Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

SILAHKAN KLIK BANNER DI BAWAH INI DAN IKUTI SEMINAR MAHA PENTING YANG AKAN DISELENGGARAKAN DI GEDUNG NUSANTARA V, KANTOR MPR/DPR/DPD RI, SABTU 11 NOVEMBER 2017... AYOOO BURUAN DAFTAR, KETIK HADIR#NAMA-LENGKAP#KAB/KOTA DOMISILI/NOMOR-HP, KIRIM KE NOMOR HP/WA: 081371549165 (SHONY)

Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

KOPI - Sosok pesiden yang bagaimana yang dibutuhkan negara? Indonesia, warga negara khususnya, tidak perlu jauh memandang tokoh-tokoh luar negeri atau bahkan mencari-cari bagaimana presiden Indonesia, kriteria calon presiden Indonesia masa depan. Kita cukup melihat sosok para pioneer pembangun bangsa yang sangat berjasa memerdekakan negara ini, salah satu tokoh itu ialah Bung Karno. Ende, sebuah kota di bagian tengah Pulau Flores memiliki kenangan tersendiri dengan Bung Karno. Di kota inilah Bung Karno menjalani masa pembuangan politiknya antara tahun 1934-1938.

 

Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa pembuangan inilah dapat diambil hikmah tentang kriteria yang baik untuk calon presiden masa depan yang dapat diambil dari Bung Karno diantaranya:

1. Gigih

Bung Karno adalah sosok pribadi yang gigih, dimanapun beliau berada terutama ketika berada di Ende, Bung Karno melewati maa-masa sulit yang harus ditanggungnya demi cita-cita perjuangannya. Beliau tidak pantang menyerah terhadap keadaan, tidak membuat alibi untuk menghindari masalah atau bahkan fitnah yang beliau hadapi, dibalik kesengsaraannya pun beliau selalu memikirkan bagaimana agar rakyat terbebas dari penjajah, kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan nasib negaranya walau dalam keadaan yang tidak menyenangkan inilah yang harus dicontoh oleh sosok pemimpin Indonesia masa depan.

2. Tegas dan berprinsip

Bung Karno adalah pribadi yang tegas dan berkarakter, terlihat dari cara beliau mencapai pendidikan tinggi untuk dapat menggapai cita-citanya walau beliau harus terpaksa masuk disekolah Belanda, dan sempat di ejek oleh kaum Belanda yang selalu meremehkan bangsa pribumi. Walaupun beliau seorang insinyur, setelah lulus dari Sekolah Teknik Tinggi, Bung Karno menolak pekerjaan yang pantas dengan gelarnya, beliau lebih memilih politik-non kooperatif yang telah tertanam dalam sanubarinya, alasannya sederhana Bung Karno tidak ingin menjadi pegawai pemerintah kolonial, tujuannya adalah menjadi pembangun dari suatu bangsa. Tekad dan prinsipnya tidak dapat dikalahkan oleh apapun yaitu cita-citanya membangun bangsa Indonesia.

3. Pandai memanfaatkan kesempatan yang ada

Bung Karno telah berulang kali masuk penjara karena jiwa politiknya yang dianggap salah oleh para kolonial, akan tetapi keadaan yang beliau rasakan di penjara bukan merupakan “boomerang” baginya, akan tetapi beliau merasa bahwa selama di penjara dirinya berkembang, hati Bung Karno semakin hari kian kuat. Ketika Bung Karno di larang untuk membaca buku politik, beliau mempergunakan waktunya untuk memulai mendalami Islam, dari Al Quranlah beliau tidak lagi mencari buku sosiologi untuk memperoleh jawaban atas bagaimana dan mengapa segala-galanya terjadi yang didapat dari ucapan Nabi Muhammad dan beliau sangat puas, selain itu beliau belajar tentang agama Kristen tentang perjanjian lama dan baru. Kegiatan inilah yang dapat diambil bahwa keadaan sesulit apapun jika dapat memanfaatkan kesempatan maka menjadi prbadi yang sukses dalam segala hal, inilah yang dibutuhkan untuk calon pemimpin masa depan.

