Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
Pewarta Online
None

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Kriteria Presiden Masa Depan Harapan Bangsa (501/U)
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di bulan Ramadhan 1435 H, kepada seluruh umat Muslim dan Muslimat sebangsa dan setanah air dan di seluruh dunia. Semoga senantiasa dilimpahkan rahmat dan pahala yang berlimpah di bulan suci penuh rahmat ini bagi setiap anak negeri di segenap penjuru nusantara... Amin...

Kriteria Presiden Masa Depan Harapan Bangsa (501/U)

KOPI -  Suatu figur yang seringkali dinisbatkan pada kekuasaan, kekayaan dan segala bentuk kenikmatan duniawi. Pada kenyataannya, menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Terbukti dari sekian banyak bahkan ribuan pemimpin di dunia tidak berjiwa pemimpin. Mereka bukan pemimpin yang dicintai, yang didukung dengan sepenuh hati, bahkan dibenci rakyat. Dalam Islam ditegaskan bahwa sebaik-baiknya pemimpin adalah pemimpin yang adil, mencintai dan dicintai rakyat.Sebagian besar pemimpin yang pernah memimpin rakyatnya itu berasumsi bahwa kepemimpinan adalah identik dengan otoritas dan absolutisme kekuasaan semata. Padahal kepemimpinan itu merupakan suatu amanat dari Tuhan dan rakyat. Sebagaimana kita ketahui bahwa kepemimpinan erat hubungannya dengan manajemen.Substansi kepemimpinan merupakan sebuah amanat yang harus diberikan kepada orang yang benar-benar "ahli", berkualitas dan memiliki tanggungjawab yang jelas dan benar serta adil, jujur dan bermoral baik. Tokoh muda untuk memimpin Indonesia di masa mendatang menuai banyak tanggapan, maka para tokoh muda ini harus memiliki kriteria khusus untuk maju sebagai pemimpin Indonesia.

 

Ada tujuh syarat utama bakal calon presiden 2014,

Pertama, memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi,

Kedua, mempunyai kapasitas dan integritas,

Ketiga, diakui secara umum mempunyai akseptabilitas lintas golongan dan klas sosial tinggi syarat

Keempat, diyakini sebagai sosok kepemimpinan nasional alternatif yang mampu mengkondisikan pencerahan politik (political enlightment) dan harapan baru kepada masyarakat.

Kelima, harus memiliki pengalaman kepemimpinan di organisasi, birokrasi atau korporasi yang teruji.

Keenam, mempunyai Potensi dukungan politik dari parpol atau gabungan parpol peserta pemilu," terangnya. calon presiden muda harus memiliki kemampuan melakukan mobilisasi dukungan politik rakyat.

Ketujuh, bukan representasi 'politik degeneratif' atau politik yang menegasikan regenerasi serta 'gerontokratif' atau kekuasaan kaum tua," . Hanya orang yang memenuhi kriteria tersebut sajalah yang dinyatakan pantas menjadi calon presiden 2014 menggantikan tampuk pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Disamping Syarat utama, calon Presiden juga harus memiliki kriteria yang ideal yaitu:

Presiden berikutnya sebaiknya muda dan berusia paling maksimal 50 tahun. "Agar energinya juga ada,"

1. Seorang Presiden harus memiliki sifat pemberani,

harus menjadi tolak ukur tersendiri. Sebab berani harus bermakna mampu dan mau menghadapi tekanan dari negara asing dan pemodal.

2. Seorang Presiden sebaiknya tidak dari pengusaha,

karena hanya akan memperkaya diri sendiri. jika pengusaha diberikan kesempatan menjadi presiden, dia akan memindahkan kekayaan negara menjadi miliknya.

3. Seorang Presiden harus memiliki Sifat Terbuka Untuk Dikritik.

Seorang pemimpin haruslah menanggapi aspirasi-aspirasi rakyat dan terbuka untuk menerima kritik-kritik sehat yang membangun dan konstruktif. Tidak seyogiayanya menganggap kritikan itu sebagai hujatan atau orang yang mengkritik sebagai lawan yang akan menjatuhkannya lantas dengan kekuasaannya mendzalimi orang tersebut. Tetapi harus diperlakukan sebagai "mitra" dengan kebersamaan dalam rangka meluruskan dari kemungkinan buruk yang selama ini terjadi untuk membangun kepada perbaikan dan kemajuan. Dan ini merupakan suatu partisipasi sejati sebab sehebat manapun seorang pemimpin itu pastilah memerlukan partisipasi dari orang banyak

4. Seorang Presiden harus memiliki rasa nasionalisme dan kecintaan pada rakyat

harus menjadi sifat yang melekat dan tidak dibuat-buat.Di Argentina, pemimpin negara menasionalisasi perusahaan minyak untuk menyejahterakan rakyat. Di Indonesia, rakyat malah disalahkan dan disuruh berhemat.

