MTQ Tingkat Desa Dimulai

0
17

Pewarta-Indonesia, Siak Sri Indrapura – Dalam rangka persiapan pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan dan Kabupaten tahun 2011 di Siak nanti, pemerintah desa Mrempan Hilir, kecamatan Mempura telah menyelenggarakan MTQ tingkat desa yang dibuka secara resmi oleh Camat Mempura Indra Atmaja, MSi Minggu malam (26/7/2010).

 

“Sedikitnya 80 kafilah utusan dari 6 masjid yang tersebar di desa Mrempan Hilir mengirimkan qorie dan qoriah terbaik mereka dalam MTQ Tingkat Desa yang di laksanakan di Masjid Al-Muttaqin – Dusun polong – Mrempan hilir. Kita memang mulai menyaring qori dan qoriah terbaik melalui MTQ tingkat desa,” jelas Kepala Desa Mrempan Hilir, El Rizal. Ia juga menambahkan, “Selain agenda tahunan, tujuan utama pelaksanaan MTQ ialah sebagai salah satu upaya memotivasi warga untuk lebih mencintai Al-Qur’an sekaligus mensyiarkan ajaran Islam di desa tersebut.”

 

Kerlap-kerlip lampu penjor yang menghiasi astaka utama berbentuk kubah dan menara masjid menambah indahnya lokasi MTQ tersebut.Lyaknya sebuah event MTQ Besar. “Semua ini berkat kekompakan warga kami dalam segala hal termasuk pendanaan,” demikian penuturan Pak Kades Mrempan Hilir.

 

Sementara itu Camat Mempura, Indra Atmaja, MSi dalam sambutannya yang sekaligus meresmikan acara tersebut, mengaku salut dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap desa Mrempan Hilir atas kesuksesannya menyelenggarakan MTQ tingkat desa, mengingat acara ini tergolong meriah dan mewah untuk ukuran sebuah Desa. Indra juga berharap agar hal ini dapat dicontoh oleh desa-desa lainnya guna mencari qori dan qoriah terbaik di desanya yang nantinya bertanding di ajang MTQ tingkat kecamatan.

 

“MTQ ini juga sebagai salah satu motivasi bagi masyarakat, terutama remaja untuk belajar fasih membaca Al-Qur’an, dan tentunya upaya menghindarkan masyarakat dari buta aksara Al-Quran,” terangnya.

 

Dengan pelaksanaan MTQ itu juga, Camat berharap bisa memunculkan generasi generasi muda dan remaja yang pandai baca Algur’an. Dan yang terpenting tambah Indra, Ia menghimbau masyarakat untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman kehidupan dan syiar agama.(her)

Keterangan foto: Camat Mempura, Indra Atmaja, MSi