Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Secangkir Kopi untuk Presiden (338/S)

Secangkir Kopi untuk Presiden (338/S)

Jalan-jalan kami susuri dengan perlahan. . .
Perlahan tapi pasti Menengok negeri tercinta, rapuh Menengok ke angkasa luar, jauh
Tetapi jika kami menatap kedepan . . .
Terlihat sosok nan gagah, impian Sang pemimpin negeri Indonesia kelak

KOPI - Diatas adalah puisi yang saya karang ketika hendak menuliskan kata demi kata ini tentang seperti apa dambaan presiden Indonesia di mata rakyat. Tentu mengenai puisi diatas sudah sangat tergambar bahwa rakyat Indonesia menginginkan sesosok pemimpin negeri yang mampu membawa negara tercinta ini menuju kesuksesan. Menurut hasil dari pengamatan saya selama ini, rakyat indonesia mulai jenuh dengan seluk beluk permasalahan yang ada di dunia pemerintahan. Rakyat selalu dicekoki dengan berita-berita yang tersiar di layar kaca mengenai misalnya korupsi, suap, masalah KKN, hingga berita terbaru mengenai klaim Malaysia aatas tari Tor-tor. Sungguh sangat memprihatinkan, untuk apa berita itu terus menerus tersiar tanpa adanya tindakan lanjut? Atau memang sudah ditindak lanjuti? Setidaknya pertanyaan-pertanyaan itulah yang sekarang melekat dalam pikiran rakyat Indonesia.

Menyentuh topik mengenai kriteria presiden Indonesia yang akan datang, secangkir kopi di samping saya menjadi pembuka semua gagasan dan mimpi saya akan topik ini. Kopi tentu sangat melekat di semua kalangan baik rakyat awam sampai kaum pemerintah dan bangsawan. Kopi menjadi pembuka hari yang tepat pula, karena kandungannya yang tidak membuat kantuk sehingga aktifitas kita dapat kita jalani dengan penuh semangat dan lancar. Mengenai kopi ini, saya sedikit menghubungkan dengan kriteria presiden impian rakyat. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kopi mampu menghilangkan rasa kantuk, dan rasanya sangat tepat apabila rakyat mendambakan presiden yang tidak ‘mengantuk’ dalam arti lain selalu terbuka mata hati untuk peduli terhadap rakyatnya. Maka inilah kriteria yang pertama:

1. Membuka mata hati dan peduli terhadap Rakyat

Bukan sekedar mengumbar janji akan selalu peduli, tetapi benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum menjadi presiden, sebaiknya kandidat-kandidat yang mencalonkan tidak hanya mengumbar janji akan peduli tetapi rasa peduli ini seharusnya sudah melekat dalam diri para kandidat. Dan rakyat butuh presiden dengan latar belakang kepribadian peduli terhadap rakyatnya. Sehingga apabila terdengar jeritan-jeritan rakyat, presiden akan peka dan tidak menutup mata hatinya untuk menolong rakyatnya.

2. Tegas dan Berwibawa

Rakyat sekarang dipusingkan dengan berbagai permasalahan baik di dalam maupun di luar. Seperti permasalahan klaim Malaysia atas tari Tor-tor. Tentu ini menjadi berita yang tak asing karena sebelum-sebelumnya Indonesia juga pernah mengalami permasalahan demikian, ingatkah saudara akan tari Reog Ponorogo? Atau tari Pendet? Ya, memang rakyat Indonesia butuh akan pemimpin yang tegas dan berwibawa, sehingga negara tercinta ini mampu terus berdiri kokoh di tengah-tengah krisis dunia.

3. Jujur dalam bekerja

Apa yang terjadi jika seorang presiden menyembunyikan rahasia diatas rakyat? Suap? Korupsi? Ini akan membuat rakyat geram, sehingga saya menggolongkan pula ‘Jujur dalam bekerja’ adalah kriteria ideal seorang presiden.

4. Mendengar Seruan Rakyat dan bertindak

Ini adalah kriteria dari lanjutan kriteria yang pertama. Seperti secangkir kopi yang ada disamping saya, apabila kopi itu terus menerus saya diamkan dan hanya menikmati aromanya, mungkin beberapajam kemudian kopi akan menjadi dingin dan jika berhari-hari akan basi. Sama halnya dengan presiden, jika presiden hanya membuka hati dan mendengar suara rakyat tanpa adanya tindakan, rakyat akan sengsara, menderita dalam batuan karang yang tajam, dan akhirnya hanya meninggalkan sisa tulang belulang. Presiden harus bertindak dengan cepat bagi rakyatnya, presiden harus menjadi ‘bapak’ yang selalu melindungi ‘anak-anaknya’.

