Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Karakter Pilihan untuk Sang Presiden Idaman (248/U)

Karakter Pilihan untuk Sang Presiden Idaman (248/U)

KOPI - Indonesia dianugerahi Tuhan dengan kekayaan alam yang amat berlimpah ruah, ratusan juta penduduk, keanekaragaman adat istiadat, suku, agama dan sebagainya. Sebagai bangsa yang besar, sangat penting bagi kita memilih sosok Presiden yang berkarakter dan memiliki kapasitas sebagai pemersatu bangsa dan negara.

Banyak kriteria calon Presiden berkarakter yang layak untuk dikemukakan. Pertama, orang yang dicalonkan, bukan orang yang mencalonkan diri. Terdapat garis pemisah yang jelas antara orang yang dicalonkan dengan orang yang mencalonkan diri sebagai pemimpin. Orang yang mencalonkan diri memiliki sikap ambisius terhadap kekuasaan dan kepopuleran, melebihi ambisinya untuk mengabdi. Ambisi besarnya melupakan dirinya terhadap resiko menjadi pemimpin, tidak sadar akan konsekuensi dan besarnya tanggung jawab seorang pemimpin, lupa dengan beratnya pertanggungjawaban di mahkamah Allah SWT dan di hadapan manusia. Orang yang berlomba-lomba dan berambisi menjadi seorang pemimpin berpeluang melakukan cara-cara curang dan illegal demi memenuhi ambisinya. Ada banyak kepentingan yang disandang. Cenderung ingin menancapkan pengaruh ke seluruh penjuru, mengendalikan orang lain, dan menangguk keuntungan bagi kepentingan pribadi dan kelompoknya. Sikap yang ambisius menunjukkan sebuah kelemahan. Sangat berbeda dengan karakter orang yang dicalonkan, dia dicalonkan atas dasar kemampuannya dan diyakini mampu menyelesaikan banyak persoalan bangsa, dia akan merasa bertanggung jawab mengemban amanah, merasa didukung sepenuhnya oleh rakyat, dia terfokus untuk menuntaskan segala masalah tanpa tersulut kepentingan tertentu. Memungkinkan dia lebih terbuka dan dekat bersama orang yang dipimpinnya. Indonesia dengan bejibun masalahnya, hanya butuh karya seorang anak bangsa yang tahu tanggung jawabnya, diamanahkan dan dicalonkan dengan sukarela oleh orang lain.

Kedua, tidak terikat masalah atau tersangkut kasus masa lalu. Bebas dari masalah hukum dan terpaan isu-isu negatif. Tak ada asap jika tak ada api, meskipun kita tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah, namun tetap saja berbagai masalah terkait masa lalu akan menjadi beban dan mengurangi kepercayaan rakyat terhadap pemimpinnya. Kepemimpinan sang Presiden bisa digugat di tengah jalan, perintahnya bisa diabaikan oleh rakyatnya, semuanya berpotensi terjadi kekacauan dan ketidakpercayaan terhadap figur sang Presiden. Kehadiran Presiden berkarakter seperti ini bisa menjadi pemicu perubahan dalam upaya memberantas korupsi, suap, asusila pejabat dan penegakan hukum.

Ketiga, berusia di bawah lima puluh tahun. Usia muda identik dengan tingkat agresifitas dan semangat yang tinggi, disaat itulah usia emas dan kematangan berpikir seorang manusia terjadi, kematangan yang berkolaborasi dengan keberanian mengeksekusi sebuah keputusan tentu akan menghasilkan kebijakan yang aspiratif. Beban tugas sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan haruslah diemban oleh orang yang kuat secara fisik, cerdas dalam berfikir, enerjik dan bersemangat dalam menjalankan tugas. Karakter muda perlu dimiliki oleh Presiden Indonesia mendatang.

Keempat, sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Prinsip hidup sederhana akan menjadi teladan sempurna dari seorang pemimpin kepada orang yang dipimpinnya. Sudah selayaknya seorang Presiden hidup secara sederhana dan berjiwa pelayan. Selama ini, yang terjadi adalah sikap bermewah-mewahan, banyak seremonial, dan dijubeli dengan berbagai fasilitas mewah. Presiden berkarakter sederhana bukanlah seorang yang suka dilayani, bukan pula yang suka dipayungi, tapi pemimpin yang sederhana adalah pemimpin yang seakan tak ada beda dengan rakyatnya. Sekarang bukan lagi zamannya feodal, zaman yang dipimpin kalangan bangsawan yang membuat rakyat keder bertemu pemimpinnya.

Nabi Muhammad SAW suatu ketika pernah bersabda: “Jika umatku kenyang, biarlah aku orang yang terakhir merasakannya. Dan jika umatku lapar, biarlah aku orang yang pertama merasakannya”, sungguh sebuah keteladanan dan puncak prestasi yang sulit disamai oleh banyak pemimpin saat ini, namun setidaknya mengikuti jejaknya dalam pola hidup sederhana dan melayani rakyat bukanlah hal yang mustahil untuk ditiru, semuanya kembali kepada kemauan dan prinsip hidup sang pemimpin. Kita merindukan karakter pemimpin yang demikian. Pemimpin yang jauh dari sifat keserakahan dan mengejar materi semata.

