Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Teladan Presiden Muda 2014 (183/U)

Teladan Presiden Muda 2014 (183/U)

“Pemimpin yg baik memahami bahwa teladan adalah sebuah alat yang ampuh dan efektif. Mereka menyadari bahwa keteladanan yang diberikannya berdaya pengaruh jauh lebih hebat dibandingkan bila ia hanya mengkotbahkannya, E.R Hardjapamekas”

KOPI - Indonesia adalah proyek yang belum selesai (Wirutomo, 2012). Pasca 66 tahun kemerdekaannya, indonesia masih tetap bertahan dengan predikat sebagai negara berkembang. Gaungan kesejahteraan rakyat sepertinya hanya menjadi sebuah impian yang utopis. Laju pertumbuhan penduduk tinggi, pengangguran, kesejangan sosial-ekonomi, kesehatan rendah, pendidikan belum merata, korupsi merajalela, penduduk miskin yang termajinalkan masih menjadi sejumlah polemik yang belum terselesaikan.

Oleh karena itu, dibutuhkan sosok baru yang memiliki idealisme yang tinggi untuk membawa indonesia menjadi negara Super Power dan bermetamorfosis menjadi negara maju yang disegani dunia. Penulis meyakini akar dari segala permasalahan yang ada di Indonesia saat ini adalah karena krisis keteladanan. Presiden 2014 haruslah dapat memberikan keteladanan bagi rakyatnya, karena bukan sesuatu hal yang mustahil, bila indonesia dengan segudang potensinya ditangan presiden baru yang mampu mengelola pemerintahan; mendobrak tradisi keburukan; seorang kemudi yang cermat; akan meruntuhkan masa kesuraman negeri ini. Keteladanan itu terangkum dalam 12 kriteria dibawah ini:

1. Agamis

Presiden yang agamis tidak harus berstatus kyai tapi bermental kyai, tidak harus pastur tapi bermoral pastur, tak perlu berstatus biksu tapi yang penting berperangai seperti biksu. Dia tidak akan mendiskriminasi penganut agama yang berbeda dengannya, mendeskriditkan tokoh agama lain bahkan mengintimidasi atas nama perbedaan agama. Karena ajaran agama bersifat inklusif, namun tetap dalam koridor agama masing-masing dan tidak menjiplak atau menyimpang dari agama yang memperoleh legalitas di Indonesia. Dan Bukankah falsafah negara kita pun menempatkan nilai ketuhanan yang maha esa sebagai sila pertama?

2. Visioner

Beranilah bermimpi besar niscaya matahari yang besar dan bulat itu dapat kau genggam. Itulah perumpaan optimisme akan masa depan ditangan presiden yang visioner. Melihat realita kondisi bangsa indonesia saat ini ia tidak menatap dengan wajah suram, justru ia melihat dengan wajah cerah akan potret indonesia di masa depan. Dia melihat dengan perspektif yang berbeda dan bahkan tak pernah orang duga. Presiden yang visioner juga berarti dia tahu persis step by step yang akan dilakukanya. Dengan program kerja yang terencana dan tersusun rapi (misi) mulai dari harian, mingguan, bulanan, tahunan, lima sampai sepuluh tahun kedepan telah terjadwal berdasarkan skala prioritas kesejahteraan rakyat.

3. Cerdas

Presiden yang cerdas diharapkan mampu memberikan tawaran solusi untuk memcahkan persoalan pelik bangsa dengan ide-ide yang brilian. Dia mampu mengurai benang masalah yang kusut menjadi lurus kembali. Gagasannya yang segar, belum pernah terfikirkan sebelumnya atau think out of the box mampu menjawab permasalahan yang ada. Mata dunia akan terbuka lebar, acap kali diawali dengan melihat sosok presidennya. Karena ia adalah representasi bangsa, orang terpilih dari ratusan juta orang rakyat indonesia. Cerdas disini juga mengacu pada pemahaman atas sejarah dan khazanah budaya bangsanya. Refleksi terhadap masa lalu dan mencintai kearifan lokal adalah modal awal untuk membentuk peradaban yang lebih mulia.

4. Amanah

Pada dasarnya seseorang bisa menjadi presiden karena ada rakyat yang memilihnya. Sehingga, akan sangat memalukan jika ia berkhianat dan justru malah menggunakan kekuasaanya untuk kepentingan pribadi. Ibarat pepatah mengatakan “kacang lupa pada kulitnya”, dia telah durhaka kepada rakyatnya. Maka penting sekali bagi seorang presiden untuk menganggap bahwa jabatan yang diembannya bukan sekadar posisi atau jabatan melainkan sebagai sebuah amanah mulia dari rakyatnya.