5. Ikhlas dan Tulus memimpin Indonesia

Bukannya menjadi presiden akan menyenangkan? Saya rasa tidak seluruhnya benar, seorang presiden harus mampu memikul tanggung jawab atas negaranya. Menjalankan setiap tugas dengan ikhlas dan tulus demi rakyat, jangan hanya mengharapkan yang terbaik. Presiden bertugas melayani negara bukan dilayani oleh negara.

6. Mempunyai Pribadi yang sopan dan santun

Apa yang akan terjadi apabila Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang tidak santun? Seenaknya sendiri? Tentu semua sudah tahu akan jawabanya

7. Menjunjung Keadilan

Bagaimana dengan kasus-kasus koruptor yang hanya dipenjara dalam hitungan jari? Apakah presiden sebagai lembaga eksekutif sudah menjamin adanya keadilan bagi rakyatnya? Ini menjadi PR besar bagi para calon presiden kelak. Kriterian ini adalah lanjutan dari Jujur dalam Bekerja.

8. Pandai dalam Wawasan dan Bidang Pemerintahan

Seperti kita mengenal alm. Drs. Moh. Hatta yang menjadi wakil presiden Indonesia yang pertama. Saya mencontoh beliau dalam kriteria ini karena beliau adalah pahlawan bangsa yang cerdas dan memiliki intelegensi yang tinggi. Beliau menghabiskan waktunya untuk belajar dan bekerja demi rakyat. Sisa hidupnya diisi dengan membaca buku, tak heran jika Drs. Moh. Hatta menjadi wakil presiden saat itu. Rakyat butuh presiden seperti beliau.

9. Empat pilar negara menjadi acuan dalam memerintah

Empat pilar ini adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sudahkah presiden-presiden menerpkan ini dalam tugasnya sebagai kepala pemerintahan? Jangan sampai empat pilar ini justru menjadi embel-embel dalam memerintah. Kami mengharapkan presiden RI yang bertugas berdasarkan Pancasila, mengimplementasikan UUD 1945, memandang Bhineka Tunggal Ika dalam menciptakan keputusan, dan menjunjung NKRI harga mati.

10. Pemimpin yang Patut Diteladani

Sudah banyak pendahulu-pendahulu Indonesia yang diteladani hingga sekarang, seperti Drs. Moh. Hatta, Ir. Soekarno, Abdul Muis, Dewi Sartika, R.A. Kartini dan masih banyak lagi. Kriteria ini dimaksudkan untuk membuktikan kepada Indonesia atau dunia bahwa Indonesia masih memiliki pemimpin yang baik pula. Setidaknya presiden ini mampu menjadi salah satu tokoh yang diteladani bagi anak cucu kita kelak.

11. Menjadikan Indonesia sebagai Negara yang Sukses

Dari sabang sampai merauke, menjadi tugas seorang pemimpin negara untuk menjadikannya wilayah-wilayah yang sukses. Kiat visi dan misi menjadi PR presiden untuk mewujudkannya. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya, kawasan bahari nan luas, sumber daya alam nan melimpah, dan jumlah penduduk Indonesia, sudah mampu menjadikan negara ini negara yang sukses. Bisakah presiden mewujudkannya? Inilah lirih hati rakyat Indonesia.

12. Pemimpin Yang Selalu Lekat di Hati Rakyat

Kriteria yang terkhir adalah pemimpin yang selalu lekat di hati rakyat. Meskipun presiden berada di ibukota dalam menjalankan tugasnya, tetapi rakyat selalu merasa bahwa presiden selalu disamping mereka. Menjadi pemimpin di setiap RT dan RW, bahkan di kawasan perbatasan. Seluruh pelosok negeri akan mengenali Presiden karena jasa-jasanya yang besar sehingga membawa rakyat Indonesia selalu bersemangat dan menciptakan Indonesia produktif. Setidaknya presiden akan selalu menjadi sosok penyemangat bagi rakyat Indonesia. Tak menyangka secangkir kopi saya sudah habis bersamaan dengan selesainya kriteria-kriteria presiden ideal bagi Indonesia tercinta ini. Apakah semua akan terjawab seperti yang rakyat inginkan? Saya hanya berharap yang terbaik dan selalu berdoa kepada Tuhan memohon perlindungan atas negeri ini. Presiden yang akan memimpin negeri ini sudah sepantasnya memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Jangan sampai terulang lagi hal-hal yang memalukan di negeri ini seperti KKN, suap, klaim budaya, dan sebagainya. Semua butuh usaha dan rakyat membutuhkan presiden yang mau berusaha. Secangkir kopi untuk rakyat dan untuk presiden Indonesia kelak.

