Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



POLLING WARGA
Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
 

Luar Biasa,,, Preman Proyek di Pemko Pekanbaru Diback-Up Walikota

KOPI, Pekanbaru- Sidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadaan Lampu Sorot Penerangan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Selasa (19/12/17) siang di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, cukup tegang.

Dalam fakta persidangan dilansir dari Beritariau.com, terungkap adanya premanisme dalam kegiatan proyek di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Ketua Majelis Hakim‎ Kamazaro Waruwu‎ mencecar lima orang saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Unum (JPU).

Kelimanya, yakni Sri Suryanti selaku Mantan Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Jalan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru, Janiariska, Dwi Pujianto Putro, Dido‎ dan Ari Mufti selaku Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pekanbaru.

"Para saksi saya ingatkan untuk berkata jujur jangan berbohong. Karena akan ada konsekuensinya. Katakan saja apa adanya," kata Waruwu.


Dalam kasus ini, JPU menghadirkan lima terdakwa antara lain ; Masdauri, selaku Kepala Bidang di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru dan menjadi Kuasa Pengguna Anggaran sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen dalam proyek itu.

Kemudian, tiga orang terdakwa lainnya adalah Abdul Rahman, Majid, dan Munahar, yang bersama-sama menjadi broker proyek tersebut.

Dan terakhir yakni, Hendy Wijaya yang merupakan manajer pada toko yang menjual lampu yang juga menggarap proyek lampu jalan tersebut.

Kelimanya diperiksa hakim dalam kasus pengadaan Peningkatan Operasi dan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Penerangan Jalan Swasta dan Lingkungan Kota Pekanbaru tahun 2016 dilaksanakan melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau.


Kini ribuan jumlah media online, Pewarta Indonesia.com merupakan Media online Standar Internasional (World Class) kami menjalin kerjasama dengan berbagai negara di dunia. Silahkan ketik di Google.com “ Operasional Fee” . Berita kami bisa dibaca oleh masyarakat internasional any time, any where, translate delapan  bahasa dengan mengklik bendera di pojok kanan layar komputer Anda. Percayakan publikasi kegiatan Anda dengan kami. Media elektronik (red. TV) biaya mahal hanya sekali tayang bro. Orangpun tak tahu kapan tayang beritanya.

 

Dalam persidangan ini terungkap bahwa, proyek yang bersumber dari Dana Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau tersebut, dipecah menjadi 35 paket proyek dari usulan sebelumnya yakni 40 paket.

Tiga puluh lima (35) paket itu, dikerjakan oleh 15 perusahaan komanditer selaku rekanan yang ditunjuk langsung tanpa melalui proses lelang.

"Saat anda jadi PPTK siapa kadis?," tanya Waruwu pada Sri. "Awalnya pak Edwin. Kemudian Plt Zulkifli Harun. Lalu dia menunjuk KPA yaitu Masdauri selaku Kabid Pertamanan," jawab Sri.

Sri menjelaskan awalnya, anggaran kegiatan itu dimuat dalam APBD Murni. Namun, karena tidak terlaksana, maka dimasukkan ke APBD Perubahan melalui Peraturan Gubernur Riau pada November 2016.

Dahsyatnya pertanyaan Hakim ini membuat Sri tak mampu berkelit. Saat ditanya apakah proyek itu bisa dicairkan tanpa ada tandatangan darinya. Sri menjawab, tidak bisa.

Waruwu pun melanjutkan. "Lalu kenapa anda teken padahal bermasalah. Tugas anda kan mengawasi dan mengendalikan. Anda sadar anda salah? Siap bertanggung-jawab," ujar Waruwu.

Tak mampu berkelit. Sri lama terdiam dan akhirnya mengaku salah dan siap bertanggungjawab. Ia juga blak-blakan mengaku bahwa pihaknya telah meminta petunjuk ke Lembaga Kebjiakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat pada bulan Oktober 2016.

Saat itu, Ia ikut pergi bersama 4 orang termasuk Dwi dan Masdauri.‎ Disitu, mereka membahas tentang produk dalam negeri dan luar negeri yang harus mencantumkan Standar ISO.

‎"Apakah saran LKPP itu diikuti?," tanya Waruwu. "Sama KPA nya tidak pak. Karena (produk lampu) tidak punya ISO dan tidak punya merek," jawabnya.

Kepada Saksi Dwi, Hakim mempertanyakan bagaimana caranya ke 15 perusahaan rekanan itu datang, jika proyek itu tidak melalui proses lelang alias ditunjuk langsung.

"Bagaimana caranya orang ini datang?‎," tanya Waruwu kepada Dwi sambil mengarahkan pandangan ke arah para terdakwa.

