Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Keistimewaan dan Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW (398/S)

Keistimewaan dan Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW (398/S)

KOPI - “Ia adalah satu-satunya manusia dalam sejarah yang dengan cemerlang berhasil mengajarkan ajaran-ajaran keduniawian dan keakhiratan”. Ini merupakan nilai istimewa yang dimiliki beliau. Karena secara universal, Nabi Muhammad SAW diakui sebagai pemimpin yang tangguh dan berhasil dalam menjalankan roda pemerintahan Islam. Karena itu kepemimpinan beliau menjadi rujukan hampir seluruh pemimpin di dunia.

Tidak satupun manusia yang dapat menandingi keistimewaanya baik dari sisi sebagai manusia maupun sebagai Nabi. Kedatangan Nabi Muhammad SAW telah dijanjikan pada kitab sebelum diturunya Al Qur’an seperti yang terdapat pada Injil berikut:

Aku pergi karena ini lebih baik bagi kamu, sebab jika aku tidak pergi sang penolong tidak akan datang. Aku punya lebih banyak hal yang ingin kusampaikan pada kalian tetapi untuk sekarang itu akan terlalu berat untuk kalian tanggung. Tetapi ketika roh Kebeneran, penguasa dunia, yang mengungkapkan kebenaran tentang Tuhan tiba, dia akan memimpin kalian menuju kepada kebenaran. Nabi Muhammad SAW merupakan pemimpin yang sempurna yang menghadapi kezaliman dunia dengan hanya sedikit pengikut, kendati dia tidak punya guru yang hebat dan tidak pernah memasuki akademi militer. Dengan Akhlaknya yang mulia, dia mampu menaklukkan musuh-musuhnya dan menyebarkan syi’ar Islam. Beliau tidak pernah mengeluh terhadap musibah dan cobaan yang ia terima. Nabi Muhammad selalu tabah dan sabar atas cobaan dari Allah SWT. Jika bukan karena kesabaranya, telah banyak umatnya yang binasa karena tidak senang dengan ajaran yang beliau bawak. Seperti penduduj Thaif melempar Nabi Muhammad SAW dengan batu sehingga kepala Nabi berdarah. Malaikat Jibril tak kuasa melihat kekasih Allah SWT disakiti oleh orang-orang yang zalim. Lalu Jibril meminta izin kepada Nabi Muhammad untuk diperkenankan berdo’a kepada Allah SWT agar penduduk Thaif dibinasakan. Tetapi Nabi Muhammad dengan mulianya mengatakan agar penduduk Thaif tidak diberi azab karena mereka tidak mengetahui. Demikian penjelasan singkat mengenai gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Melalui tulisan ini, kriteria presiden NKRI masa depan yang penulis dapat tuangkan berdasarkan gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW antara lain:

1. Taat kepada Tuhan yang Maha Esa

Ketaatan yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan hubungan vertikal manusia dengan tuhanya. Setiap manusia harus mampu mewujudkan hubungan yang harmonis baik secara vertikal (Tuhan yang Maha Esa) maupun Horizontal (sesama manusia). Dalam jiwa seorang pemimpin haruslah dilengkapi dengan ketaatan terhadap tuhan yang maha esa karena manusia hidup di dunia ini tidak ada dengan sendirinya. Mengenai masalah kepercayaan dalam beragama itu kembali kepada kita masing-masing sejauh mana kita telah mencari kebenaran tersebut. Tipe seperti ini yang sangat dibutuhkan oleh seorang presiden NKRI, memiliki spiritual yang baik sehingga akan berdampak pada dirinya untuk menjauhi kesewenangan dalam menjalankan roda pemerintahan. Karena pada dasarnya setiap agama mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada pemeluknya.

