Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Who Is The Next Soekarno? (121/M)

KOPI - Pemimpin sejati adalah ia yang mampu melihat pengikutnya dari berbagai sudut pandang, ia yang mampu menukarkan haknya kepada yang ia pimpin, ia yang meralakan waktunya untuk mengabdikan seluruhnya kepada yang ia pimpin. Pemimpin bukanlah suatu pangkat, derajat, kedudukan ataupun kekuasaan. Pemimpin adalah amanah, teladan, dan tanggung jawab. Lalu bagaimana dengan pemimpin negara ini ? Pertanyaan yang cukup membuat dahi kita mengerut. Lihatlah negara ini, negara yang kaya, bangsa yang besar, namun kenyataannya? Miris ketika melihat banyak penduduk miskin, anak-anak terlantar, gelandangan hingga pengemis pun menjalar dimana-mana, seolah mereka tidak punya pemimpin yang menjadi pegangan.

 

Pemimpin di era modernisasi saat ini seolah tak mempedulikan pengikutnya, seolah mengacuhkan segala jeritan yang terus menggema seantero negeri ini, menuntut KEADILAN. Bukankah mereka yang berada pada lapisan terbawah bangsa ini menjadi tanggung jawab negara? Namun kenapa hal itu harus terjadi? Saya sebagai penulis dengan mengatasnamakan mereka, mereka yang tersisih, mereka yang berada pada lapisan terbawah bangsa ini menyampaikan kriteria-kriteria presiden impian kami. Pemimpin masa depan kami, pemimpin yang tidak hanya haus akan kekuasaan, pemimpin yang tidak hanya memandang dengan sebelah mata, tetapi pemimpin yang berhati emas, pemimpin yang mampu melihat dengan mata hati.

1. Jujur, amanah, dapat dipercaya dan cerdas. Ketiga hal tersebut merupakan sifat-sifat rasul yang harus menjadi dasar seorang pemimpin. Kejujuran seorang pemimpin diperlukan, amanah dalam menyampaikan berita, dapat dipercaya sehingga rakyat tidak perlu kuwatir akan kebijakan-kebijakan yang dibuatnya dan cerdas dalam berbagai hal.

2. Mempunyai jiwa nasionalisme tinggi. Bukan ia yang telah menjadi “alumni” seorang tentara, bukan ia yang pandai teori-teori nasionalisme dalam ilmu pendidikan. Tetapi presiden dengan jiwa nasionalisme tinggi adalah ia yang menangis melihat negerinya menderita, mendengar rakyatnya menangis, yang rela menukarkan kenyamanan tidurnya demi bangsa dan negara. Ia yang tidak rela negaranya dihina dan diinjak-injak harga dirinya oleh bangsa lain.

3. Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Ia yang lebih mendahulukan tujuan akhirat daripada maksud duniawi. Nabi Muhammad SAW menunjukkan bahwa jalan akhirat itu lebih utama daripada kenikmatan dunia dengan seluruh isinya ini. Karena pandangannya yang selalu melihat akhirat sebagai tujuan, maka tidak ada yang sanggup menggoyahkan keyakinannya untuk menegakkan kebenaran. Begitulah yang seharusnya dipegang teguh seorang presiden. Bukan seorang yang telah lama berada di pesantren, bukan yang mendapat gelar ustadz atau kyai, tetapi presiden yang memiliki keyakinan dan iman yang teguh dalam menegakkan hukum dan keadilan di negeri ini.

4. Memiliki jiwa pemberani. Seperti yang dimiliki oleh sosok Soekarno, beliau memiliki rasa keberanian yang luar biasa yang belum pernah dimiliki oleh presiden negeri sekarang ini.Keberaniannya terlihat ketika beliau menyerukan ajakan "Ganyang Malaysia". Pada saat itu, Malaysia bertindak semena-mena terhadap rakyat Indonesia di perbatasan. Dengan semboyan "Merdeka atau Mati!" Soekarno berjuang sampai titik darah penghabisan dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Begitu pula pasca kemerdekaan, Sukarno menyerahkan hidup dan matinya demi kesejahteraan Nusantara. Rakyat menjadi orientasi utama dalam setiap kebijakannya, terutama kaum-kaum marjinal.

