Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

KOPI - Sosok pesiden yang bagaimana yang dibutuhkan negara? Indonesia, warga negara khususnya, tidak perlu jauh memandang tokoh-tokoh luar negeri atau bahkan mencari-cari bagaimana presiden Indonesia, kriteria calon presiden Indonesia masa depan. Kita cukup melihat sosok para pioneer pembangun bangsa yang sangat berjasa memerdekakan negara ini, salah satu tokoh itu ialah Bung Karno. Ende, sebuah kota di bagian tengah Pulau Flores memiliki kenangan tersendiri dengan Bung Karno. Di kota inilah Bung Karno menjalani masa pembuangan politiknya antara tahun 1934-1938.

 

Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa pembuangan inilah dapat diambil hikmah tentang kriteria yang baik untuk calon presiden masa depan yang dapat diambil dari Bung Karno diantaranya:

1. Gigih

Bung Karno adalah sosok pribadi yang gigih, dimanapun beliau berada terutama ketika berada di Ende, Bung Karno melewati maa-masa sulit yang harus ditanggungnya demi cita-cita perjuangannya. Beliau tidak pantang menyerah terhadap keadaan, tidak membuat alibi untuk menghindari masalah atau bahkan fitnah yang beliau hadapi, dibalik kesengsaraannya pun beliau selalu memikirkan bagaimana agar rakyat terbebas dari penjajah, kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan nasib negaranya walau dalam keadaan yang tidak menyenangkan inilah yang harus dicontoh oleh sosok pemimpin Indonesia masa depan.

2. Tegas dan berprinsip

Bung Karno adalah pribadi yang tegas dan berkarakter, terlihat dari cara beliau mencapai pendidikan tinggi untuk dapat menggapai cita-citanya walau beliau harus terpaksa masuk disekolah Belanda, dan sempat di ejek oleh kaum Belanda yang selalu meremehkan bangsa pribumi. Walaupun beliau seorang insinyur, setelah lulus dari Sekolah Teknik Tinggi, Bung Karno menolak pekerjaan yang pantas dengan gelarnya, beliau lebih memilih politik-non kooperatif yang telah tertanam dalam sanubarinya, alasannya sederhana Bung Karno tidak ingin menjadi pegawai pemerintah kolonial, tujuannya adalah menjadi pembangun dari suatu bangsa. Tekad dan prinsipnya tidak dapat dikalahkan oleh apapun yaitu cita-citanya membangun bangsa Indonesia.

3. Pandai memanfaatkan kesempatan yang ada

Bung Karno telah berulang kali masuk penjara karena jiwa politiknya yang dianggap salah oleh para kolonial, akan tetapi keadaan yang beliau rasakan di penjara bukan merupakan “boomerang” baginya, akan tetapi beliau merasa bahwa selama di penjara dirinya berkembang, hati Bung Karno semakin hari kian kuat. Ketika Bung Karno di larang untuk membaca buku politik, beliau mempergunakan waktunya untuk memulai mendalami Islam, dari Al Quranlah beliau tidak lagi mencari buku sosiologi untuk memperoleh jawaban atas bagaimana dan mengapa segala-galanya terjadi yang didapat dari ucapan Nabi Muhammad dan beliau sangat puas, selain itu beliau belajar tentang agama Kristen tentang perjanjian lama dan baru. Kegiatan inilah yang dapat diambil bahwa keadaan sesulit apapun jika dapat memanfaatkan kesempatan maka menjadi prbadi yang sukses dalam segala hal, inilah yang dibutuhkan untuk calon pemimpin masa depan.

4. Ramah, rendah hati dan bersahaja

Selama di Ende Soekarno sangat menyatu dengan masyarakat. Dengan cara inilah beliau menyebarkan semangat revolusi kepada masyarakat agar bersama-sama membangun bangsa menuju kemerdekaan. Beliau dekat dengan masyarakat tidak hanya untuk kepentingan dirinya tetapi untuk kepentingan bangsa Indonesia, beliau pun tidak pilih-pilih untuk mendekati masyarakat disekitar Ende, bahkan beliau mendekati masyarakat yang sederhana dan mayoritas kurang berpendidikan untuk menanamkan jiwa revolusioner, beliau dapat berkumpul dan berdiskusi berjam-jam lamanya dengan sahabat-sahabatnya.

