Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Kredo Wilson Lalengke: Katakan Cinta dengan Bunga

KOPI - Bunga-bunga bertebaran di Balai Kota Jakarta hari-hari ini. Bahkan, karena begitu banyaknya rangkaian bunga yang hadir ke pusat pemerintahan ibukota negara itu, jejeran bunga aneka rupa melampaui pagar halaman Balaikota, memanjang mengular hingga menuju halaman Tugu Monas dan Istana Negara.

Jika dalam beberapa hari ini masih ada bunga-bunga lagi yang dikirim ke tempat itu, bukan tidak mungkin hamparan bunga mekar dapat memenuhi hamparan Monas dan sekitarnya. Jadilah pemandangan serba putih beberapa waktu lalu berganti menjadi warna-warni ragam kembang dan bunga menghiasi tempat yang sama. Kiasan unik muncul tiba-tiba, ibarat usai musim salju yang dingin menyengsarakan, kini saatnya setiap orang menikmati musim semi yang penuh warna dan keharuman bunga di sana-sini.

Tidak sedikit warga yang berpikir skeptis, bahkan sinis dengan kehadiran ribuan rangkaian bunga yang ditujukan kepada Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Wakilnya Djarot Saiful Hidajat atau yang populer disapa Djarot. Pertanyaan wajar yang muncul, mengapa sang pasangan yang kalah dalam Pilgub DKI putaran kedua 19 April 2017 lalu itu, malahan mendapatkan kiriman bunga; sementara pada sisi lain, yang justru mainstream di benak masyarakat, pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno tidak mendapatkan kiriman bunga selayaknya sebagai pihak yang menang di Pilgub lalu.

Terlepas dari pro-kontra atas bermekarannya rupa-rupa bunga warga di Balaikota itu, sangatlah penting untuk melihat, menelaah, dan mengambil hikmah dari fenomena langka tersebut. Ini penting sekali sebagai pelajaran alami bagi kita, bahkan bisa menjadi pondasi pembentukan sikap dan karakter bangsa kemasa depan. Jika tidak, maka benarlah anggapan orang luar sana bahwa bangsa Indonesia itu pada dasarnya adalah bangsa kuli, yang ruang otaknya tidak lebih besar dibandingkan otak orang utan atau simpanse.

Bunga diciptakan bersamaan dengan penciptaan dunia ini. Jika, manusia justru hadir terkemudian dari mahluk yang lain, maka dapat dikatakan bahwa bunga tercipta lebih dahulu dari manusia. Mengapa bunga mesti hadir lebih dahulu dari kita? Amat mungkin, Tuhan menyediakan segala keindahan memenuhi dunia tempat manusia yang akan diciptakannya kelak, sehingga dengan keindahan bunga-bunga di sana sini, manusia akan merasa teduh, damai, nyaman dan tenteram; betah tinggal di bumi.

Bunga adalah bagian yang sangat ensesial dari kehidupan segala mahluk. Bayangkan jika tumbuhan tidak berbunga, bagaimana mungkin akan bermunculan buah-buah segar dari berbagai tumbuhan, yang oleh buah-buahan itu manusia bertumbuh dan menjadi dewasa, cerdas, sehat dan kuat? Bunga juga menjadi sumber madu hasil olahan lebah-lebah, yang merupakan makanan alami terbaik tidak tertandingi di dunia ini.

Bunga adalah sumber keharuman di setiap tempat tumbuhnya. Keharuman alami yang menjadi penyegar hidup dan kehidupan setiap mahluk, terutama manusia. Dalam banyak penelitian, bau harum bunga tidak hanya berfungsi menyegarkan alam dan ruang-ruang tempat manusia berdiam, namun juga dapat menjadi obat terapi yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit, terutama sakit yang disebabkan oleh beban pikiran berat, traumatik, dan stress. Lihatlah, betapa banyak tempat-tempat pengobatan tradisional dan moderen yang menggunakan bunga sebagai salah satu bahan pengobatan utama.

Penggunaan bunga-bunga sebagai simbol dalam penyampaian pesan khusus telah digunakan manusia sejak abad-abad pertama peradaban manusia. Sejarah mencatat, abad ke-8 Sebelum Masehi (SM), masyarakat Yunani kuno telah menjadikan bunga sebagai bahasa simbol, sebagai media untuk menyampaikan pesan kepada orang atau pihak lain, juga kepada pencipta alam semesta. Secara umum, bunga diartikan sebagai kehidupan baru, kebangkitan, dan kematian; dimaknai sebagai kesucian dan kesungguhan hati. Bunga juga selalu dihubungkan dengan kemudaan, kecantikan, dan rasa senang. Di banyak komunitas, bunga juga dipandang sebagai simbol keagungan, ketegaran, cinta, kepasrahan, hingga kepada kerapuhan.