5. Merakyat

Penekanan dalam poin merakyat adalah mau mendengarkan dan melayani rakyat. Secara normatif, orang yang menginginkan suatu jabatan berarti mau mendengarkan dengan seksama dan melayani dengan sepenuh hati aspirasi rakyat yang dipimpinnya. Dosa besar sekali, ketika seorang pemimppin anya mau didengar tapi tidak mau menderngar jeritan nasib rakyatnya. Tentu ini menjadi catatan penting bagi kita untuk memilih presiden yang 100% peduli akan rakyat kecil. Dia mampu mengakumulasikan aspirasi rakyat sebagai dasar penentuan suatu kebijakan.

6. Loyalitas

Seorang presiden harus mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap negara dan rakyatnya. Loyalitas seorang presiden sangat dibutuhkan sebagai bentuk pengabdian nyata dan cinta tanah air. Dari ujung kaki sampai keujung kepala semua harus berlabel made in indonesia. Selain itu, landasan idiil dan konstitusional telah melekat dalam jiwanya sebagai prinsip dalam bertindak. Dia juga memiliki komitmen yang kuat untuk membangun bangsa indonesia. Loyalitas seseorang dapat dilihat dari track record sebelum dia menjadi seorang presiden. Bagaimana perjalanan karir, pendidikan dan prestasinya. Selain itu, tentu kita mencari pemimpin yang tidak cacat moral dimasa lalu, apalagi kalau memiliki catatan buruk di kepolisian.

7. Totalitas

Sebagai wujud kecintaan terhadap kecintaan terhadap bangsa dan negara maka akan dibuktikan dengan mengeerahkan seluruh tenaga dan fikirannya untuk Indonesia. Semangat perubahan terus mengalir dalam darahnya, menyatu dalam setiap detak jatungnya dan selalu menjadi fokus utamanya. Baginya kesejahteraan rakyat adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Totalitas juga akan melahirkan sikap prefesiaonal, disiplin dan berani menganggung resko. Dia berani untuk tidak di dikte bangsa asing, berani mengecam negara lain yang mencederai kedaulatan RI dan yang terpenting adalah adalah berani memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

8. Adil dan bijaksana

Adil dan bijaksana merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Adil berarti menempatkan sesuatu secara proporsional, sangat penting dalam menunjukan kredibilitas seorang presiden. Segala kebijakan yang diambil haruslah berdasarkan kepentingan umum bukan kepentingan pribadi, keluarga dan golongan tertentu. Dalam kriteria ini presiden harus benar-benar menanggalkan atribut kepartaianya (jika ia seorang anggot parpol). Adil dalam menempatkan segala perkara tanpa pandang bulu. Sedangkan bijaksana berarti tidak gegabah dalam mengambil setiap kebijakan dan selalu menggunakan kepala dingin tanpa disertai emosi sesaat.

9. Sinergi

Visi dan misi sehebat apapun tidak akan pernah tercapai apabila sinergisitas antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif serta lembaga lainnya tidak terpolarisasi. Konsep good governonce dan civic society selalu menjadi tujuan bersama dari semua lembaga. Bayangkan ketika seorang kusir memerintahkan untuk belok ke kanan tapi kudanya ke kiri maka sampai kapanpun kusir tersebut tidak akan pernah sampai tujuan. Kontradiksi antara pimpinan dan bawahan akan menimbulkan kekacauan, jadi presiden indonesia dimasa mendatang harus dapat mensinergikan semua lembaga negara. Sinergi juga berkaitan dengan managerial skill yang dimiliki presiden.

10. Enterpreneur

Menurut teori pertumbuhan ekonomi Schumpeter, pertumbuhan ekonomi suatu negara akan terwujud ketika terdapat banyak wirausaha/ enterpreneur. Tidak hanya berlaku bagi warga negaranya, tapi justru dimulai oleh orang nomor satunya. Ada korelasi yang jelas ketika sebelum menjadi seorang presiden dia berwirausaha dengan penghasilan jauh diatas gaji presiden, itu akan sedikit memperkecil peluang untuk korupsi karena dia telah memiliki pendapatan yang cukup walaupun secara alamiah sikap manusai adalah tidak pernah merasa puas. Enterpreneur juga dapat membawa dmpak positif bagi rakyatnya karena memiliki sosok panutan yang sukses, mandiri dan mau bekerja keras. Namun tetap, dia tidak mencampur adukan urusan kenegaraan dengan bisnis.

