Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Pemimpin Indonesia yang Ditaati Rakyat (143/M)

Pemimpin Indonesia yang Ditaati Rakyat (143/M)

...Tidak ada Negara tanpa pemimpin. Dan tidak ada pemimpin tanpa ketaatan. (Umar bin Khatab)

KOPI - Seseorang akan ditaati karena dua hal. Yang pertama karena dia sangat disegani, dan yang kedua adalah karena dia sangat dicintai. Beberapa orang beranggapan bahwa ditaati karena dicintai adalah lebih utama daripada ditaati karena disegani. Ini tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.

Jika seorang pemimpin ditaati hanya karena dia dicintai, maka tidak semua rakyatnya akan menaatinya. Karena tidak semua rakyatnya bisa mencintainya betapapun sang pemimpin telah berusaha dengan keras.

Sang Pemimpin tidak akan pernah bisa memaksa orang-orang tertentu yang berseberangan pendapat dengannya untuk mencintainya. Para Coruptor Wanna Be misalnya. Mereka pastilah akan membenci Sang Pemimpin setiap kali Sang Pemimpin mengeluarkan kebijakan yang membuat para Coruptor Wanna Be itu tidak bisa melakukan keinginannya. Karena itulah, sang pemimpin juga harus bisa menjadi sosok yang sangat disegani. Terutama oleh para Coruptor Wanna Be itu.

Untuk dapat menjadi sosok yang dicintai sekaligus disegani oleh rakyat, berikut ini kriteria yang harus dimiliki oleh Sang Pemimpin.

Yang pertama, Pemimpin Indonesia haruslah paham dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam hidupnya. Ini penting, karena pancasila adalah dasar Negara yang wajib diterapkan oleh seluruh bangsa Indonesia, tak terkecuali oleh pemimpinnya.

Yang kedua, Pemimpin Indonesia haruslah berperilaku baik. Istilah populernya, berakhlaq mulia. Akhlaq ini bukan hanya perilaku yang dipertontonkan di hadapan media dan rakyat. Melainkan juga dalam perilaku keseharian. Seperti suka bermusyawarah, tidak diktator, tidak suka berkata kotor, tidak suka melemparkan kesalahan pada orang lain, jujur, bisa dipercaya, tidak berbohong meskipun dalam candaan, serta bersih dari hal-hal kriminal seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Jika Sang Pemimpin memiliki akhlaq yang baik, termasuk dalam kehidupan pribadinya, niscaya ia akan bisa dicintai sekaligus disegani oleh seluruh rakyatnya. Bahkan, bisa jadi akhlaqnya yang mulia tersebut mampu menginspirasi banyak orang untuk kemudian diteladani.

Yang ketiga, Pemimpin Indonesia haruslah peduli pada rakyatnya. Yang harus dipikirkan oleh Sang Pemimpin adalah kemaslahatan warganya, bukan kemaslahatan diri dan kelompoknya.

Contoh kepedulian Sang Pemimpin pada rakyat misalnya peduli untuk memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak pada rakyat, sehingga pengangguran berkurang. Menganggur itu bisa mengeraskan hati dan membuat kasar perilaku. Jika angka pengangguran dapat ditekan, niscaya angka kriminalitas juga dapat diturunkan.

Tak hanya memberikan lebih banyak lapangan pekerjaan, Sang Pemimpin juga harus bisa memberi edukasi kepada masyarakat terkait dengan kemandirian. Agar masyarakat tidak terlalu cengeng dan tidak terlalu bergantung pada orang lain. Edukasi tersebut diperlukan untuk membuat masyarakat lebih bisa berinisiatif, berinovasi, serta kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri mereka sendiri. Selain itu, rasa percaya diri masyarakat juga harus diperbaiki. Agar masyarakat tidak lagi bermental budak.

Yang keempat, Pemimpin Indonesia haruslah bersedia dekat dengan rakyat. Salah satu contoh yang menarik adalah kisah Umar bin Khatab (tokoh pemimpin Islam) yang menginspeksi kesejahteraan rakyatnya hampir tiap malam. Sendirian, tanpa Panwal (Pasukan Pengawal).