5. Berpedoman pada kitab

Seorang pemimpin negara, dapat mengambil langkah dan mendalami apa yang sedang terjadi sesuai dengan kitab yang ada, yang diturunkan oleh Tuhan, Bung Karno berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Kitab sebagai landasan dalam mendalami segala kondisi yang terjadi sesuai dengan kemajuan zaman, dengan demikian dapat ditemui jawaban mengapa segala sesuatu dapat terjadi dan seorang pemimpin dapat mengambil langkah tepat untuk menghadapi segala yang terjadi sesuai dengan kitab yang dianutnya, sumber dari segala sumber yang ada.

6. Inspirator

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bung Karno adalah sosok yang dapat menginspirasi masyarakat karena pidato-pidatonya tentang revolusi yang dapat membangkitkan warga dan menggugah pemikiran warga untuk bangkit dalam keterpurukan karena dijajah.

7. Motivator

Bung Karno adalah seorang tokoh motivator, baik dalam politik juga dalam kehidupan, beliau membangun motivasi sahabat-sahabatnya di Ende dengan kata-kata bijak yang dapat menjadi semangat para sahabat, salah satunya ketika Bung Karno berpamitan dan beliau membisikkan kepada sahabatnya “Jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup besama keluargamu”. Seorang calon pemimpin negara adalah sosok yang dapat memberikan motivasi pada warganya untuk bangkit dalam keadaan.

8. Pantang menyerah

Bung Karno ialah sosok yang pantang menyerah, apapun dan bagaimanapun keadaan yang sedang dialami dirinya beliau mampu bertahan dan mencari celah untuk terus melanjutkan perjuangannya, pemimpin yang diharapkan kelak adalah pemimpin yang pantang menyerah dengan segala sesuatu yang ada dan tidak menarik diri atau bahkan membelokkan masalah agar masalah yang sudah ada tidak terselesaikan.

9. Tidak mudah terpengaruh

Sosok Bung Karno adalah pribadi yang tidak cepat terpengaruh oleh setiap berita yang diperolehnya tanpa mengolahnya secara matang terlebih dahulu. Terutama berita yang menyangkut sahabat-sahabatnya yang merupakan fitnah semata. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara kelak agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum benar adanya, agar tidak terombang-ambing suatu negara hanya karena berita dan infomasi yang tidak jelas, sehingga calon pemimpin yang baik adalah dapat menngklarifikasi dan mengolah informasi yang didapat agar diketahui kejelasannya dan dapat mengambil langkah yang tepat.

10. Dekat dengan rakyat

Bung Karno adalah tokoh yang dekat dengan masyarakat, beliau mengarahkan, memotivasi, membimbing rakyat terutama pada rakyat kecil. Hal-hal yang terjadi pada rakyat terutama yang tidak baik, beliau tidak ragu untuk memberikan arahan yang baik, seperti saat beliau bertemu tukang kebun kelapa yang tidak beragama, Bung Karno mengajak tukang kebun tersebut untuk pindah ke kota dan mempelajari agama di kota, akhirnya tukang kebun itupun beragama islam, contoh seperti inilah yang dapat dijadikan kriteria calon pemimpin bangsa yakni dekat dengan rakyat, harapannya agar presiden yang ada nantinya tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai teladan, dapat mengayomi dan berpihak pada kebutuhan-kebutuhan rakyat.

11. Mandiri dan produktif

Walaupun keturunan bangsawan, Bung Karno adalah pribadi yang mandiri dan produktif, ketika beliau diasingkan di Ende nampak bahwa beliau dapat survive dengan keadaan, bahkan beiau makan-makanan yang beliau tanam sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hal ini menujukkan Bung Karno adalah pribadi yang produktif, selain itu beliau memberikan pengetahuan kepada warga agar makan makanan asli bumi Indonesia. Mandiri dan produktif perlu dimiliki oleh presiden masa depan agar tidak terus menerus menggantungkan nasib negara pada negara lain, kepribadian presiden akan berpengaruh pada bagaimana beliau memimpin negaranya dan mengambil kebijaksanaan yang sesuai dengan pribadinya.

