DIKLAT JURNALISTIK TINGKAT DASAR & MAHIR 2010: Tersedia 3 Tiket Gratis!

0
12

PEWARTA-INDONESIA, “Taktik Jitu Jadi Penulis&Jurnalis Handal di Media”. Itulah tema besar yang diangkat dalam gelaran Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar&Mahir yang sedianya akan digeber besar-besaran pada Ahad (Minggu), 16 Mei 2010 (besok) di Gedung Utama Cine Club Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta kali ini. Berbeda dengan format diklat jurnalistik yang pernah ada, kolaborasi bentuk diklat kali ini bakal dihelat dengan aneka dialektik dan komunikasi lintas individual. Tertarik informasi ini? Simak terus berita ini sampai akhir dong…

 

Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DIY dan PPWI Nasional mengundang segenap pihak untuk mengikuti “Pendidikan dan Pelatihan Jurnalistik Terdahsyat 2010” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum, jurnalis, praktisi dunia pendidikan, kepolisian, militer, profesional, praktisi bisnis (swasta), PNS, Humas hotel, kampus, bank, dan segenap profesi lain. Adapun “PENDIDIKAN&PELATIHAN JURNALISTIK TERDAHSYAT 2010” itu, rencana siap digelar pada:

 

Hari/Tanggal : Ahad (Minggu), 16 Mei 2010

Tempat : Gedung Utama Cine Club FBS Universitas Negeri Yogyakarta

Puku l: 07.00 – 17.00 WIB

 

Para Pembicara yang siap hadir:

1. Drs OCTO LAMPITO, MPd (Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat)

   Tema: “Berkarir Jadi Wartawan Profesional”

2. YA SUNYOTO (Pemimpin Redaksi Harian JOGJA & HU SOLOPOS)

   Tema: “Taktik Menjadi Pemimpin Redaksi yang Sukses”

3. WILSON LALENGKE, MA, MSc (Dosen Ubinus Jakarta, Ketum PPWI)

   Tema: “Mengasah Mentalitas Penulis, Pewarta Warga & Wartawan”

4. Drs SIHONO, HT, MSi (Ketua Umum PWI Yogyakarta, Wapimred Merapi)

   Tema: “Kode Etik Wartawan & Hukum Pers”

5. Dr  ROCHMAT WAHAB (Rektor UNY, Pemerhati Pendidikan)

   Tema: “Memotivasi Agar Guru Jadi Penulis”

6. Brigjen (Pol) SUNARYONO (KAPOLDA DIY)

   Tema: “Bagaimana Polisi Memandang Pers”

7. Kol CZI (TNI) SOEPENO (DANREM 072 PAMUNGKAS Yogyakarta)

   Tema: “Bagaimana Tentara Memandang Pers”

8. ANAS SYAHIRUL (Pemimpin Redaksi Harian JOGLOSEMAR)

   Tema: “Membikin Berita, Opini dan Tajuk Rencana yang Baik”

9. GANDUNG PARDIMAN, MM (Anggota DPR RI)

   Tema: “Urgensi Menjalin Relasi dengan Pers”

10. Moderator : SUPADIYANTO “EspedE Ainun Nadjib” (Kolumnis Berbagai  Media Massa Cetak &Konseptor FORUM “F0-1” INDONESIA”

 

Seperti diketahui bersama, kekuatan media massa cetak (koran) maupun elektronik (radio, teve, internet) di masa kini sungguh ampuh guna membangun citra diri, baik secara institutif maupun personal. Hanya saja belum banyak kalangan yang menyadari bahwa cukup gampang bagi kalangan masyarakat awam sekalipun untuk memahami bagaimana karakteristik para pekerja media massa itu menjalankan tugas, bagaimana agar karya tulis tiap orang bisa termuat di media massa, bagaimana cara membangun relasi dengan para praktisi pers, bagaimana pula memahami kerja para kuli tinta dan dunia kehumasan.