5. Dari sisi leadership,

Presiden sebaiknya tidak otoriter seperti masa Presiden Soeharto, tapi juga tidak lebay seperti zaman SBY.

6. Presiden Indonesia harus Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi

untuk manfaat bagi kepentingan nasional.

7. Presiden Indonesia harus memiliki Integritas kepada Rakyatnya,

Integritas atau memberikan kesetiaan atau kepedulian kepada orang lain atau bawahan, berarti mempertahankan nilai-nilai dan moral yang dipercayai kepada orang lain. Integritas akan menunjukkan kepada orang lain, komitmen terhadap satu hal dan bukan sebagai orang yang tulalit.

8. Mendengar apa yang disampaikan orang lain,

Dengarkan dan perhatikan apa yang di sampaikan orang lain disekitar kita, ketika hal tersebut dilakukan sesungguhnya kita membangun hubungan terhadap orang lain dan mereka akan merasa dihargai. Karena pada dasarnya setiap orang pasti ingin dirinya dihargai, maka berikanlah hal itu. Orang yang tidak pernah menghargai orang lain, jangan pernah berharap dia akan dihargai apalagi dicintai.

9. Memperlengkapi orang lain

Artinya ketika kita mempercayakan orang lain dengan sebuah keputusan penting maka kita harus dengan senang mendukungnya. Ketika kita memberi wewenang kepada orang lain maka kita telah meningkatkan kemampuan orang lain tanpa menurunkan kemampuan kita. Maksudnya jika seorang pemimpin telah mampu mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahannya, berarti ia telah membuat langkah cerdas dalam kerjanya, tugas yang tercapai lebih banyak dan lebih cepat. Bawahannya semakin pintar dan pada akhirnya tujuan bersama pun tercapai dengan hasil terbaik. Namun syarat sebelum pendelegasian adalah berikan penjelasan dan ilmu sampai orang yang kita delegasikan tersebut paham benar tentang apa yang harus ia lakukan.

10. Presiden Indonesia Harus memiliki sifat Jujur,

karena kejujuranyang paling utama dan yang paling terpenting untuk menjadi seorang pemimpin masa depan. Kejujuran yang dimiliki seorang pemimpin merupakan simpati rakyat terhadapnya yang dapat membuahkan kepercayaan dari seluruh amanat yang telah diamanahkan.

11.Pemimpin yang konsisten dengan amanat rakyat

Menjadi kunci dari sebuah kemajuan dan perbaikan

12. Sifat Rendah Hati

yang harus dimiliki oleh seorang Presiden. Pada hakikatnya kedudukan pemimpin itu tidak berbeda dengan kedudukan rakyatnya. Ia bukan orang yang harus terus diistimewakan. Ia hanya sekedar orang yang harus didahulukan selangkah dari yang lainnya karena ia mendapatkan kepercayaan dalam memimpin dan mengemban amanat. Ia seolah pelayan rakyat yang diatas pundaknya terletak tanggungjawab besar yang mesti dipertanggungjawabkan. Dan seperti seorang "partner" dalam batas-batas yang tertentu bukan seperti "tuan dengan hambanya". Kerendahan hati biasanya mencerminkan persahabatan dan kekeluargaan, sebaliknya keegoan mencerminkan sifat takabur dan ingin menang sendiri.

Inilah beberapa kriteria dalam memilih seorang pemimpin yang sejatinya dapat membawa masyarakat kepada kehidupan yang lebih baik, harmonis, dinamis, makmur, sejahtera dan tentram.

 

Biodata Penulis:

 

Nama: Aom Tomy Permana

TTL: Bandung, 21 Oktober 1975

Alamat Rumah : Komp. SBS. Blok.C9/15 Rt.04/08 Kel. Harapan Jaya Bekasi 17124

Pekerjaan : Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (Kampus D)

Alamat Pekerjaan : Jl. KiMangunsarkoro no.45 Bekasi 17112

No. Identitas : 3275032110750009

No. Hp. 081286012933

Alamat Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

 

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.