Komandan Ituri Brigade Kunjungi Bumi Siliwangi Camp di Kongo

0
35

Pewarta-Indonesia, Kongo, Afrika – Cerdas, lugas dan tegas adalah ciri khas dari seorang sosok salah satu pimpinan tertinggi militer MONUC yang sekarang menjabat sebagai Komandan Ituri Brigade menggantikan Brigadir Jenderal Haeder, yang berkedudukan di Bunia Kongo. Jenderal bintang satu yang bernama ATM Zia Ul Hasan berkebangsaan Bangladesh dan dikenal sangat demokratis serta cepat mengambil keputusan ini berkunjung ke Bumi Siliwangi Camp di Dungu – Kongo dalam rangka melihat dari dekat Kontingen Garuda XX-G yang secara administrasi dan jalur komando adalah di bawah kendali Ituri Brigade.

Dalam kunjungannya ke Bumi Siliwangi Camp di Dungu, Kamis (11/03/2010) Brigadir Jenderal ATM Zia Ul Hasan menerima paparan dari Komandan Kontingen Garuda XX-G Letkol Czi Arnold AP Ritiauw tentang kondisi personel maupun materil, seperti alat berat dan kendaraan lainnya serta perkembangan pekerjaan yang diperintahkan oleh Komando Atas kepada Kontingen Garuda XX-G di Dungu.

Setelah mendengarkan paparan, Jenderal yang akrab di panggil Jenderal Zia ini menanyakan beberapa pertanyaan kepada Komandan Kontingen tentang kesiapan Satgas Kizi TNI untuk meneruskan pembangunan jalan Dungu – Faradje sepanjang 155 km yang baru dikerjakan sepanjang 10 km karena adanya faktor keamanan, juga dikarenakan banyaknya proyek-proyek PBB yang dikerjakan oleh Kontingen Garuda XX-G, sehingga tidak cukup personel dan materil untuk mengejar waktu yang telah ditentukan.

Pada kesempatan itu pula Komandan Ituri Brigade melihat barak-barak prajurit dan berbincang-bincang dengan mereka, serta memberikan motivasi kepada prajurit Kontingen Garuda XX-G agar tetap memelihara kesehatan dengan menyempatkan waktu untuk berolah raga dan tetap menjaga komunikasi dengan keluarga di tanah air sehingga motivasi tetap terpelihara.

Dalam kunjungannya yang cukup singkat, Komandan Ituri Brigade mengucapkan terimakasih dan sekaligus memuji kesiapan para prajurit Konga XX-G dalam melaksanakan tugas yang dibebankan oleh PBB dalam misi perdamaian dengan sangat baik. Kepada Komandan Kontingen Garuda XX-G Letkol Czi Arnold AP Ritiauw Jenderal Zia berpesan agar tetap memelihara moril anggota di daerah operasi dan juga tetap memelihara alat-alat berat yang di miliki oleh Satgas Kizi TNI Konga XX-G agar selalu siap dalam melaksanakan tugas yang diembannya.

Sebelum meneruskan penerbangannya ke Bunia Kongo, Letkol Czi Arnold AP Ritiauw memberikan kenang-kenangan berupa Plakat kepada Komandan Ituri. Beliau mengatakan plakat yang diberikan adalah ungkapan terimakasih dan juga sebagai lambang persahabatan antara dua negara yaitu negara Bangladesh dan Indonesia.