapat dipercaya dan cerdas. Ketiga hal tersebut merupakan sifat-sifat rasul yang harus menjadi dasar seorang pemimpin. Kejujuran seorang pemimpin diperlukan, amanah dalam menyampaikan berita, dapat dipercaya sehingga rakyat tidak perlu kuwatir akan kebijakan-kebijakan yang dibuatnya dan cerdas dalam berbagai hal.

2. Mempunyai jiwa nasionalisme tinggi. Bukan ia yang telah menjadi “alumni” seorang tentara, bukan ia yang pandai teori-teori nasionalisme dalam ilmu pendidikan. Tetapi presiden dengan jiwa nasionalisme tinggi adalah ia yang menangis melihat negerinya menderita, mendengar rakyatnya menangis, yang rela menukarkan kenyamanan tidurnya demi bangsa dan negara. Ia yang tidak rela negaranya dihina dan diinjak-injak harga dirinya oleh bangsa lain.

3. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Ia yang lebih mendahulukan tujuan akhirat daripada maksud duniawi. Nabi Muhammad SAW menunjukkan bahwa jalan akhirat itu lebih utama daripada kenikmatan dunia dengan seluruh isinya ini. Karena pandangannya yang selalu melihat akhirat sebagai tujuan, maka tidak ada yang sanggup menggoyahkan keyakinannya untuk menegakkan kebenaran. Begitulah yang seharusnya dipegang teguh seorang presiden. Bukan seorang yang telah lama berada di pesantren, bukan yang mendapat gelar ustadz atau kyai, tetapi presiden yang memiliki keyakinan dan iman yang teguh dalam menegakkan hukum dan keadilan di negeri ini.

4. Memiliki jiwa pemberani. Seperti yang dimiliki oleh sosok Soekarno, beliau memiliki rasa keberanian yang luar biasa yang belum pernah dimiliki oleh presiden negeri sekarang ini.Keberaniannya terlihat ketika beliau menyerukan ajakan "Ganyang Malaysia". Pada saat itu, Malaysia bertindak semena-mena terhadap rakyat Indonesia di perbatasan. Dengan semboyan "Merdeka atau Mati!" Soekarno berjuang sampai titik darah penghabisan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Begitu pula pasca kemerdekaan, Sukarno menyerahkan hidup dan matinya demi kesejahteraan Nusantara. Rakyat menjadi orientasi utama dalam setiap kebijakannya, terutama kaum-kaum marjinal.

5. Ia yang memilih jalan tersukar untuk dirinya dan termudah untuk pengikutnya.Lihatlah teladan yang telah Nabi Muhammad SAW ajarkan. Walaupun beliau seorang rasul yang sudah dijamin surga, beliau lebih memilih jalan yang sukar demi kesejateraan umatnya. Beliau yang merelakan kelaparan demi mengenyangkan perut umatnya, beliau yang mengurangi tidurnya demi kedamaian umatnya. Negeri ini memerlukan sosok pemimpin seperti beliau. Pemimpin yang ikhlas menukarkan haknya untuk pengikutnya, pemimpin yang rela menukarkan kenyamanan tidurnya demi kedamaian pengikutnya. Adakah sosok yang seperti itu, di zaman pembaharuan seperti saat ini?. Jika ada maka tidak akan terdengar lagi nyanyian tentang tangisan rakyat miskin, tidak akan ada lagi orang miskin, tidak akan ada lagi penegemis-pengemis di jalanan, jika pemimpinnya peduli akan nasib rakyatnya.

6. Memiliki jiwa sosial yang tinggi. Rasa sosial berguna untuk memahami dan mengerti seberapa jauh seorang pemimpin dikenal oleh pengikutnya. Pemimpin yang mempunyai jiwa sosial tidak hanya ia yang memberikan uang kepada pengikutnya, bukan ia yang ingin disebut namanya ketika memberi, bukan yang selalu tampil di media masa ketika memberi. Tetapi pemimpin yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi adalah ia yang tidak ingin identitasnya diketahui pengikutnya atas pemberiannya.

7. Ia yang mampu mendahulukan yang lebih mendesak daripada yang bisa ditunda. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa ketika ada yang bertanya kepada beliau, mana yang harus dipilih apakah menyelamatkan seorang anak yang sedang menghadapi bahaya atau meneruskan shalat, maka beliau menyuruh untuk membatalkan shalat dan menyelamatkan anak yang sedang menghadapi bahaya. Contoh nyatanya sekarang ini adalah ketika seorang pemimpin harus mempertimbangkan antara pembangunan gedung DPR dengan kondisi rakyat maka pemimpin yang baik adalah mereka yang mengutamakan yang lebih mendesak, yaitu kepentingan rakyat daripada pembangunan gedung DPR.