2. Jujur

Jujur merupakan sikap yang harus dimiliki setiap manusia khususnya seorang pemimpin. Karena jika pemimpin itu menunjukkan perilaku seorang pendusta maka akan semakin banyak rakyat jelata karena dustanya. Berbohong merupakan akar dari segala dosa, mengapa demikian? Karena jika seseorang berbohong pertama kalinya, maka dia akan berbohong yang kedua kalinya untuk menutupi kebohongan yang pertama, dan selanjutnya dia akan berbohong lagi atau berbuat kezaliman untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya. Begitulah seterusnya jika dia tidak tobat dan menyesali perbuatanya. Tetapi jika pemimpin(presiden) negeri ini mengutamakan kejujuran maka betapa tentramnya negara ini. Maka tidak akan ada saling menghujat dan menjatuhkan serta ketidak percayaan diantara sesama.

3. Amanah

Presiden yang amanah merupakan tolak ukur yang utama dari rakyat. Setiap presiden yang yang duduk di kursi kepresidenanya pasti mendapatkan amanah dari rakyat. Sekarang tergantung kepada presiden tersebut apakah melaksanakan amanah yang diembankan atau sebaliknya.

4. Adil

Adil yakni pandai dalam memilah-milah dan meletakkan sesuatu pada tempatnya. Maksudnya adil secara kuantitas tidak harus sama rata sama banyak tetapi sesuai dengan kemampuan dan keadaan. Nabi Muhammad SAW ketika hendak membagi harta rampasan kepada para sahabat, Nabi tidak membaginya dalam jumlah yang sama banyak akan tetapi disesuaikan dengan usaha dan perjuangan serta tingkatan para sahabat. Disinilah letak kewajiban seorang presiden manakala ia menghadapi sebuah masalah dan ia harus mampu bersikap adil dalam menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak muncul masalah di dalam masalah.

5. Percaya Diri ( Self Confidence)

Percaya diri merupakan atribut yang harus dimiliki seorang presiden. Atribut ini berguna dalam menegakkan prinsipnya agar tidak mudah terombang ambing oleh pengaruh orang lain. Hal ini terlihat jelas ketika seorang presiden mengambil keputusan yang cukup pelik dan dalam waktu yang singkat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi misalnya pemberontakan atau invasi oleh negara lain.

6. Berani

Setiap pemimpin yang tidak berani tidak pantas disebut pemimpin, begitu juga presiden tidak pantas dikatakan presiden jika tidak berkriteria pemberani. Berani disini sanggup membela hak-hak rakyatnya dan mampu memberantas segala bentuk kezaliman dan kecurangan yang ada di pemerintahan.

7. Berilmu

Pengetahuan Dengan ilmu, hidup menjadi lebih indah. Urgensi Ilmu dalam kepemimpinan menjadi syarat agar sukses mengarahkan roda pemerintahan. Khususnya seorang presiden mesti memiliki pengetahuan yang sangat luas dan mendalam dari bawahanya. Pengetahuan yang dimiliki tidak hanya dalam urusan pemerintahan tetapi juga diimbangi dengan disiplin ilmu lainya.

8. Tenggang Rasa

Sikap Tenggang Rasa berarti turut serta merasakan penderitaan orang lain dengan tidak memandang derajat orang tersebut.

9. Sabar

Definisi sabar menurut Saiful Hadi El-Sutha ialah: “ kemampuan untuk menahan diri terhadap segala sesuatu yang dibenci, bahkan terhadap segala sesuatu yang disenangi sekalipun”. Di dalam kepemimpinan, sangat dibutuhkan sifat sabar karena setiap saat dalam melaksanakan kewajibanya sebagai pemimpin selalu saja ada rongrongan dan hinaan dari berbagai lapis masyarakat. Begitu juga seorang presiden wajib berkeriteria penyabar baik dalam keadaan susah maupun senang. Coba kita bayangkan apabila presiden NKRI masa depan mendapat cacian dari rakyat jelata dan ia tidak memiliki kriteria penyabar maka dengan mudah ia menindas rakyat jelata tersebut dengan banyak cara, salah satunya ditiadakanya subsidi BBM. Pada masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW kriteria sabar menjadi sendi dari misi beliau dalam berdakwah dan menyebarkan Islam. Seperti ungkapan air tuba dibalas dengan air susu, merupakan salah satu ciri khas dari kesabaran yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Pernah ketika seorang kafir Quraisy yang selalu meludah beliau ketika hendak sholat ke mesjid tiba-tiba pada suatu hari Rasulullah tidak menjumpai orang tersebut meludahnya. Dan ternyata kafir tersebut sakit parah, namun siapa sangka Rasulullah yang begitu mulia menjenguknya dan memberinya bingkisan. Kesabaran beliau menghantarkan keislaman terhadap kafir tersebut.

