Kompetisi Olahraga Antar Kompi Indobatt

0
30

Pewarta-Indonesia, Adshit Al-Qusayr (16/01) – Sejumlah cabang olahraga seperti bola voli, tenis meja, badminton, bola basket, futsal, tenis lapangan, bilyard dan tarik tambang dipertandingkan dalam kompetisi antar Kompi Satgas TNI Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indobatt). Kompetisi internal ini mulai digelar pada hari Sabtu (16/01/2010), bertempat di Lapangan Soekarno Masatgas Indobatt, Adshit Al-Qusayr, Lebanon Selatan. Bola Voli menjadi cabang olahraga pembuka yang dipertandingkan dalam turnamen yang diikuti oleh 5 Kompi Mekanis serta 1 Kompi Bantuan dan Staf Masatgas Indobatt.

Menurut Kasi Personel Konga XXIII-D sekaligus sebagai Ketua Panitia Kompetisi – Kapten Janadi, cabang olahraga yang dipertandingkan adalah cabang olahraga yang akan dihadapi Indobatt dalam kompetisi, baik yang bersifat open turnamen maupun antar Kontingen Unifil. Sedangkan untuk cabang olahraga menembak dan lari dengan jarak 8 Km, 10 Km dan 20 Km, tidak dipertandingkan dalam kompetisi ini. Pada kedua cabang olahraga tersebut telah dilaksanakan pembinaan khusus terhadap atlet yang diseleksi berdasarkan data yang diperoleh sebelumnya.

Terkait dengan kegiatan ini, Dansatgas Indobatt – Letkol Inf Andi Perdana Kahar menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) pertimbangan yang mendasari pelaksanaan kompetisi antar Kompi Satgas Indobatt ini. Pertama, kompetisi ini sebagai ajang untuk mencari bibit atlet Indobatt dalam menghadapi berbagai event olahraga antar kontingen, baik pada tingkat Sektor Timur maupun pada tingkat UNIFIL. Kedua, untuk memupuk rasa persaudaraan di antara prajurit, mengingat Indobatt terdiri dari 1000 orang prajurit TNI dengan latar belakang yang sangat majemuk dan tergelar dengan 3 (tiga) Kompi Mekanis yang terpisah letaknya dari Markas Satgas Indobatt. Ketiga, sebagai kesejahteraan moril bagi para Peace keeper agar tidak terjebak dalam kejenuhan dan rutinitas kegiatan harian.

Kompetisi olahraga antar Kompi Indobatt ini digelar setiap hari Sabtu, sehingga tidak mengganggu operasional tugas pokok Satgas dalam memelihara perdamaian di Lebanon Selatan. Sementara, tujuan utama dari pertandingan ini adalah bukan untuk kalah dan menang, namun yang lebih penting dari kegiatan ini adalah untuk memupuk rasa solidaritas dan kebersamaan antar anggota Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil. ”Kalah dan menang tidak masalah, namun yang penting kegiatan ini dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar serta semua Kompi dapat berpartisipasi dalam pertandingan ini,” kata Dansatgas.