8. Ia yang mempunyai jiwa karisma seorang pemimpin yang sejati. Seperti seorang yang pernah menjadi orang nomer satu di negeri ini, Ir. Soekarno. Beliau memiliki kharisma yang tidak adaduanya. Beliau mampu menyihir rakyatnya dengan pidato-pidatonya yang sangat dahsyat, menggugah rasa nasionalisme. Tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang nyaris sempurna yang pernah dimiliki bangsaini. Sifatnya yang karismatik dengan segala talenta yang beliau miliki menjadi daya tarik tersendiri. Pertanyaannya, masihkah Indonesia memiliki Soekarno-Soekarno kedua, ketiga dan seterusnya? Semoga saja diantara pemuda-pemudi Indonesia saat ini ada yang dapat menggantikan beliau menjadi Soekarno-Soekarno penerus bangsa.

9. Ia yang menjadikan orang-orang hebat sebagai inspiratornya. Pemimpin sejati tidak hanya belajar otodidak, tetapi pemimpin sejati ialah pemimpin yang mau belajar menjadi orang hebat kepada orang yang hebat pula. Jiwa itulah yang dimiliki oleh seorang Soekarno. Beliau banyak mengambil pelajaran dari orang-orang yang dikaguminya. Dari Gajah Mada, misalnya, Sukarno banyak belajar ilmu politik, ekonomi, nasionalisme, dan kenegaraan. Beliau juga belajar cara penyampaian ideologi dari metode dakwah Sunan Kalijaga. Masih banyak tokoh yang dikagumi Sukarno, seperti Ki Ronggowarsito, Jendral Sudirman, dan Dr Sutomo. Itulah pemimpin sejati, ia tidak hanya bisa menghebatkan diri dengan sendiri, tetapi ia merasa tidak ada nilainya dan masih haus akan kepemimpinan sehingga ia harus belajar atas orang-orang yang dianggapnya orang hebat. Bukankah diatas langit masih ada langit?

10. Memiliki jiwa sederhana dan mampu mengistimewakan rakyatnya. Pemimpin sejati tidak akan hanya bangga akan kehebatan dirinya sendiri, tetapi pemimpin sejati adalah ia yang mampu menghebatkan orang lain yaitu pengikutnya. Keberhasilan suatu pemimpin bukanlah bagaimana pemimpin itu menyelesaikan masalah sendiri, namun keberhasilan suatu pemimpin tergantung bagaimana ia memberhasilkan setiap individu-individu yang terdapat didalamnya. Memiliki jiwa sederhana dan berwibawa seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh bangsa ini.

11. Ia yang berfikir futuristik dan visioner. Pemimpin harus memiliki cita-cita dan tujuan kedepan yang jelas dan terstruktur. Pemimpin adalah penjual harapan. Tanpa adanya visi dan misi makasuatu negara tidak akan berkembang. Diperlukan pemimpin yang mampu berfikir kedepan, menentukan visi untuk memajukan bangsa dan menggaungkan nama bangsa ini dikancah internasional.

12. Ia mampu menjadi motivator, inspirator dan teladan yang baik bagi pengikutnya. Dengan memberikan motivasi, inspirasi dan teladan yang baik terhadap pengikutnya akan berdampak positif terhadap kemajuan bangsa. Bahwa pemimpi tidak dapat berjalan sendiri. Pemimpin harus bisa menjadi motivator dikala masyarakat sedang kacau. Pemimpinlah yang harus bisa membangkitkan semangat rakyat untuk meneruskan hidup.

Itulah kriteria seorangpresiden masa depanbangsa Indonesia. Semogadiantara para pemuda-pemudi Indonesia membaca dan merubah kemerosotan keadilan negeri ini menjadi lebih baik. Saya atas nama rakyat dari lapisan paling bawahberharap kepada kalian pemuda-pemudi Indonesia yang cemerlang. Bawalah harapan kami menjadi mimpi bagi kalianyang siap kalianwujudkan.

Referensi:

Argawi Kandito. 2011.Sukarno; The Leadership Secrets Of. Oncor Semesta Ilmu, Depok

 

Biodata Penulis

Nama : Yusman Alharis

Tempat/Tanggal Lahir : Probolinggo, 15 Maret 1993

Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Alamat Rumah : Jalan Merbabu III No 186 Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

No telepon seluler : 085746634314

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Facebook : Yusman Alharis

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.