Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDATiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kolom Pewarta Kriteria Presiden RI Sosok Sederhana Sang Nomor Satu (567/S)

Sosok Sederhana Sang Nomor Satu (567/S)

KOPI -  “ Sebenarnya siapakah sosok yang baik untuk Indonesia ? Lalu apakah ditangannya nanti masa depan Indonesia akan cerah ? Apakah kami harus memilih ? Ataukah kami hanya bisa golput ? Kami bingung semua menebar janji pemerintahan yang indah. “

 

Pertanyaan – pertanyaan ini akan mulai berkecamuk dihati para rakyat Indonesia ketika genderang pemilu sudah ditabuh,semuannya ikut menggaet simpati rakyat yang sama. Rakyat miskin. Paradigma. Bukankah ini semua sudah basi ?. Janji-janji diobral kesana-sini dengan seenaknya,tanpa memperdulikan secercah harapan dari sang rakyat yang dijanjikan. Sebenarnya rakyat Indonesia ini tidak muluk dalam meminta Sang Nomor Satu ini. Hanya meminta orang yang sederhana,yang dapat membangkitkan Sang Garuda yang masih tertidur lelap dalam persembunyiannya. Bukan meminta sesosok orang yang sempurna. “ Dari rakyat,untuk rakyat,dan oleh rakyat “ sebuah kalimat yang khas bukan ?. Didalam hal ini rakyatpun tak ingin pula memaksa kehendaknya untuk Sang Nomor Satu ini. Kami hanya meminta Sang Nomor Satu itu setidaknya :

1. Mempunyai Pondasi yang Kuat.

Mempunyai pondasi yang kuat dapat dibentuk dengan :

a. Iman : Iman merupakan kata sering lalu lalang dikeseharian manusia. Iman disini berarti percaya. Sosok seorang pemimpin haruslah memiliki pondasi ini,dengan keimannya merupakan tolak ukur seseorang dalam berbuat.

b. Bersih : Bersih disini bermaksud bersih dalam pikiran,perbuatan,terutama dari NEPOTISME. Sedikit menyinggung menurut saya NEPOTISME adalah awal dari saudara-saudara seperjuangannya yaitu KORUPSI dan KOLUSI

c. Sehat jasmani dan rohani : Bukan berarti seseorang yang menderita penyakit tertentu tidak dapat menjadi pemimpin yang baik. Tetapi alangkah baiknya seorang pemimpin tidak mempunyai penyakit yang mematikan,karena mengurus masalah Negara sudah merupakan hal yang berat.

2. Memahami Benar Negara Indonesia.

Memahami bukanlah mengingat dimana mengingat merupakan suatu hal yang dingat dengan otak yang bisa saja suatu saat nanti terlupakan. Memahami ialah kata yang dapat diartikan dengan mengerti suatu hal tetapi memahami seluk-beluk hal tersebut. Jadi sosok pemimpin haruslah mengerti bagaimana negaranya mulai dari ekonomi,geografi,antropologi,dan sebagainya. Disini bisa diartikan pempimpin haruslah “Sayang Terhadap Negara “ walaupun suatu saat nanti ia akan turun,tetapi rasa sayang terhadap Negaranya harus tetap membahana didalam hatinya.

3. B3 ( Berbudaya,Benar,Berfikir Ala Remaja )

Berbudaya : Seorang budayawan mengerti benar nilai estetika dari negara itu sendiri,mulai dari keragaman suku,ras,bangsa,etnis. Seorang yang berbudaya dapat memciptakan satu ikatan dimana semua orang tanpa terkecuali dapat menjadi satu padan. Benar : Benar disini dimaksud dengan seseorang haruslah benar dalam bertindak,yang dibutuhkan Bangsa Indonesia bukannlah orang yang kaya melainkan orang yang benar. Karena dalam setiap tidakkan orang ini selalu diikuti kata benar yang positif. Bangsa Indonesia tahu betul kita membutuhkan sosok pemimpin yang benar dalam kejujuran,kedewasaan dalam memimpin dan benar dalam kebijaksanaanya. Berfikir Ala Remaja : Remaja bisa dikatakan sosok emas dengan segala pemikiran dan ide kreatifnya yang tumbuh dalam otak remajanya. Sosok pemimpin yang dapat menenrjemahkan segala sesuatu dan menyelesaikan sesuatu dengan kekreatifannya tanpa membuat sesuatu itu menjadi lebih sulit, dapat diartikan sebagai “ Berfikir Ala Remaja “.