10. Bijaksana

Selain percaya diri, seorang presiden harus memiliki kriteria Bijaksana dalam menyelesaikan masalah-masalah kenegaraan. Tidak semua pemimpin mampu bersikap bijaksana karena hal ini juga menggambarkan watak dan karakteristik seorang pemimpin. Berbeda dengan seorang presiden yang menghadapi masalah dengan emosi, akan cendrung gagal tentunya. Karena tidak membawa penyelesaian tetapi akan menimbulkan masalah yang lebih kompleks.

11. Penyayang dan Dermawan

Nabi Muhammad selalu mendo’akan umatnya agar terhindar dari bencana dan siksa dari Allah SWT. Sepatutnya sebagai seorang presiden yang memihak kepada rakyat, selalu mendo’akan yang tebaik untuk rakyatnya. Selain medo’kan rakyatnya, seorang presiden juga memperhatikan nasib rakyatnya. Apalagi para fakir dan miskin yang menjadi tanggung jawab negara untuk memeliharanya. Maka dari pada itu ada baiknya ketika pemerintah mengadakan rapat, tidak seenaknya menggunakan uang rakyat. Tetapi didunakan seperlunya. Karena banyak lagi nasib-nasib rakyat yang tidak terperhatikan oleh pemerintah.

12. Rendah Hati

Rendah hati (Tawadhu’) menjadi kriteria yang sangat utama untuk menjadikan seorang presiden mudah berbaur dengan rakyatnya dan tidak timbul dari dalam dirinya rasa angkuh(egoisme) karena berkuasa. Di Indonesia rendah hati yang ditunjukkan seorang pemimpin atau presiden lebih dikenal dengan kata merakyat, yakni berpihak dan mau berbaur dengan rakyatnya. Sehingga jarak antara presiden dengan rakyatnya tidak terlalu renggang. Kriteria kepemimpinan yang seperti ini tergambar jelas oleh Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari Mensucikan Jiwa karangan Said Hawwa: “ Nabi SAW duduk berbaur bersama para sahabatnya, tak ada bedanya dengan mereka sehingga ketika orang asing datang tidak mengetahui mana beliau. Sehingga orang asing itu bertanya tentang beliau”. Perlu ditekankan bahwa Rendah hati berbeda dengan Rendah diri. Rendah diri mengantarkan diri manusia untuk tidak pernah puas dengan apa yang ia peroleh ia selalu merasa kekurangan dalam segi materiil.

Dengan mengacu dari gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dapat di tetapkan beberapa kriteria Presiden Masa Depan yang ideal. Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW menjadi rujukan para pemimpin besar dunia. Keistimewaan Nabi Muhammad SAW tidak hanya diagungkan oleh umat Islam tetapi diakui oleh para ilmuwan dan pemikir barat. Kriteria tersebut diantaranya, Taat kepada Tuhan yang Maha Esa, Sabar, Jujur, Amanah, Adil, Percaya diri, Berani, Berilmu pengetahuan, Tenggang Rasa, Penyayang, Rendah Hati dan Bijaksana.


