Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Teladan Presiden Muda 2014 (183/U)

Teladan Presiden Muda 2014 (183/U)

“Pemimpin yg baik memahami bahwa teladan adalah sebuah alat yang ampuh dan efektif. Mereka menyadari bahwa keteladanan yang diberikannya berdaya pengaruh jauh lebih hebat dibandingkan bila ia hanya mengkotbahkannya, E.R Hardjapamekas”

KOPI - Indonesia adalah proyek yang belum selesai (Wirutomo, 2012). Pasca 66 tahun kemerdekaannya, indonesia masih tetap bertahan dengan predikat sebagai negara berkembang. Gaungan kesejahteraan rakyat sepertinya hanya menjadi sebuah impian yang utopis. Laju pertumbuhan penduduk tinggi, pengangguran, kesejangan sosial-ekonomi, kesehatan rendah, pendidikan belum merata, korupsi merajalela, penduduk miskin yang termajinalkan masih menjadi sejumlah polemik yang belum terselesaikan.

Oleh karena itu, dibutuhkan sosok baru yang memiliki idealisme yang tinggi untuk membawa indonesia menjadi negara Super Power dan bermetamorfosis menjadi negara maju yang disegani dunia. Penulis meyakini akar dari segala permasalahan yang ada di Indonesia saat ini adalah karena krisis keteladanan. Presiden 2014 haruslah dapat memberikan keteladanan bagi rakyatnya, karena bukan sesuatu hal yang mustahil, bila indonesia dengan segudang potensinya ditangan presiden baru yang mampu mengelola pemerintahan; mendobrak tradisi keburukan; seorang kemudi yang cermat; akan meruntuhkan masa kesuraman negeri ini. Keteladanan itu terangkum dalam 12 kriteria dibawah ini:

1. Agamis

Presiden yang agamis tidak harus berstatus kyai tapi bermental kyai, tidak harus pastur tapi bermoral pastur, tak perlu berstatus biksu tapi yang penting berperangai seperti biksu. Dia tidak akan mendiskriminasi penganut agama yang berbeda dengannya, mendeskriditkan tokoh agama lain bahkan mengintimidasi atas nama perbedaan agama. Karena ajaran agama bersifat inklusif, namun tetap dalam koridor agama masing-masing dan tidak menjiplak atau menyimpang dari agama yang memperoleh legalitas di Indonesia. Dan Bukankah falsafah negara kita pun menempatkan nilai ketuhanan yang maha esa sebagai sila pertama?

2. Visioner

Beranilah bermimpi besar niscaya matahari yang besar dan bulat itu dapat kau genggam. Itulah perumpaan optimisme akan masa depan ditangan presiden yang visioner. Melihat realita kondisi bangsa indonesia saat ini ia tidak menatap dengan wajah suram, justru ia melihat dengan wajah cerah akan potret indonesia di masa depan. Dia melihat dengan perspektif yang berbeda dan bahkan tak pernah orang duga. Presiden yang visioner juga berarti dia tahu persis step by step yang akan dilakukanya. Dengan program kerja yang terencana dan tersusun rapi (misi) mulai dari harian, mingguan, bulanan, tahunan, lima sampai sepuluh tahun kedepan telah terjadwal berdasarkan skala prioritas kesejahteraan rakyat.

3. Cerdas

Presiden yang cerdas diharapkan mampu memberikan tawaran solusi untuk memcahkan persoalan pelik bangsa dengan ide-ide yang brilian. Dia mampu mengurai benang masalah yang kusut menjadi lurus kembali. Gagasannya yang segar, belum pernah terfikirkan sebelumnya atau think out of the box mampu menjawab permasalahan yang ada. Mata dunia akan terbuka lebar, acap kali diawali dengan melihat sosok presidennya. Karena ia adalah representasi bangsa, orang terpilih dari ratusan juta orang rakyat indonesia. Cerdas disini juga mengacu pada pemahaman atas sejarah dan khazanah budaya bangsanya. Refleksi terhadap masa lalu dan mencintai kearifan lokal adalah modal awal untuk membentuk peradaban yang lebih mulia.

4. Amanah

Pada dasarnya seseorang bisa menjadi presiden karena ada rakyat yang memilihnya. Sehingga, akan sangat memalukan jika ia berkhianat dan justru malah menggunakan kekuasaanya untuk kepentingan pribadi. Ibarat pepatah mengatakan “kacang lupa pada kulitnya”, dia telah durhaka kepada rakyatnya. Maka penting sekali bagi seorang presiden untuk menganggap bahwa jabatan yang diembannya bukan sekadar posisi atau jabatan melainkan sebagai sebuah amanah mulia dari rakyatnya.