Kelima, responsif dan cepat tanggap. Cepat dalam menanggapi masalah yang muncul adalah karakter pemimpin idaman yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Presiden yang responsif akan langsung terjun ke lapangan saat musibah dan bencana melanda, bersegera turun menjadi penengah terhadap ketidakpuasan rakyat, dan cepat mengendalikan situasi meredam amarah rakyatnya. Presiden seperti ini tidak akan tenang sebelum dia hadir menyapa rakyatnya, dia tak sekedar memberi instruksi formalitas semata, tetapi juga turut bersimpati dan hadir di tengah-tengah rakyatnya.

Keenam, berjiwa entrepreneur. Karakter entrepreneurship seperti kreatif, inovatif, berani, optimis dan tak takut gagal akan menjadi sumber kekuatan sang Presiden dalam mengembangkan segala sumber daya yang dimiliki. Kejelian sang pemimpin dibutuhkan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan menjadi lebih baik. Jika semua terberdayakan, maka seluruh lini kepemimpinannya juga akan mengalami peningkatan. Pola pikir entrepreneurship akan mempengaruhi langkah-langkah pemimpin dalam memanajerial dan merumuskan kebijakannya.

Ketujuh, terbuka dengan kritik dan saran. Seringkali seorang Presiden cenderung memaksakan kehendak dan ego kekuasaannya kepada rakyat, sering abai terhadap saran yang diberikan, suka bungkam terhadap kritik yang dilayangkan, hal ini jelas bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh rakyat. Rakyat sudah berupaya menunjukkan peran aktifnya dalam memberikan sumbangsih pemikiran dan pendapatnya, semata-mata hanya karena kecintaan mereka terhadap tanah airnya, dibutuhkan kehebatan sang Presiden dalam menyatukan pandangannya dengan saran dan kritik yang disampaikan oleh rakyatnya.

Kedelapan, komunikatif dan santun. Presiden yang pandai mengkomunikasikan gagasannya secara santun tentu akan lebih disukai oleh rakyatnya. Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang mampu memberikan rasa aman kepada rakyat dan kaya akan solusi dari peliknya masalah yang melanda bangsa.

Kesembilan, berani dan berinisiatif melakukan perubahan. Setiap perubahan kecil pasti memberikan dampak secara nyata, apalagi perubahan besar dengan terobosan-terobosan yang terukur, tentu akan berdampak lebih signifikan. Banyak hal yang bisa diselesaikan jika ada keberanian membuat perubahan. Setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, selalu terbuka ruang untuk diperbarui sistemnya, perubahan menuntut pengorbanan dan keluar dari zona nyaman, hasil akhirnya akan mampu memberikan suatu efektifitas dan efisiensi kinerja. Presiden berkarakter seperti ini berpeluang menciptakan sejarah indahnya dengan tinta emas kejayaan bangsa, karena setiap perubahan selalu kearah yang lebih baik, dan suatu kesalahan akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan.

Kesepuluh, berwawasan global. Tidak hanya paham pada satu bidang, tapi juga mampu secara optimal memahami semua aspek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kesuksesan seorang pemimpin terletak pada kemampuan manajerialnya, sementara kemampuan manajerial tergantung pada seberapa besar wawasan global dan kebangsaan yang dimiliki. Wawasan yang luas tentu akan berpeluang membuka ruang-ruang kesuksesan dalam menjalankan roda pemerintahan.

Kesebelas, mampu membangun jaringan yang luas di dunia internasional. Penting bagi Indonesia untuk menjalin hubungan baik dengan negara lain demi menjaga stabilitas regional maupun internasional. Seorang Presiden harus mampu membangun komunikasi dengan pemerintahan negara lain dalam rangka penyejajaran diri dengan bangsa lain yang sudah maju, sebagai upaya memacu pertumbuhan bangsa dari ketertinggalan. Indonesia pasti bisa berperan lebih besar di kancah internasional, Indonesia pasti bisa menjadi bangsa yang besar dan disegani negara lain, bukan lagi dianggap sebagai negara gagal, sudah saatnya Indonesia memiliki pemimpin yang kuat dan sanggup membawa Indonesia ke lingkup yang lebih luas.

Keduabelas, memiliki konsep dan visi memimpin Indonesia. Konsep dan visi ini akan menjadi arahan utama kemana bangsa dan negara ini mau dibawa, akan dibentuk seperti apa Indonesia beberapa tahun mendatang, dia memiliki platform yang terencana dan terarah sebagai pedoman dalam menjalankan tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Target dan pencapaian bangsa selalu menjadi prioritas dan senantiasa dijadikan bahan evaluasi untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Menarik untuk disimak berbagai karakter ideal calon Presiden Indonesia mendatang, semua karakter ini bukanlah hal yang mutlak bagi setiap calon, teramat sulit menemukan calon yang ideal karena ketidaksempurnaan kita sebagai manusia, namun calon yang mendekati kriteria, maka dia layak dan pantas untuk dipilih menjadi nakhoda Indonesia di masa yang akan datang.