12. Cerdas

Seorang presiden tentunya harus cerdas. Cerdas secara intelegensi, emosional dan spiritual. Hal ini dapat ditemui pada Bung Karno, beliau memiliki ketiganya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran itulah, pemimpin dapat mengambil langkah cerdas untuk memajukan bangsanya.

Demikian kriteria calon presiden masa depan yang dapat diambil dari tokoh nasional Bung Karno, harapannya agar negara Indonesia mendapat sosok pemimpin bangsa seperti beliau dan dapat meneruskan perjuangan beliau untuk memajukan negara Indonesia.

Sumber referensi : Tim Nusa Indah. Bung Karno dan Pancasila.2006.Flores : Nusa Indah

 

Biodata Penulis

Nama : Pradita Arisgi W

Tempat/tanggal lahir : Surabaya/01 Januari 1992

Universitas : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat Universitas : UNESA Lidah Wetan Surabaya

Alamat rumah : Perum TNI – AL Blok G 6/6 Candi-Sidoarjo, Jawa Timur

Nomor telepon : 089637797513 / 03131164913

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

FB/Twitter : Pradita Arisgi / @arisgi

 

Untuk Kedua Kalinya Pemkab Kampar Meraih WTP dari BPK Riau
Senin, 18 Juni 2018

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Uwan Abdullah Cu Somek Mengatakan “ Setiap tahun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan daerah Riau , selalu mengobral dan memberikan nilai kepada Pemerintah Propinsi serta kabupaten/kota . Penilaian ini rawan Suap, bagaimanapun masing-masing kepala daerah menginginkan meraih prediket WTP (Wajar Tanpa  pengecualian). Bagi-bagilah THR tuh bro. Masih ingatkah Anda dulu kasus... Baca selengkapnya...

RSUD Sekayu Muba Catat Sejumlah Prestasi, Sang Direktur Terima Penghargaan
Minggu, 17 Juni 2018

KOPI, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan catat sejumlah prestasi, sang Direktur dr. Makson Parulian Purba, MARS, terima penghargaan lembaga apresiasi independen. Berbagai perkembangan yang dicapai RSUD Sekayu di tangan dokter Makson Parulian Purba tentu dapat dilihat dan dirasakan masyarakat Muba. Dalam kepemimpinannya yang kedua kali, percepatan di bidang pelayanan kesehatan dan penambahan... Baca selengkapnya...

Dua BUMN Indonesia PT. KAI dan PT Wika Go Internasional Raih Proyek di Negara Filipina
Jumat, 01 Juni 2018

KOPI, Jakarta – “Keberhasilan ekspansi PT INKA ( PT. Industri Kereta Api) dan PT Wijaya Karya (Wika) di Filipina merupakan salah satu bukti bahwa BUMN  (Berebut Uang   Milik Negara eh salah Badan Usaha Milik Negara ) kita kuat, andal dan dipertimbangkan di luar negeri,” kata Rini. Dua perusahaan pelat merah bekerja sama dengan perusahaan Filipina terkait proyek infrastruktur transportasi. PT Industri Kereta Api (Inka) akan... Baca selengkapnya...

Industri Manufaktur Capai Investasi Rp62,7 Triliun di 2018
Minggu, 27 Mei 2018

KOPI,  Jakarta - Kementerian Perindustrian terus aktif mendorong peningkatan nilai investasi dan ekspor terutama di sektor manufaktur. Upaya ini diyakini mampu memacu pertumbuhan ekonomi nasional serta membawa efek positif yang luas guna menciptakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.   “Selama ini, industri menjadi penggerak utama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus berperan sebagai tulang... Baca selengkapnya...