5. Merakyat

Penekanan dalam poin merakyat adalah mau mendengarkan dan melayani rakyat. Secara normatif, orang yang menginginkan suatu jabatan berarti mau mendengarkan dengan seksama dan melayani dengan sepenuh hati aspirasi rakyat yang dipimpinnya. Dosa besar sekali, ketika seorang pemimppin anya mau didengar tapi tidak mau menderngar jeritan nasib rakyatnya. Tentu ini menjadi catatan penting bagi kita untuk memilih presiden yang 100% peduli akan rakyat kecil. Dia mampu mengakumulasikan aspirasi rakyat sebagai dasar penentuan suatu kebijakan.

6. Loyalitas

Seorang presiden harus mempunyai dedikasi yang tinggi terhadap negara dan rakyatnya. Loyalitas seorang presiden sangat dibutuhkan sebagai bentuk pengabdian nyata dan cinta tanah air. Dari ujung kaki sampai keujung kepala semua harus berlabel made in indonesia. Selain itu, landasan idiil dan konstitusional telah melekat dalam jiwanya sebagai prinsip dalam bertindak. Dia juga memiliki komitmen yang kuat untuk membangun bangsa indonesia. Loyalitas seseorang dapat dilihat dari track record sebelum dia menjadi seorang presiden. Bagaimana perjalanan karir, pendidikan dan prestasinya. Selain itu, tentu kita mencari pemimpin yang tidak cacat moral dimasa lalu, apalagi kalau memiliki catatan buruk di kepolisian.

7. Totalitas

Sebagai wujud kecintaan terhadap kecintaan terhadap bangsa dan negara maka akan dibuktikan dengan mengeerahkan seluruh tenaga dan fikirannya untuk Indonesia. Semangat perubahan terus mengalir dalam darahnya, menyatu dalam setiap detak jatungnya dan selalu menjadi fokus utamanya. Baginya kesejahteraan rakyat adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Totalitas juga akan melahirkan sikap prefesiaonal, disiplin dan berani menganggung resko. Dia berani untuk tidak di dikte bangsa asing, berani mengecam negara lain yang mencederai kedaulatan RI dan yang terpenting adalah adalah berani memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

8. Adil dan bijaksana

Adil dan bijaksana merupakan dua hal yang sulit dipisahkan. Adil berarti menempatkan sesuatu secara proporsional, sangat penting dalam menunjukan kredibilitas seorang presiden. Segala kebijakan yang diambil haruslah berdasarkan kepentingan umum bukan kepentingan pribadi, keluarga dan golongan tertentu. Dalam kriteria ini presiden harus benar-benar menanggalkan atribut kepartaianya (jika ia seorang anggot parpol). Adil dalam menempatkan segala perkara tanpa pandang bulu. Sedangkan bijaksana berarti tidak gegabah dalam mengambil setiap kebijakan dan selalu menggunakan kepala dingin tanpa disertai emosi sesaat.

9. Sinergi

Visi dan misi sehebat apapun tidak akan pernah tercapai apabila sinergisitas antara lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif serta lembaga lainnya tidak terpolarisasi. Konsep good governonce dan civic society selalu menjadi tujuan bersama dari semua lembaga. Bayangkan ketika seorang kusir memerintahkan untuk belok ke kanan tapi kudanya ke kiri maka sampai kapanpun kusir tersebut tidak akan pernah sampai tujuan. Kontradiksi antara pimpinan dan bawahan akan menimbulkan kekacauan, jadi presiden indonesia dimasa mendatang harus dapat mensinergikan semua lembaga negara. Sinergi juga berkaitan dengan managerial skill yang dimiliki presiden.

10. Enterpreneur

Menurut teori pertumbuhan ekonomi Schumpeter, pertumbuhan ekonomi suatu negara akan terwujud ketika terdapat banyak wirausaha/ enterpreneur. Tidak hanya berlaku bagi warga negaranya, tapi justru dimulai oleh orang nomor satunya. Ada korelasi yang jelas ketika sebelum menjadi seorang presiden dia berwirausaha dengan penghasilan jauh diatas gaji presiden, itu akan sedikit memperkecil peluang untuk korupsi karena dia telah memiliki pendapatan yang cukup walaupun secara alamiah sikap manusai adalah tidak pernah merasa puas. Enterpreneur juga dapat membawa dmpak positif bagi rakyatnya karena memiliki sosok panutan yang sukses, mandiri dan mau bekerja keras. Namun tetap, dia tidak mencampur adukan urusan kenegaraan dengan bisnis.

11. Karismatik

Kriteria selanjutnya presiden Indonesia dimasa mendatang adalah karismatik. Tidak semua orang memiliki sifat ini, karena sifat ini lahir dari pribadi yang mantap dan khas. Presiden yang karismatik ibarat magnet yang akan menarik banyak perhatian orang dan diikuti oleh semua kalangan.

