Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?

YANG TERPINGGIRKAN
Ketika Rasisme Dekat dengan Para Punggaw.....
26/06/2015 | Maulana Muhammad

“Il Club Più Titolato Al Mondo” merupakan sebuah ungkapan dalam bahasa Italia yang mengandung  [ ... ]


GELORA SEPEDA
Fun Bike Meriahkan HUT Ke-69 TNI di Aceh.....
29/09/2014 | Syamsul Kamal
article thumbnail

KOPI, Aceh Jaya - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke 69, Komando Distrik Militer (Kodim) 0114 Aceh Jaya, mengegelar acara sepeda santai (fun Bike)  [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

 

Yang Terpinggirkan Yang Terpinggirkan Penegakan Hukum di Indonesia; Menegakkan Benang Basah

Penegakan Hukum di Indonesia; Menegakkan Benang Basah

altKOPI, Hukum di negeri ini tampaknya seperti menegakkan benang basah, sulit dan nyaris tidak mungkin. Banyak yang berpendapat hukum di Indonesia ini ibarat orang membelah bambu; satu diangkat lainnya diinjak. Jika rakyat kecil yang bersalah, hukum akan diterapkan sekeras-kerasnya. Tapi bila itu bagian dari sistem dan lingkaran kekuasaan, hukum sepertinya menjadi loyo dan ogah-ogahan.

 

Ini contoh kecil saja, karena yang besar-besar sudah sangat terlalu sering kita saksikan dan simak di media besar.

Beberapa hari lalu Polsek Satui Polres tanah Bumbu Polda Kalimantan Selatan menangkap dan mengamankan 4 pelaku pemerasan yang mengaku sebagai anggota Polda Kalsel.

Keempat pelaku itu melakukan pemerasan terhadap para supir truk di jalan ex HPH PT. Sumpol Timber di wilayah Desa Bukit Baru Kecamatan Satui.

Para tersangka masing-masing bernama Gugun (35), Tana (36), Dartonaji (24), dan Arlan (27). Menurut informasi dari para supir truk, tindakan pemerasan itu bukanlah yang pertama kali dilakukan para tersangka. Aksi mereka tersebut dilakukan pada malam hari dengan menggunakan senjata api laras panjang rakitan. Para pelaku juga mengaku sebagai anggota kepolisian dari Polda Kalsel untuk menggertak korbannya, dan tidak segan-segan mengeluarkan tembakan peringatan jika ada sopir yang menolak permintaan mereka.

Bukan hanya truk bermuatan yang jadi sasaran para pelaku, namun terkadang truk tanpa muatan pun ikut jadi sasaran. Mereka meminta paksa para sopir untuk memberikan uang sebesar Rp. 500 ribu. Diduga para pelaku juga sering beroperasi di jalan ex HPH PT. Alam Unda di wilayah Desa Sumber Arum dengan modus operandi yang sama.

Tertangkapnya keempat pelaku pemerasan tersebut berawal dari informasi salah seorang sopir truk yang pada malam itu juga sempat menjadi sasaran mereka. Pihak Pos Polisi di Desa Bukit Baru yang menerima laporan langsung meminta bantuan ke Mapolsek Satui untuk melakukan pengejaran terhadap para tersangka, yang akhirnya berhasil menangkap dan mengamankan barang bukti berupa 2 pucuk senjata api laras panjang rakitan (1 pucuk dalam kondisi rusak) lengkap dengan 12 butir peluru tajam yang masih aktif serta selongsong dan proyektil buatan yang sudah sempat digunakan.

Kapolsek Satui, Iptu Theodorus Priyo dan Kanit Reskrim Polsek Satui, Ipda H. Sunaryo membenarkan pihaknya telah menahan keempat pelaku tersebut.

Namun yang sangat disayangkan adalah pihak Kepolisian hanya menahan dan memproses 4 pelaku yang merupakan warga biasa. Sedangkan sebenarnya menurut salah seorang anggota polisi yang ikut dalam penangkapan terhadap pelaku pemerasan itu mengungkapkan, pelaku sebanyak 5 orang, termasuk seorang oknum anggota TNI AD.

Menurut anggota polisi itu pula, saat ditangkap dan diamankan, oknum TNI berpangkat Praka berinisial J itu merupakan anggota dari Kompi 623 Sungai Ulin Banjarbaru. Diketahuinya identitas oknum yang bersangkutan dari kartu anggota TNI yang sempat diminta oleh petugas kepolisian. Dan ketika itu si oknum TNI yang nakal itu sedang mengenakan pakaian dinas lapangan.

