Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

Pewarta Online

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin Banten

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Statistik
Anggota : 6406
Isi : 10444
Content View Hits : 4800636
Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Sampah Tak Bertuan di Negeri Uwan
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Merayakan Paskah bagi semua saudara sebangsa Indonesia yang merayakannya. Semoga keselamatan dan kedamaian di antara sesama sebangsa-senegara Indonesia akan senantiasa dicurahkan ke segenap penjuru nusantara dan dunia... Amin...

Sampah Tak Bertuan di Negeri Uwan

KOPI, Kota Padangpanjang yang disebut juga Negeri Uwan merupakan salah satu kota dari 86 kota kecil di Indonesia yang berhasil meraih Anugrah Piala Adipura tahun 2010, disamping sembilan kota metropolitan, empat kota besar dan 41 satu kota sedang.

Penyerahan penghargaan Adipura tahun 2010 diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara pada hari Selasa, 8 Juni 2010.

Kita selaku warga Kota Padangpanjang turut bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah kota ini. Tentunya hal itu tidak terlepas dari partisipasi semua pihak dan kesadaran masyarakat kota yang semakin tinggi. Namun kebanggaan saja tidak cukup, harus ada upaya untuk meningkatkan atau minimal mempertahankan prestasi tersebut.

Suatu hal yang perlu kita cermati, Kota Padangpanjang adalah kota yang tak pernah mati, kota kecil yang beraktivitas siang dan malam, sehingga meskipun penduduknya tidak banyak tapi berpotensi besar untuk menebar sampah dimana-mana. Mungkin kita bisa melihat betapa bersihnya Kota Padangpanjang di siang hari, tapi kita akan menemukan kenyataan yang beda bila kota sudah mulai gelap.

Meskipun para petugas kebersihan sudah mulai bekerja membersihkan sampah-sampah yang selanjutnya membawa ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir, namun setelah petugas kebersihan merasa yakin pekerjaannya telah tuntas, dan pulang ke rumah mereka masing-masing, entah darimana dan entah punya siapa, di sepanjang jalan-jalan dalam kota bermunculan lagi sampah-sampah yang ditumpuk di pinggir jalan dengan kantong-kantong plastik. Memamg benar, sampah yang dikemas dengan kantong tidak terlalu merusak kebersihan dan kesehatan, tapi realitasnya kantong-kantong sampah tersebut tidak terlalu kuat untuk menahan kaisan anjing-anjing liar yang banyak berkeliaran di malam hari. Akibatnya sampah bertebaran di sepanjang jalan, dan lalat-lalatpun keluar dari persembunyian mereka untuk mengerumuninya.

Kalau Uwan-uwan berkesempatan untuk keluar malam sekitar pukul 23.00 WIB keatas, di jalan-jalan Kota Padangpanjang, betapa banyak sampah yang seakan-akan tidak bertuan di Negeri Uwan ini. Tentunya semua ini bukan untuk dijadikan sebuah tontonan yang menjijikkan, bagaimanapun solusi antisipatif harus dicari. Mungkin ketersediaan bak sampah kita yang belum memadai, sehingga masyarakat lebih memilih untuk menumpuk sampah dalam kantong-kantong plastik di pinggir jalan.

Bila itu penyebabnya, kita beroptimis kepada Pemda untuk menambah bak-bak sampah untuk mengantisipasi masalah ini, bahkan kita yakin bahwa masyarakat kita sudah cukup cerdas dalam membuang sampah, apabila disediakan bak sampah organik dan anorganik, yang sekaligus akan mempermudah pekerja di Tempat Pembuangan Sampah Akhir untuk mengolah sampah-sampah tersebut. Semoga kita bisa mewujudkan Padangpanjang menjadi kota yang bersih siang dan malam. Amin!

Sumber image di sini

 

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.