Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Persekongkolan Pengadaan Buku di Sragen Merugikan Uang Negara

Persekongkolan Pengadaan Buku di Sragen Merugikan Uang Negara

Pengantar Redaksi; Berikut adalah surat elektronik dari kelompok yang menamakan diri Masyarakat Peduli Pendidikan Sragen yang dikirimkan kepada redaksi untuk menjadi perhatian, renungan, dan tindak-lanjut dari pihak-pihak terkait. Terima kasih.

==============================================

From: Masyarakat Peduli Pendidikan Sragen

Subject: Persekongkolan Pengadaan Buku di Sragen Merugikan Uang Negara

Date: Thursday, May 18, 2011, 10:13 PM

Lebih dari setengah tahun kami telah menulis surat ini mengingatkan pada dinas pendidikan, maupun pejabat terkait lainnya di Sragen. Agar mereka jangan sampai melanggar hukum dan merugikan keuangan negara. Karena niat kami hanya mengingatkan, saat itu kami hanya menyampaikan surat ini kepada instansi yang terkait saja, yakni, dinas pendidikan sragen dan unit layanan pengadaan sragen. Tidak kami tembuskan pada instansi lain, dengan harapan mereka segera sadar dengan sendirinya. Karena ini menyangkut masalah pendidikan. Agar dana untuk peningkatan sarana pendidikan, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan untuk Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, dapat berfungsi maksimal.

Tapi sampai saat ini belum ada tanggapan, bahkan karena mungkin ada persekongkolan untuk melakukan korupsi secara bersama-sama, maka peristiwa yang sudah jelas secara hukum bisa dikategorikan melanggar aturan ini tidak ada tindak lanjut. Yang berlanjut malah perbuatan yang dalam UU dikatakan merupakan perbuatan persekongkolan. Ada apa dibalik semua ini???

=====================================================

Kepada Yth
Yth. Kepala Unit Layanan Pengadaan
Pemerintah Kabupaten Sragen
Jl Raya Sukowati no. 255 Sragen

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengumuman pelelangan paket pekerjaan Pengadaan Buku Pengayaan, Buku Referensi, dan Buku Panduan Pendidik (Paket Disdik 10-02) no. 602.4/129-ULP/2010 tgl, 27 Oktober 2010, tertulis bahwa pemenang lelang adalah:

PT. Wangsa Jatra Lestari, alamat Jl. Pajang Kartasura Km 8 Ds. Pabelan, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo, direktur MN. Budianto, SE, dengan nilai penawaran sebesar Rp.6.815.267.590,-

Sedangkan pemenang cadangan I adalah PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, alamat Jl. Dr. Supomo No.23 Solo, direktur Gatot Wahyudi, dengan nilai penawaran sebesar Rp.6.845.611.740,-

Perlu diketahui bahwa antara PT Wangsa Jatra Lestari dengan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Artinya, bahwa PT Wangsa Jatra Lestari dan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri merupakan bagian dari Tiga Serangkai Group yang bergerak dibidang penerbitan buku dan percetakan. Hal ini dapat dilihat pada website Tiga Serangkai (www.sb.tigaserangkai.com, hasil print terlampir)). Dapat juga diperiksa akte pendirian kedua perusahaan tersebut, adakah kesamaan komisaris ataupun direksi pada kedua perusahaan tersebut?

Dalam hal pelelangan paket pekerjaan Pengadaan Buku Pengayaan, Buku Referensi, dan Buku Panduan Pendidik (Paket Disdik 10-02), maka patut diduga telah terjadi persekongkolan yang mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat. Sehingga keluarlah pemenang pelelangan seperti yang telah diumumkan tersebut diatas.

Adanya persekongkolan tersebut, telah melanggar:

1. Pakta integritas yang telah dibuat oleh masing-masing perusahaan peserta pelelangan, yang tertulis di dalam RKS.

2. Melanggar pasal 19, Undang-undang Republik Indonesia no.5 tahun 1999, tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang tertulis:

Pelaku usaha dilarang melakukan satu atau beberapa kegiatan, baik sendiri maupun bersama pelaku usaha lain, yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat berupa:

a. menolak dan atau menghalangi pelaku usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usaha yang sama pada pasar bersangkutan; atau

b. menghalangi konsumen atau pelanggan pelaku usaha pesaingnya untuk tidak melakukan hubungan usaha dengan pelaku usaha pesaingnya itu; atau

c. membatasi peredaran dan atau penjualan barang dan atau jasa pada pasar bersangkutan; atau

d. melakukan praktek diskriminasi terhadap pelaku usaha tertentu.