"Yang mengundang Pak Masdauri pada bulan Oktober. Beliau memberikan catatan kecil bahwa paket-paket tadi ditujukan kepada siapa. Jadi, berdasarkan itu kami melaksanakannya," jawab Dwi.

"Perintah siapa?," tanya Waruwu mempertegas. "Pak Masdauri," jawab Dwi. "Apa perintahnya?," tanyanya lagi. "Buatkan kontraknya, ini orang-orang yang saya tunjuk," ucap Dwi menirukan kata Masdauri ketika itu.

Dwi mengaku, sesuai kewenangan, seharusnya dirinyalah yang bertugas menunjuk rekanan.

"Ada nama-nama (rekanan) yang diberikan ke Saudara, lalu kenapa tidak ditolak?‎ Atau Saudara membenarkan diri dalam korupsi?," gertak Hakim.

"Tidak yang mulia," jawab Dwi.

Hakim pun heran. Ia mempertanyakan kenapa Dwi harus menuruti keinginan Masdauri.

"Sedemikian takut Saudara dengan Masdauri. Mana dia? Anda hebat kali. Atau Saudara ada orang dibelakangnya sampai kalian takut?," tanya Dwi sambil memandang Masdauri yang duduk di kursi terdakwa.

"Dwi, bagaimana?," lanjut Waruwu ke arah Dwi. "Kemungkinan pak. Ada premanisme juga pak," jawab Dwi.

Waruwu pun kaget. "Benar ada preman proyek? Siapa nama premannya?‎," tanya Waruwu. "Achi pak," jawab Dwi.

Dwi mengaku dirinya tak ingin jadi korban Molotov seperti yang dialami beberapa pejabat lainnya. Waruwu pun meminta Dwi tak perlu takut jika untuk membuka kebenaran dan keadilan. Ia kembali menanyakan, apakah ada orang kuat dibelakang Masdauri.‎

"Dia diback up (dibekingi) Walikota atau Kepala Dinas?," tanya Waruwu.‎ "Walikota pak," jawab Dwi dengan cepat. "Oke catat itu. Kalau perlu walikota kita hadirkan di sini," sambut Waruwu.

Namun, pengakuan itu dibantah oleh Masdauri. Ia mengaku tak pernah mengintervensi Pejabat Pengadaan. Ia berkilah memberikan catatan pribadi  yang sifatnya normatif.

"Yanti (Sri) dan Dwi datang, saya sampaikan agar laksanakan kegiatan segera. Jangan ada pemotongan dan mark up. Saya tak diback up siapapun. Saya juga terancam," ucapnya.

Waruwu tampak penasaran. "Benar gak ada preman proyek?," timpal Waruwu. "Memang ada. Tapi saya tidak menghiraukan itu," kata Masdauri.

Selain mencecar keduanya, Waruwu pun mempertanyakan peranan Gubernur dalam proyek itu.

Saksi Ati Mufti, menerangkan, secara runut, perencanaan ini tepat. "Apa yang dimuat dalam APBD Kota, sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Provinsi Riau," kata Ati.

Kepada JPU, Waruwu mempertanyakan soal penyidikan terhadap perencanaan itu. Untuk memperjelas perencanaan ini, Hakim Waruwu memerintahkan Jaksa untuk menghadirkan saksi dari pejabat persidangan.

"Saya perintahkan Jaksa untuk hadirkan pejabat yang berwenang (Perencanaan dan Keuangan, red). Ada orangnya? Siapa itu?," kata Waruwu.

"Ada yang mulia. Kepala Bappeda dan BPKAD Kota Pekanbaru," kata JPU menjawab Waruwu.

Untuk diketahui, dalam proses penyidikannya, kasus ini diduga telah merugikan negara sesuai perhitungan oleh Auditor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Riau sebesar Rp2,696 miliar.

Jumlah ini lebih besar dibandingkan perkiraan Penyidik sebelumnya, senilai Rp 1,3 miliar. Kejaksan Tinggi (Kejati) Riau juga telah memeriksa sejumlah pejabat Pemko Pekanbaru, antara lain : Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pekanbaru, Yusrizal dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru, Alex Kurniawan.

Ditempat kerjanya, Chealsi Isnen & Ucu Rosyid menuturkan " Jangan lupa  Pak Wako, bagi-bagilah komisi proyek tuh modal kawin ulas" pengamat Proyek Pemerintah. (DIDI)

Teks Foto: Target Operasi Premanisme. (foto.net)

Hati-Hati Sindikat Penipuan !!... wartawan Gadungan, Wajah Serupa/mirip, Orang Sinting menjual nama orang lain sebagai Paman/Mamak/ family/ Orang tua wartawan,dll. Mengaku nulis berita. Tangkap pelakunya , masukan penjara , jangan lepaskan.

