Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

Ilham dari Flores untuk Nusantara (282/M)

KOPI - Sosok pesiden yang bagaimana yang dibutuhkan negara? Indonesia, warga negara khususnya, tidak perlu jauh memandang tokoh-tokoh luar negeri atau bahkan mencari-cari bagaimana presiden Indonesia, kriteria calon presiden Indonesia masa depan. Kita cukup melihat sosok para pioneer pembangun bangsa yang sangat berjasa memerdekakan negara ini, salah satu tokoh itu ialah Bung Karno. Ende, sebuah kota di bagian tengah Pulau Flores memiliki kenangan tersendiri dengan Bung Karno. Di kota inilah Bung Karno menjalani masa pembuangan politiknya antara tahun 1934-1938.

 

Dari peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa pembuangan inilah dapat diambil hikmah tentang kriteria yang baik untuk calon presiden masa depan yang dapat diambil dari Bung Karno diantaranya:

1. Gigih

Bung Karno adalah sosok pribadi yang gigih, dimanapun beliau berada terutama ketika berada di Ende, Bung Karno melewati maa-masa sulit yang harus ditanggungnya demi cita-cita perjuangannya. Beliau tidak pantang menyerah terhadap keadaan, tidak membuat alibi untuk menghindari masalah atau bahkan fitnah yang beliau hadapi, dibalik kesengsaraannya pun beliau selalu memikirkan bagaimana agar rakyat terbebas dari penjajah, kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan nasib negaranya walau dalam keadaan yang tidak menyenangkan inilah yang harus dicontoh oleh sosok pemimpin Indonesia masa depan.

2. Tegas dan berprinsip

Bung Karno adalah pribadi yang tegas dan berkarakter, terlihat dari cara beliau mencapai pendidikan tinggi untuk dapat menggapai cita-citanya walau beliau harus terpaksa masuk disekolah Belanda, dan sempat di ejek oleh kaum Belanda yang selalu meremehkan bangsa pribumi. Walaupun beliau seorang insinyur, setelah lulus dari Sekolah Teknik Tinggi, Bung Karno menolak pekerjaan yang pantas dengan gelarnya, beliau lebih memilih politik-non kooperatif yang telah tertanam dalam sanubarinya, alasannya sederhana Bung Karno tidak ingin menjadi pegawai pemerintah kolonial, tujuannya adalah menjadi pembangun dari suatu bangsa. Tekad dan prinsipnya tidak dapat dikalahkan oleh apapun yaitu cita-citanya membangun bangsa Indonesia.

3. Pandai memanfaatkan kesempatan yang ada

Bung Karno telah berulang kali masuk penjara karena jiwa politiknya yang dianggap salah oleh para kolonial, akan tetapi keadaan yang beliau rasakan di penjara bukan merupakan “boomerang” baginya, akan tetapi beliau merasa bahwa selama di penjara dirinya berkembang, hati Bung Karno semakin hari kian kuat. Ketika Bung Karno di larang untuk membaca buku politik, beliau mempergunakan waktunya untuk memulai mendalami Islam, dari Al Quranlah beliau tidak lagi mencari buku sosiologi untuk memperoleh jawaban atas bagaimana dan mengapa segala-galanya terjadi yang didapat dari ucapan Nabi Muhammad dan beliau sangat puas, selain itu beliau belajar tentang agama Kristen tentang perjanjian lama dan baru. Kegiatan inilah yang dapat diambil bahwa keadaan sesulit apapun jika dapat memanfaatkan kesempatan maka menjadi prbadi yang sukses dalam segala hal, inilah yang dibutuhkan untuk calon pemimpin masa depan.

4. Ramah, rendah hati dan bersahaja

Selama di Ende Soekarno sangat menyatu dengan masyarakat. Dengan cara inilah beliau menyebarkan semangat revolusi kepada masyarakat agar bersama-sama membangun bangsa menuju kemerdekaan. Beliau dekat dengan masyarakat tidak hanya untuk kepentingan dirinya tetapi untuk kepentingan bangsa Indonesia, beliau pun tidak pilih-pilih untuk mendekati masyarakat disekitar Ende, bahkan beliau mendekati masyarakat yang sederhana dan mayoritas kurang berpendidikan untuk menanamkan jiwa revolusioner, beliau dapat berkumpul dan berdiskusi berjam-jam lamanya dengan sahabat-sahabatnya.