Sumber Referensi

Kedua Orang Tua saya

Teman-teman dan kerabat saya atas pendapat mereka http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi

http://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta

 

BIODATA PENULIS

Nama : Joshua Ivan Winaldy Simanungkalit

TTL : Sragen, 11 Maret 1996

Sekolah : SMA N 1 Surakarta

Alamat Sekolah : Jl. Monginsidi No. 40, Surakarta

Alamat Rumah : Nglangak RT 02/01, Kwangen, Gemolong, Sragen, 57274

Nomor telepon seluler : 085 728 687 673

Nomor telepon rumah : 081 6678814

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Facebook : Joshua Simanungkalit http://www.facebook.com/joshua.simanungkalit

Akun Twitter : @JoshuaIvan11

 

Keluarga Lintas Atjeh Buka Bareng "Bu Lam Oen"
Jumat, 23 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Loyalitas, Solidaritas, Soliditas Dan Jiwa Korsa terus dipupuk oleh keluarga besar Lintas Atjeh, moment kebersamaan dalam meningkatkan tali silaturahmi dengan Bukber. Ada hal menakjubkan yang dilakukan keluarga Lintas Atjeh bersama anggota PPWI Aceh Selatan pada saat berbuka puasa di rumah Rahmatillah di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (22/06/2017), yang menyajikan menu buka puasa... Baca selengkapnya...

PPWI Media Grup Aceh Selatan Bagi Takjil Gratis Kepada Pengguna Jalan
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Bulan Suci Ramadhan adalah penuh berkah, semua orang, organisasi atau komunitas berlomba - lomba memanfaatkan untuk berbuat kebajikan, tak terkecuali Komunitas Persatuan, Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Aceh Selatan. Setelah sebelumnya media Lintas Atjeh dan PPWI Aceh Selatan melaksanakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu di Desa Lhok Ruekam, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Kali ini kembali... Baca selengkapnya...

Sucikan Hati, Bersihkan Jiwa, Media Lintas Atjeh Santuni Dhuafa
Rabu, 21 Juni 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Dalam bulan puasa ini mari kita sucikan hati bersihkan jiwa, saling peduli dan mengasihi, masih banyak saudara kita yang butuh perhatian dan kasih sayang, terlebih kepada kaum dhuafa dan yatim piatu. Hal tersebut disampaikan oleh Pimred Lintas Aceh Ari Muzakki pada saat mengunjungi kediaman kaum dhuafa dan anak yatim piatu bersama rombongan dalam rangka buka puasa bersama dan menyantuni yatim piatu di Gampong Lhok Reukam,... Baca selengkapnya...

Cek Endra Beri Santunan Masyarakat Di Pasantren Miftahul Jannah
Selasa, 20 Juni 2017

  KOPI Sarolangun, Memberi santunan pada Anak yatim, orang tua Jompo serta masyarakat telah menjadi kebiasaan dimata publik dan semakin  melekat pada sosok Cek Endra yang kini juga menjabat sebagai Bupati Sarolangun. Pasalnya, Kegiatan Santunan tersebut kerab dilakukan Cek endra bukan hanya saat Bulan Ramadhan, akan tetapi telah menjadi kebiasaan, sebab berbagi dan bersodakoh adalah merupakan Amal yang Pahalanya terus mengalir. Kegiatan itu... Baca selengkapnya...

Presiden Joko Widodo Gelar Buka Puasa Bersama Anak Yatim di Istana
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Jakarta - Buka puasa dilaksanakan secara lesehan di Istana Negara, Senen (12/6-17). Presiden mengundang anak yatim piatu dan penyandang disabilitas berbuka bersama di istana. Sebelum berbuka di awali pembacaan pemenang lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat anak-anak digelar tadi pagi (red. Senen). Acara dilanjutkan dengan mendengarkan kultum dan buka puasa bersama. Presiden Jokowi beserta anak yatim menunaikan Shalat Maghrib... Baca selengkapnya...

