Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Sosok Sederhana Sang Nomor Satu (567/S)

Sosok Sederhana Sang Nomor Satu (567/S)

KOPI -  “ Sebenarnya siapakah sosok yang baik untuk Indonesia ? Lalu apakah ditangannya nanti masa depan Indonesia akan cerah ? Apakah kami harus memilih ? Ataukah kami hanya bisa golput ? Kami bingung semua menebar janji pemerintahan yang indah. “

 

Pertanyaan – pertanyaan ini akan mulai berkecamuk dihati para rakyat Indonesia ketika genderang pemilu sudah ditabuh,semuannya ikut menggaet simpati rakyat yang sama. Rakyat miskin. Paradigma. Bukankah ini semua sudah basi ?. Janji-janji diobral kesana-sini dengan seenaknya,tanpa memperdulikan secercah harapan dari sang rakyat yang dijanjikan. Sebenarnya rakyat Indonesia ini tidak muluk dalam meminta Sang Nomor Satu ini. Hanya meminta orang yang sederhana,yang dapat membangkitkan Sang Garuda yang masih tertidur lelap dalam persembunyiannya. Bukan meminta sesosok orang yang sempurna. “ Dari rakyat,untuk rakyat,dan oleh rakyat “ sebuah kalimat yang khas bukan ?. Didalam hal ini rakyatpun tak ingin pula memaksa kehendaknya untuk Sang Nomor Satu ini. Kami hanya meminta Sang Nomor Satu itu setidaknya :

1. Mempunyai Pondasi yang Kuat.

Mempunyai pondasi yang kuat dapat dibentuk dengan :

a. Iman : Iman merupakan kata sering lalu lalang dikeseharian manusia. Iman disini berarti percaya. Sosok seorang pemimpin haruslah memiliki pondasi ini,dengan keimannya merupakan tolak ukur seseorang dalam berbuat.

b. Bersih : Bersih disini bermaksud bersih dalam pikiran,perbuatan,terutama dari NEPOTISME. Sedikit menyinggung menurut saya NEPOTISME adalah awal dari saudara-saudara seperjuangannya yaitu KORUPSI dan KOLUSI

c. Sehat jasmani dan rohani : Bukan berarti seseorang yang menderita penyakit tertentu tidak dapat menjadi pemimpin yang baik. Tetapi alangkah baiknya seorang pemimpin tidak mempunyai penyakit yang mematikan,karena mengurus masalah Negara sudah merupakan hal yang berat.

2. Memahami Benar Negara Indonesia.

Memahami bukanlah mengingat dimana mengingat merupakan suatu hal yang dingat dengan otak yang bisa saja suatu saat nanti terlupakan. Memahami ialah kata yang dapat diartikan dengan mengerti suatu hal tetapi memahami seluk-beluk hal tersebut. Jadi sosok pemimpin haruslah mengerti bagaimana negaranya mulai dari ekonomi,geografi,antropologi,dan sebagainya. Disini bisa diartikan pempimpin haruslah “Sayang Terhadap Negara “ walaupun suatu saat nanti ia akan turun,tetapi rasa sayang terhadap Negaranya harus tetap membahana didalam hatinya.

3. B3 ( Berbudaya,Benar,Berfikir Ala Remaja )

Berbudaya : Seorang budayawan mengerti benar nilai estetika dari negara itu sendiri,mulai dari keragaman suku,ras,bangsa,etnis. Seorang yang berbudaya dapat memciptakan satu ikatan dimana semua orang tanpa terkecuali dapat menjadi satu padan. Benar : Benar disini dimaksud dengan seseorang haruslah benar dalam bertindak,yang dibutuhkan Bangsa Indonesia bukannlah orang yang kaya melainkan orang yang benar. Karena dalam setiap tidakkan orang ini selalu diikuti kata benar yang positif. Bangsa Indonesia tahu betul kita membutuhkan sosok pemimpin yang benar dalam kejujuran,kedewasaan dalam memimpin dan benar dalam kebijaksanaanya. Berfikir Ala Remaja : Remaja bisa dikatakan sosok emas dengan segala pemikiran dan ide kreatifnya yang tumbuh dalam otak remajanya. Sosok pemimpin yang dapat menenrjemahkan segala sesuatu dan menyelesaikan sesuatu dengan kekreatifannya tanpa membuat sesuatu itu menjadi lebih sulit, dapat diartikan sebagai “ Berfikir Ala Remaja “.

