Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Keistimewaan dan Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW (398/S)

Keistimewaan dan Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW (398/S)

KOPI - “Ia adalah satu-satunya manusia dalam sejarah yang dengan cemerlang berhasil mengajarkan ajaran-ajaran keduniawian dan keakhiratan”. Ini merupakan nilai istimewa yang dimiliki beliau. Karena secara universal, Nabi Muhammad SAW diakui sebagai pemimpin yang tangguh dan berhasil dalam menjalankan roda pemerintahan Islam. Karena itu kepemimpinan beliau menjadi rujukan hampir seluruh pemimpin di dunia.

Tidak satupun manusia yang dapat menandingi keistimewaanya baik dari sisi sebagai manusia maupun sebagai Nabi. Kedatangan Nabi Muhammad SAW telah dijanjikan pada kitab sebelum diturunya Al Qur’an seperti yang terdapat pada Injil berikut:

Aku pergi karena ini lebih baik bagi kamu, sebab jika aku tidak pergi sang penolong tidak akan datang. Aku punya lebih banyak hal yang ingin kusampaikan pada kalian tetapi untuk sekarang itu akan terlalu berat untuk kalian tanggung. Tetapi ketika roh Kebeneran, penguasa dunia, yang mengungkapkan kebenaran tentang Tuhan tiba, dia akan memimpin kalian menuju kepada kebenaran. Nabi Muhammad SAW merupakan pemimpin yang sempurna yang menghadapi kezaliman dunia dengan hanya sedikit pengikut, kendati dia tidak punya guru yang hebat dan tidak pernah memasuki akademi militer. Dengan Akhlaknya yang mulia, dia mampu menaklukkan musuh-musuhnya dan menyebarkan syi’ar Islam. Beliau tidak pernah mengeluh terhadap musibah dan cobaan yang ia terima. Nabi Muhammad selalu tabah dan sabar atas cobaan dari Allah SWT. Jika bukan karena kesabaranya, telah banyak umatnya yang binasa karena tidak senang dengan ajaran yang beliau bawak. Seperti penduduj Thaif melempar Nabi Muhammad SAW dengan batu sehingga kepala Nabi berdarah. Malaikat Jibril tak kuasa melihat kekasih Allah SWT disakiti oleh orang-orang yang zalim. Lalu Jibril meminta izin kepada Nabi Muhammad untuk diperkenankan berdo’a kepada Allah SWT agar penduduk Thaif dibinasakan. Tetapi Nabi Muhammad dengan mulianya mengatakan agar penduduk Thaif tidak diberi azab karena mereka tidak mengetahui. Demikian penjelasan singkat mengenai gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

Melalui tulisan ini, kriteria presiden NKRI masa depan yang penulis dapat tuangkan berdasarkan gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW antara lain:

1. Taat kepada Tuhan yang Maha Esa

Ketaatan yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan hubungan vertikal manusia dengan tuhanya. Setiap manusia harus mampu mewujudkan hubungan yang harmonis baik secara vertikal (Tuhan yang Maha Esa) maupun Horizontal (sesama manusia). Dalam jiwa seorang pemimpin haruslah dilengkapi dengan ketaatan terhadap tuhan yang maha esa karena manusia hidup di dunia ini tidak ada dengan sendirinya. Mengenai masalah kepercayaan dalam beragama itu kembali kepada kita masing-masing sejauh mana kita telah mencari kebenaran tersebut. Tipe seperti ini yang sangat dibutuhkan oleh seorang presiden NKRI, memiliki spiritual yang baik sehingga akan berdampak pada dirinya untuk menjauhi kesewenangan dalam menjalankan roda pemerintahan. Karena pada dasarnya setiap agama mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada pemeluknya.

2. Jujur

Jujur merupakan sikap yang harus dimiliki setiap manusia khususnya seorang pemimpin. Karena jika pemimpin itu menunjukkan perilaku seorang pendusta maka akan semakin banyak rakyat jelata karena dustanya. Berbohong merupakan akar dari segala dosa, mengapa demikian? Karena jika seseorang berbohong pertama kalinya, maka dia akan berbohong yang kedua kalinya untuk menutupi kebohongan yang pertama, dan selanjutnya dia akan berbohong lagi atau berbuat kezaliman untuk menutupi kebohongan yang sebelumnya. Begitulah seterusnya jika dia tidak tobat dan menyesali perbuatanya. Tetapi jika pemimpin(presiden) negeri ini mengutamakan kejujuran maka betapa tentramnya negara ini. Maka tidak akan ada saling menghujat dan menjatuhkan serta ketidak percayaan diantara sesama.