4. Memiliki Orisinalitas Tinggi

Sebagai Seorang Pemimpin. Orisinalitas dapat diartikan berasal dari dalam dirinya sendiri. Orisinalitas dibutuhkan oleh seorang pemimpin karena dapat mencitakan inovasi baru,ide-ide spektakuler dalam memecahkan atau bahkan dalam memulai sesuatu yang baru.

5. Memiliki Nilai Kerelatifan.

Dalam setiap pemikiran seorang pemimpin haruslah seimbang,tidak memberatkan siapapun atau golongan apapun. Disinilah nilai kerelatifan itu muncul karena Sang Pemimpin ini harus memutar otak sedemikian rupa agar tidak memberatkan atau menguntungkan ( secara berlebihan ) perseorangan atau kelompok.

6. Berindak dan Berperilaku Layaknya Pelaku Sejarah.

Menjadi seorang superhero yang datang dikala genting,dan namanya tergores disetiap pemikiran rakyatnya. Disini bukan berarti seseorang harus menjadi orang yang selalu ingin dipuji tetapi menjadi orang yang berada digaris depan walaupun dia dicemooh oleh Pengamat Sejarah. Ia tetap pada dirinya sendiri yang Pelaku Sejarah tidak menjadi pecundang dan mundur sebelum perang dimulai.

7. Menanamkan Peribahasa “ Diam adalah Emas “ dalam Dirinya.

Kami sudah bosan dengan para pemimpin yang hanya bisa mengumbar janji tanpa adanya perubahan dan hasil. Kami merindukan sesosok orang yang “ kalem “ dan tidak mengumbar janji jikalau ia tidak dapat memenuhninya. Sesosok yang pendiam tetapi cepat dalam menangani segala macam kekacauan dalam ruang lingkupnya.

8. Memiliki Filosopi “ Tukang Abu Gosok “.

Bisa kita lihat tukang-tukang abu gosok,jika kita membeli abunya walaupun hanya Rp. 200,00 ia terlihat sedih ? justru tidak setelah ia mengambil abu yang kita minta masuk kedalam plastic,ia pasti akan bertepuk tangan. Disini bukan berarti tepuk tangan secara arti yang benar,ia hanya membersihkan sisa-sisa abunya yang menempel ditangannya. Apa yang kita bisa petik darinya ?. Ini sangat sederhana kita harus tetap berusaha walaupun hanya mendapatkan sedikit yang kita mau,tetapi setidaknya kita sudah berusaha. Dan CERIA bukankah tadi ia tetap menepuk tangannya ? itu tanda keceriaan yang harus dimiliki seorang pemimpin. Bukan berarti mereka harus menepuk tangan sepanjang waktu. Tetapi harus memiliki keceriaan dan tidak menampakan kekesalan. Bagaimana ia bisa berwibawa dimata rakyatnya,jikalau air muka menampakkan rasa kekesalan ?.

9. Tidak Menempatkan Diri Sebagai Pemimpin melainkan Sebagai “ Sahabat “.

Sahabat merupakan tempat kita menumpahkan segalanya mulai dari senang,sedih,cinta dan sebagainya. Pemimpin yang bisa menempatkan dirinya seperti sahabat rakyatnya merupakan pemimpin yang spektakuler. Karena sudah pasti merakyat dia juga dapat merangkul keseluruhan masyarakat. Bisa membagi keluh kesah kita pada sang Presiden merupakan hal yang sangat diidamkan banyak orang. Terutama lagi kalau dia dapat menjadi sahabat rakyatnya tanpa memerdulikan golongan,ras,agama,dan status sosial.

