Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

KOPI - Sosok pesiden yang bagaimana yang dibutuhkan negara? Indonesia, warga negara khususnya, tidak perlu jauh memandang tokoh-tokoh luar negeri atau bahkan mencari-cari bagaimana presiden Indonesia, kriteria calon presiden Indonesia masa depan. Kita cukup melihat sosok para pioneer pembangun bangsa yang sangat berjasa memerdekakan negara ini, salah satu tokoh itu ialah Bung Karno. Ende, sebuah kota di bagian tengah Pulau Flores memiliki kenangan tersendiri dengan Bung Karno. Di kota inilah Bung Karno menjalani masa pembuangan politiknya antara tahun 1934-1938.

 

Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa pembuangan inilah dapat diambil hikmah tentang kriteria yang baik untuk calon presiden masa depan yang dapat diambil dari Bung Karno diantaranya:

1. Gigih

Bung Karno adalah sosok pribadi yang gigih, dimanapun beliau berada terutama ketika berada di Ende, Bung Karno melewati maa-masa sulit yang harus ditanggungnya demi cita-cita perjuangannya. Beliau tidak pantang menyerah terhadap keadaan, tidak membuat alibi untuk menghindari masalah atau bahkan fitnah yang beliau hadapi, dibalik kesengsaraannya pun beliau selalu memikirkan bagaimana agar rakyat terbebas dari penjajah, kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan nasib negaranya walau dalam keadaan yang tidak menyenangkan inilah yang harus dicontoh oleh sosok pemimpin Indonesia masa depan.

2. Tegas dan berprinsip

Bung Karno adalah pribadi yang tegas dan berkarakter, terlihat dari cara beliau mencapai pendidikan tinggi untuk dapat menggapai cita-citanya walau beliau harus terpaksa masuk disekolah Belanda, dan sempat di ejek oleh kaum Belanda yang selalu meremehkan bangsa pribumi. Walaupun beliau seorang insinyur, setelah lulus dari Sekolah Teknik Tinggi, Bung Karno menolak pekerjaan yang pantas dengan gelarnya, beliau lebih memilih politik-non kooperatif yang telah tertanam dalam sanubarinya, alasannya sederhana Bung Karno tidak ingin menjadi pegawai pemerintah kolonial, tujuannya adalah menjadi pembangun dari suatu bangsa. Tekad dan prinsipnya tidak dapat dikalahkan oleh apapun yaitu cita-citanya membangun bangsa Indonesia.

3. Pandai memanfaatkan kesempatan yang ada

Bung Karno telah berulang kali masuk penjara karena jiwa politiknya yang dianggap salah oleh para kolonial, akan tetapi keadaan yang beliau rasakan di penjara bukan merupakan “boomerang” baginya, akan tetapi beliau merasa bahwa selama di penjara dirinya berkembang, hati Bung Karno semakin hari kian kuat. Ketika Bung Karno di larang untuk membaca buku politik, beliau mempergunakan waktunya untuk memulai mendalami Islam, dari Al Quranlah beliau tidak lagi mencari buku sosiologi untuk memperoleh jawaban atas bagaimana dan mengapa segala-galanya terjadi yang didapat dari ucapan Nabi Muhammad dan beliau sangat puas, selain itu beliau belajar tentang agama Kristen tentang perjanjian lama dan baru. Kegiatan inilah yang dapat diambil bahwa keadaan sesulit apapun jika dapat memanfaatkan kesempatan maka menjadi prbadi yang sukses dalam segala hal, inilah yang dibutuhkan untuk calon pemimpin masa depan.

4. Ramah, rendah hati dan bersahaja

Selama di Ende Soekarno sangat menyatu dengan masyarakat. Dengan cara inilah beliau menyebarkan semangat revolusi kepada masyarakat agar bersama-sama membangun bangsa menuju kemerdekaan. Beliau dekat dengan masyarakat tidak hanya untuk kepentingan dirinya tetapi untuk kepentingan bangsa Indonesia, beliau pun tidak pilih-pilih untuk mendekati masyarakat disekitar Ende, bahkan beliau mendekati masyarakat yang sederhana dan mayoritas kurang berpendidikan untuk menanamkan jiwa revolusioner, beliau dapat berkumpul dan berdiskusi berjam-jam lamanya dengan sahabat-sahabatnya.