3. Melanggar pasal 22, Undang-undang Republik Indonesia no.5 tahun 1999, tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang tertulis:

Pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk mengatur dan atau menentukan pemenang tender sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.

4. Melanggar pasal 24 , Undang-undang Republik Indonesia no.5 tahun 1999, tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang tertulis:

Pelaku usaha dilarang bersekongkol dengan pihak lain untuk menghambat produksi dan atau pemasaran barang dan atau jasa pelaku usaha pesaingnya dengan maksud agar barang dan atau jasa yang ditawarkan atau dipasok di pasar bersangkutan menjadi berkurang baik dari jumlah, kualitas maupun ketepatan waktu yang dipersyaratkan.

5. Melanggar pasal 26, Undang-undang Republik Indonesia no.5 tahun 1999, tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat yang tertulis:

Seseorang yang menduduki jabatan sebagai direksi atau komisaris dari suatu perusahaan, pada waktu yang bersamaan dilarang merangkap menjadi direksi atau komisaris pada perusahaan lain, apabila perusahaan-perusahaan tersebut:

a. berada dalam pasar bersangkutan yang sama; atau

b. memiliki keterkaitan yang erat dalam bidang dan atau jenis usaha; atau

c. secara bersama dapat menguasai pangsa pasar barang dan atau jasa tertentu, yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat.

Pelanggaran terhadap pasal-pasal tersebut diatas dapat dikenakan sanksi sesuai dengan pasal 48 dan pasal 49 Undang-undang Republik Indonesia no.5 tahun 1999, tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Dan apabila akibat adanya persekongkolan tersebut dapat menyebabkan kerugian negara, maka pihak-pihak yang terkait dengan proyek pengadaan tersebut dapat dikenai tindak pidana korupsi.

Oleh karena itu, kami sebagai masyarakat yang peduli terhadap pendidikan, menghimbau agar proses pelelangan tersebut dibatalkan demi hukum.

Demikian surat dari kami sebagai masyarakat yang peduli pendidikan, terimakasih.


Sragen, 02 Nopember 2010
Masyarakat Peduli Pendidikan Sragen
Supriyatno

Tembusan: Dinas Pendidikan Kab. Sragen

 

Empat Pasang Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir Periode 2016-2021
Sabtu, 05 September 2015

KOPI, Bagansiapi-api – Pencabutan nomor urut peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Rokan Hilir yang akan mengikuti Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan pencabutan nomor urut pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati kabupaten Rokan Hilir masa bakti 2016-2021 berlangsung hari Selasa (25/8) di GOR Batuenam Bagan Siapi-api. Disaksikan oleh kader partai... Baca selengkapnya...

Inilah Lima Pasang Calon Walikota Dumai Periode 2016- 2021
Sabtu, 05 September 2015

Norm KOPI, Dumai – Pengundian dan pengambilan nomor urut pasangan Bakal Calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Dumai yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Dumai , Lima pasang calon pemimpin Dumai masa bakti 2016-2021 yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Berlangsung di Hotel Comfort Dumai pada Selasa (25/08). Pengundian dan pengambilan nomor urut dimulai dari, pasangan... Baca selengkapnya...

Honor Tak Kunjung Cair, Honorer K2 Demo Gedung Dewan
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Sedikitnya lima puluh orang tenaga Guru Honorer K2, melakukan aksi damai di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (3/9) sekitar pukul 14.00 WIB. kemarin. Mereka menuntut agar anggota dewan peduli terhadap nasib ratusan guru, yang hingga kini belum menerima honor. Bahkan honor mereka, mulai bulan Januari hingga kini belum dibayarakan. Dalam aksi tersebut massa juga membakar poster sebegai wujud kekesalan mereka.   Dari pantauan di... Baca selengkapnya...

Pernyataan Sikap PPWI Atas Kriminalisasi Dua Jurnalis Berita ATJEH
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut saat ini sedang menjalani proses hukum di Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh atas laporan dugaan pencemaran nama baik oleh seorang anggota DPR Aceh, Azhar alias Cage. Kasus tersebut bermula di saat hari Jum'at tanggal 24 April 2015 sekitar pukul 12.30 WIB, wartawan media online Berita ATJEH, Mawardi,... Baca selengkapnya...

Pencabutan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Bupati Rokanhulu Periode 2016-2021
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Rokanhulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokanhulu mengadakan pencabutan nomor urut pasangan calon bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 bertempat di di Hotel Sapadia Pasirpengaraian, Selasa (25/8/2015). Tiga pasang calon Bupati kabupaten Rokan Hulu- propinsi Riau yaitu Hafit Syukri dengan Nasrul Hadi, pasangan Syafarudin Poti dengan Erizal, terakhir pasangan Suparman-Sukiman. Pencabutan nomor urut ketiga pasangan calon bupati... Baca selengkapnya...

