Ketua Umum Dharma Pertiwi Menghadiri Acara Tahun Kunjung Museum-Museum

0
20

Pewarta-Indonesia, Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ibu Angky Djoko Santoso menghadiri acara Tahun Kunjung Museum (TKM) 2010 dan Gerakan Nasional Cinta Museum 2010-2014 bertempat di Museum Satria Mandala, Jakarta (17/6). Kegiatan yang disebut juga Museum Visit Year 2010 ini diselenggarakan oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono bersama Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Acara TKM ini didahului dengan pengarahan oleh Ibu Negara kepada para peserta yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar dan para pendamping.

Gerakan kunjung museum ini mengangkat tema “Ayo ke Museum bersama Ibu Negara”, dimaksudkan sebagai momentun yang strategis dalam meningkatkan citra museum dan mengajak para siswa sekolah untuk senang berkunjung ke museum. Museum sebagai media pendidikan dan sumber ilmu pengetahuan akan terus dikembangkan dan dikelola dengan dinamis, agar dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat dan generasi muda dalam berkarya di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

Sebanyak 510 siswa sekolah dasar kelas 4 dan 5 yang berasal dari wilayah Jakarta-Bogor-Tangerang- Bekasi (Jabotabek) akan mengunjungi 7 museum, yaitu : Museum Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Satria Mandala, Museum POLRI, Museum Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi (IPTEK), Museum Indonesia, dan Museum Transportasi dengan didampingi oleh para anggota SIKIB. Tujuannya adalah untuk menanamkan kecintaan siswa sekolah dan apresiasinya kepada museum serta menyenangi nilai kesejarahan, IPTEK, dan karya budaya bangsa sejak dini. Diharapkan pula agar generasi muda sebagai penerus bangsa lebih mengenal dan peduli terhadap nilai luhur budaya bangsa, serta mencintai dan bangga terhadap bangsa Indonesia yang multietnis dan multikultur. Selain itu, membangkitkan museum sebagai sahabat keluarga dalam hal pewarisan nilai-nilai budaya, norma dan identitas bangsa Indonesia. Dimana semangat para keluarga Indonesia diperlukan untuk melestarikan nilai-nilai kebangsaan.

Usai menerima pengarahan dari Ibu Negara, Ketua Umum Dharma Pertiwi bersama beberapa anggota SIKIB mengunjungi Museum Satria Mandala yang merupakan salah satu museum yang secara khusus menyajikan sejarah perjuangan TNI mulai dari tahun 1945 sampai sekarang. Kunjungan diawali dengan foto bersama anggota SIKIB dan para siswa sekolah. Antusias para siswa dapat terlihat dari semangat dan banyaknya yang menjawab pertanyaan quiz dari anggota SIKIB di balairung pahlawan.

Museum Satria Mandala menyajikan peristiwa bersejarah dalam bentuk diorama tiga dimensi yang menggambarkan 74 peristiwa. Disamping itu, dipamerkan pula benda-benda bersejarah sebagai pendukungnya seperti senjata, atribut dan berbagai panji serta lambang di lingkungan TNI yang ditempatkan di ruang spesifik. Sedangkan perlengkapan TNI lainnya terdiri dari kendaraan tempur, pesawat terbang dan meriam ditempatkan di halaman museum sebagai pameran taman.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenang dari Kapusjarah TNI kepada perwakilan anggota SIKIB dan para pendamping siswa.