Satgas Pom TNI Konga XXV-B Selenggarakan Pertemuan Polisi Militer Internasional

0
23

Pewarta-Indonesia, Blate Marjayoun UN Posn 7-3, Lebanon (22/02) – International Military Police Gathering (IMPG) adalah acara pertemuan seluruh Satuan Polisi Militer Internasional dari seluruh Kontingen yang tergabung dalam operasi pemeliharaan perdamaian PBB, khususnya UNIFIL. Berkaitan hal itu, beberapa waktu lalu Satgas POM TNI Kontingan Garuda XXV-B/UNIFIL menyelenggarakan pertemuan tersebut bertempat di ruang Rubb Hall, Markas Gajah Mada UN POSN 7-3, Blate Lebanon.

Pertemuan IMPG yang dibuka secara resmi oleh Dansatgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL, Letkol Cpm Ekoyatma Parnowo, antara lain dihadiri oleh Letkol Carabba E., Force Provost Marshall ( Pimpinan tertinggi Polisi Militer yang membawahi seluruh satuan Polisi Militer di UNIFIL ), satuan Polisi Militer Tanzania, Polisi Militer Ghana, Polisi Militer Italia, Polisi Militer Nepal, Polisi Militer India, Polisi Militer Malaysia dan satuan Polisi Militer Batalion Indonesia. Pertemuan membahas kondisi aktual yang terjadi di daerah operasi UNIFIL disertai pemaparan kegiatan Polisi Militer dan diskusi pembahasan masalah, dilanjutkan foto bersama dan diakhiri jamuan makan siang.

Menurut Dansatgas POM TNI Letkol Cpm Ekoyatma, diselenggarakannya pertemuan tersebut diharapkan dapat menjadi media koordinasi antara seluruh satuan Polisi Militer Kontingen dan juga antara seluruh satuan Polisi Militer Sektor, antara lain mengenai penyamaan persepsi dalam hal standar prosedur kegiatan operasional Polisi Militer di dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, mekanisme komando tugas yang mencakup seluruh satuan Polisi Militer dalam UNIFIL dan tentu saja untuk lebih mempererat hubungan yang harmonis antara seluruh peserta umumnya dan seluruh satuan Polisi Militer di UNIFIL khususnya.

Daerah operasi UNIFIL terbagi atas dua sektor yaitu sektor timur dan sektor barat. Satgas POM TNI Konga XXV-B/UNIFIL dipercaya untuk menjadi satuan Polisi Militer sektor timur UNIFIL, sedangkan sektor barat dipercayakan kepada satuan Polisi Militer dari Tanzania. Satuan Polisi Militer kedua sektor berada dibawah komando Force Provost Marshall (FPM) yang berada di Markas Besar UNIFIL, Naqoura Lebanon. Sementara itu, untuk setiap kontingen juga memiliki satuan Polisi Militer kontingen yang bertanggung jawab dalam lingkup kontingennya, tambah Dansatgas.