Warna dan jenis bunga yang berbeda juga sering dimaknai dengan pengertian yang berbeda. Bunga berwarna putih hampir selalu diartikan sebagai kesucian dan kemurnian hati, niatan yang baik, dan penerimaan yang sepenuhnya. Sementara warna hitam diasosiasikan sebagai kegelapan, niat kurang baik, dan pemberontakan. Bunga berwarna merah, selain diartikan sebagai keberanian dan ketangguhan, juga boleh dimaknai sebagai kerelaan berkorban bagi sesuatu yang diperjuangkan atau diidolakan. Jika seorang wanita mengharapkan kado ulang tahun setangkai bunga tulip warna violet atau ungu, misalnya, artinya ia ingin lebih dekat dan mendambakan rasa aman-nyaman dari Anda.

Sejak awal-awal mula peradaban manusia, terutama saat berkembangnya berbagai kepercayaan dan agama, bunga menjadi bagian penting dari rangkaian ritual yang dilakukan manusia. Masyarakat Hindu, Budha, Konghucu, Yahudi, dan Kristen banyak dijumpai menggunakan bunga, baik sebagai medium penyembahan, maupun sebagai ornamen dan pengharum lingkungan tempat peribadatan. Bunga, secara sadar atau tidak, mampu menghadirkan suasana spiritual yang dibutuhkan setiap penyembah dalam ritual-ritual keagamaan dan kepercayaan manusia di berbagai belahan dunia.

Seseorang tidaklah perlu beragama tertentu untuk mampu merasakan nuansa spiritual dan kekuatan tertentu di suatu tempat dan kondisi yang menghadirkan bunga bersama aromatiknya di tempat itu. Terutama, bila ada bunga-bunga tertentu, seperti bunga kemboja, kantil, melati, kenanga, dan bunga mawar. Ramuan bunga-bunga yang biasanya tersaji dalam bentuk sesajen dan air mandi kembang, dapat membawa setiap orang ke dalam suasana magis yang tidak jarang bisa mengirim seseorang ke alam bawah sadar, alam roh, alam gaib, atau alam "sana", apapun nama alam itu.

Pada sisi yang lain, jangan lupa bahwa bunga juga bisa dimaknai sebagai petaka. Seperti telah disebutkan di atas, bunga warna hitam dapat melambangkan kegelapan dan sifat jahat, bunga mawar berduri senantiasa dimaknai sebagai bahaya dan nasib sial. Namun, warna hitam dan bunga berduri yang dihadirkan sebagai simbol menakutkan dan mencelakakan adalah dalam rangka memberikan "tanda bahaya" kepada manusia agar berhati-hati selalu dalam segala sikap, tindakan, dan perbuatan. Mawar berduri semestinya dimaknai sebagai ungkapan "Eling lan Waspodo" bagi kita.

Apapun motivasi para pengirim bunga, entah dari manapun bunga itu dipesan, apapun juga warna dan bentuk serta ukuran rangkaian bunga yang bertaburan di Balaikota, tempat Gubernur DKI Jakarta berkantor menjalankan pemerintahan di kota ini, satu hal yang pasti, ada pesan simbolik yang ingin disampaikan kepada yang dituju, yakni Ahok dan Djarot. Bunga-bunga itu, secara langsung maupun tidak langsung, juga sesungguhnya memberikan pesan kepada publik tentang nuansa hati, perasaan, dan aspirasi sang pengirim bunga.

Oleh karena itu, mengakhiri tulisan ini, kita berharap agar masing-masing pihak, dari pengirim bunga, penerima bunga, hingga publik penikmat bunga-bunga di Balaikota itu, mampu menyelami pesan-pesan simbolik yang ingin disampaikan kepada semua kita. Berkaca dari rangkaian panjang peradaban manusia yang senantiasa dekat dengan bunga-bunga, biarlah setiap anak bangsa ini mendapatkan percikan pengharapan, kedamaian, dan persahabatan yang akan menjadi emas-permata bagi rajutan kebangsaan Indonesia yang berbhinneka ini.

Mari, katakan cinta dengan bunga, agar terwujud keindahan alam seperti yang diungkapkan Maud Hart Lovelace, "It was June, and the world smelled of roses. The sunshine was like powdered gold over the grassy hillside." (**)

 

 

Pertemuan Prabowo dengan Pengurus Teras DPD Gerindra Jabar, Menentukan Cagub dan Wagub
Sabtu, 09 Desember 2017

KOPI, Bandung – Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mujahid menuturkan hingga saat ini Prabowo masih terus menggodok 5 nama sambil terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang akan menjadi mitra koalisi. "Belum ditetapkan. Hari-hari ini masih digodok di internal untuk kemudian dibicarakan dengan mitra PKS, PAN," ujar Sodik kepada kumparan.com , Jumat (8/12). Adapun nama-nama yang digodok itu antara lain mantan Gubernur BI Burhanudin Abdullah,... Baca selengkapnya...

