Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Calon Presiden RI Masa Depan Seperti Superhero (502/S)

Calon Presiden RI Masa Depan Seperti Superhero (502/S)

KOPI - Menurut saya calon presiden Indonesia masa depan yang ideal adalah seperti superhero. Yang namanya superhero kan mesti hebat, perkasa, tahan banting, punya kekuatan super, suka menolong, dan memberantas kejahatan. Superhero juga baik hati, tidak sombong, dan peduli pada orang lemah atau orang kecil. Calon presiden Indonesia harus seperti Superman yang selama 24 jam siap mengbadikan tenaga dan pikirannya untuk melayani masyarakat luas.

Secara garis besar bisa disebutkan ada 12 kriteria untuk menjadi Calon Presiden RI yang superhero.

1. Religius

Maksudnya religius bukan presiden kayak ustaz, tapi punya kapasitas keimanan dan ketakwaan yang tinggi. Kalau presidennya rajin beribadah tentu jaminan jadi orang alim. Yang namanya orang alim takut berbuat dosa. Takut sama Tuhan. Makanya, calon presiden kudu orang yang religius. Sokur-sokur bisa mengajak rakyatnya tekun beribadah biar tidak ada lagi yang namanya kejahatan dan kemaksiatan di muka bumi Indonesia.

2. Sehat Jasmani dan Rohani

Sudah pasti calon Presiden Indonesia sehat jasmani dan rohani. Kalau mau jadi superhero mesti punya badan fit, tidak loyo, dan selalu segar bugar. Soalnya tugas presiden sangat berat dengan jadwal kegiatan padat. Mestinya badan harus selalu prima. Selain itu mental dan kejiwaan juga mesti sehat. Tidak punya riwayat sakit mental, kejiwaan, mudah stres, mudah marah, atau gangguan jiwa lainnya. Tidak bisa dibayangkan apa jadinya Indonesia dipimpin orang yang sakit jiwa kan?

3. Cerdas, syarat cerdas ini mesti perlu

Soalnya kalau tidak cerdas nanti dia bisa dibodohi atau dibohongi sama anak buahnya. Kecerdasan bisa dinilai dari raportnya di sekolah. Selalu dapat nilai 10, IP-nya 4,00, berpredikat cum laude, gelarnya pun sampai S-3. Kalau IQ-nya cerdas apalagi jenius tentu bisa membawa kemajuan dan prestasi buat negaranya. Mampu mengatasi semua masalah dengan kecerdasan otaknya. Kalau menghadapi presiden-presiden dari negara luar bisa berdebat dan berargumen, sehingga tidak dirugikan bila mengadakan perjanjian-perjanjian bilateral.

4. Cakap, cerdas tanpa kecakapan tak ada artinya

Maksud kecakapan disini mampu melakukan berbagai hal dengan baik. Cakap berpidato, cakap berbahasa asing, cakap menangani masalah, cakap menulis, cakap bernegosiasi, cakap memberikan solusi, dan cakap-cakap lainnya. Pendeknya, presiden Indonesia mesti multi-talent. Soalnya rakyat Indonesia paling suka jika presidennya pandai dalam banyak hal, sehingga bisa dibanggakan.

5. Tegas

Sikap tegas dari seorang presiden sangat perlu. Soalnya, kalau presiden orangnya suka ragu-ragu, tidak pe de, mudah dipengaruhi, atau suka galau kata anak zaman sekarang, so pasti semua pekerjaannya bakal terbengkalai. Sebagai orang nomer satu di bumi pertiwi ini mesti tegas tanpa pandang bulu, apalagi jika menghadapi teroris, pemberontak, atau siapa saja yang merugikan negara. Kalau ada anak buahnya melakukan kesalahan langsung dipecat. Yang melakukan korupsi langsung ditindak tegas, masukkan penjara dan dihukum seberat-beratnya!

6. Arif dan Bijaksana

Namun ketegasan presiden di atas hanya berlaku bagi persoalan-persoalan yang membahayakan dan merugikan negara. Sementara jika menghadapi persoalan yang sifatnya perbedaan pendapat, kesenjangan sosial, kemanusiaan, dan persoalan-persoalan yang menyangkut kehidupan masyarakat luas, presiden mesti bersikap arif dan bijaksana. Jika ada pertikaian yang terjadi di tengah masyarakat atau persoalan yang menyinggung SARA, presiden harus bisa berdiri di tengah untuk menjadi juru damai dan memberikan solusi yang memuaskan semua pihak. Presiden Indonesia milik seluruh rakyat Indonesia dan tidak memihak kepada golongan atau kelompok tertentu.

