Prajurit Konga Merayakan Natal di Lebanon

0
20

Pewarta-Indonesia, Adshit Al-Qusayr (26/12) – “Biarlah terang Natal di Adshit Al-Qusayr akan menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi Penjaga Perdamaian untuk meningkatkan etos kerja dan kemampuan dalam mewujudkan keberhasilan misi perdamaian”. Demikian tema yang menghiasi dinding panggung perayaan dan ibadah Natal bagi Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda, yang sedang melaksanakan tugas perdamaian dunia di Lebanon dalam misi perdamaian PBB, saat melaksanakan Natal Bersama, bertempat di Rubb Hall Indobatt Adshit Al-Qusayr UN Posn 7-1, Jum’at (25/12/2009).

Perayaan Natal tersebut dihadiri oleh umat Kristiani anggota Kontingen Garuda, Dansatgas Indobatt (Indonesian Battalion) – Letkol Inf Andi Perdana Kahar, Dansatgas Sempu (Sector East Military Police Unit) – Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo dan Wakil Komandan Indobatt – Letkol Mar Guslin serta seluruh Danki dan Perwira Staf. Turut hadir pada acara tersebut, antara lain Wakil Komandan Sektor Timur Unifil – Kolonel Inf Surawahadi, perwakilan umat Kristiani dari Kontingen Malaysia dan Spanyol serta para interpreter lokal warga Lebanon.

Dansektor Timur, Brigadir Jenderal Casimiro Sanjuan Martinez dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Sektor Timur, Kolonel Inf Surawahadi mengatakan, bahwa beliau memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas penyelenggaraan Natal Bersama ini. Ini merupakan sebagai salah satu kegiatan untuk meningkatkan moral spiritual dan keimanan Peacekeeper, untuk saling mendukung dan menganjurkan bertingkah-laku baik diantara sesama pasukan penjaga perdamaian dimanapun bertugas.

“Jadikanlah hikmah Natal ini menjadi damai di hati dan di bumi dan bagi prajurit-prajurit Kontingen Garuda yang sedang melaksanakan tugas perdamaian di PBB, hendaklah dapat berfikir secara global, membiasakan diri untuk berfikir sederhana, berucap sederhana dan bertindak sederhana sehingga dengan kesederhanaan itu tidak akan mendapatkan banyak masalah dalam tingkah laku sehari-hari,” imbuh Dansektor.

Sementara, Ketua Panitia Kapten Laut Ari Cahyo Nugroho dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan dukungan pimpinan yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk datang menghadiri perayaan Natal Bersama ini. Perayaan Natal kali ini merupakan perayaan yang sangat berkesan bagi para Peacekeeper sebab untuk pertama kalinya dirayakan saat berada jauh dari keluarga terkasih yang ada di Tanah Air Indonesia. Perayaan Natal yang kita rayakan bersama ini merupakan tradisi bagi umat Kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus, hendaknya dapat tetap memberikan semangat bagi anggota Satgas yang merayakannya.

Acara perayaan Natal Bersama dimeriahkan dengan nyanyian-nyanyian rohani yang dibawakan oleh prajurit Kontingen Garuda, Kontingen Malaysia dan Spanyol, Staff Officers UNIFIL, ramah tamah dari masing-masing anggota, serta makan bersama.