4. Ramah, rendah hati dan bersahaja

Selama di Ende Soekarno sangat menyatu dengan masyarakat. Dengan cara inilah beliau menyebarkan semangat revolusi kepada masyarakat agar bersama-sama membangun bangsa menuju kemerdekaan. Beliau dekat dengan masyarakat tidak hanya untuk kepentingan dirinya tetapi untuk kepentingan bangsa Indonesia, beliau pun tidak pilih-pilih untuk mendekati masyarakat disekitar Ende, bahkan beliau mendekati masyarakat yang sederhana dan mayoritas kurang berpendidikan untuk menanamkan jiwa revolusioner, beliau dapat berkumpul dan berdiskusi berjam-jam lamanya dengan sahabat-sahabatnya.

5. Berpedoman pada kitab

Seorang pemimpin negara, dapat mengambil langkah dan mendalami apa yang sedang terjadi sesuai dengan kitab yang ada, yang diturunkan oleh Tuhan, Bung Karno berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Kitab sebagai landasan dalam mendalami segala kondisi yang terjadi sesuai dengan kemajuan zaman, dengan demikian dapat ditemui jawaban mengapa segala sesuatu dapat terjadi dan seorang pemimpin dapat mengambil langkah tepat untuk menghadapi segala yang terjadi sesuai dengan kitab yang dianutnya, sumber dari segala sumber yang ada.

6. Inspirator

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bung Karno adalah sosok yang dapat menginspirasi masyarakat karena pidato-pidatonya tentang revolusi yang dapat membangkitkan warga dan menggugah pemikiran warga untuk bangkit dalam keterpurukan karena dijajah.

7. Motivator

Bung Karno adalah seorang tokoh motivator, baik dalam politik juga dalam kehidupan, beliau membangun motivasi sahabat-sahabatnya di Ende dengan kata-kata bijak yang dapat menjadi semangat para sahabat, salah satunya ketika Bung Karno berpamitan dan beliau membisikkan kepada sahabatnya “Jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup besama keluargamu”. Seorang calon pemimpin negara adalah sosok yang dapat memberikan motivasi pada warganya untuk bangkit dalam keadaan.

8. Pantang menyerah

Bung Karno ialah sosok yang pantang menyerah, apapun dan bagaimanapun keadaan yang sedang dialami dirinya beliau mampu bertahan dan mencari celah untuk terus melanjutkan perjuangannya, pemimpin yang diharapkan kelak adalah pemimpin yang pantang menyerah dengan segala sesuatu yang ada dan tidak menarik diri atau bahkan membelokkan masalah agar masalah yang sudah ada tidak terselesaikan.

9. Tidak mudah terpengaruh

Sosok Bung Karno adalah pribadi yang tidak cepat terpengaruh oleh setiap berita yang diperolehnya tanpa mengolahnya secara matang terlebih dahulu. Terutama berita yang menyangkut sahabat-sahabatnya yang merupakan fitnah semata. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara kelak agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum benar adanya, agar tidak terombang-ambing suatu negara hanya karena berita dan infomasi yang tidak jelas, sehingga calon pemimpin yang baik adalah dapat menngklarifikasi dan mengolah informasi yang didapat agar diketahui kejelasannya dan dapat mengambil langkah yang tepat.

10. Dekat dengan rakyat

Bung Karno adalah tokoh yang dekat dengan masyarakat, beliau mengarahkan, memotivasi, membimbing rakyat terutama pada rakyat kecil. Hal-hal yang terjadi pada rakyat terutama yang tidak baik, beliau tidak ragu untuk memberikan arahan yang baik, seperti saat beliau bertemu tukang kebun kelapa yang tidak beragama, Bung Karno mengajak tukang kebun tersebut untuk pindah ke kota dan mempelajari agama di kota, akhirnya tukang kebun itupun beragama islam, contoh seperti inilah yang dapat dijadikan kriteria calon pemimpin bangsa yakni dekat dengan rakyat, harapannya agar presiden yang ada nantinya tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai teladan, dapat mengayomi dan berpihak pada kebutuhan-kebutuhan rakyat.

