Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
FWMB Gelar Aksi Damai Menolak Penggusura.....
30/08/2015 | Ahmad Syarip

KOPI, Jakarta -  Belum jelasnya pihak mana yang mengklaim serta akan menggusur area Kompleks hunian [ ... ]


GELORA SEPEDA
Tiga Pilar "Gowes Bareng" Bersama Masyar.....
01/08/2015 | Joe R Manalu

KOPI - Cengkareng - Sabtu pagi (01/08) kegiatan tiga Pilar "Gowes bareng" bersama dengan masyarakat ± 200 yang di hadiri Kapten inf Ober Purba (Danramil 04/Ckr) beserta jajarannya , Kompol Aji Sutarj [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Penegakan Hukum di Indonesia; Menegakkan Benang Basah

Penegakan Hukum di Indonesia; Menegakkan Benang Basah

altKOPI, Hukum di negeri ini tampaknya seperti menegakkan benang basah, sulit dan nyaris tidak mungkin. Banyak yang berpendapat hukum di Indonesia ini ibarat orang membelah bambu; satu diangkat lainnya diinjak. Jika rakyat kecil yang bersalah, hukum akan diterapkan sekeras-kerasnya. Tapi bila itu bagian dari sistem dan lingkaran kekuasaan, hukum sepertinya menjadi loyo dan ogah-ogahan.

 

Ini contoh kecil saja, karena yang besar-besar sudah sangat terlalu sering kita saksikan dan simak di media besar.

Beberapa hari lalu Polsek Satui Polres tanah Bumbu Polda Kalimantan Selatan menangkap dan mengamankan 4 pelaku pemerasan yang mengaku sebagai anggota Polda Kalsel.

Keempat pelaku itu melakukan pemerasan terhadap para supir truk di jalan ex HPH PT. Sumpol Timber di wilayah Desa Bukit Baru Kecamatan Satui.

Para tersangka masing-masing bernama Gugun (35), Tana (36), Dartonaji (24), dan Arlan (27). Menurut informasi dari para supir truk, tindakan pemerasan itu bukanlah yang pertama kali dilakukan para tersangka. Aksi mereka tersebut dilakukan pada malam hari dengan menggunakan senjata api laras panjang rakitan. Para pelaku juga mengaku sebagai anggota kepolisian dari Polda Kalsel untuk menggertak korbannya, dan tidak segan-segan mengeluarkan tembakan peringatan jika ada sopir yang menolak permintaan mereka.

Bukan hanya truk bermuatan yang jadi sasaran para pelaku, namun terkadang truk tanpa muatan pun ikut jadi sasaran. Mereka meminta paksa para sopir untuk memberikan uang sebesar Rp. 500 ribu. Diduga para pelaku juga sering beroperasi di jalan ex HPH PT. Alam Unda di wilayah Desa Sumber Arum dengan modus operandi yang sama.

Tertangkapnya keempat pelaku pemerasan tersebut berawal dari informasi salah seorang sopir truk yang pada malam itu juga sempat menjadi sasaran mereka. Pihak Pos Polisi di Desa Bukit Baru yang menerima laporan langsung meminta bantuan ke Mapolsek Satui untuk melakukan pengejaran terhadap para tersangka, yang akhirnya berhasil menangkap dan mengamankan barang bukti berupa 2 pucuk senjata api laras panjang rakitan (1 pucuk dalam kondisi rusak) lengkap dengan 12 butir peluru tajam yang masih aktif serta selongsong dan proyektil buatan yang sudah sempat digunakan.

Kapolsek Satui, Iptu Theodorus Priyo dan Kanit Reskrim Polsek Satui, Ipda H. Sunaryo membenarkan pihaknya telah menahan keempat pelaku tersebut.

Namun yang sangat disayangkan adalah pihak Kepolisian hanya menahan dan memproses 4 pelaku yang merupakan warga biasa. Sedangkan sebenarnya menurut salah seorang anggota polisi yang ikut dalam penangkapan terhadap pelaku pemerasan itu mengungkapkan, pelaku sebanyak 5 orang, termasuk seorang oknum anggota TNI AD.

Menurut anggota polisi itu pula, saat ditangkap dan diamankan, oknum TNI berpangkat Praka berinisial J itu merupakan anggota dari Kompi 623 Sungai Ulin Banjarbaru. Diketahuinya identitas oknum yang bersangkutan dari kartu anggota TNI yang sempat diminta oleh petugas kepolisian. Dan ketika itu si oknum TNI yang nakal itu sedang mengenakan pakaian dinas lapangan.

