Puspen TNI Selenggarakan Kursus Juru Video

0
23

Pewarta-Indonesia, Dihadapkan dengan tuntunan tugas yang terus berkembang, kita menghadapi kendala keterbatasan personel baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut secara periodik Pusat Penerangan (Puspen) TNI menyelenggarakan berbagai kursus atau pendidikan, antara lain kursus Bintara Juru Video. Demikian amanat Kapuspen TNI Mayjen TNI Aslizar Tanjung, S.E., M.B.A. yang dibacakan oleh Wakapuspen TNI Brigjen TNI Setyo Sularso pada Upacara pembukaan kursus Bintara Juru Video di Gedung I Gusti Ngurah Rai Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Selasa 4 Mei 2010.

Melalui kursus ini, para Bintara dan PNS yang berjumlah 20 orang dari jajaran Penerangan TNI di seluruh Indonesia, akan dididik dan dibina untuk menjadi seorang juru video yang profesional. Karya juru video yang bermutu dapat mengungkap banyak berita meskipun tanpa kata-kata. Sebaliknya, karya juru video dapat mengurangi nilai suatu berita bila gambar yang ditampilkan miskin muatan dan makna.

Kegiatan ini dilaksanakan seiring dengan semakin meningkatnya intensitas pelaksanaan tugas fungsi Penerangan TNI yang melibatkan personel juru video. Sesuai tugas pokoknya, institusi Penerangan TNI dituntut untuk senantiasa siap dan mampu mengirimkan personelnya dalam berbagai penugasan baik penugasan dalam negeri maupun luar negeri. Pengiriman personel tersebut tentu harus mempertimbangkan faktor kemampuan teknisnya di bidang komunikasi dan informasi serta berwawasan luas, sehingga keikutsertaannya dalam penugasan tersebut benar-benar memberikan kontribusi nyata bagi keberhasilan pelaksanaan tugas satuannya.

Upacara berlangsung tertib dan khidmat, dihadiri oleh perwakilan personel Puspen TNI yang terdiri dari Sekretaris Puspen TNI, Kepala Dinas, para Perwira dan PNS TNI serta tamu undangan. Penyelenggaraan Kursus Bintara Juru Video ini, Puspen TNI bekerja sama dengan mitra kerja PT. Sayawa Ideindo selama 2 bulan.