5. Ia yang memilih jalan tersukar untuk dirinya dan termudah untuk pengikutnya.Lihatlah teladan yang telah Nabi Muhammad SAW ajarkan. Walaupun beliau seorang rasul yang sudah dijamin surga, beliau lebih memilih jalan yang sukar demi kesejateraan umatnya. Beliau yang merelakan kelaparan demi mengenyangkan perut umatnya, beliau yang mengurangi tidurnya demi kedamaian umatnya. Negeri ini memerlukan sosok pemimpin seperti beliau. Pemimpin yang ikhlas menukarkan haknya untuk pengikutnya, pemimpin yang rela menukarkan kenyamanan tidurnya demi kedamaian pengikutnya. Adakah sosok yang seperti itu, di zaman pembaharuan seperti saat ini?. Jika ada maka tidak akan terdengar lagi nyanyian tentang tangisan rakyat miskin, tidak akan ada lagi orang miskin, tidak akan ada lagi penegemis-pengemis di jalanan, jika pemimpinnya peduli akan nasib rakyatnya.

6. Memiliki jiwa sosial yang tinggi. Rasa sosial berguna untuk memahami dan mengerti seberapa jauh seorang pemimpin dikenal oleh pengikutnya. Pemimpin yang mempunyai jiwa sosial tidak hanya ia yang memberikan uang kepada pengikutnya, bukan ia yang ingin disebut namanya ketika memberi, bukan yang selalu tampil di media masa ketika memberi. Tetapi pemimpin yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi adalah ia yang tidak ingin identitasnya diketahui pengikutnya atas pemberiannya.

7. Ia yang mampu mendahulukan yang lebih mendesak daripada yang bisa ditunda. Seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa ketika ada yang bertanya kepada beliau, mana yang harus dipilih apakah menyelamatkan seorang anak yang sedang menghadapi bahaya atau meneruskan shalat, maka beliau menyuruh untuk membatalkan shalat dan menyelamatkan anak yang sedang menghadapi bahaya. Contoh nyatanya sekarang ini adalah ketika seorang pemimpin harus mempertimbangkan antara pembangunan gedung DPR dengan kondisi rakyat maka pemimpin yang baik adalah mereka yang mengutamakan yang lebih mendesak, yaitu kepentingan rakyat daripada pembangunan gedung DPR.

8. Ia yang mempunyai jiwa karisma seorang pemimpin yang sejati. Seperti seorang yang pernah menjadi orang nomer satu di negeri ini, Ir. Soekarno. Beliau memiliki kharisma yang tidak adaduanya. Beliau mampu menyihir rakyatnya dengan pidato-pidatonya yang sangat dahsyat, menggugah rasa nasionalisme. Tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang nyaris sempurna yang pernah dimiliki bangsaini. Sifatnya yang karismatik dengan segala talenta yang beliau miliki menjadi daya tarik tersendiri. Pertanyaannya, masihkah Indonesia memiliki Soekarno-Soekarno kedua, ketiga dan seterusnya? Semoga saja diantara pemuda-pemudi Indonesia saat ini ada yang dapat menggantikan beliau menjadi Soekarno-Soekarno penerus bangsa.

9. Ia yang menjadikan orang-orang hebat sebagai inspiratornya. Pemimpin sejati tidak hanya belajar otodidak, tetapi pemimpin sejati ialah pemimpin yang mau belajar menjadi orang hebat kepada orang yang hebat pula. Jiwa itulah yang dimiliki oleh seorang Soekarno. Beliau banyak mengambil pelajaran dari orang-orang yang dikaguminya. Dari Gajah Mada, misalnya, Sukarno banyak belajar ilmu politik, ekonomi, nasionalisme, dan kenegaraan. Beliau juga belajar cara penyampaian ideologi dari metode dakwah Sunan Kalijaga. Masih banyak tokoh yang dikagumi Sukarno, seperti Ki Ronggowarsito, Jendral Sudirman, dan Dr Sutomo. Itulah pemimpin sejati, ia tidak hanya bisa menghebatkan diri dengan sendiri, tetapi ia merasa tidak ada nilainya dan masih haus akan kepemimpinan sehingga ia harus belajar atas orang-orang yang dianggapnya orang hebat. Bukankah diatas langit masih ada langit?

10. Memiliki jiwa sederhana dan mampu mengistimewakan rakyatnya. Pemimpin sejati tidak akan hanya bangga akan kehebatan dirinya sendiri, tetapi pemimpin sejati adalah ia yang mampu menghebatkan orang lain yaitu pengikutnya. Keberhasilan suatu pemimpin bukanlah bagaimana pemimpin itu menyelesaikan masalah sendiri, namun keberhasilan suatu pemimpin tergantung bagaimana ia memberhasilkan setiap individu-individu yang terdapat didalamnya. Memiliki jiwa sederhana dan berwibawa seperti inilah yang ditunggu-tunggu oleh bangsa ini.