10. Agresif

Agresif disini bukan dalam arti yang sebenarnya,melainkan berarti cepat,tangkas,dan peka. Kenapa agresif dibutuhkan ?. Karena dengan keagresifan seorang pemimpin dapat mempercepat dalam sektor manapun. Dan yang paling diutamakan adalah sektor generasi-generasi calon Einstein dari Indonesia masa datang.

11.Anti Kata “ Stress “.

Sudah hal yang lumrah bagi Sang Nomor Satu sebagai pemikir handal,karena apa ? karena dia harus memikirkan masalah Negara yang kita sudah tahu itu berat. Disinilah peran Anti Kata Stress,ia haruslah bukan orang yang tempramen tinggi. Tidak mungkinkan Sang Presiden ini akan membiarkan rakyatnya hidup menderita,karena ia sudah terlalu stress memikirkan permasalahan yang bukannya berkurang malah justru bertambah setiap detiknya. Lalu apa gunanya presiden kalau begitu ?. Presiden disini dituntut untuk bertanggung jawab karena ia sudah diberi kepercayaan dari rakyat Indonesia ini. Haknya pulalah yang harus melakukan ini tanpa tersirat kata stress dalam benaknya.

12. Sebagai Contoh.

Bisa sebagai contoh bagi rakyatnya,merupakan hal yang terutama bagi pemimpin. Ada peribahasa yang berbunyi “Guru kencing berdiri murid kencing berlari. “,seperti anak balita yang sedang berusaha mengikuti peran orang-orang sekitar terutama orangtuanya. Beginilah rakyat mengikuti pemimpinnya. Kalau pemimpinnya saja doyan korupsi,tak memperdulikan rakyat. Lalu apa jadinya rakyat jika mereka mengikuti itu semua ?. “ Tiada Gading yang Tak Retak “ itulah peribahasa untuk manusia. Ya benar manusia tiada yang sempurna. Bukan berarti menjatuhkan,memojokkan,mencela seseorang atau suatu kelompok tertentu. Ini hanya bentuk dalam menyampaikan aspirasi yang membeludak di jiwa dan sebagai tempat mentafakurkan diri untuk para calon-calon pemimpin masa depan. Mulailah bertafakur dengan satu kalimat yaitu “ Sudahkan saya benar-benar siap ? “.

 

Biodata Penulis

 

Nama : Indriani Kusmanto

Tempat,tanggal lahir : Jakarta,23 Juli 1995

Alamat : Jl. Jatijajar I Rt 05/ Rw 03 no.46 Tapos,Depok,Jawa Barat

Nomor Telepon : ( 021 ) – 87910622 / 0857 7011 1271

Nama Sekolah : SMA Yaspen Tugu Ibu 1 Depok

Twitter : @indriaindi

 

 

Bupati Pasaman Buka Secara Resmi TMMD ke 99 di Sibintayan Nagari Muara tais
Rabu, 04 Mei 2016

KOPI, Pasaman - Dua daerah Kabupaten di Sumatera Barat yang ditunjuk oleh TNI untuk  Pelaksanaan TMMD ke 99  adalah Kabupaten Pasaman dan Tanah Datar, untuk Pembukaan TMMD Kabupaten Pasaman  di laksanakan di  Lapangan hijau Jorong Sibintayan nagari Muara thais Kecamatan Mapat Tunggul. Acara Pembukaan, TMMD Yang dilaksanakan selasa kemaren di hadiri Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis yang juga sebagai Inspektur Upacara pada pembukaan TMMD tersebut.... Baca selengkapnya...

