Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Secangkir Kopi untuk Presiden (338/S)

Jalan-jalan kami susuri dengan perlahan. . .
Perlahan tapi pasti Menengok negeri tercinta, rapuh Menengok ke angkasa luar, jauh
Tetapi jika kami menatap kedepan . . .
Terlihat sosok nan gagah, impian Sang pemimpin negeri Indonesia kelak

KOPI - Diatas adalah puisi yang saya karang ketika hendak menuliskan kata demi kata ini tentang seperti apa dambaan presiden Indonesia di mata rakyat. Tentu mengenai puisi diatas sudah sangat tergambar bahwa rakyat Indonesia menginginkan sesosok pemimpin negeri yang mampu membawa negara tercinta ini menuju kesuksesan. Menurut hasil dari pengamatan saya selama ini, rakyat indonesia mulai jenuh dengan seluk beluk permasalahan yang ada di dunia pemerintahan. Rakyat selalu dicekoki dengan berita-berita yang tersiar di layar kaca mengenai misalnya korupsi, suap, masalah KKN, hingga berita terbaru mengenai klaim Malaysia aatas tari Tor-tor. Sungguh sangat memprihatinkan, untuk apa berita itu terus menerus tersiar tanpa adanya tindakan lanjut? Atau memang sudah ditindak lanjuti? Setidaknya pertanyaan-pertanyaan itulah yang sekarang melekat dalam pikiran rakyat Indonesia.

Menyentuh topik mengenai kriteria presiden Indonesia yang akan datang, secangkir kopi di samping saya menjadi pembuka semua gagasan dan mimpi saya akan topik ini. Kopi tentu sangat melekat di semua kalangan baik rakyat awam sampai kaum pemerintah dan bangsawan. Kopi menjadi pembuka hari yang tepat pula, karena kandungannya yang tidak membuat kantuk sehingga aktifitas kita dapat kita jalani dengan penuh semangat dan lancar. Mengenai kopi ini, saya sedikit menghubungkan dengan kriteria presiden impian rakyat. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa kopi mampu menghilangkan rasa kantuk, dan rasanya sangat tepat apabila rakyat mendambakan presiden yang tidak ‘mengantuk’ dalam arti lain selalu terbuka mata hati untuk peduli terhadap rakyatnya. Maka inilah kriteria yang pertama:

1. Membuka mata hati dan peduli terhadap Rakyat

Bukan sekedar mengumbar janji akan selalu peduli, tetapi benar-benar dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum menjadi presiden, sebaiknya kandidat-kandidat yang mencalonkan tidak hanya mengumbar janji akan peduli tetapi rasa peduli ini seharusnya sudah melekat dalam diri para kandidat. Dan rakyat butuh presiden dengan latar belakang kepribadian peduli terhadap rakyatnya. Sehingga apabila terdengar jeritan-jeritan rakyat, presiden akan peka dan tidak menutup mata hatinya untuk menolong rakyatnya.

2. Tegas dan Berwibawa

Rakyat sekarang dipusingkan dengan berbagai permasalahan baik di dalam maupun di luar. Seperti permasalahan klaim Malaysia atas tari Tor-tor. Tentu ini menjadi berita yang tak asing karena sebelum-sebelumnya Indonesia juga pernah mengalami permasalahan demikian, ingatkah saudara akan tari Reog Ponorogo? Atau tari Pendet? Ya, memang rakyat Indonesia butuh akan pemimpin yang tegas dan berwibawa, sehingga negara tercinta ini mampu terus berdiri kokoh di tengah-tengah krisis dunia.

3. Jujur dalam bekerja

Apa yang terjadi jika seorang presiden menyembunyikan rahasia diatas rakyat? Suap? Korupsi? Ini akan membuat rakyat geram, sehingga saya menggolongkan pula ‘Jujur dalam bekerja’ adalah kriteria ideal seorang presiden.

4. Mendengar Seruan Rakyat dan bertindak

Ini adalah kriteria dari lanjutan kriteria yang pertama. Seperti secangkir kopi yang ada disamping saya, apabila kopi itu terus menerus saya diamkan dan hanya menikmati aromanya, mungkin beberapajam kemudian kopi akan menjadi dingin dan jika berhari-hari akan basi. Sama halnya dengan presiden, jika presiden hanya membuka hati dan mendengar suara rakyat tanpa adanya tindakan, rakyat akan sengsara, menderita dalam batuan karang yang tajam, dan akhirnya hanya meninggalkan sisa tulang belulang. Presiden harus bertindak dengan cepat bagi rakyatnya, presiden harus menjadi ‘bapak’ yang selalu melindungi ‘anak-anaknya’.