 

Biodata Penulis

NAMA : VONI SUSANTO

TTL : TALANG, 24 JUNI1988

UNIVERSITAS : UNIVERSITAS NEGERI PADANG (UNP)

ALAMAT RUMAH : JL. PATENGGANGAN KOMPLEK HARKA D/7 AIR TAWAR BARAT PADANG

HANDPHONE : +6281363531198

EMAIL/FB : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it


Artikel Lainnya:

 

Deputi IV Staf Presiden Hadiri Pelantikan Suroto sebagai Ketua DPW Permata Riau
Minggu, 30 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Tatang B . Tama Deputi IV kantor Staff kepresidenan membidani lahirnya Permata (Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi). Permata relawan pasangan Jokowi - Jusuf Kalla saat Pilpres tahun 2014 kemaren. Ketua Umum DPP Permata,  Yana Achbarie melantik pengurus DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Propinsi Riau yakni Suroto, ST, MT sebagai ketua DPW Permata Riau, Sekretaris Dalimin. Dalam sambutannya Yana mengatakan, “Program Permata... Baca selengkapnya...

YAPMI Gandeng PPWI Selenggarakan Pemilihan Top Model Junior Indonesia 2017
Sabtu, 29 April 2017

KOPI, JAKARTA - Berdasarkan hasil konsultasi dan pertemuan PPWI Nasional dengan perwakilan dari Yayasan Pembina Model Indonesia (YAPMI), kedua pihak bersepakat untuk saling mendukung dan bekerjasama dalam penyelenggaraan event pemilihan Top Model Junior Indonesia tahun 2017, yang grand finalnya akan diadakan di Jakarta pada September 2017. "Kegiatan audisi pemilihan calon Top Model Junior di daerah-daerah akan berlangsung di bulan Mei s/d... Baca selengkapnya...

Komedi Senyum Lakukan Kunjungan Sosial ke Panti Asuhan Maria Immaculata
Kamis, 27 April 2017

KOPI, Jakarta - Seiring dengan arus modernisasi dan globalisasi yang masuk dalam kehidupan kita saat ini, termasuk serangan pengaruh budaya barat yang begitu sedemikian dahsyatnya menerpa generasi muda kita, yang dampaknya tidaknya di kota metropolitan saja, namun sudah sampai ke daerah-daerah nusantara pelosok, yang sudah tidak mampu lagi dibendung oleh pemerintah kita yang menyebabkan, perubahan yang sangat mendasar pada tatanan kehidupan... Baca selengkapnya...

Alamak... Cantik Kali, Supir Uber Taksi Filipina
Rabu, 26 April 2017

KOPI, Filipina - Pemerintah kota Pekanbaru kurang kreatif, bila supir Trans Metro atau Bus Way pengemudinya seorang wanita cantik dan seksi , pasti banyak orang menaiki bus Trans Metro khususnya pria dari berbagai latar belakang profesi dan suku.   Bus Trans Metro milik Pemkot (Pemerintah kota Pekanbaru) pengemudinya pria.Pengelola bus Trans Metro tidak kreatif, inovatif mencari gebrakan baru agar masyarakat pergi kekantor menaiki bus... Baca selengkapnya...

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHBersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen .....
29/04/2017 | M. Dwi Richa JP

Bersama KPK, 19 Kabupaten/Kota Komitmen Wujudkan Pemerintahan Bersih KOPI, Pasaman - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  Republik Indonesia meminta  [ ... ]



EKONOMIMother & Baby Fair 2017 Digelar 2 Kali d.....
27/04/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Menginjak tahun ke-10, untuk pertama kalinya Mother & Baby Fair Jakarta diselenggarakan 2 kali dalam setahun. Periode pertama digelar  [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



PARIWISATAPesona Wisata Sampuran Sorosah Kabupaten.....
24/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

Pesona Wisata Sampuran Sorosah April 24, 2017 KOPI, Pasaman : Satu lagi Destinasi Wisata Air Terjun yang tersembunyi di Alam Pasaman. Air Te [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIPenelitian Tindakan, Mengapa Begitu Pent.....
11/04/2017 | Nova Indra

Cara yang digunakan untuk mengeksplorasi informasi untuk memperoleh variasi perbaikan alternatif atas dasar aspek praktis; dalam hal ini adalah memp [ ... ]



PROFILBrigadir David Gusmanto Bhabinkamtibmas .....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Taratakbuluh- Brigadir David Gusmanto , Bhabinkamtibmas desa Teratak buluh, Polsek Siak Hulu, kabupaten Kampar, propinsi Riau berdayakan pemuda [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



SERBA-SERBIKetua Bhayangkari Riau Milawati Kagum.....
30/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan – Kagum dengan keindahan batik tulis bono Pelalawan, Ketua Bhayangkari Daerah Riau Ibu Milawati Zulkarnain beserta rombongan  melak [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.