7. Bebas KKN

Sudah pasti calon presiden RI harus bebas dari praktek KKN. Hal ini tidak saja dibuktikan dari track recordnya yang tidak pernah terlibat dengan kasus-kasus KKN, tetapi juga kredibilitas dan kondituenya selama ini. Apakah dia memang orang jujur, bersih, dan lurus, lihat saja laporan kekayaannya. Juga hubungannya dengan orang-orang di sekitarnya. Apakah dia dekat dengan orang-orang yang berpotensi melakukan KKN atau bermasalah. Pak ustaz bilang, lingkungan dan pergaulan itu bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. Kalau bergaulnya sama orang-orang yang suka korupsi ada kemungkinan ikut-ikutan korupsi!

8. Bebas Narkoba

Narkoba adalah musuh bangsa dan perusak generasi muda. Jangan sampai calon presiden kita pecandu narkoba. Soalnya sudah terbukti narkoba itu sangat berbahaya dan menghancurkan kehidupan. Orang yang mengonsumsi narkoba memiliki produktifitas rendah, intoleran, suka ngaco, tidak sehat, dan berperilaku negatif. Untuk membuktikannya calon presiden mesti tes urine. Selain itu dia harus menjaga diri dan anggota keluarga dari pengaruh narkoba. Dia juga mesti berkomitmen memberantas narkoba sampai ke akar-akarnya!

9. Hidup Sederhana

Biar pun jadi pejabat negara nomer satu yang dipenuhi fasilitas, tapi seyogyanya sosok presiden RI haruslah orang yang sederhana dan tidak suka bermewah-mewahan. Sebab, dia akan menjadi contoh dan teladan bagi rakyatnya. Presiden mesti menunjukkan diri bukan orang yang kemaruk harta, gila jabatan, atau mengagungkan kedudukan. Dia mesti sosok yang andap asor, kata orang Jawa atau rendah hati. Sehingga membawa pengaruh yang positif bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia.

10. Peduli Rakyat Miskin

Sebagian besar penduduk Indonesia masih didominasi oleh rakyat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Karena itu calon presiden RI harus lebih memperhatikan nasib rakyat miskin atau wong cilik. Dia harus memiliki program pembangunan dan kebijakan pemerintahan yang bertujuan untuk mengangkat kesejahteraan rakyat kecil. Kalau perlu diberlakukan kebijakan bebas penggusuran, bebas biaya pendidikan, bebas biaya berobat, bebas biaya-biaya lainnya untuk rakyat miskin.

11. Humoris

Kedengarannya mengada-ada mesti memberi kriteria humoris, tapi ini asli penting. Pasalnya, rakyat paling suka pada sosok presiden yang ramah, murah senyum, dan humoris. Pengalaman membuktikan pemimpin yang berwajah sangar, dingin, tidak ramah, dan kaku tidak akan membawa kemajuan sama sekali bagi bangsanya. Soalnya rakyat yang dipimpinnya jadi males lihat pemimpin berwajah keruh dan bete. Sebaliknya, pemimpin yang berwajah cerah, ceria, dan humoris akan membawa pengaruh positif bagi rakyat. Alhasil, ini akan menumbuhkan semangat dan gairah bekerja bagi seluruh rakyat!

12. Dekat dengan Rakyat

Terlepas dari kasus KKN yang menimpanya, Pak Harto dulu dikenal sebagai presiden RI yang dekat dengan rakyat. Saya pernah baca sejarah kalau Pak Harto sering mengadakan acara pertemuan dengan para petani di desa-desa dan ikut turun ke sawah memotong padi. Sungguh, sosok presiden kayak Pak Harto ini yang dirindukan rakyat Indonesia. Antara pemimpin dan rakyat tidak ada gap atau jarak sama sekali. Rakyat dan presiden bisa langsung berkomunikasi. Kayak bapak dan anak. Tentu senang kan, punya presiden kayak gini!