3. Amanah

Presiden yang amanah merupakan tolak ukur yang utama dari rakyat. Setiap presiden yang yang duduk di kursi kepresidenanya pasti mendapatkan amanah dari rakyat. Sekarang tergantung kepada presiden tersebut apakah melaksanakan amanah yang diembankan atau sebaliknya.

4. Adil

Adil yakni pandai dalam memilah-milah dan meletakkan sesuatu pada tempatnya. Maksudnya adil secara kuantitas tidak harus sama rata sama banyak tetapi sesuai dengan kemampuan dan keadaan. Nabi Muhammad SAW ketika hendak membagi harta rampasan kepada para sahabat, Nabi tidak membaginya dalam jumlah yang sama banyak akan tetapi disesuaikan dengan usaha dan perjuangan serta tingkatan para sahabat. Disinilah letak kewajiban seorang presiden manakala ia menghadapi sebuah masalah dan ia harus mampu bersikap adil dalam menyelesaikan masalah tersebut sehingga tidak muncul masalah di dalam masalah.

5. Percaya Diri ( Self Confidence)

Percaya diri merupakan atribut yang harus dimiliki seorang presiden. Atribut ini berguna dalam menegakkan prinsipnya agar tidak mudah terombang ambing oleh pengaruh orang lain. Hal ini terlihat jelas ketika seorang presiden mengambil keputusan yang cukup pelik dan dalam waktu yang singkat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi misalnya pemberontakan atau invasi oleh negara lain.

6. Berani

Setiap pemimpin yang tidak berani tidak pantas disebut pemimpin, begitu juga presiden tidak pantas dikatakan presiden jika tidak berkriteria pemberani. Berani disini sanggup membela hak-hak rakyatnya dan mampu memberantas segala bentuk kezaliman dan kecurangan yang ada di pemerintahan.

7. Berilmu

Pengetahuan Dengan ilmu, hidup menjadi lebih indah. Urgensi Ilmu dalam kepemimpinan menjadi syarat agar sukses mengarahkan roda pemerintahan. Khususnya seorang presiden mesti memiliki pengetahuan yang sangat luas dan mendalam dari bawahanya. Pengetahuan yang dimiliki tidak hanya dalam urusan pemerintahan tetapi juga diimbangi dengan disiplin ilmu lainya.

8. Tenggang Rasa

Sikap Tenggang Rasa berarti turut serta merasakan penderitaan orang lain dengan tidak memandang derajat orang tersebut.

9. Sabar

Definisi sabar menurut Saiful Hadi El-Sutha ialah: “ kemampuan untuk menahan diri terhadap segala sesuatu yang dibenci, bahkan terhadap segala sesuatu yang disenangi sekalipun”. Di dalam kepemimpinan, sangat dibutuhkan sifat sabar karena setiap saat dalam melaksanakan kewajibanya sebagai pemimpin selalu saja ada rongrongan dan hinaan dari berbagai lapis masyarakat. Begitu juga seorang presiden wajib berkeriteria penyabar baik dalam keadaan susah maupun senang. Coba kita bayangkan apabila presiden NKRI masa depan mendapat cacian dari rakyat jelata dan ia tidak memiliki kriteria penyabar maka dengan mudah ia menindas rakyat jelata tersebut dengan banyak cara, salah satunya ditiadakanya subsidi BBM. Pada masa kepemimpinan Nabi Muhammad SAW kriteria sabar menjadi sendi dari misi beliau dalam berdakwah dan menyebarkan Islam. Seperti ungkapan air tuba dibalas dengan air susu, merupakan salah satu ciri khas dari kesabaran yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Pernah ketika seorang kafir Quraisy yang selalu meludah beliau ketika hendak sholat ke mesjid tiba-tiba pada suatu hari Rasulullah tidak menjumpai orang tersebut meludahnya. Dan ternyata kafir tersebut sakit parah, namun siapa sangka Rasulullah yang begitu mulia menjenguknya dan memberinya bingkisan. Kesabaran beliau menghantarkan keislaman terhadap kafir tersebut.