12. Pemuda

Pemuda adalah orang yang berusaia sekitar 18 sampai 40 tahun. Dalam rentang usia tersebut, dia tengah ada dalam kondisi paling produktif. Ada banyak hal yang memebedakan seorang pemuda dengan rentang usia yang lainnya, diantaranya tekad dan nekat, mentalitas baja, idealisme yang mengakar, dan semangat tanpa batas. Presiden yang berasal dari kalangan muda bukan berarti dia orang awam yang tiba-tiba terjun kedunia politik, tapi dia adalah sosok yang tahu persis kondisi sosial, ekonomi, politik indonesia. Harapan dari seorang pemuda adalah gebrakannya yang berbeda dari presiden-presiden sebelumnya. Dia mampu mengayomi masyarakat dengan semangat juang yang tinggi.

 

Biodata Penulis:

Nama: Ahmad Mukrim

 

Deputi IV Staf Presiden Hadiri Pelantikan Suroto sebagai Ketua DPW Permata Riau
Minggu, 30 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Tatang B . Tama Deputi IV kantor Staff kepresidenan membidani lahirnya Permata (Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi). Permata relawan pasangan Jokowi - Jusuf Kalla saat Pilpres tahun 2014 kemaren. Ketua Umum DPP Permata,  Yana Achbarie melantik pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Propinsi Riau yakni Suroto, ST, MT sebagai ketua DPW Permata Riau, Sekretaris Dalimin. Dalam sambutannya Yana mengatakan, “Program Permata... Baca selengkapnya...

YAPMI Gandeng PPWI Selenggarakan Pemilihan Top Model Junior Indonesia 2017
Sabtu, 29 April 2017

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil konsultasi dan pertemuan PPWI Nasional dengan perwakilan dari Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI), kedua pihak bersepakat untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam penyelenggaraan event pemilihan Top Model Junior Indonesia tahun 2017, yang grand finalnya akan diadakan di Jakarta pada September 2017. "Kegiatan audisi pemilihan calon Top Model Junior di daerah-daerah akan berlangsung di bulan Mei s/d... Baca selengkapnya...

Komedi Senyum Lakukan Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan Maria Immaculata
Kamis, 27 April 2017

KOPI, Jakarta - Seiring dengan arus modernisasi dan globalisasi yang masuk dalam kehidupan kita saat ini, termasuk serangan pengaruh budaya barat yang begitu sedemikian dahsyatnya menerpa generasi muda kita, yang dampaknya tidaknya di kota metropolitan saja, namun sudah sampai ke daerah-daerah nusantara pelosok, yang sudah tidak mampu lagi dibendung oleh pemerintah kita yang menyebabkan, perubahan yang sangat mendasar pada tatanan kehidupan... Baca selengkapnya...

Alamak... Cantik Kali, Supir Uber Taksi Filipina
Rabu, 26 April 2017

KOPI, Filipina - Pemerintah kota Pekanbaru kurang kreatif, bila supir Trans Metro atau Bus Way pengemudinya seorang wanita cantik dan seksi , pasti banyak orang menaiki bus Trans Metro khususnya pria dari berbagai latar belakang profesi dan suku.   Bus Trans Metro milik Pemkot (Pemerintah kota Pekanbaru) pengemudinya pria.Pengelola bus Trans Metro tidak kreatif, inovatif mencari gebrakan baru agar masyarakat pergi kekantor menaiki bus... Baca selengkapnya...

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHBersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen .....
29/04/2017 | M. Dwi Richa JP

Bersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen Wujudkan Pemerintahan Bersih KOPI, Pasaman - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Republik Indonesia meminta  [ ... ]



EKONOMIMother & Baby Fair 2017 Digelar 2 Kali d.....
27/04/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Menginjak tahun ke-10, untuk pertama kalinya Mother & Baby Fair Jakarta diselenggarakan 2 kali dalam setahun. Periode pertama digelar  [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



PARIWISATAPesona Wisata Sampuran Sorosah Kabupaten.....
24/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

Pesona Wisata Sampuran Sorosah April 24, 2017 KOPI, Pasaman : Satu lagi Destinasi Wisata Air Terjun yang tersembunyi di Alam Pasaman. Air Te [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIPenelitian Tindakan, Mengapa Begitu Pent.....
11/04/2017 | Nova Indra

Cara yang digunakan untuk mengeksplorasi informasi untuk memperoleh variasi perbaikan alternatif atas dasar aspek praktis; dalam hal ini adalah memp [ ... ]



PROFILBrigadir David Gusmanto Bhabinkamtibmas .....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Taratakbuluh- Brigadir David Gusmanto , Bhabinkamtibmas desa Teratak buluh, Polsek Siak Hulu, kabupaten Kampar, propinsi Riau berdayakan pemuda [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



SERBA-SERBIKetua Bhayangkari Riau Milawati Kagum.....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan – Kagum dengan keindahan batik tulis bono Pelalawan, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Ibu Milawati Zulkarnain beserta rombongan  melak [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.