Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE
None

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



    POLLING WARGA
    Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
     

    Kepala Distrik Bpiri Diduga Aktor Perusak Pembangunan di Jayawijaya

    Kepala Distrik Bpiri, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Perusak Pembangunan Kampung, KPK segera tangkap dan diperiksa

    alt

    KOPI, Jayawijaya - Kepala Distrik Bpiri selama kepemimpinannya semenjak dilantik dari tahun 2009 hingga sampai tahun 2018 saat ini tak pernah melakukan kegiatan administratif di kantor distrik, tepatnya di kampung iriliga, namun selalu dipusatkan kegiatannya di rumah pribadinya di Wamena.

    Setiap bantuan Dana baik itu bantuan dari pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten /kota melalui program PNPM Mandiri-Respek pembagian dana untuk alokasi distrik bpiri yang diperuntukan kepada 7 kampung selama kepemimpinan oknum kepala distrik pembagian dananya dipusatkan di rumah kediamannya di Wamena.

    Tak pernah pembagian dana di kantor distrik bpiri hingga sampai saat ini, baik itu dana bantuan melalui program PNPM Mandiri-Respek hingga bantuan ADK/DK Alokasi Dana Kampung/Dana Kampung yang bersumber dari APBN Pusat dan APBD Kabupaten/Kota untuk dapat diperuntukkan kepada masyarakat 7 kampung.

    Persoalan seperti ini seharusnya pemerintah daerah musti memberikan sangsi yang tegas terhadap oknum yang bersangkutan sesuai dengan perbuatannya, namun pemerintah daerah malah melindungi kepada oknumnya sehingga masyarakat melakukan tindakkan musti tidak percaya melalui aspirasi-aspirasi yang di sampaikan kepada pemerintah daerah kepada Sekda, DPMK Inspektorat dan dinas-dinas yang lain namun pemerintah selalu diabaikan saja begitu, sehingga masyarakat selalu menerima kekecewaan dan tak pernah merasakan puas.

    Tentunya pemerintah daerah yang fungsinya untuk melindungi masyarakat dan membangun kesejahteraan masyarakat. Namun harapan itu tak pernah terwujud malah jauh dari harapan. Ini salah satu faktor penghambat pembangunan di daerah tersebut.

    Kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan pemerintah daerah tidak berani mengambil keputusan, adapun pemerintah mengetahui kesalahan kepala distrik tapi berusaha menutupi, pura-pura tidak tahu, malas tahu tentu pemerintah mempunyai alasan-alasan tertentu namun masyarakat sulit untuk mengungkapkan itu pada hal masyarakat tahu bahwa kepala distrik jelas-jelas melakukan tindakan penyelewengan jabatan untuk korupsi mengunakan Dana bantuan dari pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang di alokasika kepada 7 kampung tersebut.

    Masyarakat menduga pemerintah daerah takut untuk diberhentikan jabatannya kepala distrik tentu oknum tersebut termasuk salah satu dari tim sukses pemenangan bupati, sehingga pemerintah daerah dalam hal ini Bupati tidak berani sewenang-wenang memperhentikan jabatan oknum kepala distrik tersebut.

    Hal ini tindakan pemerintah daerah yang salah mengatur /mengelola manajemen pemerintahan, sehingga kepala distrik merasa keenakan melakukan tindakan penyalagunaan jabatan untuk bermain nakal di tingkat distrik. Nah sistem yang diterapkan pemerintah daerah model seperti ini sangat merugikan masyarakat pada umumnya dan pada khususnya masyarakat 7 kampung distrik bpiri, kabupaten jayawijaya.

    Kami masyarakat berharap kepada KPK dan para penegak hukum di negeri ini perluh mengambil langkah-langkah yang cepat dan tepat untuk di tangkap lalu diproses secara hukum, sehingga para raja-raja distrik yang nakal seperti kasus ini jangan lagi ada yang terulang kembali. Memberikan pelajaran dan kesadaran kepada yang bersangkutan dan kepada yang lain juga.