10. Bijaksana

Selain percaya diri, seorang presiden harus memiliki kriteria Bijaksana dalam menyelesaikan masalah-masalah kenegaraan. Tidak semua pemimpin mampu bersikap bijaksana karena hal ini juga menggambarkan watak dan karakteristik seorang pemimpin. Berbeda dengan seorang presiden yang menghadapi masalah dengan emosi, akan cendrung gagal tentunya. Karena tidak membawa penyelesaian tetapi akan menimbulkan masalah yang lebih kompleks.

11. Penyayang dan Dermawan

Nabi Muhammad selalu mendo’akan umatnya agar terhindar dari bencana dan siksa dari Allah SWT. Sepatutnya sebagai seorang presiden yang memihak kepada rakyat, selalu mendo’akan yang tebaik untuk rakyatnya. Selain medo’kan rakyatnya, seorang presiden juga memperhatikan nasib rakyatnya. Apalagi para fakir dan miskin yang menjadi tanggung jawab negara untuk memeliharanya. Maka dari pada itu ada baiknya ketika pemerintah mengadakan rapat, tidak seenaknya menggunakan uang rakyat. Tetapi didunakan seperlunya. Karena banyak lagi nasib-nasib rakyat yang tidak terperhatikan oleh pemerintah.

12. Rendah Hati

Rendah hati (Tawadhu’) menjadi kriteria yang sangat utama untuk menjadikan seorang presiden mudah berbaur dengan rakyatnya dan tidak timbul dari dalam dirinya rasa angkuh(egoisme) karena berkuasa. Di Indonesia rendah hati yang ditunjukkan seorang pemimpin atau presiden lebih dikenal dengan kata merakyat, yakni berpihak dan mau berbaur dengan rakyatnya. Sehingga jarak antara presiden dengan rakyatnya tidak terlalu renggang. Kriteria kepemimpinan yang seperti ini tergambar jelas oleh Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari Mensucikan Jiwa karangan Said Hawwa: “ Nabi SAW duduk berbaur bersama para sahabatnya, tak ada bedanya dengan mereka sehingga ketika orang asing datang tidak mengetahui mana beliau. Sehingga orang asing itu bertanya tentang beliau”. Perlu ditekankan bahwa Rendah hati berbeda dengan Rendah diri. Rendah diri mengantarkan diri manusia untuk tidak pernah puas dengan apa yang ia peroleh ia selalu merasa kekurangan dalam segi materiil.

Dengan mengacu dari gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dapat di tetapkan beberapa kriteria Presiden Masa Depan yang ideal. Gaya kepemimpinan Nabi Muhammad SAW menjadi rujukan para pemimpin besar dunia. Keistimewaan Nabi Muhammad SAW tidak hanya diagungkan oleh umat Islam tetapi diakui oleh para ilmuwan dan pemikir barat. Kriteria tersebut diantaranya, Taat kepada Tuhan yang Maha Esa, Sabar, Jujur, Amanah, Adil, Percaya diri, Berani, Berilmu pengetahuan, Tenggang Rasa, Penyayang, Rendah Hati dan Bijaksana.


DAFTAR PUSTAKA

 

Sumber Buku

Amandemen UUD 1945, Ctk. Pertama, Pustaka Yustisia, Yogyakarta, 2007

Firdaus A.N. 1972. Detik-Detik Terakhir Kehidupan Rasulullah. Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya

Hadi, El-Sutha Saiful. 2009. Mau gak Rugi Lagi? Banyakan Sabar. Jakarta: Erlangga

Hawwa, Sa’id. 1998. Mensucikan Jiwa. Jakarta: Robbani Press

Sumber Lain

http://pewarta-indonesia.com/special-event/ajang-lomba/7324-lomba-menulis-tingkat-nasional-tentang-kriteria-presiden-indonesia-masa-depan.html

 

 

BIODATA

 