Karena seorang pelaku merupakan anggota TNI, maka oleh pihak kepolisian diserahkan ke Koramil. Namun oleh Danramil setempat, oknum tersebut dikembalikan ke kesatuannya tanpa diketahui bagaimana tindak lanjutnya.

Danramil Satui, Kapten Aris ketika ditanya wartawan terkait dugaan keterlibatan seorang anggota TNI AD dalam aksi pemerasan itu, menampik dengan mengatakan yang bersangkutan tidak terlibat, hanya kebetulan sedang berada di TKP. Keberadaan oknum itu menurut Danramil adalah untuk keperluan menyerahkan beberapa proposal ke para pengusaha. Bahkan ia meminta pihak media agar jangan menulis pemberitaan yang membawa-bawa nama anggota TNI AD tersebut.

Lain keterangan Danramil, lain pula keterangan dari 4 pelaku lainnya. Mereka mengungkapkan justru yang membuat dan merakit senjata api laras panjang tersebut adalah oknum TNI AD tersebut. Bahkan sepucuk senjata apai yang digunakan untuk melakukan pemerasan tersebut sempat dibuang oleh oknum itu ketika anggota kepolisian melakukan penangkapan dan pengamanan terhadap para pelaku.

Sungguh tidak logis alasan yang mengatakan oknum yang bersangkutan malam-malam sedang akan menyerahkan proposal.

Inilah potret ketidak berpihakan hukum kepada warga atau masyarakat biasa. Seorang berpangkat prajurit saja dibela oleh entah teman, rekan, atasan, atau bekas atasannya, meskipun perbuatannya salah. Apalagi jika yang melakukan kesalahan itu berpangkat perwira, atau jenderal misalnya, sudah dapat kita bayangkan, mereka pasti mati-matian membelanya dengan dalih demi nama baik korp, institusi, lembaga, atau apalah lagi sebutannya.

Mereka lebih sayang nama korp atau nama kelompoknya menjadi tercemar oleh hal dan perbuatan tercela ketimbang nama baik negara ini di mata seluruh rakyatnya. Kalau sudah begini, apa kata dunia ? Maka akhirat lah yang akan menjawabnya kelak.

 

Pers Gathering & Buka Puasa Bersama dengan Kejati Riau
Rabu, 08 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Pers Gathering berlangsung di aula kejaksaan Tinggi Riau dari jam 17.30 WIB dan berakhir hingga waktu berbuka sekira jam 18.24 WIB. Dihadiri lebih dari tiga puluh wartawan cetak dan elektronik dari berbagai pemberitaan baik lokal maupun nasional seperti Metro TV,TVOne, MNC group, RTV, Riau Pos, Detik.Com, okezone.com , Pewarta-Indonesia.com. dll. Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Susdiyarto Agus Praptono,SH.MH didampingi oleh... Baca selengkapnya...

Lepas Kangen Kasie Tipikor Kejati Riau dengan Para Jaksa
Rabu, 08 Juli 2015

KOPI, Pekanbaru- Tidak terasa sudah 3 tahun Eka Satria menjabat kasie Tipikor Kejaksaan Tinggi (kejati)Riau . Eka Satria mendapatkan promosi jabatan di Kejaksaan Tinggi Banda Aceh. Untuk lepas kangen dengan teman-teman satu profesi maka diadakan kegiatan buka bersama bertempat di hotel Pangeran , Selasa (7/7-15). Puluhan orang Jaksa yang bertugas di Kejati Riau datang dalam kegiatan buka bersama tersebut . Dalam sambutanya  Eka Satria... Baca selengkapnya...

Walikota Blitar Serahkan Ribuan Bingkisan Kepada Tukang Becak
Selasa, 07 Juli 2015

Blitar, KOPI - Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Blitar memberikan bingkisan kepada tukang becak, tukang parkir, fakir miskin, anak yatim dan janda. Sebanyak 3000 bingkisan diberikan kepada warga kota Blitar yang kurang beruntung di halaman Kantor Pemerintah Kota Blitar, Selasa (7/7). Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Blitar, Wakapolres, Plt. Sekda, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo serta para Kepala SKPD se Kota... Baca selengkapnya...