5. Berpedoman pada kitab

Seorang pemimpin negara, dapat mengambil langkah dan mendalami apa yang sedang terjadi sesuai dengan kitab yang ada, yang diturunkan oleh Tuhan, Bung Karno berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Kitab sebagai landasan dalam mendalami segala kondisi yang terjadi sesuai dengan kemajuan zaman, dengan demikian dapat ditemui jawaban mengapa segala sesuatu dapat terjadi dan seorang pemimpin dapat mengambil langkah tepat untuk menghadapi segala yang terjadi sesuai dengan kitab yang dianutnya, sumber dari segala sumber yang ada.

6. Inspirator

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bung Karno adalah sosok yang dapat menginspirasi masyarakat karena pidato-pidatonya tentang revolusi yang dapat membangkitkan warga dan menggugah pemikiran warga untuk bangkit dalam keterpurukan karena dijajah.

7. Motivator

Bung Karno adalah seorang tokoh motivator, baik dalam politik juga dalam kehidupan, beliau membangun motivasi sahabat-sahabatnya di Ende dengan kata-kata bijak yang dapat menjadi semangat para sahabat, salah satunya ketika Bung Karno berpamitan dan beliau membisikkan kepada sahabatnya “Jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup besama keluargamu”. Seorang calon pemimpin negara adalah sosok yang dapat memberikan motivasi pada warganya untuk bangkit dalam keadaan.

8. Pantang menyerah

Bung Karno ialah sosok yang pantang menyerah, apapun dan bagaimanapun keadaan yang sedang dialami dirinya beliau mampu bertahan dan mencari celah untuk terus melanjutkan perjuangannya, pemimpin yang diharapkan kelak adalah pemimpin yang pantang menyerah dengan segala sesuatu yang ada dan tidak menarik diri atau bahkan membelokkan masalah agar masalah yang sudah ada tidak terselesaikan.

9. Tidak mudah terpengaruh

Sosok Bung Karno adalah pribadi yang tidak cepat terpengaruh oleh setiap berita yang diperolehnya tanpa mengolahnya secara matang terlebih dahulu. Terutama berita yang menyangkut sahabat-sahabatnya yang merupakan fitnah semata. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara kelak agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum benar adanya, agar tidak terombang-ambing suatu negara hanya karena berita dan infomasi yang tidak jelas, sehingga calon pemimpin yang baik adalah dapat menngklarifikasi dan mengolah informasi yang didapat agar diketahui kejelasannya dan dapat mengambil langkah yang tepat.

10. Dekat dengan rakyat

Bung Karno adalah tokoh yang dekat dengan masyarakat, beliau mengarahkan, memotivasi, membimbing rakyat terutama pada rakyat kecil. Hal-hal yang terjadi pada rakyat terutama yang tidak baik, beliau tidak ragu untuk memberikan arahan yang baik, seperti saat beliau bertemu tukang kebun kelapa yang tidak beragama, Bung Karno mengajak tukang kebun tersebut untuk pindah ke kota dan mempelajari agama di kota, akhirnya tukang kebun itupun beragama islam, contoh seperti inilah yang dapat dijadikan kriteria calon pemimpin bangsa yakni dekat dengan rakyat, harapannya agar presiden yang ada nantinya tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai teladan, dapat mengayomi dan berpihak pada kebutuhan-kebutuhan rakyat.

11. Mandiri dan produktif

Walaupun keturunan bangsawan, Bung Karno adalah pribadi yang mandiri dan produktif, ketika beliau diasingkan di Ende nampak bahwa beliau dapat survive dengan keadaan, bahkan beiau makan-makanan yang beliau tanam sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hal ini menujukkan Bung Karno adalah pribadi yang produktif, selain itu beliau memberikan pengetahuan kepada warga agar makan makanan asli bumi Indonesia. Mandiri dan produktif perlu dimiliki oleh presiden masa depan agar tidak terus menerus menggantungkan nasib negara pada negara lain, kepribadian presiden akan berpengaruh pada bagaimana beliau memimpin negaranya dan mengambil kebijaksanaan yang sesuai dengan pribadinya.

12. Cerdas

Seorang presiden tentunya harus cerdas. Cerdas secara intelegensi, emosional dan spiritual. Hal ini dapat ditemui pada Bung Karno, beliau memiliki ketiganya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran itulah, pemimpin dapat mengambil langkah cerdas untuk memajukan bangsanya.