5. Berpedoman pada kitab

Seorang pemimpin negara, dapat mengambil langkah dan mendalami apa yang sedang terjadi sesuai dengan kitab yang ada, yang diturunkan oleh Tuhan, Bung Karno berpedoman pada Al-Qur’an dan Al-Kitab sebagai landasan dalam mendalami segala kondisi yang terjadi sesuai dengan kemajuan zaman, dengan demikian dapat ditemui jawaban mengapa segala sesuatu dapat terjadi dan seorang pemimpin dapat mengambil langkah tepat untuk menghadapi segala yang terjadi sesuai dengan kitab yang dianutnya, sumber dari segala sumber yang ada.

6. Inspirator

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bung Karno adalah sosok yang dapat menginspirasi masyarakat karena pidato-pidatonya tentang revolusi yang dapat membangkitkan warga dan menggugah pemikiran warga untuk bangkit dalam keterpurukan karena dijajah.

7. Motivator

Bung Karno adalah seorang tokoh motivator, baik dalam politik juga dalam kehidupan, beliau membangun motivasi sahabat-sahabatnya di Ende dengan kata-kata bijak yang dapat menjadi semangat para sahabat, salah satunya ketika Bung Karno berpamitan dan beliau membisikkan kepada sahabatnya “Jangan menjadi peminta-minta, peraslah keringatmu untuk hidup besama keluargamu”. Seorang calon pemimpin negara adalah sosok yang dapat memberikan motivasi pada warganya untuk bangkit dalam keadaan.

8. Pantang menyerah

Bung Karno ialah sosok yang pantang menyerah, apapun dan bagaimanapun keadaan yang sedang dialami dirinya beliau mampu bertahan dan mencari celah untuk terus melanjutkan perjuangannya, pemimpin yang diharapkan kelak adalah pemimpin yang pantang menyerah dengan segala sesuatu yang ada dan tidak menarik diri atau bahkan membelokkan masalah agar masalah yang sudah ada tidak terselesaikan.

9. Tidak mudah terpengaruh

Sosok Bung Karno adalah pribadi yang tidak cepat terpengaruh oleh setiap berita yang diperolehnya tanpa mengolahnya secara matang terlebih dahulu. Terutama berita yang menyangkut sahabat-sahabatnya yang merupakan fitnah semata. Hal ini perlu dimiliki oleh seorang pemimpin negara kelak agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita yang belum benar adanya, agar tidak terombang-ambing suatu negara hanya karena berita dan infomasi yang tidak jelas, sehingga calon pemimpin yang baik adalah dapat menngklarifikasi dan mengolah informasi yang didapat agar diketahui kejelasannya dan dapat mengambil langkah yang tepat.

10. Dekat dengan rakyat

Bung Karno adalah tokoh yang dekat dengan masyarakat, beliau mengarahkan, memotivasi, membimbing rakyat terutama pada rakyat kecil. Hal-hal yang terjadi pada rakyat terutama yang tidak baik, beliau tidak ragu untuk memberikan arahan yang baik, seperti saat beliau bertemu tukang kebun kelapa yang tidak beragama, Bung Karno mengajak tukang kebun tersebut untuk pindah ke kota dan mempelajari agama di kota, akhirnya tukang kebun itupun beragama islam, contoh seperti inilah yang dapat dijadikan kriteria calon pemimpin bangsa yakni dekat dengan rakyat, harapannya agar presiden yang ada nantinya tidak hanya sebagai pemimpin, tetapi juga sebagai teladan, dapat mengayomi dan berpihak pada kebutuhan-kebutuhan rakyat.

11. Mandiri dan produktif

Walaupun keturunan bangsawan, Bung Karno adalah pribadi yang mandiri dan produktif, ketika beliau diasingkan di Ende nampak bahwa beliau dapat survive dengan keadaan, bahkan beiau makan-makanan yang beliau tanam sendiri seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, hal ini menujukkan Bung Karno adalah pribadi yang produktif, selain itu beliau memberikan pengetahuan kepada warga agar makan makanan asli bumi Indonesia. Mandiri dan produktif perlu dimiliki oleh presiden masa depan agar tidak terus menerus menggantungkan nasib negara pada negara lain, kepribadian presiden akan berpengaruh pada bagaimana beliau memimpin negaranya dan mengambil kebijaksanaan yang sesuai dengan pribadinya.