Karena seorang pelaku merupakan anggota TNI, maka oleh pihak kepolisian diserahkan ke Koramil. Namun oleh Danramil setempat, oknum tersebut dikembalikan ke kesatuannya tanpa diketahui bagaimana tindak lanjutnya.

Danramil Satui, Kapten Aris ketika ditanya wartawan terkait dugaan keterlibatan seorang anggota TNI AD dalam aksi pemerasan itu, menampik dengan mengatakan yang bersangkutan tidak terlibat, hanya kebetulan sedang berada di TKP. Keberadaan oknum itu menurut Danramil adalah untuk keperluan menyerahkan beberapa proposal ke para pengusaha. Bahkan ia meminta pihak media agar jangan menulis pemberitaan yang membawa-bawa nama anggota TNI AD tersebut.

Lain keterangan Danramil, lain pula keterangan dari 4 pelaku lainnya. Mereka mengungkapkan justru yang membuat dan merakit senjata api laras panjang tersebut adalah oknum TNI AD tersebut. Bahkan sepucuk senjata apai yang digunakan untuk melakukan pemerasan tersebut sempat dibuang oleh oknum itu ketika anggota kepolisian melakukan penangkapan dan pengamanan terhadap para pelaku.

Sungguh tidak logis alasan yang mengatakan oknum yang bersangkutan malam-malam sedang akan menyerahkan proposal.

Inilah potret ketidak berpihakan hukum kepada warga atau masyarakat biasa. Seorang berpangkat prajurit saja dibela oleh entah teman, rekan, atasan, atau bekas atasannya, meskipun perbuatannya salah. Apalagi jika yang melakukan kesalahan itu berpangkat perwira, atau jenderal misalnya, sudah dapat kita bayangkan, mereka pasti mati-matian membelanya dengan dalih demi nama baik korp, institusi, lembaga, atau apalah lagi sebutannya.

Mereka lebih sayang nama korp atau nama kelompoknya menjadi tercemar oleh hal dan perbuatan tercela ketimbang nama baik negara ini di mata seluruh rakyatnya. Kalau sudah begini, apa kata dunia ? Maka akhirat lah yang akan menjawabnya kelak.

 

Honor Tak Kunjung Cair, Honorer K2 Demo Gedung Dewan
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Sedikitnya lima puluh orang tenaga Guru Honorer K2, melakukan aksi damai di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (3/9) sekitar pukul 14.00 WIB. kemarin. Mereka menuntut agar anggota dewan peduli terhadap nasib ratusan guru, yang hingga kini belum menerima honor. Bahkan honor mereka, mulai bulan Januari hingga kini belum dibayarakan. Dalam aksi tersebut massa juga membakar poster sebegai wujud kekesalan mereka.   Dari pantauan di... Baca selengkapnya...

Pernyataan Sikap PPWI Atas Kriminalisasi Dua Jurnalis Berita ATJEH
Kamis, 03 September 2015

KOPI - Dua Wartawan di Lhokseumawe, Umar Effendi, pemimpin redaksi media online Berita Atjeh.Net bersama Mawardi, wartawan di media online tersebut saat ini sedang menjalani proses hukum di Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh atas laporan dugaan pencemaran nama baik oleh seorang anggota DPR Aceh, Azhar alias Cage. Kasus tersebut bermula di saat hari Jum'at tanggal 24 April 2015 sekitar pukul 12.30 WIB, wartawan media online Berita ATJEH, Mawardi,... Baca selengkapnya...

Pencabutan Nomor Urut Tiga Pasang Calon Bupati Rokanhulu Periode 2016-2021
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Rokanhulu- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokanhulu mengadakan pencabutan nomor urut pasangan calon bupati Rokan Hulu periode 2016-2021 bertempat di di Hotel Sapadia Pasirpengaraian, Selasa (25/8/2015). Tiga pasang calon Bupati kabupaten Rokan Hulu- propinsi Riau yaitu Hafit Syukri dengan Nasrul Hadi, pasangan Syafarudin Poti dengan Erizal, terakhir pasangan Suparman-Sukiman. Pencabutan nomor urut ketiga pasangan calon bupati... Baca selengkapnya...