11. Ia yang berfikir futuristik dan visioner. Pemimpin harus memiliki cita-cita dan tujuan kedepan yang jelas dan terstruktur. Pemimpin adalah penjual harapan. Tanpa adanya visi dan misi makasuatu negara tidak akan berkembang. Diperlukan pemimpin yang mampu berfikir kedepan, menentukan visi untuk memajukan bangsa dan menggaungkan nama bangsa ini dikancah internasional.

12. Ia mampu menjadi motivator, inspirator dan teladan yang baik bagi pengikutnya. Dengan memberikan motivasi, inspirasi dan teladan yang baik terhadap pengikutnya akan berdampak positif terhadap kemajuan bangsa. Bahwa pemimpi tidak dapat berjalan sendiri. Pemimpin harus bisa menjadi motivator dikala masyarakat sedang kacau. Pemimpinlah yang harus bisa membangkitkan semangat rakyat untuk meneruskan hidup.

Itulah kriteria seorangpresiden masa depanbangsa Indonesia. Semogadiantara para pemuda-pemudi Indonesia membaca dan merubah kemerosotan keadilan negeri ini menjadi lebih baik. Saya atas nama rakyat dari lapisan paling bawahberharap kepada kalian pemuda-pemudi Indonesia yang cemerlang. Bawalah harapan kami menjadi mimpi bagi kalianyang siap kalianwujudkan.

Referensi:

Argawi Kandito. 2011.Sukarno; The Leadership Secrets Of. Oncor Semesta Ilmu, Depok

 

Biodata Penulis

Nama : Yusman Alharis

Tempat/Tanggal Lahir : Probolinggo, 15 Maret 1993

Universitas : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Alamat Rumah : Jalan Merbabu III No 186 Kelurahan Triwung Lor Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo

No telepon seluler : 085746634314

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Facebook : Yusman Alharis

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRatusan Umat Islam Nyatakan Sikap atas P.....
11/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Ratusan Umat Islam yang tergabung ke dalam Solidaritas Umat Islam Jawa Barat Untuk Palestina menyatakan sikap atas klaim sepihak P [ ... ]



NASIONALPress Conference Big Bang Jakarta 2017.....
13/12/2017 | Naufal Shabrito

KOPI, Jakarta - Apa itu BigBang Jakarta 2017?  Big bang Jakarta merupakan pameran terbesar terlengkap dan yang pertama di akhir tahun. Dengan konten  [ ... ]



DAERAHBappeda Kota Gunungsitoli Komitmen Beri .....
13/12/2017 | Sulaiman Zuhdi Manik

Gunungsitoli/13/12/2017. Forum Anak Kota Gunungsitoli (FAKOLI) didampingi Dinas Pengendalian Penduduk, Ppemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak D [ ... ]



PENDIDIKANWalau Terima Dana BOS, MAN 1 Pringsewu M.....
05/12/2017 | Redaksi KOPI

KOPI. Pringsewu, Lampung - Kendati sudah menerima bantuan operasioanl sekolah (BOS) miliyaran rupiah, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu Provins [ ... ]



EKONOMIJikalahari: PT. RAPP dan APRIL Group M.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pelalawan - Siaran Pers tanggal 26 Oktober 2017 Jikalahari menilai PT. RAPP dan APRIL Grup melanggar UUD 1945, hukum Lingkungan Hidup dan Kehut [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATATentang Bandung Ada di Pojok Sejarah Ast.....
13/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI,  Bandung - Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung? Ibu Kota Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan Parijs Van Java. Bandung meru [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILForbes Rilis : Arini Subianto Masuk W.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Majalah Forbes merilis 50 orang memiliki kekayaan yang fantastis, seorang wanita menduduki peringkat ke 37 orang terkaya Indonesia ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAHeboh Kedekatan Mentri ESDM Jonan den.....
14/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kang mas Sutisyoso menuturkan “ Wajar dong pria suka wanita. lanjutkan ketua “ cakap  Pengamat, Penggemar wa [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBICentury Park Hotel, Senayan Jakarta Hadi.....
13/12/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Sambut datangnya tahun 2018 dengan perayaan yang tak terlupakan di Century Park Hotel, Senayan Jakarta.  Dengan lokasi yang sangat st [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.