11. Mandiri dan produktif

Walaupun keturunan bangsawan, Bung Karno adalah pribadi yang mandiri dan produktif, ketika beliau diasingkan di Ende nampak bahwa beliau dapat survive dengan keadaan, bahkan beiau makan-makanan yang beliau tanam sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hal ini menujukkan Bung Karno adalah pribadi yang produktif, selain itu beliau memberikan pengetahuan kepada warga agar makan makanan asli bumi Indonesia. Mandiri dan produktif perlu dimiliki oleh presiden masa depan agar tidak terus menerus menggantungkan nasib negara pada negara lain, kepribadian presiden akan berpengaruh pada bagaimana beliau memimpin negaranya dan mengambil kebijaksanaan yang sesuai dengan pribadinya.

12. Cerdas

Seorang presiden tentunya harus cerdas. Cerdas secara intelegensi, emosional dan spiritual. Hal ini dapat ditemui pada Bung Karno, beliau memiliki ketiganya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran itulah, pemimpin dapat mengambil langkah cerdas untuk memajukan bangsanya.

Demikian kriteria calon presiden masa depan yang dapat diambil dari tokoh nasional Bung Karno, harapannya agar negara Indonesia mendapat sosok pemimpin bangsa seperti beliau dan dapat meneruskan perjuangan beliau untuk memajukan negara Indonesia.

Sumber referensi : Tim Nusa Indah. Bung Karno dan Pancasila.2006.Flores : Nusa Indah

 

Biodata Penulis

Nama : Pradita Arisgi W

Tempat/tanggal lahir : Surabaya/01 Januari 1992

Universitas : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat Universitas : UNESA Lidah Wetan Surabaya

Alamat rumah : Perum TNI – AL Blok G 6/6 Candi-Sidoarjo, Jawa Timur

Nomor telepon : 089637797513 / 03131164913

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

FB/Twitter : Pradita Arisgi / @arisgi

 

Heboh Buku “ Saudagar di Kuil Suci “ Ungkap Korupsi, Gaya Hidup Mewah Para Kardinal
Rabu, 22 November 2017

KOPI, Vatikan – Dikutip dari Amazon.com , Selasa (3/11/2015), Pihak Vatikan geram dan mengecam publikasi dua dokumen rahasia yang diperoleh dengan cara meretas laptop milik Kepala Kantor Keuangan Vatikan. Dua orang wartawan Italia membeberkan skandal keserakahan, persekongkolan, penyalahgunaan keuangan dan tindak korupsi di Gereja Katolik dalam buku "Merchants in the Temple" atau "Saudagar di Kuil Suci" karya Gianluigi Nuzzi dan... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

Polda Riau Rilis Data Perbandingan Operasi Zebra Tahun 2016 dengan 2017
Selasa, 14 November 2017

KOPI, Pekanbaru - Polda Riau Perbandingkan Operasi Zebra Siak Tahun Lalu dengan Operasi Zebra Siak 2017. A). Perbandingan pelanggaran lalu lintas selama 12 hari pelaksanaan Ops Zebra Siak 2017 dengan Ops Zebra Siak 2016, sbb : 1. Tilang Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 5.370 kasus, sedangkan untuk Ops Zebra Siak 2017 pelanggaran tilang sebanyak 10.463 kasus. Trend 5.093. 95 %. 2. Teguran Ops Zebra Siak 2016 sebanyak 2.469 kasus, sedangkan untuk... Baca selengkapnya...

Tokoh Nasional Bakal Getarkan Munas PPWI ke-2 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Yuk Sukseskan Kongres ke-2 PPWI Tahun 2017 dan Seminar Nasional
Kamis, 02 November 2017

KOPI, JAKARTA - Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Nasional (DPN PPWI) akan menggelar hajatan besar Kongres Nasional ke-2 tahun 2017 sekaligus Seminar Nasional dengan tema: "Mari Wujudkan Komunitas Masyarakat Indonesia yang Cerdas Informasi Melalui Peningkatan Kualitas dan Moralitas Pewarta Warga". Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2017, dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga selesai, dipusatkan di Ruang... Baca selengkapnya...

Pemuda/i Adalah Ujung Tombak Pembangunan NKRI
Sabtu, 28 Oktober 2017

KOPI, JAKARTA - Sumpah pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah bangsa ini, yang membuktikan bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia sudah ada dan bersatu. Hal ini tentunya masih segar dalam ingatan kita bersama, walau sudah 89 tahun silam, sumpah ini takkan pernah usang dimakan oleh waktu dan selalu dikumandangkan para pemuda Indonesia disentero negri yang berlambangkan Pancasila, kata tokoh muda Sumbar Ahmad Bram... Baca selengkapnya...

