PPWI Bekerjasama dengan Depdagri akan Gelar Sisingaan

0
22

Pewarta-Indonesia, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia (Depdagri) akan menggelar kegiatan seni budaya daerah, yakni Festival Sisingaan Mini di Subang, Jawa barat dalam waktu dekat. Penanda-tanganan perjanjian kerjasama (MoU) antara PPWI dengan Dirjen Kesbangpol Depdagri telah dilaksanakan siang tadi, Jumat (4/12) bertempat di kantor Depdagri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat. Hadir pada penandatanganan tersebut Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, dan Dirjen Kesbangpol, Bapak A. Tanribali. L.

Kegiatan pementasan seni budaya Sisingaan dimaksud adalah dalam rangka peningkatan pemahaman nilai-nilai budaya daerah melalui pagelaran seni budaya tahun 2009 yang menjadi salah satu agenda kerja Depdagri pada tahun ini. Kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar masyarakat semakin memahami tentang hak dan kewajibannya dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia melalui kecintaan terhadap seni budaya daerah yang bermacam-ragam di nusantara.

Untuk implementasi program dimaksud, Depdagri mempercayakan pelaksanaannya kepada PPWI melalui SK Menteri Dalam Negeri Nomor: 170 Tahun 2009-D.V. Sementara itu, Pengurus Nasional PPWI telah melakukan koordinasi dengan pengurus dan anggota PPWI di Kabupaten Subang, yang dikomandani oleh Kaka Suminta dan Agus Eko, untuk berperan sebagai panitia pelaksana kegiatan di lapangan. Tim PPWI Kabupaten Subang juga akan bekerjasama dengan berbagai pihak di wilayah tersebut, antara lain dengan Pemda kabupaten Subang, Kesbangpol, Dinas pariwisata, Dinas Pendidikan, institusi kebudayaan dan kesenian, tokoh-tokoh budayawan, serta dengan pihak lainnya.

Materi pokok pada festival yang direncanakan berlangsung pada minggu ke-3 di bulan Desember ini, akan mengangkat seni budaya Sisingaan atau Gotong Singa (sebutan lainnya Odong-odong) yang merupakan salah satu jenis seni pertunjukan rakyat Jawa Barat, khas Subang berupa keterampilan memainkan tandu berisi boneka singa (Sunda: sisingaan, singa tiruan) berpenunggang orang. Pada festival kali ini, rencananya akan menghadirikan peserta dari anak-anak Sekolah Dasar dari sekolah-sekolah di Kabupaten Subang.

Diharapkan kiranya, melalui kerjasama yang terjalin baik antara PPWI dengan pihak Depdagri, akan meningkatkan sinergitas antar kelompok masyarakat dengan pemerintah dan pihak-pihak lainnya. Lebih jauh, pola kerjasama seperti ini akan memicu tumbuhnya kreativitas dan semangat masyarakat untuk mengembangkan seni budaya daerah masing-masing. Kepada semua pihak diharapkan kiranya dukungan dan partisipasi aktifnya dalam menyukseskan setiap event seni budaya yang diadakan di tempat masing-masing, termasuk juga kegiatan Festival Sisingaan Mini di Subang nanti. Terima kasih.

Sumber image: google.co.uk

BAGIKAN
Berita sebelumyaPPWI Bekerjasama dengan Depdagri akan Gelar Sisingaan
Berita berikutnyaTentang “Memusuhi Orang Kafir” dalam Islam
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.