Kordias Resmi Jabat Wakil Ketua DPRD Riau Sisa Masa Jabatan 2014-2019
Selasa, 20 Juni 2017

KOPI, Pekanbaru - Rapat paripurna DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Septina Primawati didampingi Wakil Ketua Sunaryo dan Noviwaldy Jusman bertempat di ruang paripurna gedung DPRD Riau ,Kamis (15/6-17 ) Ketua DPRD Riau Hj. Septina Primawati mengungkapkan, pelantikan dilakukan sesuai dengan SK Mendagri nomor 161.14-3247 Tahun 2017, perihal pemberhentian dengan hormat wakil ketua DPRD Riau atas nama Manahara... Baca selengkapnya...

Ketum PPWI Hadiri Undangan Buka Puasa Bersama di Kediaman Dubes Maroko
Minggu, 18 Juni 2017

KOPI, Jakarta – Ketua Umum PPWI Wilson Lalengke, yang adalah juga Ketua Persaudaraan Indonesia-Sahara-Maroko (Persisma), berkesempatan menghadiri undangan Iftar (berbuka puasa) bersama di Kediaman Resmi Duta Besar Kerajaan Maroko untuk Indonesia, H.E. Mr. Oubadia Benadbellah, Kamis, 15 Juni 2017. Acara yang dimulai sejak pukul 17.30 Wib itu diawali dengan temu-ramah dengan Bapak Dubes Maroko, sekaligus sebagai ajang perkenalan karena beliau... Baca selengkapnya...

NASIONALDPD RI Cek Kesiapan Final Pelabuhan Tanj.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Tanjung Priuk - Wakil Ketua DPDRI Nono Sampono sambangi pelabuhan tanjung priuk dan terminal Pulogebang mengecek info kesiapan moda transportasi [ ... ]



PENDIDIKANObrolan Santai dengan Kepsek SMK I Sei K.....
19/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pelalawan - Pak Kepsek (Kepala Sekolah) saya dengar dulu Sekolah ini milik yayasan alias swasta, kini sudah negeri bagaimana ceritanya. Betul ,  [ ... ]



EKONOMIHari ke-14, Pengunjung Jakarta Fair Menc.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, berhasil digelar dengan meriah di  [ ... ]



HANKAMBeri Penyuhan Hukum, Yonif PR 502 Kostra.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Kalimantan Barat - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – Malaysia Yonif Para Raider 502 Kostrad yang dipimpin oleh Letkol In [ ... ]



OLAHRAGAIni Dia Para Pemenang Wrangler True Wand.....
21/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Sebuah petualangan besar tahun ini “Wrangler True Wanderer 2017” baru saja menemukan pemenangnya. Mereka telah menunjukan bahwa m [ ... ]



PARIWISATAJakarta Fair Kemayoran Tetap Buka di Har.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

  KOPI, Jakarta - Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017 kini telah memasuki hari ke-15. Sebanyak 2.700 perusahaan yang tergabung dalam 1 [ ... ]



OPINIPeran dan Komitmen Pemerintah dalam Upa.....
21/06/2017 | Harjoni Desky

Jaminan Kesehatan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan JKN, hadir dalam rangka memenuhi hak masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemenuhan ha [ ... ]



PROFILObrolan Santai dengan Camat Sentajo Agus.....
11/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Obrolan santai dengan Camat Sentajo Raya Agus Iswanto, SSTP dengan wartawan Pewarta- Indonesia di ruangan kerjanya, hari Jum [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAYoesi Ariyani Lestarikan Tari Klasik Jaw.....
28/05/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam era globalisasi sekarang ini, nilai-nilai tradisi sudah mulai banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern karena dianggap tidak s [ ... ]



ROHANIAl Quran dalam Seni Batik.....
13/06/2017 | Muladi Wibowo
article thumbnail

  KOPI -  Mengisi bulan dengan beragam amalan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh kaum muslim dimana saja, hal yang berbeda terjadi di kawasa [ ... ]



RESENSIFilm Jailangkung: Dari Permainan, Beruba.....
15/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - PERMAINAN boneka jailangkung masih adakah yang memainkannya? Ada dan banyak. Ritual pemanggilan arwah sangat lumrah dilakukan. Apalagi [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATISeptember Nanti Tembilahan Tuan Rumah Wo.....
06/06/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Indragiri Hilir (Inhil) merupakan daerah penghasil Kopra terbesar di Asia, 432 ribu Hektare kebun Kelapa milik rakyat maupun milik  [ ... ]



SERBA-SERBIMalam Muda Mudi Meriahkan Perayaan HUT J.....
23/06/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Malam muda-mudi yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota DKI Jakarta yang ke-490, digelar dengan meriah. Pada dasarn [ ... ]


Other Articles

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.