 

 

 


Artikel Lainnya:

 

Seluruh Kepala Daerah di Riau Deklarasikan Dukung Pasangan Capres dan Wapres Jokowi- Maruf Amin
Kamis, 11 Oktober 2018

KOPI, Pekanbaru- Dua belas orang Kepala daerah dari Gubernur, Walikota, Bupati se Riau Deklarasikan dukung Relawan Projo. Sembilan Kepala Daerah hadir saat deklarasi bertempat di hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu 10 Oktober 2018 untuk mendukung relawan Projo pasangan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia Jokowi-Ma'ruf Amin. Bupati yang hadir saat itu Bupati kepulauan Meranti Irwan Nasir, Walikota  Zulkifli, Mursini Bupati... Baca selengkapnya...

Heboh.. Ratna Sarumpaet Ngarang Berita Hoaks ke Kandidat Capres Prabowo Subianto
Kamis, 04 Oktober 2018

KOPI, Jakarta – Ditempat kerjanya, Kangmas Sutisyoso mengatakan” Ini buktinya Ratna Sarumpaet mengarang berita Hoaks kepada Kandidat Calon Presiden Prabowo Subianto. Seakan-akan ia korban dari kezoliman dari kandidat Timses (Tim Sukses) capres dan wapres yang lain. Ini akibatnya fatal, bisa menimbulkan gejolak politik, walaupun sepele. Ia melapor lansung kepada Prabowo. Prabowopun merespon beserta dengan Timsesnya. Kebiadapan oknum pelaku... Baca selengkapnya...

Inilah Isi Pakta Integritas Hasil Ijtima Ulama II dengan Capres Prabowo
Minggu, 16 September 2018

KOPI, Jakarta - Ada tujuh belas isi Pakta Integritas Hasil Ijtima Ulama II , penandatangani di Grand Cempaka Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (16/9/2018). Penandatanganan dilakukan oleh Prabowo Subianto dengan Ketua GNPF Ulama yakni Yusuf Martak. Hadir saat itu Ketum PAN (Partai Amanat Nasional) Zulkifli Hasan dan Waketum Gerindra Fadli Zon. Inilah 17 poin isi Pakta Integritas tersebut. 1. Sanggup melaksanakan Pancasila dan UUD... Baca selengkapnya...

Ilmu "Kaca Mata Kuda"
Minggu, 16 September 2018

  KOPI, Jakarta – Hidup ini harus pandai-pandai membawakan diri. Lihat Timing, Situasi, ekonomi kalau ingin berubah. Pandai/pintar sendirilah Anda. Ada orang tidak tamat sekolah hanya SD (Sekolah Dasar)  jadi pengusaha sukses. Orang ada memiliki kemampuan akademik, kemampuan diluar akademi yakni motorik. ialah kemampuan berpikir otak kiri dan kanan harus seimbang. Ada orang yang betah kerja kantoran, pergi pagi pulang sore/malam. ... Baca selengkapnya...

Kasad Singapura Goh Si Hou Kunjungi Panglima TNI
Senin, 27 Agustus 2018

KOPI, Jakarta - Kerjasama militer kedua negara terus dilanjutkan dan ditingkatkan ke arah yang lebih baik dengan tetap melaksanakan latihan bersama dan pertemuan antar Perwira TNI dengan Perwira Singapore Armed Forces (SAF). Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P saat menerima kunjungan kehormatan Kasad Singapura Brigadier General Goh Si Hou di ruang tamu Panglima TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat... Baca selengkapnya...

Jubir BIN: Keterlibatan Kabinda Riau Soal Pemulangan Neno Warisan ke Jakarta for Menghindari Bentrok
Senin, 27 Agustus 2018

KOPI, Jakarta – Juru bicara (Jubir) Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto, mengatakan BIN Daerah (Binda) Riau hanya menjalankan tugas agar tidak terjadi bentrokan massa. Terlebih acara yang dihadiri Neno tidak mendapat izin. ''Imbauan untuk kembali ke Jakarta terhadap Neno Warisman adalah jalan terbaik dari pada terjadi bentrokan dan menghindari jatuhnya korban dan tentu akan muncul masalah baru atas legalitas acara tersebut,'' kata... Baca selengkapnya...

TPNPB/OPM Tembak TNI Yang Bawa Bahan Makanan Untuk Anak-anak Tingginambut
Minggu, 19 Agustus 2018

KOPI, Puncak Jaya – Kembali 2 orang prajurit TNI atas nama Alm. Letda Inf Amran Blegur (Dan Pos) dan Alm. Pratu Fredi anggota Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Pos Tingginambut, Puncak Jaya gugur menjadi korban keganasan kelompok TPNPB/OPM wilayah Tingginambut, Minggu (19/8).   Pada hari Sabtu (18/8), Letda Inf Amran Blegur bersama anggota Pos Satgas Pamrahwan Tingginambut merencanakan untuk memberi sumbangan bahan makanan kepada... Baca selengkapnya...