5. Ikhlas dan Tulus memimpin Indonesia

Bukannya menjadi presiden akan menyenangkan? Saya rasa tidak seluruhnya benar, seorang presiden harus mampu memikul tanggung jawab atas negaranya. Menjalankan setiap tugas dengan ikhlas dan tulus demi rakyat, jangan hanya mengharapkan yang terbaik. Presiden bertugas melayani negara bukan dilayani oleh negara.

6. Mempunyai Pribadi yang sopan dan santun

Apa yang akan terjadi apabila Indonesia dipimpin oleh pemimpin yang tidak santun? Seenaknya sendiri? Tentu semua sudah tahu akan jawabanya

7. Menjunjung Keadilan

Bagaimana dengan kasus-kasus koruptor yang hanya dipenjara dalam hitungan jari? Apakah presiden sebagai lembaga eksekutif sudah menjamin adanya keadilan bagi rakyatnya? Ini menjadi PR besar bagi para calon presiden kelak. Kriterian ini adalah lanjutan dari Jujur dalam Bekerja.

8. Pandai dalam Wawasan dan Bidang Pemerintahan

Seperti kita mengenal alm. Drs. Moh. Hatta yang menjadi wakil presiden Indonesia yang pertama. Saya mencontoh beliau dalam kriteria ini karena beliau adalah pahlawan bangsa yang cerdas dan memiliki intelegensi yang tinggi. Beliau menghabiskan waktunya untuk belajar dan bekerja demi rakyat. Sisa hidupnya diisi dengan membaca buku, tak heran jika Drs. Moh. Hatta menjadi wakil presiden saat itu. Rakyat butuh presiden seperti beliau.

9. Empat pilar negara menjadi acuan dalam memerintah

Empat pilar ini adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sudahkah presiden-presiden menerpkan ini dalam tugasnya sebagai kepala pemerintahan? Jangan sampai empat pilar ini justru menjadi embel-embel dalam memerintah. Kami mengharapkan presiden RI yang bertugas berdasarkan Pancasila, mengimplementasikan UUD 1945, memandang Bhineka Tunggal Ika dalam menciptakan keputusan, dan menjunjung NKRI harga mati.

10. Pemimpin yang Patut Diteladani

Sudah banyak pendahulu-pendahulu Indonesia yang diteladani hingga sekarang, seperti Drs. Moh. Hatta, Ir. Soekarno, Abdul Muis, Dewi Sartika, R.A. Kartini dan masih banyak lagi. Kriteria ini dimaksudkan untuk membuktikan kepada Indonesia atau dunia bahwa Indonesia masih memiliki pemimpin yang baik pula. Setidaknya presiden ini mampu menjadi salah satu tokoh yang diteladani bagi anak cucu kita kelak.

11. Menjadikan Indonesia sebagai Negara yang Sukses

Dari sabang sampai merauke, menjadi tugas seorang pemimpin negara untuk menjadikannya wilayah-wilayah yang sukses. Kiat visi dan misi menjadi PR presiden untuk mewujudkannya. Kita tahu bahwa Indonesia adalah negara yang kaya, kawasan bahari nan luas, sumber daya alam nan melimpah, dan jumlah penduduk Indonesia, sudah mampu menjadikan negara ini negara yang sukses. Bisakah presiden mewujudkannya? Inilah lirih hati rakyat Indonesia.

12. Pemimpin Yang Selalu Lekat di Hati Rakyat

Kriteria yang terkhir adalah pemimpin yang selalu lekat di hati rakyat. Meskipun presiden berada di ibukota dalam menjalankan tugasnya, tetapi rakyat selalu merasa bahwa presiden selalu disamping mereka. Menjadi pemimpin di setiap RT dan RW, bahkan di kawasan perbatasan. Seluruh pelosok negeri akan mengenali Presiden karena jasa-jasanya yang besar sehingga membawa rakyat Indonesia selalu bersemangat dan menciptakan Indonesia produktif. Setidaknya presiden akan selalu menjadi sosok penyemangat bagi rakyat Indonesia. Tak menyangka secangkir kopi saya sudah habis bersamaan dengan selesainya kriteria-kriteria presiden ideal bagi Indonesia tercinta ini. Apakah semua akan terjawab seperti yang rakyat inginkan? Saya hanya berharap yang terbaik dan selalu berdoa kepada Tuhan memohon perlindungan atas negeri ini. Presiden yang akan memimpin negeri ini sudah sepantasnya memberikan yang terbaik bagi rakyatnya. Jangan sampai terulang lagi hal-hal yang memalukan di negeri ini seperti KKN, suap, klaim budaya, dan sebagainya. Semua butuh usaha dan rakyat membutuhkan presiden yang mau berusaha. Secangkir kopi untuk rakyat dan untuk presiden Indonesia kelak.