DAFTAR PUSTAKA

 

Sumber Buku

Amandemen UUD 1945, Ctk. Pertama, Pustaka Yustisia, Yogyakarta, 2007

Firdaus A.N. 1972. Detik-Detik Terakhir Kehidupan Rasulullah. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya

Hadi, El-Sutha Saiful. 2009. Mau gak Rugi Lagi? Banyakan Sabar. Jakarta: Erlangga

Hawwa, Sa’id. 1998. Mensucikan Jiwa. Jakarta: Robbani Press

Sumber Lain

http://pewarta-indonesia.com/special-event/ajang-lomba/7324-lomba-menulis-tingkat-nasional-tentang-kriteria-presiden-indonesia-masa-depan.html

 

 

BIODATA

 

NAMA : MUHAMMAD AL QARNI

ALAMAT : Asrama SMAN PLUS PROV. RIAU , Jalan Lingkar Kubang Raya PO.Box 1447 Telp.(0761) 7048400Pekanbaru

TTL : Dabo’ Singkep(KEPRI), 26 Desember 1994

UMUR : 17 tahun

SEKOLAH : SMAN PLUS PROVINSI RIAU

NO HP : 08127533949

NO HP PEMBIMBING: 085365809570

E-MAIL : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 


Artikel Lainnya:

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, Surabaya (04/02) - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, Kampar - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, Lamongan (27/01/2016) - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan. Pada Rabu 27 Januari 2016.   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

Menteri Ristek Dikti Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kewibawaan Akademik oleh IMARC dan FEB UNDIP
Senin, 18 Januari 2016

KOPI, Semarang - Tak diduga dan tak disangka, Menteri Nasir langsung meninggalkan rombongan setelah peresmian Sekretariat ISEI Semarang. "Saya mau keatas dulu" Sebut Menteri Nasir kepada rombongan dan  beranjak pergi menuju lantai 2 mendatangi Indonesian Scopus Project.  Belakangan baru diketahui bahwa kedatangan tersebut diluar agenda selama Menteri Ristek Dikti berada di Semarang. Tempat  tersebut merupakan pelatihan penulisan jurnal... Baca selengkapnya...

DAERAHSaluran Mampat, DB Meningkat.....
06/02/2016 | Bastomi
article thumbnail

KOPI, Kendal - Dari sekian kasus DBD yang terjadi di desa Sukomulyo kecamatan Kaliwungu Selatan, sepertinya belum mendapat perhatian khusus dari pemer [ ... ]



PENDIDIKANTingkatkan Ketrampilan Guru, USAID PRIOR.....
05/02/2016 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan guru dalam menerapkan praktik pembelajaran yang baik dan berkualitas USAID PRIORITAS g [ ... ]



EKONOMIKeberadaan Transplanter Sangat Membantu .....
06/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, KEDIRI - Keberadaan transplanter sebagai alat bantu di sektor pertanian, cukup terasa baik dilihat dari segi waktu maupun segi tenaga kerja. Sep [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



PARIWISATAKurnia Illahi Calon Putri Indonesia 2016.....
23/01/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Duri – Dukungan mengalir kepada Nia, tidak hanya dari pemerintah daerah. Tapi juga dari masyarakat dan pihak swasta, seperti Hotel Grand Zur [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPengedar Sabu Dihadiahi Timah Panas.....
06/02/2016 | Mardinal

KOPI, Sarolangun - Satuan Narkoba Polres Sarolangun dan Polsek kota berhasil menangkap dua orang yang diduga pengedar barang haram jenis sabu barna [ ... ]



POLITIKIKAMBA Menggelar Diskusi Wawasan Kebangs.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Kita sudah memasuki awal tahun 2016. Disana-sini terjadi kerusakan moral para pemuda. Untuk itulah Ikatan Mahasiswa Banda Aceh (IKAMBA [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIMaling-maling di Mesjid Kita.....
05/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Mesjid adalah tempat utama untuk menjalankan ibadah bagi umat Islam. Dimana mesjid juga sebagai sarana pendidikan, menuntut ilmu, peny [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKutitip Ginjal Ini.....
07/01/2016 | Nova Ibun

KOPI - Air mukamu sudah bisa ku lihat jelas, walaupun sedikit itupun karena kau paksakan untuk membersihkannya dengan air tajin yang sengaja kau olesk [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIIronis, Dua Wanita Calon TKI Asal BLK Ma.....
05/02/2016 | Maulana Hasanuddin
article thumbnail

KOPI - Jakarta, Telah ditemukan 2 orang wanita calon TKI yang telah tersesat di ibukota jakarta dalam keadaan terlantar serta amat memperihatinkan kea [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.