200 Personel TNI Upacara Bendera di Lebanon

0
22

Pewarta-Indonesia, Naqoura, Lebanon Selatan (18/12) – 200 personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Garuda (Konga) misi PBB di Lebanon, menyelenggarakan Upacara 17-an pengibaran Bendera Merah Putih, bertempat di lapangan apel Sudirman Camp, Naqoura Lebanon, Kamis (17/12/2009) dengan tertib dan khidmat.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Satgas (Dansatgas) Force Headquarter Support Unit (FHQSU) TNI Konga XXVI-B1/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) Kolonel Inf Restu Widiyantoro. Sementara, Komandan Upacara dipimpin oleh Kapten Inf Eko Antoni Chandra, yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Tim-1 Satgas Force Protection Company (FPC).

Walaupun ditengah cuaca yang kurang bersahabat, dengan suhu 10 derajat celcius dan angin yang cukup kencang, pelaksanaan upacara 17-an berjalan dengan tertib. Upacara diawali dengan laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan penaikkan Bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dan Pengucapan Sapta Marga serta diakhiri dengan pengucapan doa.

Pada kesempatan tersebut Dansatgas Konga XXVI-B1 Kolonel Inf Restu Widiyantoro menyampaikan beberapa atensi dan harapan untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas di Lebanon, yaitu tingkatkan kewaspadaan dan ketanggapsegeraan terhadap setiap perkembangan situasi; pelihara dan tingkatkan profesionalitas; tingkatkan disiplin dan loyalitas serta perkokoh soliditas dan solidaritas satuan dalam tubuh TNI.

Pelaksanaan upacara tanggal 17 Desember ini diikuti oleh personel Satgas Force Headquarter Support Unit (FHQSU) dan personel Satgas Force Protection Company (FPC) terkecuali yang sedang melaksanakan patroli maupun berjaga di pos perbatasan dan pintu masuk ke Naqoura Camp.

Selesai pelaksanaan upacara bendera, seluruh prajurit yang sedang tidak melaksanakan tugas mendapatkan jam komandan dari Dansatgas Konga XXVI-B1, yang merupakan kegiatan rutin satuan sebagai sarana untuk melaksanakan komunikasi dua arah antara pemimpin dan yang dipimpin.