Sumber Referensi

Kedua Orang Tua saya

Teman-teman dan kerabat saya atas pendapat mereka http://id.wikipedia.org/wiki/Kopi

http://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta

 

BIODATA PENULIS

Nama : Joshua Ivan Winaldy Simanungkalit

TTL : Sragen, 11 Maret 1996

Sekolah : SMA N 1 Surakarta

Alamat Sekolah : Jl. Monginsidi No. 40, Surakarta

Alamat Rumah : Nglangak RT 02/01, Kwangen, Gemolong, Sragen, 57274

Nomor telepon seluler : 085 728 687 673

Nomor telepon rumah : 081 6678814

Alamat E-mail : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Facebook : Joshua Simanungkalit http://www.facebook.com/joshua.simanungkalit

Akun Twitter : @JoshuaIvan11

 

Terlibat Politik Praktis Wakapolda Maluku di Pindahkan ke Mabes Polri
Jumat, 22 Juni 2018

KOPI, Maluku – Ditempat kerjanya, Kangmas Sutisyoso mengatakan “ Daripada Komandan stres melihat kelakuan anggota pecat saja oknum Perwira Tinggi Polri/TNI  Ikut politik praktis  pada Pilkada serentak tahun 2018 ini. Sangsi tegasnya yakni pencopotan dari jabatan hingga pemecatan” cakap Pengamat Kepolisian Indonesia Beredar informasi oknum perwira tinggi berpangkat Brigjen berpakaian dinas memberikan pengarahan kepada seluruh personel... Baca selengkapnya...

Pengamat : Menjelang Pilkada Serentak 2018 Tensi Politik Indonesia Meninggi
Kamis, 21 Juni 2018

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Pengamat Politik Indonesia sebut saja namanya Mas Sutisyoso mengatakan” Menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak tahun 2018 ini. Suasana Tensi politik di tanah air mulai meninggi. Kritikan dan tuduhan menohok langsung bisa Anda Sakit Kepala buatnya. Tidak elok prilaku politik begitu, tidak mencerminkan negara yang berdaulat dan bermartabat di mata dunia Internasional. Mari sama-sama bersikap... Baca selengkapnya...

Pengamat : Cuitan SBY soal Hukum Rimba di Tahun Politik , Heboh Perpolitikan Indonesia
Kamis, 21 Juni 2018

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Pengamat Politik Indonesia sebut saja namaya Mas Sutisyoso mengatakan” Menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak tahun 2018 ini. Suasana Tensi politik di tanah air mulai meninggi. Kritikan dan tuduhan menohok langsung bisa Anda Sakit Kepala buatnya Tidak elok prilaku politik begitu, tidak mencerminkan negara yang berdaulat dan bermartabat di mata dunia Internasional. Mari sama-sama bersikap... Baca selengkapnya...

Untuk Kedua Kalinya Pemkab Kampar Meraih WTP dari BPK Riau
Senin, 18 Juni 2018

KOPI, Pekanbaru - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Uwan Abdullah Cu Somek Mengatakan “ Setiap tahun BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan daerah Riau , selalu mengobral dan memberikan nilai kepada Pemerintah Propinsi serta kabupaten/kota . Penilaian ini rawan Suap, bagaimanapun masing-masing kepala daerah menginginkan meraih prediket WTP (Wajar Tanpa  pengecualian). Bagi-bagilah THR tuh bro. Masih ingatkah Anda dulu kasus... Baca selengkapnya...

RSUD Sekayu Muba Catat Sejumlah Prestasi, Sang Direktur Terima Penghargaan
Minggu, 17 Juni 2018

KOPI, JAKARTA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan catat sejumlah prestasi, sang Direktur dr. Makson Parulian Purba, MARS, terima penghargaan lembaga apresiasi independen. Berbagai perkembangan yang dicapai RSUD Sekayu di tangan dokter Makson Parulian Purba tentu dapat dilihat dan dirasakan masyarakat Muba. Dalam kepemimpinannya yang kedua kali, percepatan di bidang pelayanan kesehatan dan penambahan... Baca selengkapnya...

