Tim Coe Periksa Kesiapan Material Indobatt

0
33

Pewarta-Indonesia, Adshit al Qusayr (15/12) – Komandan Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-D/UNIFIL, Letkol Inf Andi Perdana Kahar beserta seluruh Perwira Satgas menerima kedatangan Tim Inspeksi COE (Contingent Owned Equipment) yang dipimpin oleh Mr. Charles Nhlamba, di Markas Indobatt Adshit Al-Qusayr, Senin (14/12). Tim ini terdiri dari beberapa pegawai PBB yang bertugas melaksanakan pemeriksaan kesiapan material yang dioperasionalkan di Indonesia Battalion (Indobatt).

Menurut Mr. Charles Nhlamba bahwa sasaran pemeriksaan ini meliputi Major Equipment dan Self-Sustaiment serta mengecek kesiapan operasional satuan yang tergabung dalam misi UNIFIL, terhadap alat perlengkapan yang digunakan pasukan TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-D di Lebanon Selatan. Pemeriksaan yang dikenal dengan COE (Contingent Owned Equipment) ini dilakukan setiap empat bulan sekali.

Dalam kegiatan tersebut, Kasi Logistik Konga XXIII-D, Kapten Inf Muh. Oki Isnaeni yang bertanggung jawab terhadap kesiapan material Satgas mengatakan, bahwa pemeriksaan awal terhadap kondisi material Satgas dimaksudkan untuk mengetahui sedini mungkin kondisi alat tersebut, sehingga apabila ada kekurangan dan ketidaksiapan segera dapat diperbaiki.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Tim COE menyimpulkan bahwa secara keseluruhan Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-D/UNIFIL memenuhi standar kesiapan material COE yang ditentukan oleh PBB. Ada beberapa hal positif yang menjadi atensi Tim COE yakni adanya banyak peningkatan (a lot of improvement) dalam bidang catering, laundry dan cleaning.

Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-D yang berjumlah 850 personel dibawah komando Letkol Inf Andi Perdana Kahar dilengkapi dengan alutsista dan material yang membutuhkan perawatan dan tanggung jawab yang sangat besar, seperti kendaraan tempur VAB, BTR, Panser, kendaraan berat dan ringan serta material pendukung yang lain termasuk perlengkapan perorangan.