Pertemuan 31 Komandan Kontingen Unifil

0
17

Pewarta-Indonesia, Naqoura, Lebanon Selatan – United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) menyelenggarakan pertemuan 31 Komandan Kontingen atau “Contigent Commander Conference” dari negara-negara yang tergabung dalam misi perdamaian di wilayah Lebanon, antara lain Indonesia, Denmark, Perancis, Italia, Belgia, Nepal, India, Tanzania, Ghana dan Portugal.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Force Commander UNIFIL – Mayjen Alberto Asarta Cuevas dari Spanyol, dihadiri juga oleh Deputy Force Commander – Brigjen Santi Bonfanti asal Italia, bertempat di UNIFIL Mission Conference Center (UMCC), Selasa (21/06/2010).

Dari Indonesia dihadiri oleh Dansatgas Indo Force Headquarter Support Unit (Indo FHQSU) Konga XXVI-B1 – Kolonel Inf Restu Widiyantoro yang juga menjabat sebagai Komandan Kontingen Indonesia, yang membawahi 1.324 Prajurit TNI di Lebanon terdiri dari 155 Perwira, 435 Bintara dan 734 Tamtama yang tergabung dalam Enam Satgas yakni Satgas Indo FHQSU (Konga XXVI-B1), Satgas 1st Indo Force Protection Company Konga XXVI-B2, Satgas POM TNI Konga XXV-B/Unifil, Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/Unifil, Satgas Indonesian Medical Konga XXIX-A dan Satgas 2nd Indo Force Protection Company Kompi Mekanis Konga XXIII-C1 serta Dua kelompok Staff Officer di Naqoura dan Sektor Timur.

Menurut Kolonel Inf Restu Widiyantoro, pertemuan tersebut membahas tentang perkembangan informasi situasi terakhir maupun situasi operasional dalam daerah “Area Operations” UNIFIL di Lebanon serta semua aktifitas yang telah dilaksanakan oleh UNIFIL. Selain itu, dibahas juga tentang kebijakan dari Pimpinan United Nations tentang kegiatan operasional di lapangan dalam membina hubungan baik serta komunikasi dengan masyarakat Lebanon, Angkatan Bersenjata, Pemerintah Lebanon maupun Pemerintah Israel.

Selain hal tersebut, “Force Commander UNIFIL juga menyampaikan penekanan berupa adanya kewajiban untuk lebih meningkatkan pengamanan dan keamanan dalam kegiatan penugasan sehari-hari seperti kegiatan patroli, perpindahan pasukan serta kegiatan operasional lainnya. Mayjen Alberto menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini antar Kontingen serta berharap dapat dilanjutkan dan lebih ditingkatkan di masa mendatang,” ujar Kolonel Inf Restu.

Acara pertemuan diakhiri jamuan makan siang bersama dengan Force Commander serta seluruh undangan yang hadir. Acara makan siang tersebut juga merupakan suatu ajang untuk saling bertukar pikiran serta saling berkomunikasi dan memahami kondisi dari masing-masing Kontingen yang tergabung dalam UNIFIL. Pertemuan tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan di era kepemimpinan Force Commander Mayjen Alberto Asarta Cuevas yang memegang tampuk kepemimpnan UNIFIL sejak akhir bulan Januari 2010.