Pengamat : Percepat Pergantian Panglima TNI “Hak” Presiden Bro
Jumat, 08 Desember 2017

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Sugeng Triwardono menuturkan “ Percepat pergantian Panglima TNI merupakan “Hak Presiden “ sebagai Panglima Tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Media Sosial (red. Facebook, Twitter, Istagram, WA/ What’s App, Youtube, dan lain-lain ) merespons cepat keputusan Presiden Joko Widodo terkait dengan pergantian Panglima TNI. Pergantian Panglima TNI (Tentara Nasional Indonesia) Jendral... Baca selengkapnya...

Wajah Mirip Banget Cuma Nasib Saja yang Beda
Minggu, 03 Desember 2017

KOPI, Jakarta - Kedua orang ini memiliki kemiripan wajah kadar 80% dengan Presiden Joko Widodo serta Prabowo Subianto. Gambar sebelah kanan serupa dengan Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto. Kedua orang ini memiliki wajah aspal asli tapi palsu atau KW. Wajah Kw Joko Widodo bernama Reza. Penemua gambar unik ini diunggah oleh Akun Facebook Raditya Padma. Saat itu kedua orang tersebut  penumpang kereta api . Dua pria terlihat duduk... Baca selengkapnya...

Demi Kesejahteraan Rakyatnya, Bupati Simelue Berharap Pemerintah Percepat Pemekaran
Rabu, 29 November 2017

KOPI, Jakarta - "Strategi Percepatan Pembangunan Pulau Terluar dan Pulau Terdepan dalam Kawasan Strategi Nasional Menuju Simelue Sejahtera” menjadi tema utama dalam sebuah talkshow terkait usulan pemekaran Kabupten Kepulauan Selaut Besar (KKSB) dari Kabupaten Simelue, Provinsi Aceh, yang diselenggarakan di Hotel Media Jakarta, Jl. Gunung Sahari Raya No.3, Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2017). Acara Talkshow yang dipandu oleh Senator DPD RI asal... Baca selengkapnya...

Putri PPWI 2015 Faika Putri : Berikan Tips untuk Atasi Berita Hoax
Selasa, 28 November 2017

KOPI, Jakarta - Sekarang ini, berita hoax mudah sekali tersebar dimana-mana melalui media social (Medsos yaitu : Youtube, Facebook, Twitter, Istagram, WA, dan lain-lain) . Masalahnya, penyebaran berita hoax bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hal-hal yang buruk bila tersebar tanpa konfirmasi, bisa merugikan banyak pihak. Masyarakatpun dengan mudah menayangkan langsung berita di media  Medsos   tanpa  di edit, seleksi oleh perusahaan medsos... Baca selengkapnya...

Robert Nio Ukir Rekor MURI Sebagai Peragawan Tertua di Indonesia?
Sabtu, 25 November 2017

KOPI, JAKARTA - Ada yang unik dalam peragaan busana (fashion show) bertajuk “Imagine Possibilities Fashion Trunk Show” oleh desainer Anthony Bachtiar yang digelar di Jakarta Creative Hub, di Bilangan Bundarah Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Pada peragaan busana yang dimulai pukul 19.00 WIB, Jumat 24 November 2017 tersebut, secara berani sang desainer telah mempercayakan karya desainnya untuk dibawakan oleh Robert Nio yang saat ini telah... Baca selengkapnya...

Pengukuhan Jenderal Polisi Tito Karnavian Raih Gelar Profesor, Guru Besar di Kampus PTIK
Kamis, 16 November 2017

KOPI, Jakarta - Pengukuhan dilakukan dalam sidang Senat Terbuka dipimpin Gubernur selaku Ketua STIK-PTIK Irjen Pol Dr Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, MSi. Pernyataan pengukuhan dilakukanIrjen Pol Prof Dr Iza Fadri, SH, MH, perwakilan guru besar pada senat akademik, yang juga dihadiri oleh Menteri Ristek Dikti Prof Dr Mohammad Nasir.   Jenderal (Pol) Drs H Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph D yang saat ini menjabat sebagai Kapolri,... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALRumah Lelang Julien’s Auction Lelang K.....
26/11/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington Dc – Dilansir dari DailyMail, beberapa hari yang lalu rumah lelang Julien's Auction, melelang kue pernikhan Presiden Amerika Seri [ ... ]



NASIONALMasyarakat Papua di Sulut Tidak Mengenal.....
30/11/2017 | Wicahyono Putro
article thumbnail

KOPI, Sulut – Beberapa hari ini, marak beredar di media sosial tentang konten bernuansa makar. Tanggal 1 Desember 2017 diklaim oleh kelompok tertent [ ... ]



