Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

KOPI - Sosok pesiden yang bagaimana yang dibutuhkan negara? Indonesia, warga negara khususnya, tidak perlu jauh memandang tokoh-tokoh luar negeri atau bahkan mencari-cari bagaimana presiden Indonesia, kriteria calon presiden Indonesia masa depan. Kita cukup melihat sosok para pioneer pembangun bangsa yang sangat berjasa memerdekakan negara ini, salah satu tokoh itu ialah Bung Karno. Ende, sebuah kota di bagian tengah Pulau Flores memiliki kenangan tersendiri dengan Bung Karno. Di kota inilah Bung Karno menjalani masa pembuangan politiknya antara tahun 1934-1938.

 

Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa pembuangan inilah dapat diambil hikmah tentang kriteria yang baik untuk calon presiden masa depan yang dapat diambil dari Bung Karno diantaranya:

1. Gigih

Bung Karno adalah sosok pribadi yang gigih, dimanapun beliau berada terutama ketika berada di Ende, Bung Karno melewati maa-masa sulit yang harus ditanggungnya demi cita-cita perjuangannya. Beliau tidak pantang menyerah terhadap keadaan, tidak membuat alibi untuk menghindari masalah atau bahkan fitnah yang beliau hadapi, dibalik kesengsaraannya pun beliau selalu memikirkan bagaimana agar rakyat terbebas dari penjajah, kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan nasib negaranya walau dalam keadaan yang tidak menyenangkan inilah yang harus dicontoh oleh sosok pemimpin Indonesia masa depan.

2. Tegas dan berprinsip

Bung Karno adalah pribadi yang tegas dan berkarakter, terlihat dari cara beliau mencapai pendidikan tinggi untuk dapat menggapai cita-citanya walau beliau harus terpaksa masuk disekolah Belanda, dan sempat di ejek oleh kaum Belanda yang selalu meremehkan bangsa pribumi. Walaupun beliau seorang insinyur, setelah lulus dari Sekolah Teknik Tinggi, Bung Karno menolak pekerjaan yang pantas dengan gelarnya, beliau lebih memilih politik-non kooperatif yang telah tertanam dalam sanubarinya, alasannya sederhana Bung Karno tidak ingin menjadi pegawai pemerintah kolonial, tujuannya adalah menjadi pembangun dari suatu bangsa. Tekad dan prinsipnya tidak dapat dikalahkan oleh apapun yaitu cita-citanya membangun bangsa Indonesia.

3. Pandai memanfaatkan kesempatan yang ada

Bung Karno telah berulang kali masuk penjara karena jiwa politiknya yang dianggap salah oleh para kolonial, akan tetapi keadaan yang beliau rasakan di penjara bukan merupakan “boomerang” baginya, akan tetapi beliau merasa bahwa selama di penjara dirinya berkembang, hati Bung Karno semakin hari kian kuat. Ketika Bung Karno di larang untuk membaca buku politik, beliau mempergunakan waktunya untuk memulai mendalami Islam, dari Al Quranlah beliau tidak lagi mencari buku sosiologi untuk memperoleh jawaban atas bagaimana dan mengapa segala-galanya terjadi yang didapat dari ucapan Nabi Muhammad dan beliau sangat puas, selain itu beliau belajar tentang agama Kristen tentang perjanjian lama dan baru. Kegiatan inilah yang dapat diambil bahwa keadaan sesulit apapun jika dapat memanfaatkan kesempatan maka menjadi prbadi yang sukses dalam segala hal, inilah yang dibutuhkan untuk calon pemimpin masa depan.

4. Ramah, rendah hati dan bersahaja

Selama di Ende Soekarno sangat menyatu dengan masyarakat. Dengan cara inilah beliau menyebarkan semangat revolusi kepada masyarakat agar bersama-sama membangun bangsa menuju kemerdekaan. Beliau dekat dengan masyarakat tidak hanya untuk kepentingan dirinya tetapi untuk kepentingan bangsa Indonesia, beliau pun tidak pilih-pilih untuk mendekati masyarakat disekitar Ende, bahkan beliau mendekati masyarakat yang sederhana dan mayoritas kurang berpendidikan untuk menanamkan jiwa revolusioner, beliau dapat berkumpul dan berdiskusi berjam-jam lamanya dengan sahabat-sahabatnya.