    Beberapa data yang dihimpun oleh media masa atas kelakuan oknum kepala distrik bpiri sewenang-wenang melakukan tindakan penyalagunaan jabatan dana kampung mulai semenjak dilantik sampai pengunaan ADK/DK Alokasi Dana Kampung/Dana Kampung sebagai berikut :

    1. Penyalagunaan pertama oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 02 Desember 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah)

    2. Penyalagunaan kedua oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 06 Desember 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 105.000.000 (seratus lima juta rupiah)

    3. Penyalagunaan ketiga oleh kepala distrik bpiri Program PNPM Mandiri Pedesaan Tahun 2013 waktu pembagian dana tanggal 13 November 2013 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 20.000.000 (duapuluh juta rupiah) X 7 kampung = 140.000.000 (seratus empat puluh juta rupiah)

    4. Penyalagunaan ke empat oleh kepala distrik bpiri Dana Desa Tahun 2015 waktu pembagian dana tanggal 04 September 2015 tempatnya di kediaman kepala distrik bpiri di wamena dengan pemotongan dana per kampung Rp. 3.000.000 (tiga juta rupiah) X 7 kampung = Rp. 21.000.000 (dua puluh satu juta rupiah)

    5. Data penguntingan distrik bpiri dan koragi pada tanggal 12 Oktober tahun 2015 pembelian babi perkampung masing-masing antara lain:

    a) Kampung onggabaga jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000X3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

    b) Kampung iriliga jumlah babi 2 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x2=60.000.000 (Enam puluh juta rupiah)

    c) Kampung walakma jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

    d) Kampung dongoki jumlah babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta rupiah)

    e) Kampung tirunggu jumlah babi 2 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x2=60.000.000 (enam puluh juta rupiah)

    f) Kampung Ayoma jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3= 90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

    g) Kampung dingama jumlah babi 3 ekor babi 1 ekor babi Rp. 30.000.000x3=90.000.000 (Sembilan puluh juta rupiah)

    Total Dana Desa untuk pembelian babi dalam rangkah kegiatan penguntingan kantor distrik bpiri sebanyak Rp. 510.000.000 (lima ratus sepuluh juta rupiah)

    6. Data penyalagunaan beras RASKIN 7 Kampung di antaranya:

    1) Kampung onggabaga penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 260 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.503 kg

    2) Kampung Iriliga penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 478 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.974 kg

    3) Kampung Walakma penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 507 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.101.4 kg

    4) Kampung Tirunggu penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 415 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.85 kg

    5) Kampung Dongoki penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 505 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.101 kg

    6) Kampung Ayoma penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 488 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.966 kg

    7) Kampung Dingama penyaluran raskin perkampung 2 ton pembagian rata-rata 1 ton dibagikan per KK 5 kg, jumlah KK 215 sedangkan sisa pembagian rata-rata 1.43 kg Total : 17.884 kg 7.

    Melalui kebijakan kepala distrik bpiri kegiatan Penguntingan kantor distrik bpiri seharus dibikin di kampung Iriliga malah dialihkan di Kampung Ayoma di Gereja Yabenda, masyarakat 7 kampung sangat kecewa atas kegiatan ini

    8. Kepala distrik tidak mampu mengurus administratif pemerintahan distrik, selama kepemimpinannya banyak merugikan masyarakat mulai dari pembagian dana sampai beras raskin semuanya di lakukan di wamena, tak pernah bawa ke kantor distrik

    9. Kepala distrik tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di 7 kampung tersebut, antara lain:

    1) Masalah kepala kampung Onggabaga mencabut tiang bendera merah putih lalu dibuang dengan alasan kenapa kamu kasih naik bendera dengan sembarangan tempat sampai kaca lover gereja elgibor dengan kantor kampung onggabaga dihancurkan ini saja kepala distrik ada di TKP namun tidak pernah meyelesaikan sampai sekarang

    2) Masalah kampung onggabaga yang bermasalah antara masyarakat, aparat kampung dengan kepala kampung juga tidak bisa diselesaikan malah mendukung kepala kampung yang jelas-jelas bersalah.

    3) Kepala distrik melarang Barisan Merah Putih masuk di distrik bpiri, sementara dia sendiri pemerintah, tindakan kepala distrik ini perluh dipertanyakan

    4) Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara tindakan Anarkis yang dilakukan oleh oknum kepala kampung onggabaga A.N. Bapak Paulus Uaga waktu itu mencabut tiang bendera lalu dibuang bendera Negara di depan publik dengan alasan apapun adalah Penghinaan terhadap simbol Negara, kepala distrik waktu itu ada di TKP seharus kepala distrik sudah harus mengambil langkah untuk menyelesaikan namun kepala distrik membiarkan begitu saja, berarti kami bisa asumsikan bahwa kepala distrik adalah aktornya pemicu gerakan kepala kampung melakukan tindakan anarkis.