Di Lhokseumawe, Awak Media Dikriminalisasi Polisi
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Lhokseumawe - Di Indonesia sudah banyak kasus-kasus yang menyudutkan para insan jurnalis. Dan malah ada yang sebagian harus masuk ke dalam jeruji besi oleh karena karya tulisan pemberitaannya sendiri. Alhasil, implementasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak berlaku bagi para awak jurnalis. Karena akhirnya mereka harus berhadapan ke meja hukum untuk... Baca selengkapnya...

Monumen Polwan Diresmikan Kapolri
Rabu, 02 September 2015

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti Resmikan Pemugaran Monumen Polisi Wanita, tepat di hari jadi Polwan ke 67 1 September 2015 yang bertempat di Jalan Sudirman Bukittinggi, Selasa (1/9) kemaren. Pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

KNPB Dukung Forum Kepulauan Pasifik Baha.....
03/09/2015 | Gerson Wakerkwa

KOPI, Manado – Kegiatan Berlangsung di Asrama Mahasiswa Papua Cendrawasih V Kelurahan Bahu Lingkungan IX Kecamatan Malalayang Kota Manado akan dilak [ ... ]



NASIONAL

Indonesia Scouts Challenge 2015-2016 Sia.....
04/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta = Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terus melakukan inovasi dalam proses transformasi gerakan pramuka. Indonesia Scout Challenge (ISC) [ ... ]



DAERAH

Ketua IDI Sarolangun, Kembali Di Jabat d.....
04/09/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Acara pembukaan Musyawarah cabang (Muscab) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sarolangun yang diselenggarakan di hotel abadi Sarola [ ... ]



PENDIDIKAN

The Body Shop Dan Omah Munir Bersama Duk.....
04/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Selama lebih dari 20 tahun, The Body Shop secara konsisten terus mengkampanyekan isu – isu HAM. Hal inilah yang melatarbelakangi diluncurka [ ... ]



EKONOMI

Gubernur Jateng: Antisipasi dan Penangan.....
04/09/2015 | Sukarno

KOPI - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri Rapat Paripurna Lanjutan Tahap I pada Kamis, 3 September 2015. Rapat Paripurna dilaksanakan di l [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Pulau Siberut, Mentawai Jadi Tempat Favo.....
04/09/2015 | Pancelus Satoko

KOPI, Mentawai - Kabupaten Kepulauan Mentawai yang mempesona dan sipemikat hati, rasa damai dan tenteram pasti dirasakan ketika berkunjung di Mentawai [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Gasak Perhiasan Tetangga Dipolisikan.....
03/09/2015 | Fajar Agustyono

Blitar, KOPI - Sri Lestariningsih (56), warga dusun Gaprang 1 Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Rabu (2/9) sekitar pukul 22.00 WIB be [ ... ]



POLITIK

Simpatisan dan Kader PDIP Dukung Sibagus.....
04/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Belasan simpatisan dan Kader PDI Perjuangan di Kota Semarang mendukung dan siap memenangkan pasangan calon Sigit Ibnugroho dan Agus S [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

KOPI - Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Orde B [ ... ]



PROFIL

Kenalan dengan Teguh Purnomo, Mengawal D.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI - Penampilannya tenang dan ramah. Tapi dilihat dari gaya bicaranya, tampak bahwa dia seorang yang berwawasan luas. H. Teguh Purnomo, SH, MHum ada [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Keluarga Pasien Keluhkan Air Bersih.....
04/09/2015 | Musli Adi

KOPI, Calang - Salah seorang keluarga pasien mengeluhkan tentang air bersih yang ada di Puskesmas Patek Kecamatan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya yan [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

Pasar Santa Semakin Meriah Dengan Kehadi.....
03/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua Belibis, saus yang terkenal memiliki cita rasa istimewa dan berkualitas tinggi, bekerjasama dengan para tenant di Pasar Santa, menggelar  [ ... ]



HIDUP SEHAT

5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhamm.....
03/09/2015 | Didi Ronaldo

1. 1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa  [ ... ]



SERBA-SERBI

Garnier Perkenalkan Rangkaian Produk Dan.....
04/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua rangkaian produk teranyar Garnier diperkenalkan kepada publik, yakni New Garnier Pure Active 12 in 1 Foam/Scrub dan New Garnier Pure Acti [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.