5. Berpedoman pada kitab

Seorang pemimpin negara, dapat mengambil langkah dan mendalami apa yang sedang terjadi sesuai dengan kitab yang ada, yang diturunkan oleh Tuhan, Bung Karno berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Kitab sebagai landasan dalam mendalami segala kondisi yang terjadi sesuai dengan kemajuan zaman, dengan demikian dapat ditemui jawaban mengapa segala sesuatu dapat terjadi dan seorang pemimpin dapat mengambil langkah tepat untuk menghadapi segala yang terjadi sesuai dengan kitab yang dianutnya, sumber dari segala sumber yang ada.

6. Inspirator

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bung Karno adalah sosok yang dapat menginspirasi masyarakat karena pidato-pidatonya tentang revolusi yang dapat membangkitkan warga dan menggugah pemikiran warga untuk bangkit dalam keterpurukan karena dijajah.

7. Motivator

Bung Karno adalah seorang tokoh motivator, baik dalam politik juga dalam kehidupan, beliau membangun motivasi sahabat-sahabatnya di Ende dengan kata-kata bijak yang dapat menjadi semangat para sahabat, salah satunya ketika Bung Karno berpamitan dan beliau membisikkan kepada sahabatnya “Jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup besama keluargamu”. Seorang calon pemimpin negara adalah sosok yang dapat memberikan motivasi pada warganya untuk bangkit dalam keadaan.

8. Pantang menyerah

Bung Karno ialah sosok yang pantang menyerah, apapun dan bagaimanapun keadaan yang sedang dialami dirinya beliau mampu bertahan dan mencari celah untuk terus melanjutkan perjuangannya, pemimpin yang diharapkan kelak adalah pemimpin yang pantang menyerah dengan segala sesuatu yang ada dan tidak menarik diri atau bahkan membelokkan masalah agar masalah yang sudah ada tidak terselesaikan.

9. Tidak mudah terpengaruh

Sosok Bung Karno adalah pribadi yang tidak cepat terpengaruh oleh setiap berita yang diperolehnya tanpa mengolahnya secara matang terlebih dahulu. Terutama berita yang menyangkut sahabat-sahabatnya yang merupakan fitnah semata. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara kelak agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum benar adanya, agar tidak terombang-ambing suatu negara hanya karena berita dan infomasi yang tidak jelas, sehingga calon pemimpin yang baik adalah dapat menngklarifikasi dan mengolah informasi yang didapat agar diketahui kejelasannya dan dapat mengambil langkah yang tepat.

10. Dekat dengan rakyat

Bung Karno adalah tokoh yang dekat dengan masyarakat, beliau mengarahkan, memotivasi, membimbing rakyat terutama pada rakyat kecil. Hal-hal yang terjadi pada rakyat terutama yang tidak baik, beliau tidak ragu untuk memberikan arahan yang baik, seperti saat beliau bertemu tukang kebun kelapa yang tidak beragama, Bung Karno mengajak tukang kebun tersebut untuk pindah ke kota dan mempelajari agama di kota, akhirnya tukang kebun itupun beragama islam, contoh seperti inilah yang dapat dijadikan kriteria calon pemimpin bangsa yakni dekat dengan rakyat, harapannya agar presiden yang ada nantinya tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai teladan, dapat mengayomi dan berpihak pada kebutuhan-kebutuhan rakyat.

11. Mandiri dan produktif

Walaupun keturunan bangsawan, Bung Karno adalah pribadi yang mandiri dan produktif, ketika beliau diasingkan di Ende nampak bahwa beliau dapat survive dengan keadaan, bahkan beiau makan-makanan yang beliau tanam sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hal ini menujukkan Bung Karno adalah pribadi yang produktif, selain itu beliau memberikan pengetahuan kepada warga agar makan makanan asli bumi Indonesia. Mandiri dan produktif perlu dimiliki oleh presiden masa depan agar tidak terus menerus menggantungkan nasib negara pada negara lain, kepribadian presiden akan berpengaruh pada bagaimana beliau memimpin negaranya dan mengambil kebijaksanaan yang sesuai dengan pribadinya.

12. Cerdas

Seorang presiden tentunya harus cerdas. Cerdas secara intelegensi, emosional dan spiritual. Hal ini dapat ditemui pada Bung Karno, beliau memiliki ketiganya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran itulah, pemimpin dapat mengambil langkah cerdas untuk memajukan bangsanya.

Demikian kriteria calon presiden masa depan yang dapat diambil dari tokoh nasional Bung Karno, harapannya agar negara Indonesia mendapat sosok pemimpin bangsa seperti beliau dan dapat meneruskan perjuangan beliau untuk memajukan negara Indonesia.