Syahril: 448 Siswa SMK Kansai Menamatkan Studi Tahun 2016 Ini
Rabu, 04 Mei 2016

KOPI, Pekanbaru - Ketua Yayasan Kanada Sakura Indonesia (Kansai) Dr H Syahril SPd MM, juga calon Walikota Pekanbaru mengatakan tahun ajaran 2015-2016, di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kansai, siswa-siswi yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 449 orang. Seluruh siswa tersebut dikembalikan kepada orang tua mereka masing-masing usai tamat belajar dari sekolah. Kini jurusan di SMK Kansai bertambah yakni Jurusan Pengoperasian dan Perbaikan alat... Baca selengkapnya...

Pokdakan Sakato Raih Terbaik Satu Tingkat Sumatera Barat
Senin, 18 April 2016

KOPI, Pasaman - Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sakato jorong Koto Panjang, Nagari Lansek Kadok, Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, berhasil raih juara I penilaian kinerja kelembagaan perikanan budidaya tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2015. Pokdakan Sakato memperoleh hadiah berupa, 1 unit notebook, 1 unit printer, 1 buah tabung oksigen portable dari Dinas Perikanan dan Kelautan serta piagam penghargaan dari Gubernur Sumatera... Baca selengkapnya...

Peringati HUT Kopassus Ke-64, KASAD Puji Prestasi Kopassus Dalam Menangani Aksi Terorisme
Sabtu, 16 April 2016

KOPI - Ditengah - tengah hangatnya situasi keamanan didalam negeri, sebagaimana diketahui pada akhir bulan Maret kemarin, kita telah dikejutkan dengan penyanderaan 10 warga Indonesia oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.     “Saya mengapresiasi kecepatan reaksi prajurit – prajurit Kopassus, khususnya satuan 81 penanggulangan teror dan Grup 3/Sandhi Yudha yang dalam waktu singkat telah siap melaksanakan tugas untuk melepaskan... Baca selengkapnya...

Dewan Adat Nasional Selenggarakan Pertemuan Konsolidasi
Kamis, 14 April 2016

KOPI, Jakarta - Dewan Adat Nasional (DAN) yang terdiri atas para raja dan sultan nusantara menyelenggarakan pertemuan nasional selama dua hari, 13-14 April 2016, di Jakarta. Para tokoh masyarakat bergelar Raja dan Sultan dari seluruh Indonesia menghadiri Pertemuan Konsolidasi tersebut. Diantara yang hadir, antara lain YM Prof. DR. Al-Habib Husein Abdulhadi Sulaeman dari Kesultanan Pajajaran dan YM DT. Dr. Ir. Muhammad Subur Sembiring dari... Baca selengkapnya...

Ditegur Kapolda, Polres Belu Kembalikan ID Card dan Tape-recorder Pewarta PPWI
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Kapolres Belu, AKBP Putu Gede Artha, melalui Kanit Buser Polres Belu bernama Timi, akhirnya mengembalikan ID Card dan alat perekam suara (tape recorder) milik anggota PPWI, Felixianus Ali, di Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Pengembalian barang-barang milik Felix, demikian ia sehari-hari disapa, dilakukan pada Jumat kemarin, 8 April 2016, di Kantor Polres Belu. Demikian laporan disampaikan Felix dari Atambua.  ... Baca selengkapnya...

Salut Pemerintah Jkw-Jk, Bagi-bagi Hutang Pinjaman Negara ke Perusahaan Swasta
Sabtu, 09 April 2016

KOPI, Jakarta - Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan Pemerintah telah menipu rakyatnya sendiri. Dulu pinjaman uang dari Tiongkok dengan total US$ 3 Miliar setara 43,28 Triliun untuk membiayai pengembangan infrastruktur dan perdagangan.   Nyatanya uang tersebut lebih banyak disalurkan dan dipinjamkan ke beberapa  perusahaan BUMN dan swasta yang tidak ada korelasinya ketus Ajisutisyoso Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALKemeriahan Aneka Kapal layar di Teluk Sa.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Selamat bagi Anda semua yang menyukai laut. Saat ini di kota Sabang berlangsung kegiatan akbar berupa festival kelautan atau yang terk [ ... ]