INTERNASIONALAnggota Parlemen Timor Leste Memutarbali.....
08/09/2018 | Mohamad Nur Arifin

KOPI, NTT - Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M di Kupang, Jumat ( 07/09) menjelaskan bahwa apa yang di tuduhkan pada tan [ ... ]



NASIONALDeklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 20.....
15/10/2018 | Wawan Setiawan
article thumbnail

KOPI,Jayapura - 16 (Enam Belas Partai) Partai Politik di Kab. Jayapura mengikuti pelaksanakan Konvoi Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2019 di Lap [ ... ]



DAERAHPemerintah Aceh Siapkan Bantuan Kemanusi.....
05/10/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

KOPI-Jakarta, Saudara kita yang berada di kota Palu dan sekitarnya baru saja menderita akibat gempa bumi dan tsunami pada tanggal 28 September 2018. S [ ... ]



PENDIDIKANUndangan Temu Alumni SMA N 1 Minggir Lul.....
15/10/2018 | EspedE Ainun Nadjib

KOPI - Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (Lustrum) XXV SMA Negeri 1 Minggir “SMAKER” Sleman Yogyakarta menyelenggarakan Temu Alumni Lintas A [ ... ]



EKONOMIBuruh Pabrik Karet PT. Ricry Empat Bula.....
10/10/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Pengusaha pabrik karet pengolahan  bahan mentah PT Riau Crumb Rubber Factory (RICRY) tidak kasihan melihat buruh pabriknya selama [ ... ]



HANKAMDanlanud RHF Pecat Prajurit TNI AU Pra.....
01/09/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pulau Batam - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Sugeng Triwardono mengatakan “ Jangan ada pula oknum Tentara “ Separoh Tentara Sepa [ ... ]



OLAHRAGAViral Medsos Rekaman Video Paspampres Ha.....
25/02/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Sebenarnya kegiatan ini bukan kegiatan kenegaraan. Kegiatan tersebut seremonial menyaksikan pertandingan Final antar dua kubu grup [ ... ]



PARIWISATAKunjungan Turis Mancanegara ke Riau .....
04/09/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya, sebut saja namanya Aji Sulung mengatakan “ Program promosi Pariwisata dan event lainnya yang diadakan oleh D [ ... ]



HUKUM & KRIMINALPelintas Batas Negara RI - PNG Tertangka.....
13/10/2018 | Wawan Setiawan
article thumbnail

KOPI,Skouw -  Seorang pelintas batas Negara an. Deminikus Woisiri kelahiran Jayapura 13 Maret 1981,Kristen Protestan, Swasta, alamat tempat tinggal J [ ... ]



POLITIKHeboh Lagu Potong Bebek Angsa Postingan .....
22/09/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Beberapa orang ibuk-ibuk memakai topeng Pinguin menyayikan lagu Potong Bebek Angsa . Syair lagu tersebut menghebohkan percaturan polit [ ... ]



OPINIEfek Sayap Kupu-Kupu dari Pertemuan IMF-.....
27/08/2018 | Harjoni Desky

KOPI - Dua bulan ke depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) Annual Meeti [ ... ]



PROFILKepala BPOM Penny Lukito Apresiasi P.....
30/08/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Pekanbaru – Kepala BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) pusat Penny Lukito memberikan apresiasi kepada produk kosmetik local  mengembangka [ ... ]



ROHANIKanwil Kemenag Riau H. Ahmad Supardi Mut.....
10/10/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari, Jumat (05/10) melantik M Nur kholis Setiawan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama [ ... ]



RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
05/01/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



CERPEN & CERBUNGSuami Genjot Pedal Becak, Istri Genjot T.....
08/10/2018 | Didi Rinaldo

KOPI - Memang tak ada undang-undang yang melarang tukang becak beristri cantik, karena semua itu tergantung rejeki dan kelihaian lobi masing-masing. M [ ... ]



PUISIMenatap Rasa.....
07/06/2017 | Mas Ade

Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



CURAHAN HATINikki Haley : Negara Arab Hanya Bisa B.....
22/08/2018 | Didi Rinaldo
article thumbnail

KOPI, New York - Adapun dalam Daftar Donatur Anrwa ( yayasan mengurus Pengungsi Palestina) terdapat 11 negara mayoritas Muslim yakni : Arab Saudi, K [ ... ]



SERBA-SERBIBupati Kuansing Mursini jadi Inspektur .....
08/10/2018 | Didi Rinaldo

KOPI, Kuantan Singingi - Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI di Lapangan Limuno Telukkuantan, Jumat (5/10/2018) pagi berlangsung d [ ... ]



Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.