    5) Atas kesalahan kepala kampung onggabaga dalam pelaporan pertanggungjawab dana desa tahun 2016, karena kepala kampung setelah terima dana desa langsung beli Mobil STRADA dan untuk pertanggungjawab LPJ Dana Desa, kepala kampung mengalami kesulitan dengan terpakasa kepala kampung mencuri foto rumah warga yang dibangun dengan biaya sendiri tanpa bantuan dana kampung, akhirnya semua pemuda kompak menurunkan bendera merah putih yang di pasang kepala kampung di kantor yang dibangun atas inisiatif kepala kampung di wilayah kampung ayoma, sampai kepala distrik membenarkan tindakan kesalahan yang dilakukan kepala kampung onggabaga harusnya mempersalahkan kepala kampung malah mendukung kepala kampung.

    Sampai kepala kampung memanggil aparat keamanan TNI/Polri lalu menghukum masyarakat sampai membayar babi. Ini salah satu tindakan kepala distrik tidak ditengah-tengah tetapi memihak kepada orang yang benar-benar terbukti tangkap basah melakukan kesalahan besar malah mendukung lalu mempersalahkan masyarakat yang seharusnya posisi benar.

    6) Berdasarkan data serta fakta di lapangan membuktikan bahwa kepala distrik bpiri adalah Aktor Perusak Pembangunan di distrik bpiri Kabupaten Jayawijaya .

    Dengan demikian kepala distrik bpiri sesuai dengan kesepakatan masyarakat 7 kampung bersama 7 kepala kampung meminta perluh dip roses secara hukum. Dan diganti dengan kepala distrik yang baru.


    Artikel Lainnya:

     

    Pengamat : Beranikah KPK Tangkap dan Penjarakan James Riady Owner Lippo Grup (II)
    Jumat, 02 November 2018

    KOPI, Jakarta – Kini heboh pula pembangunan perumahaan kota Meikarta melibatkan grup Lippo. Apakah nasib James Riady berakhir dalam Hotel Prodeo” Cakap Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan dari (Pepi). Banyak yang terkejut ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggeledah rumah dan apartemen big boss Lippo Group James Riady. Bahwa Lippo group beberapa kali kedapatan melakukan suap untuk melancarkan proyek dan bisnisnya, itu... Baca selengkapnya...

    Brigjen Pol Dr. Victor Pudjiadi Adakan Penyuluhan Anti Penyalahgunaan Narkoba di SMK Kansai
    Rabu, 31 Oktober 2018

    KOPI, PEKANBARU - Penyuluh Anti Penyalahgunaan Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, Brigjen Pol Dr. Victor Pudjiadi, SpB, FICS, DFM, melakukan kunjungan kerja ke SMK Kansai Pekanbaru, 29 Oktober 2018. Di Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamat di Jl. Damai Ujung No. 120 Panam, Pekanbaru, Riau itu, Polisi berbintang satu ini berkenan memberikan penyuluhan anti penyalahgunaan narkoba bagi 300-an siswa SMK Kansai Pekanbaru. Hadir... Baca selengkapnya...

    Dr. Victor Pudjiadi Gegerkan Pekanbaru di Acara 90 Tahun Sumpah Pemuda
    Rabu, 31 Oktober 2018

    KOPI, PEKANBARU - Seorang warga peserta Gerak Jalan Sehat di area Car Free Day (CFD), Jl. Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, tiba-tiba lunglai dengan leher dan kepalanya terjatuh ke samping akibat tertusuk pisau sepanjang 40-an centimeter yang ditancapkan Dr. Victor Pudjiadi, Minggu (28/10/2018). Kejadian tidak terduga tersebut berlangsung sangat cepat, membuat seluruh penonton tercekat, bengong, dan merasa khawatir. "Waduh, di luar skenario... Baca selengkapnya...

    Anak Ketua PPWI Banten Dibacok Oknum Siswa SMK Prestek Cikande, Ketum PPWI: Usut Tuntas Pelakunya!
    Selasa, 23 Oktober 2018

    KOPI, Serang, Banten - Genta Alfiza Putra Aditya Nur atau nama panggilan Adit (15), anak yatim-piatu yang tinggal bersama neneknya di Desa Junti, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten harus menjalani operasi bedah dan rawat inap di Rumah Sakit Rangkas akibat terkena bacokan clurit di pinggang bagian atas, 16 Oktober 2018 lalu. Kejadian naas pembacokan terhadap siswa kelas IX di SMPN 2 Jawilan itu, terjadi pada hari Selasa, 16 Oktober 2018,... Baca selengkapnya...