NASIONALKediaman Bupati Pasaman Louncing Perdana.....
05/05/2016 | Muhammad Doni

KOPI, Pasaman - Untuk tahun 2016 Pelaksanaan Sensus Ekonomi di Pasaman, sebelumnya telah dikukuhkan dan di lepas oleh bupati Pasaman bertempat di hala [ ... ]



DAERAHPemerintah Subsidi 80 Persen Asuransi Sa.....
03/05/2016 | Mardinal

  KOPI,Sarolangun- Premi sebesar Rp.200.000 untuk satu ekor sapi diperuntukkan bagi petani peternak sapi dan 80 per-sen subsidi ditanggung oleh P [ ... ]



EKONOMISpeed Up Mifi 4G LTE, Paket Bundling Rp......
04/05/2016 | Yeni Herliani

KOPI - PT Pins Indonesia mendukung program 4G Nation dari Telkomsel, dengan menghadirkan paket bundling “Speed Up Mifi 4G LTE”. Sebuah perangkat d [ ... ]



HANKAMDandim Makassar Jefri Octavian Rotti Ter.....
25/04/2016 | Didi Ronaldo

KOPI, Makassar- Ditempat terpisah Ajisutisyoso mengatakan yang merusak nama institusi TNI bukan berasal dari eksternal melainkan oknum anggota TNI ter [ ... ]



OLAHRAGAGowes Jelajah Titik Nol Banda Aceh.....
02/05/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, Jakarta - Ribuan masyarakat di kota Banda Aceh dan sekitarnya tumpah ruah di lapangan Blangpadang untuk gowes bersama. Pada hari Minggu, 30 Apri [ ... ]



PARIWISATALiburan Long Weekend 5 – 8 Mei 2016, A.....
03/05/2016 | Yeni / Pri

KOPI – Menyambut liburan long weekend yang jatuh pada 05 – 08 Mei 2016, Ancol sebagai destinasi wisata terlengkap dan terbesar di Jakarta, telah m [ ... ]



OPINILima Fokus Kegiatan Pemkab Nias Barat ya.....
02/05/2016 | Kurnia Gulo, A.Ma.Pd

KOPI - Dalam rangka menyongsong program 100 hari kerja, sebagai orang nomor 1 yang baru di jajaran Pemerintah Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat, [ ... ]



PROFILIbunda Mantan Gubernur Aceh Telah Tiada.....
13/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta-Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati. Duka cita sedang meliputi keluarga besar mantan Gubernur Aceh Syamsuddin Mahmud.Ibunda ya [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAOrigenes Wanimbo: Orang Asli Papua Milik.....
30/04/2016 | Dody Muhamad

KOPI - Berbagai dinamika dan perselisihan di masyarakat Papua belakangan ini baik antar kelompok, individu, golongan hingga yang mengarah ke Suku Ras  [ ... ]



ROHANIMengisi Bulan Rajab 1437 H.....
27/04/2016 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI,Jakarta- Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimulai oleh Allah SWT. Bulan rajab juga terkenal dengan sebutan bulannya Allah SWT. Bulan Raja [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIRinduku Terkubur di Kampung Lansek.....
21/02/2016 | Nova Indra

siang ini
riak Tabek Kaluai masih sama
saat hatiku bicara tentangmu
tentang cinta, tentang rindu kita

hingga kini
terngiang gelak tawa
dua pecinta ber [ ... ]



CURAHAN HATIPemadaman Listrik di Lampung Barat.....
18/04/2016 | Ari Kusmiran

  KOPI, Lampung Barat - Pemadaman Listrik di bumi Lampung Barat hampir setiap hari terjadi, bahkan didalam satu hari bisa terjadi pemadaman 2 sampai [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.