Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
Silahkan Login & Kirim Warta

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

Pewarta Online
None

Yang Terpinggirkan
Gaji Pensiun yang belum Terealisasi Juga.....
21/02/2013 | Husaeni Mabruri

KOPI - Mimpi manis untuk masa depan gaji pegawai pensiunan sipil hidupnya belum dirasakan oleh Bpk. [ ... ]


Gelora Sepeda
“Nongkrong di Haus Berbonus” Raih MU.....
30/06/2013 | Arifin Banten

KOPI - PT ABC President Indonesia menggelar serangkaian kegiatan “Nongkrong di Haus Berbonus”, Minggu pagi (30/6) di Plaza Utara Senayan, Jakarta. Event tersebut diselenggarakan serentak di tiga K [ ... ]



Statistik
Anggota : 6396
Isi : 10447
Content View Hits : 4805255
Polling Warga
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Plagiat Masih Banyak Dilakukan
Redaksi Koran Online Pewarta Indonesia (KOPI) bersama segenap pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia menyampaikan Selamat Merayakan Paskah bagi semua saudara sebangsa Indonesia yang merayakannya. Semoga keselamatan dan kedamaian di antara sesama sebangsa-senegara Indonesia akan senantiasa dicurahkan ke segenap penjuru nusantara dan dunia... Amin...

Plagiat Masih Banyak Dilakukan

KOPI, Plagiat adalah suatu tindakan meniru atau menjiplak hasil karya orang lain berupa apa saja. Pelaku plagiat disebut Plagiator, atau Penjiplak. Istilah ini lebih dikenal di kalangan profesi yang terkait tulis menulis, atau lazimnya karya yang mengandalkan dan berasal dari intelektualisme.

Tindakan plagiat tampaknya masih banyak dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai jurnalis atau wartawan; apakah menjiplak tulisan, berita, atau berupa foto maupun video, yang istilahnya adalah copas (copy paste).

Meniru hasil karya intelektual orang menunjukkan ketidak mampuan seseorang dalam menghasilkan sebuah karya, tindakan ini adalah tidakan yang sangat tidak terpuji, dan dapat dikategorikan tindakan kriminal.

Para Plagiator biasanya menjiplak baik seluruh isi maupun sebagian isi tulisan orang lain dengan cara merubahnya di beberapa bagian, ada pula yang hanya merubah judul tulisannya saja. Namun ada pula yang mengutip tulisan beberapa penulis lain dengan menyebutkan sumbernya secara lengkap, atau sebagai referensi tulisan yang ia buat, ini tidak bisa disa disebut sebagai karya plagiat.

Yang dimaksud dengan plagiat disini adalah mengakui hasil karya tulisan orang lain tanpa menyebut sumbernya atau malah menyembunyikan penulisnya. Contoh yang rawan plagiat adalah berita rilis (release news) yang dikeluarkan oleh bagian humas suatu instansi atau lembaga. Umumnya di instansi pemerintahan maupun perusahaan besar sering membuat berita rilis atas kegiatan yang mereka lakukan. Dan berita rilis ini dimaksudkan agar lebih mudah bila ingin mempublikasikannya melalui media massa terutama media cetak.

Tak jarang wartawan yang menerima berita rilis yang sudah siap terbit ini dengan begitu saja mengakui seolah berita dari Humas itu adalah karyanya, sehingga pada bagian akhir berita si wartawan menempatkan nama atau initial namanya.

Namun banyak pula wartawan yang dengan jujur bertindak profesional dengan memberikan apresiasi terhadap hasil karya tulis orang lain itu dengan mencantumkan initial seperti “Humas”, “Rel”, atau “Relhum”, atau karena berita rilis tersebut telah mengalami proses pengeditan, sehingga ia mencantumkan pula namanya bersama initial Humas maupun pembuat berita rilis.

 

 

Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.