Indobatt Gelar Acara Persaudaraan Demi Perdamaian di Lebanon

0
21

Pewarta-Indonesia, Harapan dan semangat Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL (Indobatt) dalam mendukung serta melayani kegiatan kemanusiaan terhadap masyarakat Lebanon Selatan selalu konsisten. Demikian disampaikan Komandan Indobatt Letkol Inf Andi Perdana Kahar pada acara persaudaraan antara personel Indobatt bersama dengan aparat pemerintah daerah setempat, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF), Staf Sektor Timur UNIFIL dan pejabat diplomatik Kedutaan RI untuk Lebanon.

Acara yang digelar beberapa waktu lalu tersebut, bertempat di halaman Markas Indobatt, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr.Acara yang bernuansa kekeluargaan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL Kolonel Inf Surawahadi, Kolonel Ali Makki yang mewakili Angkatan Bersenjata Lebanon serta Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Beirut Bapak R.A. Arief sebagai pejabat yang mewakili Duta Besar RI untuk Lebanon saat ini.

Dengan banyaknya undangan yang hadir, maka kesempatan emas untuk menyampaikan pokok-pokok kebijakan Indobatt UNIFIL tersebut tidak disia-siakan oleh Letkol Inf Andi Perdana Kahar dalam sambutannya. Beliau menegaskan bahwa dengan kapasitas yang dimiliki oleh Indobatt saat ini, maka kegiatan kemanusiaan yang termuat dalam program kerja CIMIC (Civil Military Cooperation) akan lebih difokuskan pada kepelatihan/pembekalan bagi generasi muda. Hal ini sangat penting dan signifikan karena pemuda-pemudi sebagai bagian dari masyarakat memiliki sebuah peran untuk mempertahankan situasi damai di wilayah Lebanon Selatan.

Pada kesempatan acara yang berlangsung cukup marak tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi kebudayaan, yang meliputi Marawis, Tari Saman, Tari Sisingaan serta Kuda Lumping. Dengan kombinasi gerak dan musik yang mengalun penuh harmoni, sajian budaya telah berhasil menghibur mayoritas penonton dengan gempita. Lebih lanjut, kegiatan juga diisi dengan sambutan perwakilan pejabat Mohktars, atraksi budaya, makan siang serta foto bersama.

Di penghujung sambutannya, Komandan Indobatt meminta kepada semua pihak di wilayah Lebanon Selatan yang menghadiri rangkaian acara untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat dan upaya perdamaian yang dilakukan oleh jajaran UNIFIL, sehingga tercipta perdamaian di wilayah Lebanon sebagaimana tersebut pada Resolusi Dewan Keamanan PBB nomer 1701.