DAERAHFestival Budaya Kota Tangerang Diikuti R.....
04/12/2017 | Marsono Rh

KOPI - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tangerang menggelar event Gerak Jalan Batik Nasional dan Kirab Baju Adat Daerah sebagai rangkaian Festival [ ... ]



PENDIDIKANTim Dream Menanam Nilai Antikorupsi Seda.....
23/11/2017 | Redaksi KOPI
article thumbnail

KOPI - Absensi adalah kebutuhan yang sangat mendasar bagi seorang mahasiswa sebagai penanda awal perjalanan menuju sebuah niat suci bernama “skripsi [ ... ]



EKONOMIRatusan Orang Buruh Pabrik Es Krim Aice.....
06/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Siaran Pers dikeluarkan oleh Serikat Buruh Demokratik Kerakyatan (SEDAR) diunggah di akun Twitter @pembebasanbdg, Rabu (1/11/2017),  [ ... ]



HANKAMSemarak Peringatan Hari Pahlawan 2017 di.....
17/11/2017 | Rachmad Yuliadi
article thumbnail

KOPI, Banda Aceh - Sebagai bangsa yang besar tentu saja kita harus mengingat jasa para pahlawan. Pada tanggal 10 November 2017, rakyat Aceh memperinga [ ... ]



OLAHRAGASempena Hut Kuansing : Bupati H. Mursini.....
13/10/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi – Dari pantauan Pewarta Indonesia , Kamis pagi (12/10-17) dari luar Gedung DPRD kabupaten Kuansing, puluhan karangan bunga u [ ... ]



PARIWISATAKomunitas EO Aceh dalam Peningkatan Prom.....
23/11/2017 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI, JAKARTA - Salah satu sumber pendapatan daerah adalah melalui pemasukan dibidang pariwisata. Untuk itulah segenap EO (Even Organizer) Aceh ditunt [ ... ]



POLITIKDedi Mulyadi "Terkapar" Dalam Polling Ju.....
03/12/2017 | Buddy Wirawan
article thumbnail

KOPI, Bandung - Polling daring ‘Gubernur Pilihan Jabar‘ yang diinisiasi Jurnalis Online Bandung (JOB), di hari ketiga Bupati Purwakarta Dedi Mul [ ... ]



OPINIGN Lingkaran: Upaya Menyelamatkan Masa D.....
08/12/2017 | Harjoni Desky

KOPI, Jakarta - Tepat pukul 17.20. Pak Yamin tiba di rumah, dengan wajah yang muram, ia berusaha duduk bersandar di kursi bambu miliknya. Dari gurata [ ... ]



PROFILKetika Prestasi dan Organisasi Harus Ber.....
30/11/2017 | Indra Lesmana Bahari

KOPI, Serang - Dawam Muzakki lahir di Bogor pada 29 Oktober 1997 dari pasangan Tatang Tohani dan Elah Nurilah yang merupakan salah anggota Persatuan [ ... ]



SOSIAL & BUDAYAPameran Seni “Run For Manhattan” by .....
24/11/2017 | Yeni Muezza

KOPI, Jakarta - Ciptadana Art Program kembali digelar dengan tujuan untuk berbagi dengan klien, dengan mengapresiasi seni kontemporer unik Indonesia. [ ... ]



ROHANIMengenal Abuya Syaikh H. Muhammad Muda W.....
26/09/2017 | Ismayadi Yadi
article thumbnail

KOPI - Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy Abu Abuya Syaikh H. Muhammad Muda Waly al-Khalidy an-Naqsyabandy DAYAH-DARUSSALAM [ ... ]



RESENSIDrama Korsel Berjudul Man Who Dies to L.....
30/07/2017 | Didi Rinaldo

KOPI – Jakarta - Drama Korea Man Who Dies to Live berhasil masuk sepuluh besar rating drama terbaik di Korea Selatan.
drama yang tayang di MBC ini j [ ... ]



CERPEN & CERBUNGKetika Gunung Juga Punya Cara.....
22/03/2016 | Anjrah Lelono Broto
article thumbnail

KOPI - Gunung memiliki cara sendiri untuk menunjukkan kediriannya. Gunung juga memiliki mulut dan lidah tersendiri untuk berbicara. Gunung adalah gunu [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATIGubernur Riau , Mengutamakan Menghadi.....
10/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Bengkalis – Ditempat kerjanya, Aji Sulung menuturkan “ Inilah contoh prilaku yang tidak terpuji oleh para pemimpin negeri Melayu Riau ini. [ ... ]



SERBA-SERBINikmatnya ES Krim Aice , Tak Semanis.....
06/12/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebanyak 664 buruh PT. Alpen Food Industry melakukan aksi mogok kerja dari total 1.233 pekerja yang melakukan mogok sejak awal Novem [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.