4. Memiliki Orisinalitas Tinggi

Sebagai Seorang Pemimpin. Orisinalitas dapat diartikan berasal dari dalam dirinya sendiri. Orisinalitas dibutuhkan oleh seorang pemimpin karena dapat mencitakan inovasi baru,ide-ide spektakuler dalam memecahkan atau bahkan dalam memulai sesuatu yang baru.

5. Memiliki Nilai Kerelatifan.

Dalam setiap pemikiran seorang pemimpin haruslah seimbang,tidak memberatkan siapapun atau golongan apapun. Disinilah nilai kerelatifan itu muncul karena Sang Pemimpin ini harus memutar otak sedemikian rupa agar tidak memberatkan atau menguntungkan ( secara berlebihan ) perseorangan atau kelompok.

6. Berindak dan Berperilaku Layaknya Pelaku Sejarah.

Menjadi seorang superhero yang datang dikala genting,dan namanya tergores disetiap pemikiran rakyatnya. Disini bukan berarti seseorang harus menjadi orang yang selalu ingin dipuji tetapi menjadi orang yang berada digaris depan walaupun dia dicemooh oleh Pengamat Sejarah. Ia tetap pada dirinya sendiri yang Pelaku Sejarah tidak menjadi pecundang dan mundur sebelum perang dimulai.

7. Menanamkan Peribahasa “ Diam adalah Emas “ dalam Dirinya.

Kami sudah bosan dengan para pemimpin yang hanya bisa mengumbar janji tanpa adanya perubahan dan hasil. Kami merindukan sesosok orang yang “ kalem “ dan tidak mengumbar janji jikalau ia tidak dapat memenuhninya. Sesosok yang pendiam tetapi cepat dalam menangani segala macam kekacauan dalam ruang lingkupnya.

8. Memiliki Filosopi “ Tukang Abu Gosok “.

Bisa kita lihat tukang-tukang abu gosok,jika kita membeli abunya walaupun hanya Rp. 200,00 ia terlihat sedih ? justru tidak setelah ia mengambil abu yang kita minta masuk kedalam plastic,ia pasti akan bertepuk tangan. Disini bukan berarti tepuk tangan secara arti yang benar,ia hanya membersihkan sisa-sisa abunya yang menempel ditangannya. Apa yang kita bisa petik darinya ?. Ini sangat sederhana kita harus tetap berusaha walaupun hanya mendapatkan sedikit yang kita mau,tetapi setidaknya kita sudah berusaha. Dan CERIA bukankah tadi ia tetap menepuk tangannya ? itu tanda keceriaan yang harus dimiliki seorang pemimpin. Bukan berarti mereka harus menepuk tangan sepanjang waktu. Tetapi harus memiliki keceriaan dan tidak menampakan kekesalan. Bagaimana ia bisa berwibawa dimata rakyatnya,jikalau air muka menampakkan rasa kekesalan ?.

9. Tidak Menempatkan Diri Sebagai Pemimpin melainkan Sebagai “ Sahabat “.

Sahabat merupakan tempat kita menumpahkan segalanya mulai dari senang,sedih,cinta dan sebagainya. Pemimpin yang bisa menempatkan dirinya seperti sahabat rakyatnya merupakan pemimpin yang spektakuler. Karena sudah pasti merakyat dia juga dapat merangkul keseluruhan masyarakat. Bisa membagi keluh kesah kita pada sang Presiden merupakan hal yang sangat diidamkan banyak orang. Terutama lagi kalau dia dapat menjadi sahabat rakyatnya tanpa memerdulikan golongan,ras,agama,dan status sosial.