Sumber referensi : Tim Nusa Indah. Bung Karno dan Pancasila.2006.Flores : Nusa Indah

 

Biodata Penulis

Nama : Pradita Arisgi W

Tempat/tanggal lahir : Surabaya/01 Januari 1992

Universitas : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat Universitas : UNESA Lidah Wetan Surabaya

Alamat rumah : Perum TNI – AL Blok G 6/6 Candi-Sidoarjo, Jawa Timur

Nomor telepon : 089637797513 / 03131164913

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

FB/Twitter : Pradita Arisgi / @arisgi

 

Pengamat Pilkada Jawa Timur : Ramalan, Prediksi Kofifah Terpilih sebagai Gubernur Jatim
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Jawa Timur – Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) propinsi Jatim pertarungan dua partai besar yaitu PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) dengan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) . Teks Foto. Peserta Pilkada Jawa Timur. (foto.net) Khofifah Indar Parawangsa kader PKB, Emil Dardak (Bupati Trenggalek) merupakan kader PDI-P. Begitu pula Saefullah Yusuf yang kerap disapa Gus Ipul politisi PKB serta Puti Soekarno (PDI-P) cucu presiden NKRI... Baca selengkapnya...

Pengamat Prediksi, Ramalan Pilkada Jawa Barat : Ridwan Kamil Terpilih sebagai Gubernur
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Jawabarat - Pencabutan nomor urut peserta calon Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018 Propinsi Jawa Barat . KPU (Komisi Pemilihan Umum) Propinsi Jawa barat akan menggelar rapat pleno pengundian nomor urut calon gubernur Jabar malam ini pukul 19.00 di Gedung Youth Centre Sport Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda nomor 140, Kota Bandung, pada Selasa malam (13/2). Teknis pengundian kali ini berbeda dengan Pilgub sebelumnya, karena... Baca selengkapnya...

Pengamat Prediksi, Ramalan Pilkada Riau: Incumbent Terpilih Kembali
Sabtu, 17 Pebruari 2018

KOPI, Pekanbaru – Usai sudah penetapan nomor urut pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Periode 2018-2023. Berlangsung pada hari Selasa (13/2/2018) di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Rapat Pleno pencabutan nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, DR. H. Nurhamin, S.Pt. MH. 1). Nomor urut Satu Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar - Edy... Baca selengkapnya...

Surat Terbuka for Dewan Pers II: Ada Saweran Berita Tayang
Sabtu, 10 Pebruari 2018

KOPI, Pekanbaru – Salam anak negeri Merdeka…merdeka 33x , Selamat Hari Pers Nasional (HPN) . Pers Indonesia belum bebas masih terkekang. Saat ini organisasi wartawan yang diakui oleh Dewan Pers hanya Tiga organisasi Pers yakni PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia, IJTI ( Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). Yang heranya Organisasi wartawan yang lain tidak diakui oleh Dewan Pers. Tinggi pula posisi Dewan Pers... Baca selengkapnya...

“Nyanyian” Setnov Seret Nama SBY, Ibas Terkait Proyek KTP Elektronik
Sabtu, 10 Pebruari 2018

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kangmas Sutisyoso menuturkan “ Diluar negeri mantan Presiden masuk penjara seperti Presiden Korea Selatan Roh Tehwu, negara Maladewa. Apakah di NKRI (Negara kesatuan Republik Indonesia) ingin mengikuti jejak negara lain bro. Tanyakan kepada rumput yang bergoyang” cakap Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan Pepi. Jangan lupa bro bagi-bagilah komisi duit dari proyek KTP-El tersebut. Setelah... Baca selengkapnya...

Prof Dedi, Promotori Fatia hingga raih predikat Cum Laude pada bidang Ilmu Matematika
Kamis, 08 Pebruari 2018

  KOPI, Yogyakarta - Mendengar kata matematika,  sebagian  orang langsung mengurangi volume untuk meneruskan keingintahuannya  mengenai ilmu eksak yang terpersepsikan hal yang  rumit dan rumus-rumus yang sulit pula.  Namun itu tidak berlaku dengan Fatia Fatimah, ketertarikannya pada ilmu Matematika sedari Sekolah Dasar (SD) dan dilanjutkan mengambil program doktoral pada jurusan matematika.   Alhasil ilmu matematika mengantarkanya... Baca selengkapnya...

