Aceh Utara Community News by Citizen Journalists http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara.html Wed, 25 Apr 2018 21:24:40 +0000 Joomla! 1.5 - Open Source Content Management id-id Lomba Foto dan Karya Tulis Meriahkan HUT TNI Ke - 72 http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/20183-lomba-foto-dan-karya-tulis-meriahkan-hut-tni-ke-72.html http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/20183-lomba-foto-dan-karya-tulis-meriahkan-hut-tni-ke-72.html

KOPI, Aceh Selatan - Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodam Iskandar Muda dalam rangka memperingati HUT ke-72 TNI tahun 2017, menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis dengan tema "BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT, PROFESIONAL SIAP MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN".

Hal tersebut berdasarkan surat telegram Panglima TNI tentang menyelenggarakan lomba foto dan karya tulis artikel dalam rangka menyambut HUT TNI ke 72 tahun 2017.

]]>
mhattarjdsd185@gmail.com (Haes Asel) ACEH UTARA Mon, 24 Jul 2017 04:33:19 +0000
Rahmat Asri Sufa Lepas Dua Delegasi HIPMI PT Bireuen Ke Bandung http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/19535-rahmat-asri-sufa-lepas-dua-delegasi-hipmi-pt-bireuen-ke-bandung.html http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/19535-rahmat-asri-sufa-lepas-dua-delegasi-hipmi-pt-bireuen-ke-bandung.html KOPI, BIREUEN - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Bireuen hari ini memutuskan untuk mengutus 2 delegasi sebagai perwakilan dari 23 delegasi se Aceh yang dijadwalkan berangkat besok untuk mengikuti Jambore HIPMI PT Se Asean yang dilaksanakan di Bandung selama 5 hari, tanggal 22-26 Mei 2016.

Jambore HIPMI PT se Asean diikuti oleh 4000 lebih pengusaha pemula dari berbagai delegasi, dengan berbagai rangkaian acara yang dilombakan serta pameran Internasional. Dijadwalkan yang membuka acara adalah Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo.

"Dua perwakilan pengurus HIPMI PT Bireuen yang diutus harus bisa menjadi pondasi pengusaha pemula dan harus diperhitungkan dalam event besar ini. Saya berpesan jadilah terdepan, harumkan nama Bireuen di Jambore Se Asean," ujar Ketua Umum HIPMI PT Bireuen, Rahmat Asri Sufa.

Sementara Bendahara Umum HIPMI BPC Bireuen mengatakan bussines plan merupakan salah satu yang dilombakan di Bandung. Selain itu banyak peluang-peluang usaha yang akan dibagikan dari seluruh wilayah Indonesia bahkan di kancah Internasional.

"Kami berharap adik-adik HIPMI PT Bireuen yang mewakili ke Bandung harus giat dan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, dan harus mandiri di sana," pungkas Sayuti.

Semoga Mursyid dan Aziz Fahrizal yang juga terdaftar sebagai mahasiswa IAI Almuslim Bireuen, bisa membawa nama Bireuen lebih baik dan Lebih dikenal di hadapan pengusaha-pengusaha besar di Bandung.

]]>
arimuzakki@yahoo.co.id (Ari Muzakki) ACEH UTARA Sat, 21 May 2016 14:47:26 +0000
Kapolri Apresiasi Operasi “Bersinar Rencong” Temukan 189 Hektare Ladang Ganja http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/19226-kapolri-apresiasi-operasi-bersinar-rencong-temukan-189-hektare-ladang-ganja.html http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/19226-kapolri-apresiasi-operasi-bersinar-rencong-temukan-189-hektare-ladang-ganja.html KOPI, Banda Aceh – Sesuai dengan namanya Operasi“Bersinar Rencong” Kepolisian Daerah (Polda) Aceh dibantu TNI, berhasil menemukan 21 hektare ladang ganja yang ditanami oleh jaringan kartel narkoba. Letaknya berada tepat di tanah landai di tepi perbukitan lereng Gunung Seulawah. Kawasan itu masih masuk dalam daerah Lamteuba.

Kapolri dan rombongan tiba sekitar pukul 08.WIB, dengan menggunakan helikopter polisi. Pantauan Rakyat Aceh di lokasi, sesaat sebelum mendarat di helipad yang dibuat persis di tengah ladang ganja, heli yang ditumpangi Kapolri sempat dua kali berputar mengelilingi areal bukit Desa Lambada. Belakangan diketahui, aksi itu dilakukan untuk melihat titik kebun ganja yang ada.

“Tadi saya juga lihat dari atas, ternyata banyak sekali pohon yang ditebang. Juga ada titik ganja di dekat lokasi ini,” ujar Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di ladang ganja, Kamis (1/4-16).

Total ladang ganja di 23 titik itu mencapai 189 hektare. Dengan taksiran batang ganja sebanyak 765 ribu batang atau setara dengan 579 ton ganja kering. Pemusnahan ladang ganja kali ini diklaim sebagai yang terbesar untuk pertama kalinya di Indonesia.