10. Agresif

Agresif disini bukan dalam arti yang sebenarnya,melainkan berarti cepat,tangkas,dan peka. Kenapa agresif dibutuhkan ?. Karena dengan keagresifan seorang pemimpin dapat mempercepat dalam sektor manapun. Dan yang paling diutamakan adalah sektor generasi-generasi calon Einstein dari Indonesia masa datang.

11.Anti Kata “ Stress “.

Sudah hal yang lumrah bagi Sang Nomor Satu sebagai pemikir handal,karena apa ? karena dia harus memikirkan masalah Negara yang kita sudah tahu itu berat. Disinilah peran Anti Kata Stress,ia haruslah bukan orang yang tempramen tinggi. Tidak mungkinkan Sang Presiden ini akan membiarkan rakyatnya hidup menderita,karena ia sudah terlalu stress memikirkan permasalahan yang bukannya berkurang malah justru bertambah setiap detiknya. Lalu apa gunanya presiden kalau begitu ?. Presiden disini dituntut untuk bertanggung jawab karena ia sudah diberi kepercayaan dari rakyat Indonesia ini. Haknya pulalah yang harus melakukan ini tanpa tersirat kata stress dalam benaknya.

12. Sebagai Contoh.

Bisa sebagai contoh bagi rakyatnya,merupakan hal yang terutama bagi pemimpin. Ada peribahasa yang berbunyi “Guru kencing berdiri murid kencing berlari. “,seperti anak balita yang sedang berusaha mengikuti peran orang-orang sekitar terutama orangtuanya. Beginilah rakyat mengikuti pemimpinnya. Kalau pemimpinnya saja doyan korupsi,tak memperdulikan rakyat. Lalu apa jadinya rakyat jika mereka mengikuti itu semua ?. “ Tiada Gading yang Tak Retak “ itulah peribahasa untuk manusia. Ya benar manusia tiada yang sempurna. Bukan berarti menjatuhkan,memojokkan,mencela seseorang atau suatu kelompok tertentu. Ini hanya bentuk dalam menyampaikan aspirasi yang membeludak di jiwa dan sebagai tempat mentafakurkan diri untuk para calon-calon pemimpin masa depan. Mulailah bertafakur dengan satu kalimat yaitu “ Sudahkan saya benar-benar siap ? “.

 

Biodata Penulis

 

Nama : Indriani Kusmanto

Tempat,tanggal lahir : Jakarta,23 Juli 1995

Alamat : Jl. Jatijajar I Rt 05/ Rw 03 no.46 Tapos,Depok,Jawa Barat

Nomor Telepon : ( 021 ) – 87910622 / 0857 7011 1271

Nama Sekolah : SMA Yaspen Tugu Ibu 1 Depok

Twitter : @indriaindi

 

 

Awali Tugas, Kolonel Czi Dheni Herman Lakukan Perkenalan
Sabtu, 06 Pebruari 2016

KOPI, SURABAYA - Mengawali masa dinas di Korem 084/BJ tahun 2016, Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Dheni Herman memberikan Jam Komandan kepada seluruh prajurit dan PNS Korem 084/Bhaskara Jaya, yang berlangsung di Aula Bhaskara Jaya Korem 084/Bhaskara Jaya. Kesempatan pertama Danrem menceritakan riwayat masa dinas dan tugas sebelum menjabat sebagai Danrem 084/Bhaskara Jaya dengan luwes dan santai serta diselingi dengan candaan tetapi... Baca selengkapnya...

HUT Kampar Ke-66, Jefri Noer: Saya Berdoa Kampar Berkembang Lebih Baik Lagi
Jumat, 05 Pebruari 2016

KOPI, KAMPAR - Berbagai macam kegiatan diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar bersempena perayaan hari jadinya ke-66 tahun yang jatuh pada hari Sabtu (6/2-16). Pemkab Kampar mengadakan kegiatan untuk menyemarakan HUT (Hari Ulang Tahun) ke -66 tahun dengan berbagai macam perlombaan yakni Bakti sosial di berbagai kecamatan yang terdiri dari penyerahan bantuan sembako, donor darah, pengobatan massal, khitanan dan gotongroyong, jalan... Baca selengkapnya...