Di Lhokseumawe, Awak Media Dikriminalisasi Polisi
Rabu, 02 September 2015

KOPI, Lhokseumawe - Di Indonesia sudah banyak kasus-kasus yang menyudutkan para insan jurnalis. Dan malah ada yang sebagian harus masuk ke dalam jeruji besi oleh karena karya tulisan pemberitaannya sendiri. Alhasil, implementasi Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tidak berlaku bagi para awak jurnalis. Karena akhirnya mereka harus berhadapan ke meja hukum untuk... Baca selengkapnya...

Monumen Polwan Diresmikan Kapolri
Rabu, 02 September 2015

KOPI, BUKITTINGGI - Rakyat Sumbar - Kapolri Jendral Polisi Badrodin Haiti Resmikan Pemugaran Monumen Polisi Wanita, tepat di hari jadi Polwan ke 67 1 September 2015 yang bertempat di Jalan Sudirman Bukittinggi, Selasa (1/9) kemaren. Pemugaran monumen Polwan ini juga ditandai dengan pemutaran film sejarah Monumen Polwan, dan setelah itu Kapolri membubuhkan tanda tangan pada prasasti, sehingga resmilah Monumen Polwan ini digunakan sebagai... Baca selengkapnya...

Ibu Rumah-tangga Menderita Kanker Ganas Sebesar Bola Volley
Senin, 31 Agustus 2015

KOPI - Pujiasih (44), ibu rumah-tangga, warga Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, menderita kanker ganas yang jarang ditemui. Dia menderita kanker ganas tersebut, baru dua tahun, namun sudah sebesar bola volley. Sementara keluarga hanya bisa pasrah, karena tidak ada biaya dan berharap uluran dari pemerintah Kota Blitar, untuk mengobatkan penderita kangker ganas tersebut.   Dari pantauan dilapangan,  Pujiasih hanya bisa... Baca selengkapnya...

Anggota MPR Tabrani Maamun Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMPN 7
Jumat, 28 Agustus 2015

KOPI, Pekanbaru - Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,  merupakan kegiatan dan kewajiban bagi seorang anggota DPR/MPR-RI, empat pilar itu yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar negara 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika. Kedatangan anggota DPR/MPR RI Tabrani Maamun ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 pada hari Jum’at (28/ 8-15) untuk menerangkan kepada siswa-siswi tentang empat pilar kebangsaan. Ratusan orang siswa-siswi duduk bersimpuh di... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

KNPB Dukung Forum Kepulauan Pasifik Baha.....
03/09/2015 | Gerson Wakerkwa

KOPI, Manado – Kegiatan Berlangsung di Asrama Mahasiswa Papua Cendrawasih V Kelurahan Bahu Lingkungan IX Kecamatan Malalayang Kota Manado akan dilak [ ... ]



NASIONAL

Adrianus Garu : Ubah Pola Penyerapan APB.....
03/09/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Salah satu persoalan serius yang terjadi saat ini adalah lambatnya penyerapan anggaran 2015. Berdasarkan data Kementerian Keuanga [ ... ]



DAERAH

Pasien RSUD Calang Keluhkan Air Bersih.....
03/09/2015 | Syamsul Kamal

KOPI, Aceh Jaya - Pasien rawat inap rumah sakit umum daerah (RSUD) Teuku Umar Calang Kabupaten Aceh Jaya mengeluhkan kondisi kamar mandi yang minim a [ ... ]



PENDIDIKAN

Gubernur Jateng: Kebijakan 5 Hari Sekola.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - "Penurunan anggaran dinas pendidikan sebesar Rp 9,10 Milyar dikarenakan adanya efisiensi anggaran pada Belanja Gaji Pegawai berupa pe [ ... ]



EKONOMI

Wagub Jateng: Sektor Pertanian Menampung.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Wakil Gubernur Jawa Tengah (Wagub Jateng), Heru Sudjatmoko mengungkapkan bahwa RPJMD berlaku lima tahun. Wagub Jateng ditemui usai Ra [ ... ]



HANKAM

Koordinator Parkir Babak Belur Kena Kero.....
29/08/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru - Yang merusak nama institusi TNI, bukan dari eksternal melainkan oknum anggota TNI tersebut yang merusak nama kesatuan. ini buktinya  [ ... ]



