Panglima TNI : TMMD Harus Dapat Dinikmati oleh Masyarakat

0
22

Pewarta-Indonesia, TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) harus dapat dinikmati oleh masyarakat miskin, masyarakat kumuh, masyarakat yang kena bencana alam dan masyarakat korban konflik, karena merekalah yang perlu kita bantu untuk meringankan beban masyarakat tersebut. Demikian harapan Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dalam amanatnya pada pembukaan Rapat Paripurna ke-30 TMMD Tahun 2009, di Gedung Pusat Niaga PRJ Jakarta, Senin (21/12/2009).

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan Bhakti TNI, yaitu program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, daerah miskin, daerah kumuh perkotaan, daerah yang kena bencana alam dan daerah korban konflik.

TMMD Tahun 2010 menurut Panglima TNI akan melibatkan 54 SSK atau 8100 orang prajurit TNI yang akan dilaksanakan di 108 Kabupaten/Kota yang meliputi 124 Desa/Kelurahan. Sasaran TMMD Tahun 2010 meliputi kegiatan fisik dan non fisik, sedangkan sasaran fisik TMMD Reguler dan imbangan, diprioritaskan untuk membangun infrastruktur daerah dan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat. Sementara (TMSS) TNI Manunggal Sosial Sejahtera, diprioritaskan pada rehabilitasi sarana prasarana yang rusak akibat bencana alam dan akibat konflik sosial, serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, TMMD ke-84 akan dilaksanakan secara serempak di 12 Kodam seluruh Indonesia pada bulan Juni 2010, sedangkan TMMD ke-85 akan dilaksankan bulan Oktober 2010 dengan program yang sama, jadi program TMMD 2010 akan dilaksanakan dua kali dalam setahun. Sedangkan perumusan sasaran dan penentuan jenis kegiatan TMMD melibatkan berbagai unsur, mulai dari perangkat desa, tokoh masyarakat dan instansi terkait secara musyawarah, sehingga pemilihan sasaran benar-benar merupakan keinginan masyarakat dengan mengutamakan daerah-daerah miskin, kumuh, korban bencana alam dan korban konflik agar hasil TMMD dapat dinikmati oleh orang yang benar-benar membutuhkannya.

Sebelum mengakhiri amanatnya Panglima TNI menginstruksikan kepada seluruh prajurit TNI dimanapun bertugas dan berada agar mendukung program pemerintah yaitu Tahun 2010 secara serempak untuk menanam pohon diwilayahnya masing-masing, yang diprogramkan oleh pemerintah yaitu menanam satu milyar pohon, untuk menahan pemanasan global yang selama ini cuaca susah diprediksi. Diharapkan sampai 2050 pemanasan global bisa ditekan sedemikian rupa, apabila tidak bisa ditekan maka pemanasan bumi akan mencapai 12 derajat, dan apabila melampaui maka akan ada kenaikan permukaan laut lebih satu meter dan itu dampaknya akan luar biasa kepada negara kita sebagai negara kepulauan.

Sumber image: google.co.uk