NAMA : MUHAMMAD AL QARNI

ALAMAT : Asrama SMAN PLUS PROV. RIAU , Jalan Lingkar Kubang Raya PO.Box 1447 Telp.(0761) 7048400Pekanbaru

TTL : Dabo’ Singkep(KEPRI), 26 Desember 1994

UMUR : 17 tahun

SEKOLAH : SMAN PLUS PROVINSI RIAU

NO HP : 08127533949

NO HP PEMBIMBING: 085365809570

E-MAIL : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 


Artikel Lainnya:

 

Bupati Pasaman Buka Secara Resmi TMMD ke 99 di Sibintayan Nagari Muara tais
Rabu, 04 Mei 2016

KOPI, Pasaman - Dua daerah Kabupaten di Sumatera Barat yang ditunjuk oleh TNI untuk  Pelaksanaan TMMD ke 99  adalah Kabupaten Pasaman dan Tanah Datar, untuk Pembukaan TMMD Kabupaten Pasaman  di laksanakan di  Lapangan hijau Jorong Sibintayan nagari Muara thais Kecamatan Mapat Tunggul. Acara Pembukaan, TMMD Yang dilaksanakan selasa kemaren di hadiri Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis yang juga sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan TMMD tersebut.... Baca selengkapnya...

Syahril: 448 Siswa SMK Kansai Menamatkan Studi Tahun 2016 Ini
Rabu, 04 Mei 2016

KOPI, Pekanbaru - Ketua Yayasan Kanada Sakura Indonesia (Kansai) Dr H Syahril SPd MM, juga calon Walikota Pekanbaru mengatakan tahun ajaran 2015-2016, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kansai, siswa-siswi yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 449 orang. Seluruh siswa tersebut dikembalikan kepada orang tua mereka masing-masing usai tamat belajar dari sekolah. Kini jurusan di SMK Kansai bertambah yakni Jurusan Pengoperasian dan Perbaikan alat... Baca selengkapnya...

Pokdakan Sakato Raih Terbaik Satu Tingkat Sumatera Barat
Senin, 18 April 2016

KOPI, Pasaman - Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sakato jorong Koto Panjang, Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, berhasil raih juara I penilaian kinerja kelembagaan perikanan budidaya tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2015. Pokdakan Sakato memperoleh hadiah berupa, 1 unit notebook, 1 unit printer, 1 buah tabung oksigen portable dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera... Baca selengkapnya...

Peringati HUT Kopassus Ke-64, KASAD Puji Prestasi Kopassus Dalam Menangani Aksi Terorisme
Sabtu, 16 April 2016

KOPI - Ditengah - tengah hangatnya situasi keamanan didalam negeri, sebagaimana diketahui pada akhir bulan Maret kemarin, kita telah dikejutkan dengan penyanderaan 10 warga Indonesia oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.     “Saya mengapresiasi kecepatan reaksi prajurit – prajurit Kopassus, khususnya satuan 81 penanggulangan teror dan Grup 3/Sandhi Yudha yang dalam waktu singkat telah siap melaksanakan tugas untuk melepaskan... Baca selengkapnya...

Dewan Adat Nasional Selenggarakan Pertemuan Konsolidasi
Kamis, 14 April 2016

KOPI, Jakarta - Dewan Adat Nasional (DAN) yang terdiri atas para raja dan sultan nusantara menyelenggarakan pertemuan nasional selama dua hari, 13-14 April 2016, di Jakarta. Para tokoh masyarakat bergelar Raja dan Sultan dari seluruh Indonesia menghadiri Pertemuan Konsolidasi tersebut. Diantara yang hadir, antara lain YM Prof. DR. Al-Habib Husein Abdulhadi Sulaeman dari Kesultanan Pajajaran dan YM DT. Dr. Ir. Muhammad Subur Sembiring dari... Baca selengkapnya...

Ditegur Kapolda, Polres Belu Kembalikan ID Card dan Tape-recorder Pewarta PPWI
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Kapolres Belu, AKBP Putu Gede Artha, melalui Kanit Buser Polres Belu bernama Timi, akhirnya mengembalikan ID Card dan alat perekam suara (tape recorder) milik anggota PPWI, Felixianus Ali, di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Pengembalian barang-barang milik Felix, demikian ia sehari-hari disapa, dilakukan pada Jumat kemarin, 8 April 2016, di Kantor Polres Belu. Demikian laporan disampaikan Felix dari Atambua.  ... Baca selengkapnya...