Kebersamaan Dandim Lamongan di Tengah Anggota
Kamis, 28 Januari 2016

KOPI, LAMONGAN - Memasuki minggu militer, kali ini anggota Kodim 0812 dipimpin langsung Komandan Kodim 0812/Lamongan Letkol Inf Jemz Andre R.E,S.Sos melaksanakan latihan pembinaan fisik berupa lari jalanan di sekitaran wilayah Kota Lamongan, Rabu (27/01/2016).   Kebersamaan Dandim Lamongan Seperti yang disampaikan Komandan Kodim 0812/Lamongan bahwa kegiatan ini janganlah dianggap sebagai siksaan bagi prajurit tapi lebih melihat pada... Baca selengkapnya...

Pencalonan Sofyan Dawood Akan Membuat Pilkada Aceh 2017 Semakin Seru
Rabu, 27 Januari 2016

KOPI, ACEH TAMIANG - Meskipun pilkada Aceh baru akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang, namun saat ini mulai terlihat, satu persatu calon Pemimpin Aceh yang awalnya malu-malu menyatakan akan bertarung memperebutkan suara rakyat, kini mulai terbuka dan ini merupakan dinamika politik yang sangat baik bagi perkembangan demokrasi Aceh.     Di Warung Kopi Skala Coffe, Gampong Pango Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, Mantan Juru Bicara... Baca selengkapnya...

Mendagri Titip Pesan Kepada Kepala Daerah di Riau Jangan ada Monopoli Proyek
Sabtu, 23 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Dalam Negeri (Mendagri)Tjahjo Kumolo ke propinsi Riau , hari Jum’ at (22/1-16) . Kunjungan kerja mendagri dihadiri oleh seluruh Bupati dan Walikota sekabupaten/kota se Riau. Unsur Muspida, Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) bertempat diruangan Serindit gedung daerah. Dari pantauan wartawan www.pewarta-indonesia.com banyak yang diungkap oleh Mendagri dari nostalgia saat buk... Baca selengkapnya...

Kejati Riau Tandatangani MoU dengan Bank Riau-Kepri
Kamis, 21 Januari 2016

KOPI, Pekanbaru - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau Susdiarto Agus Praptono, SH, MH menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan bersama mengenai penanganan masalah hukum bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN) dengan Bank Riau-Kepri hari Kamis (21/1-2016) bertempat di hotel Pangeran,Pekanbaru.   Dari Bank Riau Kepri langsung ditandatangani oleh Irvandi Gustari selaku Direktur utama. Berhubung daerah... Baca selengkapnya...

Menteri Ristek Dikti Apresiasi Pelatihan Peningkatan Kewibawaan Akademik oleh IMARC dan FEB UNDIP
Senin, 18 Januari 2016

KOPI, Semarang - Tak diduga dan tak disangka, Menteri Nasir langsung meninggalkan rombongan setelah peresmian Sekretariat ISEI Semarang. "Saya mau keatas dulu" Sebut Menteri Nasir kepada rombongan dan  beranjak pergi menuju lantai 2 mendatangi Indonesian Scopus Project.  Belakangan baru diketahui bahwa kedatangan tersebut diluar agenda selama Menteri Ristek Dikti berada di Semarang. Tempat  tersebut merupakan pelatihan penulisan jurnal... Baca selengkapnya...