Pengamat: Segera Usut Pemberi Izin Lahan Gambut Masa Pemerintahan Terdahulu
Senin, 23 Oktober 2017

KOPI, Jakarta – Di tempat kerjanya, Goh Pheng Pek menuturkan, “Izin konsensi penanaman di tanah gambut yang dimiliki oleh perusahaan RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) pada masa sebelum pemerintahan Joko Widodo dengan Jusuf Kalla. Kami meminta kepada institusi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk segera menangkap dan mengusut segera siapa-siapa saja oknum yang terlibat dalam pemberian izin lahan gambut kepada perusahaan APRIL Group... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALBocorkan Skandal Keuangan Gereja Kato.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Vatikan – Dikutip dari News.com.au, Selasa (3/11/2015), Pihak Vatikan geram dan mengecam publikasi dua dokumen rahasia yang diperoleh dengan [ ... ]



NASIONALKapolri Rilis Sketsa Wajah Pelaku Penyi.....
25/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Polda Metro Jaya merilis sketsa dua wajah orang yang diduga pelaku penyiraman penyidik senior KPK Novel Baswedan. Sketsa tersebut di [ ... ]



DAERAHTelegram Kapolri, Kapolrestabes Medan Di.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Medan - Berdasarkan surat telegram Kapolri No ST/2754/XI/2017 per tanggal 16 November 2017, pergantian terjadi pada jabatan Kapolrestasbes Medan [ ... ]



PENDIDIKANTim Dream Menanam Nilai Antikorupsi Seda.....
23/11/2017 | Redaksi KOPI

KOPI - Absensi adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seorang mahasiswa sebagai penanda awal perjalanan menuju sebuah niat suci bernama “skripsi [ ... ]



EKONOMIIPO PT Campina Ice Cream Industry Tawark.....
23/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - PT Campina Ice cream Industry Tbk berencana untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham (IPO) sebanyak-banyaknya 885.000.000 (delapan [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKomunitas EO Aceh dalam Peningkatan Prom.....
23/11/2017 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, JAKARTA - Salah satu sumber pendapatan daerah adalah melalui pemasukan dibidang pariwisata. Untuk itulah segenap EO (Even Organizer) Aceh ditunt [ ... ]



HUKUM & KRIMINALWanted … Dua Orang Napi Sangat Berba.....
23/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya, Geng Suang mengatakan “Yang membuat malu kinerja Kemenkumham melainkan oknum anggotanya sendiri . ini buktiny [ ... ]



POLITIKTercium Aroma Korupsi Pengadaan Sapi B.....
24/11/2017 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya, Ajisulung menuturkan “ Propinsi Riau memecahkan Rekor Nasional,  tiga orang mantan Gubernurnya tersandung kas [ ... ]



OPINI“Jangan Ambil Uangku, Ibu!” Refleksi.....
18/11/2017 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si
article thumbnail

KOPI - Pak Ahmad sudah 2 tahun ini menjadi peserta asuransi. Saat menjadi peserta asuransi, ia sengaja merahasiakan keanggotaannya kepada istrinya, ka [ ... ]



PROFILDulu Anak Tukang Kayu, Kini Polisi Kand.....
16/11/2017 | Didi Rinaldo

  KOPI, Bangka Belitung - Seorang polisi berseragam lengkap tampak memacu sepeda motornya ke dalam kebun yang berjarak dua jam perjalanan dari Pan [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPameran Seni “Run For Manhattan” by .....
24/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Ciptadana Art Program kembali digelar dengan tujuan untuk berbagi dengan klien, dengan mengapresiasi seni kontemporer unik Indonesia. [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATILBH APDESI (Asosiasi Perangkat Desa S.....
22/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Senen (20/11-17), LBH (Lembaga Bantuan Hukum) APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia) besutan Gusti Randa, SH. MH men [ ... ]



SERBA-SERBIKoleksi Model Tas Anak Sekolah Perempuan.....
21/11/2017 | Taufiq Iqbal
article thumbnail

KOPI - Tahun ajaran baru di sekolah, identik dengan perlengkapan sekolah yang baru pula. Anak-anak biasanya akan meminta dibelikan perlengkapan sekola [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.