 

Kalangan dunia pendidikan khususnya, baik yang berprofesi sebagai guru, dosen, pelajar, mahasiswa, kepala sekolah, peneliti dll perlu juga memahami dunia jurnalistik dalam kerangka mempublikasikan informasi yang dimiliki kepada publik melalui media. Penciptaan citra diri sebuah lembaga pendidikan juga mustahil tanpa peran dunia kehumasan dan pers tersebut. Khusus bagi kalangan dunia perusahaan (swasta maupun BUMN), kepolisian, militer, bisnis asuransi, bisnis perbankan, LSM, Ormas, Parpol, dll, pemahaman terhadap dunia jurnalistik juga menjadi prasyarat mutlak bagi eksistensi sebuah lembaga atau institusional.

 

Berbagai Fasilitas Diperuntukkan Bagi Seluruh Peserta Diklat:

1) Penginapan Hotel*

2) Buku Jurnalistik “Booming Profesi Pewarta Warga, Wartawan & Penulis”

3) Buku UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

4) Buku UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)**

4) Sertifikat berlisensi nasional dari Persatuan Pewarta warga Indonesia (PPWI)

5) Tabloid Senayan

6) 1 Eksemplar Koran

7) Makalah eksklusif dan co-card

8) Makan Siang&Snack

9) Ruang ber-AC & LCD

10) Aneka doorprize menarik

11) Konsultasi Jurnalistik (Selamanya)

12) Langsung menjadi penulis di media online

13) Konsultasi Bisnis

14) Ilmu Jurnalistik Komplit dan Foto Bareng Para Pembicara

15) Tersedia 3 tiket gratis untuk peserta terpilih

 

Keterangan:

*) Diutamakan bagi 30 peserta dari luar kota

**) Stok buku terbatas (hanya untuk 100 orang pendaftar pertama)

 

Kontribusi/Investasi yang sangat murah, bukan?

a) Hanya Rp 75.000 (Pelajar/Mahasiswa)

b) Cuma Rp 100.000 (Umum)

c) Just only Rp 200.000 (Profesional&Eksekutif)

 

Mengingat pentingnya kebermanfaatan momentum acara tersebut, kami berharap besar bagi individu maupun setiap instansi pemerintah, swasta, kampus dan sekolah, kepolisian, militer, bank, hotel dll bisa mengirimkan perwakilannya. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 27 April 2010 – 14 Mei 2010 (jam kantor). Semoga informasi ini bermanfaat bagi publik dan banyak terima kasih. Mengingat terbatasnya tempat, pihak panitia hanya akan mengakomodir 200 pendaftar pertama—yang serius mengikuti acara yang sangat menarik ini.

 

Pusat Informasi Pendaftaran:

Gedung Kopma UGM (0274) 519943, Gedung Bussiness Centre Kopma UNY (0274) 584134, Warpostel Kopma UIN Sunan Kalijaga (0274) 554779. Hotline&SMS Centre: 085 8683 91622 (Sulis), 085 2281 66889 (Brama), e-mail:[email protected], website: http//www.pewarta-indonesia.com

Adapun Rekening Panitia (bisa ditransfer) melalui Bank BNI Cabang UGM No.Rek: 0038905983 a/n Sulis Styawan.

 

Acara ini bisa digelar berkat dukungan penuh dari: Depkominfo RI, Koran Online Pewarta-Indonesia (KOPI), PPWI Nasional, PPWI Propinsi DIY, Forum “F0-1” Indonesia, PT TIKI JNE, Commonwealth Life, Cahaya Institute, Transform Institute, ICRC Jateng-DIY, Harian Jogja, Tabloid Senayan dll.(**)

 

Foto Eksklusif: Dokumentasi PPWI DIY (saat menggelar Diklat Jurnalistik Intensif Ahad, 17 Mei 2009 di Gedung Rektorat Kampus UNY yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kota di Indonesia)

BAGIKAN
Berita sebelumyaDIKLAT JURNALISTIK TINGKAT DASAR & MAHIR 2010: Tersedia 3 Tiket Gratis!
Berita berikutnyaBumi adalah Masjid
Koran Online Pewarta Indonesia atau disingkat KOPI adalah sebuah media massa nasional berbasis jurnalisme warga (pewarta warga) yang dibangun dan dikelola oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Pimpinan redaksi KOPI adalah Wilson Lalengke, dibantu oleh ribuan penulis/pewarta lintas profesi, lintas agama, lintas strata sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lain-lain dari seluruh nusantara dan luar negeri.