Demikian kriteria calon presiden masa depan yang dapat diambil dari tokoh nasional Bung Karno, harapannya agar negara Indonesia mendapat sosok pemimpin bangsa seperti beliau dan dapat meneruskan perjuangan beliau untuk memajukan negara Indonesia.

Sumber referensi : Tim Nusa Indah. Bung Karno dan Pancasila.2006.Flores : Nusa Indah

 

Biodata Penulis

Nama : Pradita Arisgi W

Tempat/tanggal lahir : Surabaya/01 Januari 1992

Universitas : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat Universitas : UNESA Lidah Wetan Surabaya

Alamat rumah : Perum TNI – AL Blok G 6/6 Candi-Sidoarjo, Jawa Timur

Nomor telepon : 089637797513 / 03131164913

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

FB/Twitter : Pradita Arisgi / @arisgi

 

Perintah Kapolri : Tembak Mati Oknum Personel Polri sebagai Bandar Narkoba
Senin, 23 April 2018

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja Kapolri Jendral (Pol) Tito Karnavian kepulau Sumatera berawal dari propinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Palembang. Dalam rangka meningkatkan Solidaritas dan sinergiritas antar dua lembaga institusi Polri dengan TNI mengamankan terselenggaranya Pemilu serentak 2018 serta Pilpres 2019. Kunjungan dua Jendral bintang empat ini ke Propinsi Riau, hari Jum’at (20/4-17). Kedatanganya disambut oleh Kapolda Riau,... Baca selengkapnya...

Cucu Pahlawan Nasional Bra Koosmariam Tersiram Air Panas oleh Pramugari Garuda
Minggu, 15 April 2018

KOPI, Jakarta – Cucu pahlawan nasional Pakubuwono X yakni B.R.A Koosmariam Djatikusumo (69) mengalami cacat payudara akibat tersiram air panas di kabin pesawat oleh oknum pramugari. Insiden terjadi saat penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Banyuwangi pada 29 Desember 2017 lalu. Saat itu, pramugari Garuda sedang melayani para penumpang atau serving. Tak disangka, teh panas tumpah dan mengenai tubuh korban. Cucu pahlawan nasional... Baca selengkapnya...

Wartawan Dimeja-hijaukan, Dewan Pers Mutlak Dibubarkan
Sabtu, 14 April 2018

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Nasional, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA kembali bersuara keras atas tindakan kriminalisasi terhadap wartawan yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Kali ini, Wilson merasa sangat prihatin atas perlakuan sewenang-wenang aparat kepolisian di Polda Sumatera Barat yang menyeret Ismail Novendra, pimpinan redaksi Koran Jejak News yang terbit di Padang, Sumatera Barat, ke meja hijau. Laporan terkini yang... Baca selengkapnya...

Ada Apa Dengan KPK ? Tak Berani Mengusut Kasus Izin Kehutanan Melibatkan Zulkifli Hasan
Jumat, 13 April 2018

KOPI, Jakarta - Keterlibatan mantan Mentri Kehutanan Zulkifli Hasan memberikan izin pembebasan lahan hutan di Propinsi Riau dan Banten. Hampir semua kasus korupsi alih fungsi lahan berawal dari keputusan menteri yang berwenang dan saat itu Zulkifli Hasan sebagai Menteri Kehutanan melalui SK No. 673/ 2014 menyetujui alih lahan sebesar 30.000 ha yang berujung pada pemberian suap oleh mantan Gubernur Annas Makmun . Dalam persidangan terdakwa... Baca selengkapnya...

Erasmus Huis Hadirkan Konser Alexander Ullman di Jakarta
Kamis, 12 April 2018

KOPI, Jakarta – Lembaga Kebudayaan Belanda, Erasmus Huis, mengadakan acara konser tunggal menghadirkan Alexander Ullman, bertempat di The Erasmus Huis, Kedubes Belanda, Jl. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 11 April 2018. Alexander Ullman adalah pemenang pertama Franz Liszt Piano Competition ke-11 yang berlangsung di Utrecht, Belanda, tahun 2017 lalu. Tidak kurang dari 300 penonton menyaksikan konser anak muda berkebangsaan Inggris... Baca selengkapnya...