OLAHRAGA

APPI Adakan Touring Kemerdekaan Ke-70.....
31/08/2015 | Saepullah Bin Wahyudin
article thumbnail

      KOPI, Cibinong (30/8) - Aksi Pemuda Peduli Indonesia (APPI) adakan kegiatan touring kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) ke Sawarna [ ... ]



PARIWISATA

Tiga Taman Surga di Puncara Pujon.....
29/08/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Pemerintah Kabupaten Malang saat ini sedang gencar menggali segala sumber daya alam yang ada di berbagai aspek untuk meningkatkan taraf [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Gasak Perhiasan Tetangga Dipolisikan.....
03/09/2015 | Fajar Agustyono

Blitar, KOPI - Sri Lestariningsih (56), warga dusun Gaprang 1 Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Rabu (2/9) sekitar pukul 22.00 WIB be [ ... ]



POLITIK

21 Kabupaten/Kota di Jateng akan Laksana.....
02/09/2015 | Sukarno

KOPI, Semarang - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin mengungkapkan ada 21 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkad [ ... ]



OPINI

Puncak Mahkota Bunga Orde Rahwana.....
01/09/2015 | Subagyo

KOPI - Rahwana Raja,  Rajanya kaum Yaksa,  beputera dengan Bidadari  pemberian para Dewa Indrajid – Lambang puncak keberhasilan Rahwana.  Orde B [ ... ]



PROFIL

Kenalan dengan Teguh Purnomo, Mengawal D.....
03/09/2015 | Sukarno

KOPI - Penampilannya tenang dan ramah. Tapi dilihat dari gaya bicaranya, tampak bahwa dia seorang yang berwawasan luas. H. Teguh Purnomo, SH, MHum ada [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Tari Binies, Budaya Suku Gayo.....
25/08/2015 | Syaiful Anshori

KOPI, Aceh Utara - Indonesia memiliki beraneka ragam budaya dan kesenian. Terutama di wilayah Aceh sendiri yang memiliki beraneka ragam suku dan bahas [ ... ]



ROHANI

Kapolda Lampung Lepas Keberangkatan Jema.....
21/08/2015 | Feri Agustian

KOPI, Lampung - Kapolda Lampung Brigjen Pol Drs. EDWARD SYAH PERNONG, SH.melepas calon jamaah haji keluarga besar jajaran Polda Lampung, pelepasan  [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | Ug Dani
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Mbah Sarlan dan Gerojokan Sewu.....
24/07/2015 | Agus Siroj Hudi

KOPI, Malang - Bendosari adalah satu di antara Desa yang berada di Kecamatan Pujon Malang Barat dan telah di tetapkan sebagai salah satu Desa Wisata u [ ... ]



PUISI

Puisi 'Mataku Menyertaimu' Karya : Sonny.....
13/08/2015 | Sonny H.Sayangbati
article thumbnail

  ______Mataku Menyertaimu________ By:Sonny H.Sayangbati   hi kawan aku melihatmu dari jauh sungguh aku selalu khawatir tentangmu sebab aku ja [ ... ]



CURAHAN HATI

Kepala Anjungan NTB Kecewa terhadap Peng.....
24/08/2015 | Dody Muhamad

KOPI, Jakarta - Kepala Anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs, Syahril merasa kecewa atas Sikap pengelola tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII [ ... ]



HIBURAN

Film “Jenderal Soedirman” Tayang Se.....
25/08/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Berangkat dari rasa penasaran dan kepedulian tentang mengapa jalan protokol di berbagai ibukota provinsi tersemat nama Jenderal Soedirman tetap [ ... ]



KULINER

Pasar Santa Semakin Meriah Dengan Kehadi.....
03/09/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Dua Belibis, saus yang terkenal memiliki cita rasa istimewa dan berkualitas tinggi, bekerjasama dengan para tenant di Pasar Santa, menggelar  [ ... ]



HIDUP SEHAT

5 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah Muhamm.....
03/09/2015 | Didi Ronaldo

1. 1. Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan.
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa  [ ... ]



SERBA-SERBI

Lowongan Kerja BNI Life Bancassurance.....
03/09/2015 | Redaksi Pewarta-Indonesia

KOPI - PT. BNI LIFE INSURANCE, anak company dari PT. BNI (persero) Tbk, MEMBUKA LOWONGAN KERJA UNTUK DI TEMPATKAN DI SELURUH KANTOR CABANG BANK BNI  [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.