Pemberian Vaksin Hepatitis bagi Prajurit TNI di Lebanon

0
24

  Pewarta Indonesia, Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dan dominan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas operasi, karena dengan tubuh yang sehat, maka setiap personel mampu berkonsentrasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing secara optimal. Dengan dasar inilah, maka pada hari Rabu tanggal 7 April 2010, Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL (Indobatt) menggelar kegiatan pemberian vaksin hepatitis A dan B bagi seluruh personelnya.

Acara yang dilangsungkan di Markas Indobatt, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr, tersebut dimulai sejak pagi hari dan berakhir di sore hari dengan pimpinan Dokter Leksmana Arry sebagai salah satu dokter yang bertugas di jajaran Indobatt. Pemberian vaksin ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah diprogramkan oleh Pusat Kesehatan Mabes TNI sebagai upaya untuk mempertahankan kondisi kesehatan setiap prajurit Garuda yang sedang bertugas di wilayah Lebanon Selatan.

 

Perlu diketahui bersama bahwa sebelum menginjakkan kaki di daerah tugas, setiap prajurit Garuda telah menerima beberapa vaksin kesehatan bersamaan dengan proses kegiatan latihan pratugas di Pusat Pendidikan Infanteri TNI AD, Cipatat. Pemberian vaksin tersebut telah diprogramkan bagi setiap personel dengan pembagian waktu yang telah ditetapkan sebelumnya, termasuk pemberian vaksin pada saat berada di daerah tugas.

Selain pemberian vaksin kesehatan tersebut, Tim Kesehatan Indobatt juga selalu berupaya memberikan pelayanan kesehatan pada tingkat dasar bagi setiap prajurit Garuda melalui keberadaan Rumah Sakit Tingkat 1 yang berada di Markas Indobatt, UN POSN 7-1, Adshit Al Qusayr.