Biodata Penulis:

Nama : Abdurrahim Budiman Wicaksono

NISN : 9965879551

Tempat/Tgl. Lahir : Wonogiri, 6 Oktober 1996

Status : Pelajar Kelas X 7 SMA Negeri 1 Baturetno

Hobi : Membaca, Menulis, Nonton, dan Sepak bola

Alamat Sekolah : SMA Negeri 1 Baturetno Jl. Raya Baturetno, Tromol Pos No.11 Baturetno – Wonogiri 57673 Jawa Tengah

Nomor Telepon : 0273-3461174710

Alamat Rumah : RT.02 RW.04 Tegalombo Desa Banyakprodo – Kec. Tirtomoyo Kab. Wonogiri – 57672 Jawa Tengah

Nomor HP : 085229345764

Email : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Akun Fb : Baim Ludyhardany Ngasem

Akun twitter : @baimgazkin

 

Pansus I DPRD Padang Panjang Kulap ke PDAM
Minggu, 23 April 2017

KOPI, PADANG PANJANG - Meskipun pelanggan Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang Panjang 8000 pelanggan, namun PDAM masih tetap mengalami kerugian investasi. Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PDAM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra. Menurutnya, kondisi ini terjadi dikarenakan terjadinya kebocoran pipa air yang sudah tidak layak pakai.   "Saat ini kita baru mampu mengganti pipa sepanjang 1,2 km dengan pipa paralon. Karena tahun 1989... Baca selengkapnya...

SDN 18 Sungai Pandahan Rehab Taman Kota
Jumat, 21 April 2017

KOPI, Pasaman - Yulinar, S.Pd kepala SDN 18 Sungai Pandahan Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman bersama majelis guru melaksanakan perehaban taman kota Lubuk Sikaping. Saat media ini turun ke lokasi kepala sekolah menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan atas anjuran dari pemerintah daerah, (20/04). "Pemerintah daerah menghimbau kepada seluruh instansi untuk membuat taman bunga masing-masing di wilayah Kecamatan Lubuk Sikaping," tutur... Baca selengkapnya...

Peringati HUT TMII, Bupati Pasaman Lepas Rombongan Seni Budaya ke Jakarta
Jumat, 21 April 2017

Bupati Yusuf Lubis saat menyalami rombongan menjelang keberangkatan ke Jakarta. KOPI,  Pasaman - Puluhan rombongan seni budaya dari Group Sanggar Pasaman Saiyo dilepas Bupati Pasaman Yusuf Lubis menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis 20 April 2017. Pelapasan rombongan tersebut dalam rangka ulang tahun TMII di Jakarta. “Di samping HUT TMII, pihak panitia juga menggelar pegelaran budaya di Jakarta. Jadi, kesempatan kita dari... Baca selengkapnya...

Tim Persib Targetkan Jadi Juara Liga 1 2017
Jumat, 07 April 2017

KOPI, Bandung - Manajer Persib Umuh mengemukakan, Persib tidak akan bisa sebesar ini tanpa dukungan kuat Bobotoh, mereka di mana pun Persib bertanding selalu ada memberikan semangat dan energi untuk berjuang keras menghadapi lawan-lawannya.   “Oleh karena itu,  tidak ada harapan lain selain Persib harus berjuang dan mentargetkan jadi  juara Liga 1 2017 tahun ini, tanpa dukungan Bobotoh, Persib tidak akan seperti sekarang. Terimakasih,... Baca selengkapnya...

Dandim Aceh Selatan Terima Pasukan Satgas TMMD Ke 98
Selasa, 04 April 2017

KOPI, ACEH SELATAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto menerima Sebanyak 100 personel Batalyon Infanteri 115/Macan Lauser yang tergabung dalam Satgas TMMD Ke-98 tahun 2017 di Lapangan Makodim 0107/Aceh Selatan. Selasa (4/4/17).   Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan, Pasukan yang tergabung dalam Satgas TMMD ke 98 tersebut akan diterjunkan ke lokasi sasaran dan berbaur dengan kehidupan ... Baca selengkapnya...

Akting Ibu Negara Iriana Joko Widodo Berperan sebagai “Anak Paud”
Sabtu, 01 April 2017

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan kerja ibuk negara Iriana Jokowi beserta Ibuk Mufidah Jusuf Kalla, ke Propinsi Riau, Rabu (29/3-17). Rombongan ini didampingi oleh kunjungan kerja istri-istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE). Jadwal kunjugan kerja rombongan Istri Presiden Joko Widodo ke Riau mengunjungi sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), melakukann pemeriksaan kanker serviks leher rahim atau... Baca selengkapnya...

