PPWI Bekerjasama dengan American School of Journalism Selenggarakan Pendidikan Diploma

0
26

Pewarta-Indonesia, Salah satu program kerja utama PPWI adalah peningkatan kemampuan (profesionalitas) anggota masyarakat dalam bidang jurnalistik melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) jurnalistik. Selama 2 tahun ini, PPWI telah melaksanakan beberapa kali pelatihan, workshop, seminar, dan pertemuan/diskusi bertemakan jurnalisme warga dengan tujuan utama mendorong keinginan masyarakat luas terlibat langsung di bidang media massa, serta meningkatkan kemampuan tulis-menulis setiap peserta. PPWI amat berterima kasih kepada banyak pihak, seperti Dewan Pers, Puspen TNI, Puspen TNI-Angkatan Darat, Depdiknas – Jakarta, STIKES Gombong – Kebumen, Universitas Maranatha – Bandung, Universitas Jayabaya – Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan lain-lainnya, yang selama ini telah mendukung kegiatan Diklat PPWI.

Melangkah lebih maju, saat ini PPWI telah berhasil menjalin kerjasama dengan The American School of Journalism – Jakarta. Kedua belah pihak bersepakat untuk menyelenggarakan Pendidikan Jurnalistik di jenjang Diploma (Diploma Course) dengan durasi belajar 1 tahun, yang dibagi dalam 3 caturwulan (Spring Term (Maret – Juni), Summer Term (Juli – Oktober), and Autumn term (November – Februari)). Informasi singkat tentang Pendidikan Jurnalistik ini, sebagai berikut:

1. Pembelajaran akan dilaksanakan secara temu tatap muka dan online jarak jauh.

2. Materi pendidikan mencakup jurnalistik tulis, jurnalistik foto, dan jurnalistik gambar bergerak (video).

3. Waktu kuliah tatap muka (teori) dilaksanakan di Jakarta pada sore hingga malam hari (17.00 – 22.00).

4. Pelajaran disajikan dalam bahasa Inggris (60%) dan Bahasa Indonesia (40%).

5. Pengajar adalah Expatriates (American Journalists) dan Wartawan Senior, dan Penulis Profesional Indonesia, antara lain:
1) Prof. Dr. Philip Jadhav;
2) J. Wallace, MA;
3) Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA
4) Imung Pujanarko, S.Sos;
5) Naswardi (wartawan foto parlemen); dan
6) Beberapa pengajar senior sedang dalam konfirmasi.

6. Praktek (magang) dilaksanakan pada caturwulan kedua dan ketiga di berbagai institusi media massa luar negeri dan sebagian kecil di dalam negeri.

7. Kelulusan ditentukan melalui ujian sertifikasi jurnalistik internasional (American Standard) dan penyelesaian tugas (proyek) akhir.

8. Persayaratan peserta minimal tamat SLTA.

Program ini dirancang khusus untuk menghasilkan para pewarta warga (semua orang) yang berkeinginan meningkatkan ketrampilan dan keahliannya di bidang jurnalistik, yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan untuk bekerja secara professional di bidang tersebut.

Untuk itu, bagi rekan-rekan yang ingin mengambil kesempatan baik dan langka ini, silahkan daftarkan diri dan dapatkan informasi lengkapnya yang akan dikirim ke alamat emailnya masing-masing. Silahkan kirimkan email pendaftaran ke : [email protected] berisi nama, jenis kelamin, pendidikan terakhir, pekerjaan, alamat, nomor kontak pribadi (telepon rumah dan/atau hp).

Demikian informasi ini disampaikan untuk menjadi maklum adanya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Dewan Pengurus Nasional
Persatuan Pewarta Warga Indonesia,

Sekretaris Jenderal,

Ttd

Ruslan Andy Chandra, Dipl.PR(Aust)

Sumber image: google.co.uk