Sang Pemimpin tidak bisa hanya mengandalkan laporan dari para menteri. Bagaimanapun, merasakan keadaan masyarakat langsung di lapangan akan jauh berbeda rasanya dengan hanya mendengar laporan dari menteri ataupun menonton berita dari televisi. Karena saat berada langsung di lapangan, seseorang akan dapat lebih berempati dengan kondisi nyata yang dihadapi oleh masyarakat.

Yang kelima, Pemimpin Indonesia harus bersedia dikritik oleh masyarakat, bahkan minta dikritik bila perlu. Salah satu contoh yang juga sangat menarik adalah kisah Umar bin Khatab yang menangis karena tak ada seorangpun dari menteri maupun rakyatnya yang berani mengkritiknya.

Teladan di era ini yang bisa kita ambil adalah seperti yang dilakukan oleh Joko Widodo, mantan Wali Kota Solo. Beliau mengumpulkan masyarakat untuk mengeluarkan uneg-uneg langsung di hadapannya. Tanpa melalui wakil. Langsung, face to face.

Keenam, Pemimpin Indonesia haruslah bersedia untuk tidak bermegah-megahan. Seperti Umar bin Abdul Aziz yang berpakaian lusuh dan bertambal setelah mengemban jabatan sebagai pimpinan tertinggi umat muslim. Ali bin Abi Thalib pernah berkata bahwa pemimpin yang bermegah-megahan akan menyakiti hati rakyatnya.

Jadi, meskipun Sang Pemimpin sebenarnya adalah seorang bangsawan, jauh sebelum ia mengemban jabatan sebagai Pemimpin Bangsa, sebaiknya ia menghindari gaya hidup yang bermegah-megah. Abu Bakar, Umar bin Khatab, dan Utsman bin Affan, adalah contoh lain dari pemimpin yang berasal dari kalangan kaya raya yang mendadak rela menjalani gaya hidup luar biasa sederhana setelah diamanahi menjadi pemimpin.

Ketujuh, Pemimpin Indonesia haruslah terlihat kuat dan memiliki harga diri. Tidak banyak curhat dan mengeluh pada rakyat. Juga tidak mudah goyah pendirian ketika dipengaruhi atau bahkan diancam oleh orang/negara lain. Dengan sikap ini, Pemimpin Indonesia tidak hanya akan disegani oleh rakyatnya, tapi juga oleh negara-negara lain di seluruh dunia.

Kedelapan, Pemimpin Indonesia haruslah memiliki sifat amanah (kompeten/professional di bidangnya). Sang Pemimpin harus benar-benar memahami ilmu tata negara. Ilmu tentang bagaimana cara membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

Kesembilan, Pemimpin Indonesia haruslah jauh dari sifat NATO (No Action, Talk Only). Perbuatan Sang Pemimpin haruslah selaras dengan apa yang ia katakan atau ia janjikan. Kalau Sang Pemimpin menghimbau warganya untuk mengurangi kemacetan, maka ia tidak boleh menambah kemacetan jalan dengan iring-iringan Panwalnya.

Kesepuluh, Pemimpin Indonesia haruslah mencintai rakyatnya. Karena dengan mencintai rakyatnya, Sang Pemimpin akan rela mengorbankan banyak hal dari dirinya. Dengan mencintai rakyatnya, Sang Pemimpin akan bersedia mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadinya.

Kesebelas, Pemimpin Indonesia haruslah bisa berbuat adil serta memberikan kesejahteraaan pada rakyatnya. Sang Pemimpin tidak boleh melakukan “tebang pilih” dalam menyelesaikan kasus kriminal. Sang Pemimpin juga harus bisa memaksimalkan APBN untuk sebaik-baik kesejahteraan rakyat. Bukan untuk kesejahteraan pribadi ataupun segolongan orang.

Last but not least, yang kedua belas, Pemimpin Indonesia haruslah seseorang yang takut pada Tuhannya. Ini luar biasa penting. Karena, kalau Sang Pemimpin takut pada Tuhannya, serta selalu merasa diawasi oleh-Nya, niscaya ia tidak akan melakukan penyimpangan-penyimpangan yang dimurkai oleh Tuhannya.

Kriteria-kriteria di atas sebenarnya tidak hanya berlaku bagi Pemimpin Indonesia. Melainkan juga berlaku untuk seluruh pejabat bangsa. Bahkan lebih dari itu, kriteria-kriteria tersebut akan sangat indah ketika dapat diaplikasikan oleh kita semua. Karena sejatinya, kita semua adalah pemimpin. Minimal pemimpin bagi diri kita sendiri. Wallahu ‘alam. Semoga bermanfaat.