Dua BUMN Indonesia PT. KAI dan PT Wika Go Internasional Raih Proyek di Negara Filipina
Jumat, 01 Juni 2018

KOPI, Jakarta – “Keberhasilan ekspansi PT INKA ( PT. Industri Kereta Api) dan PT Wijaya Karya (Wika) di Filipina merupakan salah satu bukti bahwa BUMN  (Berebut Uang   Milik Negara eh salah Badan Usaha Milik Negara ) kita kuat, andal dan dipertimbangkan di luar negeri,” kata Rini. Dua perusahaan pelat merah bekerja sama dengan perusahaan Filipina terkait proyek infrastruktur transportasi. PT Industri Kereta Api (Inka) akan... Baca selengkapnya...

Industri Manufaktur Capai Investasi Rp62,7 Triliun di 2018
Minggu, 27 Mei 2018

KOPI,  Jakarta - Kementerian Perindustrian terus aktif mendorong peningkatan nilai investasi dan ekspor terutama di sektor manufaktur. Upaya ini diyakini mampu memacu pertumbuhan ekonomi nasional serta membawa efek positif yang luas guna menciptakan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.   “Selama ini, industri menjadi penggerak utama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus berperan sebagai tulang... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALPresiden Trump Jamuan Iftar dengan .....
10/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington - Tradisi Iftar (Buka Puasa) di Gedung Putih dimulai pada 1990-an selama pemerintahan Bill Clinton sebagai bentuk “pendekatan” t [ ... ]



NASIONAL300 Anggota Brimob Sat Pelopor Mabes Pol.....
21/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Sentani, Sebanyak 300 anggota Brimob Sat Pelopor Mabes Polri pimpinan Kompol Budi Hidayat tiba dari Jakarta dengan  menggunakan pesawat Lion A [ ... ]



DAERAHTNI AD Mendukung Camp Remaja Gereja Kema.....
19/06/2018 | Wawan Setiawan

KOPI-Sentani, Rindam XVII / Cenderawasih menjadi tuan rumah acara Camp Remaja Gereja Kemah  Injil Indonesia Wilayah PAPUA Tahun  2018 di Distrik Sen [ ... ]



PENDIDIKANHeboh..Mahasiswa Asal Papua Ke Kampus UN.....
30/05/2018 | Sem Gombo, S.Kom

KOPI - Salah Seorang Mahasiswa UNCEN Jayapura asal Papua berinisial DT pergi ke Kampus dengan menggunakan busana daerah yaitu memakai Koteka. Apa ge [ ... ]



EKONOMIMaksimalkan Kinerja, Kemenperin Rubah St.....
22/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Unit pelayanan teknis (UPT) di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian mengalami peningkat [ ... ]



HANKAMUniversitas Riau Tempat Merakit Bom .....
03/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya,sebut saja namanya Ajisulung mengatakan “ Bukti lemahnya pengawasan oleh security Universitas Riau (UR). Para  [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



POLITIKCagubri Lukman Edy : Prihatin Melihat .....
20/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru- Calon Gubernur Riau (Cagubri ) Lukman Edy bila dipercayai oleh masyarakat Riau terpilih menjadi Gubernur nanti, memperhatikan nasib  [ ... ]



OPINIMembantu Polisi Melalui Peran yang Kita .....
16/06/2018 | Harjoni Desky, S.Sos.I., M.Si

KOPI - Di bawah terik matahari pagi, lebih kurang sebanyak empat satuan setingkat kompi atau 400 orang personel brigade mobil (brimob) dan personel da [ ... ]



PROFILPolres Kuantan Singingi Raih Dua Pengh.....
08/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Polres Kuantan Singingi (Kuansing) raih dua penghargaan . Penghargaan itu diserahkan, Rabu (14/2/2018) oleh Irjen Nandang se [ ... ]



SOSIAL & BUDAYABatik Jambi Melenggang Hingga ke Eropa d.....
18/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI, Jakarta – Kementerian Perindustrian memfasilitasi sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) batik nasional untuk ikut serta dalam  [ ... ]



ROHANITim Jum,at Barokah Waka Polresta Pekanba.....
18/06/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru - Menutupi minggu terkahir bulan suci Ramadhan 1439 H, tim terpadu Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru mengunjungi panti asuhan Ali An N [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



SERBA-SERBIKemenperin Dukung Pelaksanaan MOFP 2018 .....
10/06/2018 | Yeni Muezza
article thumbnail

KOPI,  Jakarta – Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi dan dukungan kepada Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dalam m [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.