Mendes PDTT Eko Putro Ingatkan Kades Tak Selewengkan Dana Desa , Telpon Satgas Bila Ada Kendala
Kamis, 12 April 2018

KOPI, Jakarta – Masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan Jusuf Kalla, Selama Tiga tahun ini dana desa mampu membangun lebih dari 121.000 kilometer jalan desa. Ini belum pernah ada dalam sejarah Indonesia. Desa mampu membangun 1.960 kilometer jembatan, tambatan perahu, embung air (sumur resapan air), sarana olahraga, irigasi, serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro... Baca selengkapnya...

Inilah Puisi “Ibu Indonesia” Dibacakan oleh Sukmawati Bikin Heboh Umat Islam
Sabtu, 07 April 2018

KOPI, Jakarta - Putri Presiden pertama Indonesia Soekarno yakni Sukmawati Soekarnoputri membacakan puisi berjudul “Ibu Indonesia” di acara Pagelaran peragaan busana “Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week ke 29” bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, pada Kamis, 29 Maret 2018. Ibu Indonesia Aku tak tahu Syariat Islam Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah Lebih cantik dari... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALLuar Biasa ! Berkat Kemenperin, Karya An.....
23/04/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Produk kerajinan karya anak bangsa Indonesia berhasil tampil pada ajang pameran internasional, Salone del Mobile Milano 2018 di Ital [ ... ]



PENDIDIKANSMPN 1 Gisting Diduga Sarat Pungli dan P.....
19/04/2018 | Redaksi KOPI

KOPI, Tanggamus - Upaya pemerintah Republik Indonesia meningkatkan mutu pendidikan beberapa tahun ini selalu menjadi sektor skala prioritas. Terbukti, [ ... ]



HANKAMPersit KCK Koorcabrem 071 PD IV Diponego.....
21/04/2018 | Marsono Rh

KOPI - Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 071 PD IV/Dip dipimpin Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 071 Ny. Anita Dani Wardhana memb [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



PARIWISATAAston Luncurkan Minuman Anyar “Cocore.....
27/03/2018 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung – Trend “nongkrong” atau berkumpul sudah menjadi gaya hidup anak muda maupun dewasa saat ini, mulai dari makan dan minum hingga  [ ... ]



POLITIKPilkada Biak Numfor 2018, Ujian Terberat.....
23/04/2018 | Redaksi KOPI
article thumbnail

KOPI, Jakarta – Proses persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Biak Numfor terus berlangsung, seperti halnya juga di 100 lebih daera [ ... ]



OPINIMemperkuat Peran Tiga Pilar Utama Pendid.....
21/04/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - “Pendidikan merupakan alat yang memiliki tenaga untuk mengubah dunia” ini salah satu mutiara terkait dengan pentingnya pendidikan. Dari ka [ ... ]



PROFILBrigjen Pol. Drs. H. Faisal Abdul Naser,.....
02/03/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta,Bila Kita perhatikan bahwa Bumi Aceh sangat subur sekali. Bahkan tanaman ganja tumbuh seperti rumput hijau di tanah. Bumi Aceh sangat sub [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAIkuti FLS2N Lampung Barat, SMPN 2 Bandar.....
22/04/2018 | Jamsi Martien

KOPI, Lampung Barat - Siswa/i SMP N Bandar Negeri Suoh juara 1 (satu) FLS2N Musik Tradisional di kabupaten Lampung Barat. Festival Lomba Seni Siswa Na [ ... ]



ROHANIGerakan Belajar dan Mengajar Al-Qur'an.....
04/04/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Sebagai daerah yang menganut sistem syariat Islam maka daerah Aceh banyak sekali terdapat tempat-tempat pendidikan belajar Alquran. U [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIAnggota DPRD Riau Suhardiman Amby Di-OTT.....
09/04/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Operasi Tangkap Tangan (OTT) bukan milik Institusi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) saja. Para istripun melakukan aksi serupa,  [ ... ]



SERBA-SERBIKonsul Amerika Serikat Tertarik Lingkun.....
12/04/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta, Kawasan lingkungan alam perlu dilestarikan. Apalagi kawasan lingkungan hidup seperti di Gunung Leuser merupakan paru-paru dunia. Pad [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.