Salut Pemerintah Jkw-Jk, Bagi-bagi Hutang Pinjaman Negara ke Perusahaan Swasta
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan Pemerintah telah menipu rakyatnya sendiri. Dulu pinjaman uang dari Tiongkok dengan total US$ 3 Miliar setara 43,28 Triliun untuk membiayai pengembangan infrastruktur dan perdagangan.   Nyatanya uang tersebut lebih banyak disalurkan dan dipinjamkan ke beberapa  perusahaan BUMN dan swasta yang tidak ada korelasinya ketus Ajisutisyoso Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALKemeriahan Aneka Kapal layar di Teluk Sa.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Selamat bagi Anda semua yang menyukai laut. Saat ini di kota Sabang berlangsung kegiatan akbar berupa festival kelautan atau yang terk [ ... ]



NASIONALKediaman Bupati Pasaman Louncing Perdana.....
05/05/2016 | Muhammad Doni

KOPI, Pasaman - Untuk tahun 2016 Pelaksanaan Sensus Ekonomi di Pasaman, sebelumnya telah dikukuhkan dan di lepas oleh bupati Pasaman bertempat di hala [ ... ]



DAERAHPemerintah Subsidi 80 Persen Asuransi Sa.....
03/05/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Premi sebesar Rp.200.000 untuk satu ekor sapi diperuntukkan bagi petani peternak sapi dan 80 per-sen subsidi ditanggung oleh P [ ... ]



EKONOMISpeed Up Mifi 4G LTE, Paket Bundling Rp......
04/05/2016 | Yeni Herliani

KOPI - PT Pins Indonesia mendukung program 4G Nation dari Telkomsel, dengan menghadirkan paket bundling “Speed Up Mifi 4G LTE”. Sebuah perangkat d [ ... ]



HANKAMDandim Makassar Jefri Octavian Rotti Ter.....
25/04/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Makassar- Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan yang merusak nama institusi TNI bukan berasal dari eksternal melainkan oknum anggota TNI ter [ ... ]



OLAHRAGAGowes Jelajah Titik Nol Banda Aceh.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Ribuan masyarakat di kota Banda Aceh dan sekitarnya tumpah ruah di lapangan Blangpadang untuk gowes bersama. Pada hari Minggu, 30 Apri [ ... ]



PARIWISATALiburan Long Weekend 5 – 8 Mei 2016, A.....
03/05/2016 | Yeni / Pri

KOPI – Menyambut liburan long weekend yang jatuh pada 05 – 08 Mei 2016, Ancol sebagai destinasi wisata terlengkap dan terbesar di Jakarta, telah m [ ... ]



OPINILima Fokus Kegiatan Pemkab Nias Barat ya.....
02/05/2016 | Kurnia Gulo, A.Ma.Pd

KOPI - Dalam rangka menyongsong program 100 hari kerja, sebagai orang nomor 1 yang baru di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat, [ ... ]



PROFILIbunda Mantan Gubernur Aceh Telah Tiada.....
13/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Duka cita sedang meliputi keluarga besar mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud.Ibunda ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAOrigenes Wanimbo: Orang Asli Papua Milik.....
30/04/2016 | Dody Muhamad

KOPI - Berbagai dinamika dan perselisihan di masyarakat Papua belakangan ini baik antar kelompok, individu, golongan hingga yang mengarah ke Suku Ras  [ ... ]



ROHANIMengisi Bulan Rajab 1437 H.....
27/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta- Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimulai oleh Allah SWT. Bulan rajab juga terkenal dengan sebutan bulannya Allah SWT. Bulan Raja [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIPemadaman Listrik di Lampung Barat.....
18/04/2016 | Ari Kusmiran

  KOPI, Lampung Barat - Pemadaman Listrik di bumi Lampung Barat hampir setiap hari terjadi, bahkan didalam satu hari bisa terjadi pemadaman 2 sampai [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.