Persit Kodim Aceh Selatan Disambut Haru Nyak Siti Rohmat
Senin, 27 Maret 2017

KOPI, ACEH SELATAN - Kemiskinan yang dialami 'Nyak' Siti Rohmat, warga Desa Suak Bakong, Kecamatan Kluet Selatan, telah mengetuk rasa keprihatinan dan simpati Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107/Asel, Ny. Hary Mulyanto dan pengurus Ranting 8 Koramil 07 Kluet Selatan. Selama ini, kondisi 'Nyak' Siti Rohmat memang serba kekurangan. Bukan hanya itu saja, bahkan kesehatannya pun menurun dan sering sakit. Sering kali tak memiliki makanan apalagi... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALMenjijikkan, Ditemukan Kotoran Manusia d.....
30/03/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Lisburn – Di kutip dari The Guardian, ditemukan kotoran manusia dalam kaleng minuman berkarbonasi yakni Coca Cola. Kotoran manusia ditemukan  [ ... ]



NASIONALSudut Pandang PPWI Terhadap Jurnalisme.....
18/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Solok - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., MA., yang merupakan lulusan PPRA Lemhannas tahun 20 [ ... ]



DAERAHGebyar Dirgantara 2017, Lanud Iswahjudi .....
22/04/2017 | Iswahyudi

KOPI, Magetan – Ribuan pengunjung yang terdiri dari pelajar maupun masyarakat umum padati Lapangan Udara (Lanud) Iswahjudi guna menyaksikan dan meme [ ... ]



PENDIDIKANMawardi, S.Pd Kepala SDN 20 Kampung Pada.....
21/04/2017 | M. Dwi Richa JP
article thumbnail

KOPI, Pasaman - Kepala SDN 20 Kampung Padang, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman optimis membina sekolah yang beliau pimpin kearah yang leb [ ... ]



EKONOMIRaker KAMSRI; Membangun Sinergi Ekonomi .....
22/04/2017 | Andri Santana

KOPI, Pembangunan infrastruktur di Pemerintahan Era Jokowi, selain sebagai stimulus pembangunan nasional, pembangunan jalan, jembatan dan Dermaga meru [ ... ]



HANKAMBazar HUT Kostrad ke-56, Obral Sembako M.....
08/03/2017 | Yeni Herliani

KOPI, Jakarta - Dalam rangka memeriahkan HUT ke-56, Kostrad menyelenggarakan “Bazar Murah Prajurit Kostrad & Insan Media”, Rabu (8/03/2017) berte [ ... ]



POLITIKKades Pelalawan : "Kami Ucapkan Salam Te.....
14/04/2017 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala Desa (Kades) merupakan perpanjangan pemerintahan pusat ke daerah. Semasa pemerintah Gubernur Riau (Gubri) yang terdahulu y [ ... ]



OPINIRevitalisasi Pendidikan Vokasi: Upaya Me.....
13/04/2017 | Harjoni Desky

Instruksi Presiden (Inpres) terkait dengan Revitalisasi Pendidikan Vokasi telah diterbitkan dalam rangka penguatan sinergi antar pemangku kepentingan  [ ... ]



PROFILRekor Leprid : Peserta Terbanyak Bakar .....
14/05/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pati- Indonesia negara Bahari atau kepulauan, hampir 2/3 luas wilayah Indonesia adalah wilayah laut. Ribuan pula terhampar dari Sabang hingga Pa [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAEksistensi dan Peran RT - RW Harus Diper.....
25/02/2017 | Redaksi KOPI

KOPI, Makassar - Ketua Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pewarta Warga Indonesia - Sulsel, (DPD PPWI Sulsel Ir. Imansyah Rukka mengatakan peran rukun te [ ... ]



ROHANIShalat Pengisi Ruang Hati Dihadapan Alla.....
17/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta, Dalam sehari semalam kita diwajibkan untuk shalat sebanyak lima kali. Setelah itu juga dianjurkan memperbanyak shalat-shalat sunat lainn [ ... ]



RESENSIMARS, Film Kisah Perjuangan Meraih Mimpi.....
03/05/2016 | Zohiri Kadir
article thumbnail

KOPI, Jakarta - Bertempat di XXI, Palaza Senayan, Jakara, Senin 92/5/2016) dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan 2 Mei 2016 , Multi Buana K [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIWaspadalah… Modus Penipuan Menjual Nam.....
06/04/2017 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Siak Hulu, Waspadalah Gerombolan begal beraksi wilayah Siak Hulu, kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Kami memantau gerak-gerik gerombolan Begal te [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.