Razia Kos-kosan Dua Pasangan Mesum Diamankan Petugas
Selasa, 07 Juli 2015

Razia Kos-kosan Dua Pasangan Mesum Diamankan Petugas Blitar, KOPI - Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Blitar Kota, Kodim 0808, Satpol PP, BNN, Dinas Kesehatan dan Kesbanglinmas Kota Blitar, Selasa (7/7) sekitar pukul 10.00 lakukan razia kos-kosan . Petugas gabungan tersebut lakukan tes urine terhadap para peghuni kos-kosan dibeberapa tempat, diantaranya kos-kosan jalan Gotongroyong, jalan Halir dan kos-kosan daerah kelurahan Gedok. ... Baca selengkapnya...

Pasek: SBY Mempertahankan Politik Dinasti
Selasa, 07 Juli 2015

KOPI, Jakarta – Ketua Umum (ketum) DPP Partai Demokrat H. Susilo Bambang Yudhoyono masih mempertahankan politik dinasti di Partai Demokrat. Menurut Pasek, hal tersebut dapat dilihat dari susunan kepengurusan Partai Demokrat 2015-2020 yang disusun oleh SBY sebagai ketua umum. “Kalau dulu, masih sangat terlihat permainan dinastinya, sekarang lebih halus, tetapi tetap terbaca,” kata I Gede Pasek Suardika Senin (6/7/2015) kepada wartawan di... Baca selengkapnya...

Pembangunan Stadion Nglegok Dan Amphiteather Dilaporkan KRPK Ke Kejaksaan
Senin, 06 Juli 2015

§ Pembangunan Stadion Olahraga Nglegok, terdapat kekurang volume senilai Rp. 569,1 juta. § Pembangunan Amphiteater di Penataran, terdapat kekurangan volume senilai Rp. 107,2 juta Blitar, KOPI - Setelah minggu lalu, tepatnya hari Jum’at (3/7) pembangunan Stadion Olahraga di Kecamatan Nglegok kabupaten Blitar disidak Komisi I DPRD Kabupaten Blitar dan pembangunan Amphiteater yang berada di Desa Penataran disidak Badan Anggaran DPRD... Baca selengkapnya...

Kapolri : Buktikan Rekrutmen Polisi Pake Duit Laporkan, Saya Kasih Rp. 1 juta
Sabtu, 04 Juli 2015

KOPI, Jakarta — " Kalau ada yang bisa buktikan rekrutmen polisi pakai duit, saya kasih satu juta," ujar Badrodin Haiti saat menyampaikan sambutan dalam acara silaturahmi dan buka puasa bersama dengan sejumlah LSM dan kelompok masyarakat, Jumat (3/7/2015) malam di Jakarta. Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti memastikan bahwa rekrutmen anggota Polri bebas dari pungutan liar ataupun uang pelicin. Ia menantang siapa pun yang bisa... Baca selengkapnya...

INTERNASIONAL

Dinasti Bush yakni Jeb Bush Ikut Pilpre.....
17/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Washington - Pemilihan Presiden (Pilpres) negara Amerika Serikat (AS) dijadwalkan   pada November 2016, para capres dari Partai Republik m [ ... ]



NASIONAL

Pemerintah Harus Lindungi Perempuan Dala.....
06/07/2015 | Muhyi

KOPI, Jakarta – Tingkat kerentanan terhadap perempuan, anak perempuan dan remaja menghadapi resiko yang lebih besar ketika berada dalam situasi b [ ... ]



DAERAH

Dikuatirkan Akibat Pemindahan Angdes, Te.....
07/07/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Kontroversi Pemindahan Angdes akibat pembangunan 44 kios dan 64 los yang menelan dana APBN sebesar 5 milliyar. Oleh karena i [ ... ]



PENDIDIKAN

Pembukaan Program S1 Sekolah Tinggi Huku.....
07/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI - Pendidikan hukum merupakan salah satu pilar utama untuk menghasilkan praktisi hukum yang mempunyai kecakapan dan integritas tinggi, dalam mendu [ ... ]



EKONOMI

Tekan Harga Sembako, Pemkot Gelar Pasar .....
06/07/2015 | Hanif Nurhidayat

KOPI, TEGAL  - Selama empat hari di empat kecamatan, mulai hari Senin (6/7) hingga Kamis (9/7), Pemerintah Kota Tegal menggelar pasar murah. Sebanya [ ... ]



HANKAM

Pesawat Hercules Kanibal.....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Medan- Bergugurnya prajurit dan anak bangsa bukan korban peperangan, melainkan jatuh siburung besi yakni pesawat Hercules C-1310 menelan korban [ ... ]



OLAHRAGA

Polres Meranti Gelar Turnament Badminton.....
14/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, SELATPANJANG - Polisi Resort (Polres) Kepulauan Meranti menggelar Open Turnamen Badminton perdana, turnamen ini diselenggarakan di Gedung Ocean  [ ... ]