Kementrian Hukum dan Ham Santuni Anak Yatim serta Buka Puasa Bersama
Sabtu, 26 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Kemenkumham mengadakan buka puasa bersama pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal, bertempat di Graha Pengayoman (22/5/2018). Acara yang ditaja oleh Biro Umum melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) 2018, mengusung tema “Menanamkan nilai-nilai kejujuran” dengan penceramah Ustad Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau yang biasa dikenal Ustadz Syeikh Ali Jaber. Dalam tausiahnya beliau menyampaikan agar kita semua... Baca selengkapnya...

Ketua Umum PPWI Nasional Menghadiri Undangan Buka Puasa Bersama dengan Kedubes Maroko
Jumat, 25 Mei 2018

KOPI, Jakarta - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd. M.Sc, MA, bersama keluarga menghadiri undangan buka puasa bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Maroko yang diwakili Konselor, Mr. Mostafa Nakhloui, di SHISHA Café, Jl. Kemang, Jakarta, Jumat, 24/05/2018. Turut hadir bersama Ketum PPWI dan keluarga, Ketua DPD-PPWI Provinsi Papua, Sem Gombo, S.Kom. Wilson bersama keluarga tiba di lokasi buka... Baca selengkapnya...

Sejumlah Alumni UNKRIS Kecam Aksi Teror Bom di Surabaya
Rabu, 16 Mei 2018

Foto: KGJ dalam sebuah aktivitas, 28 Jan 2018 KOPI, JAKARTA Sejumlah Alumni Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta yang terhimpun dalam Perkumpulan Krisna Group Jatiwaringin (KGJ), Lintas Angkatan-Lintas Fakultas mengecam aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di 3 (tiga) gereja di Surabaya dan Mapolresta Surabaya.   Peristiwa teror bom Minggu (13/05/2018) pagi itu, merupakan tindakan keji dan tidak berperikemanusiaan, karena sejumlah... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALPresiden Trump Jamuan Iftar dengan .....
10/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington - Tradisi Iftar (Buka Puasa) di Gedung Putih dimulai pada 1990-an selama pemerintahan Bill Clinton sebagai bentuk “pendekatan” t [ ... ]



NASIONALYonif 320/BP Peduli Kesusahan Masyarakat.....
17/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Kalbar, Pasiter Satgas Yonif 320/BP Kapten Inf Dedi Irianto mengatakan kesusahan yang dialami oleh masyarakat Nanga Badau  adalah menjadi  tu [ ... ]



PENDIDIKANHeboh..Mahasiswa Asal Papua Ke Kampus UN.....
30/05/2018 | Sem Gombo, S.Kom

KOPI - Salah Seorang Mahasiswa UNCEN Jayapura asal Papua berinisial DT pergi ke Kampus dengan menggunakan busana daerah yaitu memakai Koteka. Apa ge [ ... ]



EKONOMIRI Fokus Terapkan Industri Hijau Melalui.....
17/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Pemerintah sedang gencar menggalakkan konsep circular economy di berbagai aspek kehidupan. Berbeda dengan linear economy yang mengan [ ... ]



HANKAMUniversitas Riau Tempat Merakit Bom .....
03/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya,sebut saja namanya Ajisulung mengatakan “ Bukti lemahnya pengawasan oleh security Universitas Riau (UR). Para  [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



OPINIMembantu Polisi Melalui Peran yang Kita .....
16/06/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - Di bawah terik matahari pagi, lebih kurang sebanyak empat satuan setingkat kompi atau 400 orang personel brigade mobil (brimob) dan personel da [ ... ]



PROFILPolres Kuantan Singingi Raih Dua Pengh.....
08/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) raih dua penghargaan . Penghargaan itu diserahkan, Rabu (14/2/2018) oleh Irjen Nandang se [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABatik Jambi Melenggang Hingga ke Eropa d.....
18/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta – Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) batik nasional untuk ikut serta dalam  [ ... ]



ROHANITim Jum,at Barokah Waka Polresta Pekanba.....
18/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Menutupi minggu terkahir bulan suci Ramadhan 1439 H, tim terpadu Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru mengunjungi panti asuhan Ali An N [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



SERBA-SERBIKemenperin Dukung Pelaksanaan MOFP 2018 .....
10/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam m [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.