 

Identitas Penulis

Nama: Erlinda Rakhmawati

Tempat/tanggal lahir: Purworejo, 1 Mei 1988

Nama Universitas: STMIK Amikom Yogyakarta

Alamat Universitas: Jl Ringroad Utara

Alamat Rumah: Jl Kemuning I No. 411 Perumnas Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Nomor telepon seluler: 087 839 478 036

Alamat e-mail: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun facebook: erlind kerren

 

Pasangan Mesum Digelandang Petugas Dari Kamar Kosnya
Kamis, 02 Juli 2015

Blitar, KOPI - Bulan Ramadhan baru berjalan setengah bulan, namun di bulan itu juga banyak pasangan mesum ( bukan suami istri. Red) yang terjaring razia petugas Satpol PP Kota Blitar.  Seperti pada minggu pertama di bulan Ramadhan, di Kota Blitar telah terjadi dua kali penggrebekan pasangan mesum di tempat kos-kosan. Malam pertama bulan Ramadhan, terjadi penggrebekan pasangan mesum di kos-kosan jalan Kedondong oleh warga setempat, kemudian... Baca selengkapnya...

Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Dibentak oleh Anggota Dewan
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru – DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) kota Pekanbaru banyak menerima laporan yang masuk kekami dari para tenaga pengajar/guru perihal pemotongan tunjangan dana sertifikasi tersebut. Seakan menganggap sepele hak para guru, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Prof Zulfadil terlihat pucat saat dibentak oleh Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga.   Emosi Politisi dari PDI-P ini meluap... Baca selengkapnya...

Para Guru Berdemontrasi , Buntut Pemotongan Dana Sertifikasi
Kamis, 02 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru - Guru pahlawan tanpa tanda jasa , tanpa guru kita tidak bisa baca tulis. Begitu besar jasa para guru mencerdaskan kehidupan anak bangsa, dan membentuk generasi penerus bangsa ini. Ratusan orang guru terdiri dari guru TK hingga SMA, Rabu (24/06/15) pagi berunjukrasa mendatangi kantor Walikota dan DPRD Kota Pekanbaru. Aksi demonstrasi para tenaga pengajar tersebut memprotes atas pemotongan dana sertifikasi yang dilakukan oleh... Baca selengkapnya...

Ikuti... Lomba Foto Polri Berhadiah Bingkisan Lebaran 2015
Rabu, 01 Juli 2015

KOPI – Menjelang dan pasca Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1436 H mendatang, Kepolisian Republik Indonesia akan mengelar “Operasi Ketupat 2015”. Kegiatan penting Polri ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam merayakan Hari Besar umat Islam tersebut agar dapat berlangsung lancar, aman, nyaman dan membahagiakan. Dalam rangka merekam setiap jejak langkah anggota Polri di lapangan saat melaksanakan tugas-tugas “Operasi Ketupat 2015”... Baca selengkapnya...

Terdakwa Pembunuh Ambalat Divonis 20 Tahun
Selasa, 30 Juni 2015

§ Keluarga korban tidak terima putusan hakim, karena bukti-bukti lain dihilangkan Blitar, KOPI - Kasus pembunuhan almarhumah Yuswanto, suami dari Nanik Yuswati (53), warga jalan Ambalat Nomor 8 Kota Blitar, korban pembunuhan pada 21 Januari 2015 lalu, akhirnya pada Selasa (30/6) sekitar pukul 12.48 kemarin, sidang putusannya dibacakan Majelis Hakim.   Sidang kasus pembunuhan Yuswanto tersebut dipimpin oleh Hakim Ketua, Yohanes Priyana,... Baca selengkapnya...

Korupsi Dana Bansos, Bupati Inhil H. Wardan Diminta Bersaksi
Senin, 29 Juni 2015

KOPI, Pangkalan Kerinci - Jajaran Polres Pelalawan satuan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Pelalawan akan melakukan pemanggilan terhadap Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan pada 3 Juli 2015 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Polres Pelalawan, AKBP Ade Johan Hasudungan Sinaga, hari Rabu (24/6/15), orang nomor satu di Inhil yakni Bupati Inhil Haji Muhammad Wardan akan dipanggil dalam kasus... Baca selengkapnya...