PARIWISATA

Pesan Hotel Di Ezytravel Diskon Hingga 4.....
02/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Di bulan suci Ramadhan 1436 H, Ezytravel bersama 40 e-commerce di Indonesia ikut serta dalam event yang diselenggarakan oleh Lazada, Zalora d [ ... ]



HUKUM & KRIMINAL

Jajaran Satresnarkoba Polresta Pekanbaru.....
07/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru Jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Pekanbaru, Minggu (05/07/15) telah berhasil menggagalkan transaksi narkoba [ ... ]



POLITIK

Sosialisasikan Pancasila, UUD 1945, NKRI.....
07/07/2015 | THRESIA EVA

KOPI, Blitar - Sekitar 100 warga memadati Sosialisasi Pancasila, UUD ’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal oleh Ir. Endro Hermono, MBA, selaku Anggota DPR/ [ ... ]



OPINI

Pendidikan dari Jaman ke Jaman.....
06/07/2015 | Subagyo

KOPI - Pendidikan kita Penuh dengan Kegoncangan akibat  Perubahan policy. Keberhasilannya tergantung pada ketulusan bathin guru-gurunya. Mulai dari  [ ... ]



PROFIL

Dirnarkoba Riau: Kuartal I Januari-Mei, .....
04/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru – Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes (Pol) Hermansyah, mengatakan kuartal I bulan Januari-Mei 2015 Polda Riau menangani  6 [ ... ]



SOSIAL & BUDAYA

Maksud Logo “Naga Merah” Hut DKI ke-.....
25/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan logo resmi HUT DKI Jakarta ke-488 Senen 22 Juni 2015 . Dalam logo yang bisa dilihat di situs resm [ ... ]



ROHANI

Pengurus DPD KNPI Propinsi Riau Menga.....
06/07/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Pekanbaru- Bertempat gedung DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Propinsi Riau jalan Diponegoro , Pekanbaru. Ratusan orang pengurus , [ ... ]



RESENSI

Jangan Dengerin Sendiri.....
27/04/2015 | UG DANI
article thumbnail

Resensi Buku Judul :Jangan Dengerin Sendiri
Penulis : Naomi Angelia Sea
Tebal. : 200
Penerbit : Bukune Juli 2014
Harga. : Rp 41 [ ... ]



CERPEN & CERBUNG

Soekarno: Mien Hessels “Bunga Tulip Be.....
19/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Tiga setengah abad atau 350 tahun negara Indonesia dijajah Belanda, berbagai penderitaan rakyat Indonesia zaman penjajah dahulu. Berbagai macam [ ... ]



PUISI

Guman Penyawang.....
03/07/2015 | Agus Siroj Hudi
article thumbnail

Di antah brantah... Tatapan sinis, acuh tak lega... Senyum tepis, hindar jika dinyana... Bungkam seribu bahasa....   Diantahbrantah. [ ... ]



CURAHAN HATI

Macapat, Kesenian Tradisional yang Hampi.....
04/07/2015 | Agus Siroj Hudi

  KOPI, Malang - Macapat adalah tembang atau puisi tradisional jawa. Tembang macapat merupakan warisan budaya yang di gunakan sebagai metode pengaja [ ... ]



HIBURAN

Konser Galang Dana, Raisa dengan Andre H.....
21/06/2015 | Didi Ronaldo

KOPI, Kuta Bali - Bersama dengan Yayasan Sole Men Indonesia yang berlokasi di Tabanan, Bali, malam ini (Sabtu, 20/6) Dua artis senior papan atas Ind [ ... ]



KULINER

McDonald’s Tingkatkan Layanan Melalui .....
01/04/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Kini menikmati McDonald’s terasa lebih nyaman dan menguntungkan dengan hadirnya layanan terbaru “Online McDelivery Cashless Promo”. Pel [ ... ]



HIDUP SEHAT

Pola Hidup Sehat, Berpuasa Saat Ramadhan.....
16/06/2015 | Mardinal

KOPI,Sarolangun,- Puasa merupakan suatu kewajiban bagi Umat Islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt firmanNYA “ Hai orang - orang beriman [ ... ]



SERBA-SERBI

Kompetisi Foto Berhadiah Tiket pesawat .....
06/07/2015 | Yeni Herliani

KOPI – Moment Lebaran rasanya sulit untuk diabaikan, terlalu menarik untuk dibiarkan berlalu begitu saja. Demi memeriahkan moment Lebaran di penghuj [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.