“Ini dalam rangka Operasi Bersinar, sebagaimana perintah presiden, Polri bersama BNN, unsur TNI, dan aparat lainnya, (agar) melaksanakan operasi narkoba. Karena memang narkotka ini sudah menjadi ancaman yang disebut serius bagi bangsa ini,” katanya

Aceh merupakan daerah rawan narkoba. Di Aceh, kata dia, ada dua jenis narkotika yang paling besar. Pertama ganja, karena Aceh sebagai daerah produsen. kemudian sabu-sabu. Kecenderunganya, kata dia, pola permainan narkoba tersebut berbeda. Ganja di sini selalu dibawa keluar. Sedangkan sabu-sabu masuk ke dalam. Sehingga, kata Badrodin, pola konsumsi narkoba di Aceh lebih tinggi pada sabu.


“Kalau 579 ton ganja ini, kalau dikonsumsi satu orang saja lima gram, itu sudah bisa dikonsumsi 100 juta lebih orang. Oleh karena itu saya katakan ini bisa menyelamatkan, kalau konsumsinya satu gram, bisa 579 juta orang. Tetapi kalau konsumsinya lima gram, itu bisa 100 juta orang lebih kurang,” katanya.

Penemuan ladang ganja ini, kata Badrodin, tak terlepas dari dukungan masyarakat. Ini mengingat ada beberapa lokasi tanaman itu ada yang sulit dijangkau dan ada yang tidak. Namun karena adanya info itu, polisi dapat langsung bergerak.

“Ini termasuk lokasi yang mudah dijangkau. Dan lokasinya datar. Tadi saya lihat beberapa tempat lokasinya di lereng gunung, kemiringannya cukup terjal, ada juga yang di tengah-tengah hutan yang juga kalau mau ke sana membutuhkan alat bantu transportasi. Helikopter yang paling memungkinkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan agar pemerintah daerah dan seluruh jajaran yang, tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat yang masih menanam ganja untuk beralih menaman tanaman lain yang lebih produktif dan yang tidak melanggar hukum.

“Walaupun di Aceh ini tanaman ganja bagian dari historis, kuliner masyarakat, tetapi ini juga harus diberikan pencerahan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan untuk bisa beralih kepada komoditas pertanian yang lain,” pungkas Kapolri.

Bicara dengan Mantan Petani Ganja
Pada acara pemusnahan ladang ganja di Desa Lambada, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sempat mendengar curhat mantan petani ganja. Tanya jawab dengan petani itu, terjadi usai prosesi pencabutan tanaman ganja di lokasi.
Dalam kesempatan itu, salah seorang mantan petani ganja, Fauzan (27) berdialog langsung dengan Badrodin. Dalam dialognya, ia sudah bertaubat menanam ganja. Selain sering ditipu, ia merasa takut berurusan dengan polisi.

“Kita tanam ganja capek-capek ternyata kita sering ditipu oleh para cukong. Bahkan karena itu kita harus berurusan dengan polisi,” katanya.

Karena terlalu sering kita dirugikan, akhinya dirinya memilih untuk beralih. Kebun yang sering ditanami ganja, kini ia tanami dengan tumbuhan palawija. Ada cabe merah, dan berbagai jenis kacang-kacangan. Langkah yang telah dilakukan Fauzan, mendapat perhatian Kapolri Badrodin Haiti.(didi)

waspada !!...wartawan gadungan, orang maling/syaraf mengaku kerabat pejabat, serta mengaku mamak/paman, ortu (red. didi) tangkap orangnya. korban sudah banyak kena tipu .

Teks Foto. I. Kapolri Jenderal (Polisi) Badrodin Haiti mencabut pohon ganja di Desa Lamteuba, Aceh Besar, Jumat(1/4-16).
foto .ZULKARNAINI/RAKYAT ACEH

 

 

]]>
rdidi33@yahoo.com (Didi Rinaldo) ACEH UTARA Mon, 04 Apr 2016 19:14:27 +0000
Tuntut Pelabuhan Samudra Pase Diaktifkan, Mahasiswa Demo Bupati http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/18546-tuntut-pelabuhan-samudra-pase-diaktifkan-mahasiswa-demo-bupati.html http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/18546-tuntut-pelabuhan-samudra-pase-diaktifkan-mahasiswa-demo-bupati.html KOPI, Lhokseumawe - Puluhan mahasiswa Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara yang dinamakan Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat, pada Rabu (20/1) berdemo di depan Kantor Bupati Aceh Utara. Koordinator Aksi Fahrulrazi, mereka meminta Pemerintah Aceh Utara agar segera menghidupkan kembali Pelabuhan Internasional Samudera Pase yang bertempat di Krueng Geukueh Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. ]]> redaksi@pewarta-indonesia.com (Rajali) ACEH UTARA Fri, 22 Jan 2016 00:07:04 +0000 Akhir Tahun, Bupati Acut Mutasi 3 Pejabat Eselon II http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/18256-akhir-tahun-bupati-acut-mutasi-3-pejabat-eselon-ii.html http://www.pewarta-indonesia.com/nusantara/aceh-utara/18256-akhir-tahun-bupati-acut-mutasi-3-pejabat-eselon-ii.html KOPI, Lhoksukon - Bupati Aceh Utara (Acut) H. Muhammad Thaib melantik dan mengambil sumpah tiga orang pejabat eselon II dalam rangka mutasi jabatan di jajaran Pemerintah Aceh Utara di Aula Setdakab Aceh Utara, Kamis (31/12). Mutasi yang diadakan pas diakhir tahun 2015 ini di hadiri tamu dan undangan termasuk MUSPIDA Aceh Utara. ]]> redaksi@pewarta-indonesia.com (Redaksi KOPI) ACEH UTARA Sat, 02 Jan 2016 05:13:35 +0000