Pererat “Sling Silaturahmi”, Grup 3 Kopassus Buka Puasa Bersama Wartawan
Sabtu, 27 Juni 2015

KOPI - Media sebagai salah satu unsur potensial yang menguatkan semangat kebersamaan dan memiliki fungsi strategis, diharapkan dapat menjadikan prajurit khususnya di Grup 3 semakin cerdas, serta dapat memperluas wawasan, karena berita yang disampaikan bersifat edukatif dan informatif.     Hal tersebut disampaikan Komandan Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus, Kolonel Inf Richard TH Tampubolon, saat acara buka puasa bersama wartawan se Jabodetabek,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Jangan Ganggu Kerja Menteri Dengan Isu R.....
02/07/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Meski reshuffle kabinet merupakan hak prerogative presiden, namun isu reshuffle terus mengemuka di tengah masyarakat. Hal ini yan [ ... ]



DAERAH

Penyakit Ambeien Pada Kucing.....
01/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Wasir atau ambeien Pada kucing apabila tidak segera diobati akan menjadi gejala timbulnya penyakit wasir. Wasir atau ambeien p [ ... ]



PENDIDIKAN

Ezytravel Gelar Buka Puasa Bersama Dan W.....
01/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Buka Puasa Bersama selalu menjadi moment untuk berkumpul dan silaturahmi, bukan hanya milik perorangan tapi juga korporasi, seperti halnya ev [ ... ]



EKONOMI

ADVAN Gandeng Intel, Perkuat Pasar Table.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Untuk mendongkrak dinginnya pasar tablet PC lokal, ADVAN kembali menghadirkan terobosan melalui kerja sama dengan perusahaan raksasa perangkat  [ ... ]



HANKAM

Komandan Lanud Halim Perdanakusama Pecat.....
01/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Yang merusak nama institusi TNI (Tentara Nasional Indonesia) bukan dari eksternal melainkan  internal oknum anggota TNI tersebut. i [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Periode.....
02/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Pariwisata andalan penerimaan devisa non migas buat negara, pesona keindahaan alam Indonesia baik pegunungan, lautan, kebudayaan men [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Toko Asia Baru Foto Disatroni Maling, P.....
30/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Bagaimana nih Komandaaaaaaan, maling merajalela di wilayah kerja Polresta Pekanbaru. kemana tim Patroli Komandaaaaaan. Ini buktiny [ ... ]



POLITIK

Seminar Relawan ABJ Hadirkan Tapol Papua.....
01/07/2015 | Arifin

KOPI – Kelompok Relawan Jokowi yang tergabung dalam komunitas Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ), menggelar Seminar Nasional yang bertema “Pembebasan [ ... ]



OPINI

Renungan Tentang Korupsi Pajak.....
27/06/2015 | Subagyo

KOPI- Tulisan ini adalah pemikiran saya, renungan tentang sebuah kasus korupsi di pengadilan. Saya bukan mau adu pinter ilmu hukum, tapi adu kepekaan  [ ... ]



PROFIL

Kuartal Pertama Th 2015 Propam Polda Ri.....
06/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Enam belas orang oknum aparat kepolisian jajaran Polda Riau dan Polres se Riau terlibat narkoba dan di pecat urai AKBP Budi Sant [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

Sempena Hari Bhakti Adhyaksa ke-55 Keja.....
16/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru — Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa yang ke -55, dan ulang tahun  Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Ke- XV serta ulang tahun  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Akik.....
15/06/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Bongkahan batu terbelah menjadi irisan berarti... Di kedalamanpun kau digali... Di keruhnya sungai kau dicari... Di tebing, di hutan, di manapun ka [ ... ]



CURAHAN HATI

KDRT dan Terlantar Anak , H. Supian Hadi.....
27/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kota Waringin- Kemarin (Senin, 22/6), Hj. Iswanti melaporkan suaminya yakni H Supian Hadi Bupati Kota Waringin ke Polda Kalimantan Tengah atas [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Promo Sahur Sale, Ezytravel Beri Diskon .....
01/07/2015 | Arifin

KOPI - Permintaan tiket pesawat, hotel, tour dan paket di bulan puasa hampir selalu meningkat, karena lebaran menjadi moment untuk liburan baik bagi y [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.