Senandung Angklung Mengalun di Lebanon

0
24

Pewarta-Indonesia, LebanonTak ada satupun yang dapat menyangkal bahwa Indonesia sangat kaya akan seni budaya yang patut ditampilkan di Mancanegara. Kekayaan Budaya ini pula yang mengantar prajurit TNI, yang berada di Lebanon Selatan dikenal sebagai Kontingen Pasukan Perdamaian yang hangat dan inovatif dalam setiap penyelenggaraan kegiatan.

Kali ini Angklung, alat musik tradisional Jawa Barat mendapat kesempatan tampil dan memukau para audience dalam suatu acara yang bertajuk Bani Hayan Computer Room Inauguration bertempat di Bani Hayan Social and Culture Club, Lebanon Selatan, beberapa waktu lalu. Satgas Kontingen Garuda XXIII-D/Unifil (Indobatt) mendapat kepercayaan dari Kontingen Spanyol untuk menyelenggarakan acara peresmian ruang komputer yang merupakan program UNIFIL, didanai oleh kerajaan Spanyol. Momen tersebut dimanfaatkan oleh Tim CIMIC Indobatt untuk memperkenalkan alat musik tradisional Angklung sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia.

Tidak hanya tampil sebagai pengiring acara ramah tamah, Tim Angklung Indobatt juga dipercaya untuk mempersembahkan UN Hymne serta lagu kebangsaan Spanyol dan Lebanon pada acara peresmian tersebut. Tim Angklung yang terdiri dari 30 prajurit Indobatt dari Kompi A, dipimpin oleh Serda Linton Manalu tampil percaya diri mengiringi jalannya acara yang dihadiri oleh pejabat G-9 Sektor Timur, Dansatgas Indobatt, Presiden Bani Hayan Social and Culture Club serta para tokoh masyarakat Bani Hayan.

Terkait dengan pertunjukan seni budaya Indonesia, Dansatgas Indobatt, Letkol Inf Andi Perdana Kahar menjelaskan bahwa Satgas Konga XXIII-D bertekad disamping melaksanakan tugas sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian, juga hadir di Lebanon sebagai Duta Budaya Bangsa. Berbagai penampilan seni budaya tradisional Indonesia telah dipersiapkan sejak awal keberangkatan untuk ditampilkan di hadapan masyarakat Lebanon maupun sesama Peacekeeper yang berasal dari berbagai negara. Disamping pertunjukan seni seperti Angklung, Kuda Lumping, Debus dan Rampak Gendang, Indobatt juga mempersiapkan berbagai buku dan katalog tentang budaya dan objek tujuan wisata yang ada di Indonesia.

Dalam percakapannya dengan Dansatgas Indobatt, Chief G-9 Sector East Mayor Carmona mewakili Kontingen Spanyol yang menyandang dana proyek tersebut mengatakan bahwa pihaknya selalu terkesan dengan pengaturan acara dan penampilan prajurit Indobatt yang serba bisa. Chief G-9 berjanji untuk terus meningkatkan kerjasama tim yang sudah sangat terjalin dengan baik antara Tim S-5 Indobatt dalam kegiatan-kegiatan di masa mendatang.