Jumpa Pers Aliansi Mahasiswa, Pemuda Dan Rakyat Papua
Jumat, 02 Pebruari 2018

KOPI, Waena - Aliansi Mahasiswa, Pemuda dan Rakyat Papua melaksanakan kegiatan Jumpa Pers di Primagarden Waena Kelurahan Waena, Distrik Heram terkait dengan dinamika yang berkembang di Indonesia dan Papua khususnya Fenomena Kejadian Luar biasa (KLB) di beberapa daerah di Papua, Jumat (2/2). Kegiatan Jumpa Pers tersebut dikoordinir oleh Stenly Salamhu Sayuri (Ketua Umum) di dampingi oleh Edowardo Rumatrai (Anggota), Kornelius Mandenas... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALBuku Sejarah dari Seorang Sahabat Turki.....
15/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Hubungan harmonis antara Aceh dan Turki sudah ada sejak dahulu. Pada zaman Sultan AlQahar kerajaan Aceh secara resmi menjalin persahab [ ... ]



NASIONALKetum PPWI Apresiasi Kehadiran Portal Be.....
23/02/2018 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Portal berita anak bangsa; Indonesia Media Center (IMC) merayakan hari jadinya yang pertama, Jumat (23/02/2018) di kantor biro DKI Jak [ ... ]



DAERAHPaguyuban Ojek Mimika Berikrar Terkait P.....
24/02/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Mimika, Ratusan tukang ojek mengikuti kegiatan apel akbar ojek se Kab. Mimika dalam rangka Pilkada damai yang dipimpin langsung oleh AKBP Indra H [ ... ]



PENDIDIKANAlumni ITB dan Al Azhar Kukuhkan Aliansi.....
22/02/2018 | Abdullah/YM

KOPI, Jakarta - Alumni Al Azhar dan Institute Teknologi Bandung (ITB) bersinergi membentuk Aliansi Strategis untuk  “Bangun Bangsa”, Rabu (21/0 [ ... ]



EKONOMIWamenlu Bahas Kerjasama Bilateral Dengan.....
13/02/2018 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta – Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir, Selasa (13/02) menerima kunjungan bilateral dari Wakil Menteri Luar Negeri Maroko, Mounia B [ ... ]



HANKAMOknum TNI AL Koptu AB Berpakaian Loren.....
13/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Surabaya - Ditempat kerjanya Geng Suang menuturkan “ Yang merusak nama korp TNI (Tentara Nasional Indonesia) yakni oknum personel tersebut. S [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



PARIWISATAValentine’s Gala Dinner Imlek 2569 di .....
21/02/2018 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Program acara Valentine’s Day Gala Dinner IMLEK 2569, prosesi makan malam, serta berkumpul dengan keluarga besar, sambil menikmati [ ... ]



POLITIKKubu PPP Aceh Kembali Bersatu.....
23/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta-Beberapa waktu yang lalu PPP (Partai Persatuan Pembangunan) terjadi konflik antar pengurus. Hal ini juga berimbas hingga ke seluruh Indo [ ... ]



OPINIKetika Para Guru Mengungkapkan dengan Ju.....
19/02/2018 | Mustajib Sumba
article thumbnail

KOPI, Nusa Tenggara Timur - Sumba, “Saya belum mampu mengelola kelas dengan baik ketika anak-anak ribut. Saya jarang membuat media sendiri yang bisa [ ... ]



PROFILKilas Balik 14 Tahun Usia Facebook, Dul.....
14/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Amerika Serikat – Dulu The Facebook awalnya tampilan layar biru putih untuk kalangan mahasiswa Harvard saling berkomunikasi dan bertemu den [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAAnak diberi Nama “Fastpay” Pasangan .....
15/02/2018 | Fariz Ragil Ramadhani
article thumbnail

KOPI - Apalah arti sebuah nama, begitu kata pujangga. Hal ini tidak berlaku bagi keluarga Soebarno (43) Warga Sumberjaya Majalengka Jawa Barat. Baginy [ ... ]



ROHANIDengan Shalat Masalah Mudah Terselesaika.....
23/02/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta,Namanya juga hidup di dunia fana. Pastilah selalu saja ada masalah. Baik itu masalah ringan maupun masalah berat. Aneh juga ada orang tem [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATICuitan @kun Susi Juliana Tentang Pernik.....
18/02/2018 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, Duri – Cuitan @ akun Facebook milik Susi Juliana Simanjuntak alias Dek Yuli S, viral di medsos dan sudah dibagikan oleh ribuan orang. Isi cur [ ... ]



SERBA-SERBIBupati Kampar Azis Zainal : Skala Prior.....
22/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kampar – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) wilayah Kecamatan Bangkinang Kota, Bangkinang, [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.