11. Karismatik

Kriteria selanjutnya presiden Indonesia dimasa mendatang adalah karismatik. Tidak semua orang memiliki sifat ini, karena sifat ini lahir dari pribadi yang mantap dan khas. Presiden yang karismatik ibarat magnet yang akan menarik banyak perhatian orang dan diikuti oleh semua kalangan.

12. Pemuda

Pemuda adalah orang yang berusaia sekitar 18 sampai 40 tahun. Dalam rentang usia tersebut, dia tengah ada dalam kondisi paling produktif. Ada banyak hal yang memebedakan seorang pemuda dengan rentang usia yang lainnya, diantaranya tekad dan nekat, mentalitas baja, idealisme yang mengakar, dan semangat tanpa batas. Presiden yang berasal dari kalangan muda bukan berarti dia orang awam yang tiba-tiba terjun kedunia politik, tapi dia adalah sosok yang tahu persis kondisi sosial, ekonomi, politik indonesia. Harapan dari seorang pemuda adalah gebrakannya yang berbeda dari presiden-presiden sebelumnya. Dia mampu mengayomi masyarakat dengan semangat juang yang tinggi.

 

Biodata Penulis:

Nama: Ahmad Mukrim

 

Save Ekonomi Indonesia, Selamatkan NKRI
Rabu, 28 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Mas Sugeng Triwardono mengatakan “ Ekonomi Indonesia ambruk, daya beli masyarakat lesu, pegawai negeri sipil (PNS/ASN) 4-5 bulan belum menerima gaji pada kuartal Januari hingga Mei 2017 kemaren. Belum lagi gaji terhutang tahun 2016 kemaren (red. Kepala Daerah) serta  tunjangan gaji yang belum diterima oleh Pegawai Negeri . Tidak ada prestasi dari Tim Ekonomi Kabinet Kerja , prestasinya menambah pinjaman... Baca selengkapnya...

Secret Report Jubir Presiden Adi Masardi
Selasa, 27 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Kini Presiden Amerika Serikat Donald Trump, seorang pebisnis bergerak di bidang usaha property atau Real estate, entertainment, perusahaan Air line. Saya mendapat inforamsi dari luar negeri, bisnis orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut tidak bergerak di Bidang pertambangan. Anak-anaknya dan menantunya berbisnis dalam bidang property, jasa, dan lain-lain. Zaman telah berubah.   Diduga Freefort Bermain di Balik... Baca selengkapnya...

Tradisi Hari Raya Ka Gun di Gunung Sahilan- Kampar
Senin, 26 Juni 2017

KOPI, Gunung Sahilan - Rumah adat Sompu tempat berkumpul bagi anak kemenakan satu suku Masyarakat Gunung Sahilan. Di sanalah mereka saling bermaafan dengan ninik mamak, sekaligus juga membicarakan soal masa depan suku, tanah soko, perincian uang soko. Dan disini pula tempat silaturrahim antar anak cucu, ninik mamak dengan sanak famili yang tinggal diluar Gunung Sahilan.   Lebaran Ka Gun, yaitu perayaan lebaran adat ini, dilaksanakan... Baca selengkapnya...

Dubes Maroko Bertukar Cenderamata dengan Ketum PPWI
Minggu, 25 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Duta Besar Berkuasa Penuh Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah berkenan memberikan cenderamata kepada ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, beberapa waktu lalu di kediaman resmi Dubes Maroko, Jl. Mataram No. 7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Cenderamata tersebut adalah bentuk penghargaan sang Duta Besar kepada alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu atas jasa-jasanya membantu Kedubes Maroko dalam... Baca selengkapnya...

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



POLITIKEddy Tanjung Saudagar Minang Berebut Ku.....
27/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Hiruk pikuk  suhu perpolitikan di Bumi Melayu Riau semakin gerah, menjelang pemilu serentak tahun 2018 nanti.  Saat ini beberapa o [ ... ]



OPINIPrediksi Dr. Rizal Ramli: Anjloknya L.....
28/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta - Ditempat kerjanya, Mas Sugeng Triwardono mengatakan " Tim ekonomi Kabinet Jokowi bikin ambruk negara. Perekonomian lesu, daya beli mas [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIHari Raya Idul Fitri 1438 H, Yonif 115/M.....
24/06/2017 | Haes Hajuna

KOPI, ACEH SELATAN - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Yonif 115/ML beserta kompi-kompi jajaran Yonif 115/ML menyerahkan zakat fitra [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBISekjen IMASEPA Jabar Mengucapkan Selamat.....
25/06/2017 | Barnabas Subagio

KOPI - Bandung, Sekretaris Jenderal Ikatan Mahasiswa Se-Tanah Papua Jawa Barat (Sekjen IMASEPA JABAR) Leonardus O. Magai mengucapkan Selamat meray [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.