12. Cerdas

Seorang presiden tentunya harus cerdas. Cerdas secara intelegensi, emosional dan spiritual. Hal ini dapat ditemui pada Bung Karno, beliau memiliki ketiganya, beliau tidak tanggung-tanggung untuk mempelajari sesuatu. Dengan berbekal pengalaman dan pelajaran itulah, pemimpin dapat mengambil langkah cerdas untuk memajukan bangsanya.

Demikian kriteria calon presiden masa depan yang dapat diambil dari tokoh nasional Bung Karno, harapannya agar negara Indonesia mendapat sosok pemimpin bangsa seperti beliau dan dapat meneruskan perjuangan beliau untuk memajukan negara Indonesia.

Sumber referensi : Tim Nusa Indah. Bung Karno dan Pancasila.2006.Flores : Nusa Indah

 

Biodata Penulis

Nama : Pradita Arisgi W

Tempat/tanggal lahir : Surabaya/01 Januari 1992

Universitas : Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Alamat Universitas : UNESA Lidah Wetan Surabaya

Alamat rumah : Perum TNI – AL Blok G 6/6 Candi-Sidoarjo, Jawa Timur

Nomor telepon : 089637797513 / 03131164913

Alamat e-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

FB/Twitter : Pradita Arisgi / @arisgi

 

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

Tim Persib Targetkan Jadi Juara Liga 1 2017
Jumat, 07 April 2017

KOPI, Bandung - Manajer Persib Umuh mengemukakan, Persib tidak akan bisa sebesar ini tanpa dukungan kuat Bobotoh, mereka di mana pun Persib bertanding selalu ada memberikan semangat dan energi untuk berjuang keras menghadapi lawan-lawannya.   “Oleh karena itu,  tidak ada harapan lain selain Persib harus berjuang dan mentargetkan jadi  juara Liga 1 2017 tahun ini, tanpa dukungan Bobotoh, Persib tidak akan seperti sekarang. Terimakasih,... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Terima Pasukan Satgas TMMD Ke 98
Selasa, 04 April 2017

KOPI, ACEH SELATAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menerima Sebanyak 100 personel Batalyon Infanteri 115/Macan Lauser yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-98 tahun 2017 di Lapangan Makodim 0107/Aceh Selatan. Selasa (4/4/17).   Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan, Pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 98 tersebut akan diterjunkan ke lokasi sasaran dan berbaur dengan kehidupan ... Baca selengkapnya...

Akting Ibu Negara Iriana Joko Widodo Berperan sebagai “Anak Paud”
Sabtu, 01 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja ibuk negara Iriana Jokowi beserta Ibuk Mufidah Jusuf Kalla, ke Propinsi Riau, Rabu (29/3-17). Rombongan ini didampingi oleh kunjungan kerja istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE). Jadwal kunjugan kerja rombongan Istri Presiden Joko Widodo ke Riau mengunjungi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), melakukann pemeriksaan kanker serviks leher rahim atau... Baca selengkapnya...

Persit Kodim Aceh Selatan Disambut Haru Nyak Siti Rohmat
Senin, 27 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, telah mengetuk rasa keprihatinan dan simpati Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto dan pengurus Ranting 8 Koramil 07 Kluet Selatan. Selama ini, kondisi 'Nyak' Siti Rohmat memang serba kekurangan. Bukan hanya itu saja, bahkan kesehatannya pun menurun dan sering sakit. Sering kali tak memiliki makanan apalagi... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHGebyar Dirgantara 2017, Lanud Iswahjudi .....
22/04/2017 | Iswahyudi

KOPI, Magetan – Ribuan pengunjung yang terdiri dari pelajar maupun masyarakat umum padati Lapangan Udara (Lanud) Iswahjudi guna menyaksikan dan meme [ ... ]



PENDIDIKANMawardi, S.Pd Kepala SDN 20 Kampung Pada.....
21/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Pasaman - Kepala SDN 20 Kampung Padang, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman optimis membina sekolah yang beliau pimpin kearah yang leb [ ... ]



EKONOMIRaker KAMSRI; Membangun Sinergi Ekonomi .....
22/04/2017 | Andri Santana

KOPI, Pembangunan infrastruktur di Pemerintahan Era Jokowi, selain sebagai stimulus pembangunan nasional, pembangunan jalan, jembatan dan Dermaga meru [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIRevitalisasi Pendidikan Vokasi: Upaya Me.....
13/04/2017 | Harjoni Desky

Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi telah diterbitkan dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan  [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.