NASIONALRibuan Honorer K2 Sumut Bergerak ke Jaka.....
09/02/2016 | Fahma Huria Imtazi
article thumbnail

Honorer K2 demo-ilustrasi KOPI, Sumut - Sebanyak 5.000 honorer kategori dua (K2) wilayah Sumatera, sebagian besar dari Sumut, sudah dalam perjala [ ... ]



PENDIDIKANPembangunan RKB Terbengkalai, Dinas Pend.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Pembangunan pengadaan ruang kelas baru (RKB) di SDN Trimekar Jaya, Kecamatan Bandar Negeri Suoh, Kabupaten Lampung Barat tidak kunjung selesai. [ ... ]



EKONOMIMatahariMall.com Resmikan Kantor Baru Be.....
10/02/2016 | Yeni Herliani

KOPI - MatahariMall.com, eCommerce terdepan besutan Lippo Group hari ini meresmikan kantor baru yang berlokasi di daerah strategis Kuningan, Jakarta S [ ... ]



HANKAMTim Penilai Lomba Rumah Sehat dari Korem.....
05/02/2016 | Mikhael Markus
article thumbnail

KOPI, BOJONEGORO - Tim penilai lomba dari Korem 082/CPYJ, tiba di Kodim 0813 Bojonegoro, Jalan HOS Cokroaminoto No. 51-52 Bojonegoro dalam rangka Pen [ ... ]



OLAHRAGAEmrizal Pakis Lantik H. Amran Tambi seba.....
03/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) propinsi Riau Emrizal Pakis melantik dan mengukuhkan H. Amran Tambi sebagai ketu [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPolisi Gadungan Ditangkap Saat Melakukan.....
09/02/2016 | M.Hasanuddin

KOPI, Tangerang - Polisi gadungan RB (27Thn) warga kampung Leles Garut, Jawa Barat ini modal seragam dan atribut kepolisian melakukan pemalakkan kepad [ ... ]



OPINITiga Mitos Keliru Tentang Menulis.....
05/02/2016 | Denni Candra

KOPI - Setiap pribadi sebenarnya mempunyai potensi serta kemampuan untuk menulis. Dalam rangkaian kisah hidup yang dijalani, setiap orang tentunya mem [ ... ]



PROFILAsisten II Walikota Sabang Hilang Tengge.....
02/02/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Tidak terasa waktu terus berlalu dan kini sudah 20 tahun lamanya kapal KMP Gurita yang melanyari penyebrangan antara pelabuhan Malahayati [ ... ]



SOSIAL & BUDAYATim Penggerak PKK Kabupaten Kampar Hj. E.....
05/02/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Kampar - Ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Kampar Hj. Eva Yuliana SE, saat memimpin rapat persiapan menyambut [ ... ]



ROHANIPerayaan Imlek Bersama Diadakan oleh P.....
11/02/2016 | Didi Ronaldo
article thumbnail

KOPI, Pekanbaru- Asal-usul Imlek sebenarnya berasal dari Tiongkok. Hari Raya Imlek merupakan istilah umum. Bahasa Tiongkok disebut dengan “Chung Cie [ ... ]



RESENSIApakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam.....
17/12/2015 | Saepullah

Judul film : Bulan Terbelah di Langit Amerika Produksi : Maxima Pictures Sutradara : Rizal Mantovani Pemain : Acha Septriasa sebagai Hanum Abimana  [ ... ]



CERPEN & CERBUNGIrony Buta Huruf (Lain Gatal Lain Digaru.....
08/02/2016 | Dedi

Suatu malam,  sekitar jam 19.30 wita,  saya dan mantan pacar pergi ke sebuah swalayan untuk membeli beberapa keperluan baby dan keperluan bulanan yg [ ... ]



PUISIDaun Kawa.....
07/01/2016 | Nova Ibun

Tak pakai gula Da tiap ku pesan sepulang dari rumah keduaku di Bukittinggi, bukan rumah tetuaku, juga bukan rumah hasil wasiat buyutku, na [ ... ]



CURAHAN HATIDinas Pendidikan Diduga KKN, Warga Banda.....
09/02/2016 | Redaksi KOPI

KOPI - Warga Kecamatan Bandar Negeri Suoh amat kecewa dengan kebijakan membabi-buta Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Barat. Pasalnya, baru-baru ini  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.