    Rhido Slank Apresiasi Aksi Pemuda Tapung Peduli Palu
    Senin, 22 Oktober 2018

    Tapung, 21/10/2018 - Live Band Accaustic penggalangan dana untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) oleh pemuda Tapung dengan tema " Tapung Peduli Palu " yang berlokasi di lapangan parkir Kopi Ateng berakhir ceria. Pasalnya, panitia dan penonton dikejutkan  kehadiran salah satu personil Band papan atas. Yaitu Rhido SLANK dan istrinya yang kebetulan ada agenda di Pekanbaru kota. Kedatangan mereka berkat kordinasi... Baca selengkapnya...

    Peduli Bencana Sulawesi Tengah, Forum Agen 46 Indonesia Kirim Bantuan
    Minggu, 21 Oktober 2018

    KOPI - Sulawesi Tengah (21/10) - Bencana Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah mendatangkan duka mendalam, kehilangan dan penderitaan bagi masyarakat yang mengalaminya. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban, Forum Agen BNI 46 Indonesia yang merupakan perkumpulan Agen BNI yang merupakan Mitra Kerja Bank BNI tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan... Baca selengkapnya...

    Seluruh Kepala Daerah di Riau Deklarasikan Dukung Pasangan Capres dan Wapres Jokowi- Maruf Amin
    Kamis, 11 Oktober 2018

    KOPI, Pekanbaru- Dua belas orang Kepala daerah dari Gubernur, Walikota, Bupati se Riau Deklarasikan dukung Relawan Projo. Sembilan Kepala Daerah hadir saat deklarasi bertempat di hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu 10 Oktober 2018 untuk mendukung relawan Projo pasangan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia Jokowi-Ma'ruf Amin. Bupati yang hadir saat itu Bupati kepulauan Meranti Irwan Nasir, Walikota  Zulkifli, Mursini Bupati... Baca selengkapnya...

    INTERNASIONALAnggota Parlemen Timor Leste Memutarbali.....
    08/09/2018 | Mohamad Nur Arifin

    KOPI, NTT - Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M di Kupang, Jumat ( 07/09) menjelaskan bahwa apa yang di tuduhkan pada tan [ ... ]



    DAERAHMantri Dadang Berikan Penyuluhan Kepada .....
    31/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Kampar – Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Pembantu Perhentian Raja, Desa Hangtuah, Kabupaten Kampar. Memberikan penyuluhan kepada ibu-i [ ... ]



    PENDIDIKANKabid Paud dan Dikmas Jayapura Meresmika.....
    01/11/2018 | Sem Gombo, S.Kom

    KOPI, Jayapura - Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Kabupaten Jayapura, Milka Hernawati Reba, melakukan kunjungan kerja ke lokasi yang akan dibangun sekola [ ... ]



    EKONOMIMES Aceh Menatap Masa Depan.....
    18/10/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Masyarakat Aceh merasa bersyukur karena sekarang telah hadir di provinsi Aceh kepengurusan MES atau Masyarakat Ekonomi Syariah. Saat ini [ ... ]



    HANKAMDanlanud RHF Pecat Prajurit TNI AU Pra.....
    01/09/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Pulau Batam - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Sugeng Triwardono mengatakan “ Jangan ada pula oknum Tentara “ Separoh Tentara Sepa [ ... ]



    OLAHRAGAIPSI Banda Aceh Target 4 Mendali Emas.....
    09/11/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta,Banyak olahraga yang digemari oleh setiap orang. Salah satunya adalah cabang olahraga pencak silat. Wadah yang menaunggi pencak silat [ ... ]



    PARIWISATAKunjungan Turis Mancanegara ke Riau .....
    04/09/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya, sebut saja namanya Aji Sulung mengatakan “ Program promosi Pariwisata dan event lainnya yang diadakan oleh D [ ... ]



    HUKUM & KRIMINALKetum PPWI: Usut Tuntas Pelaku Pembacoka.....
    23/10/2018 | Wawan Setiawan
    article thumbnail

    KOPI,Serang - Genta Alfiza Putra Aditya Nur atau nama panggilan Adit (15), anak yatim-piatu yang tinggal bersama neneknya di Desa Junti, Kecamatan J [ ... ]



    POLITIKSeorang Anak Petani Tembakau dan Tenun I.....
    19/10/2018 | Anjelino Mali

    KOPI, NTT - Berpenampilan sederhana, tutur kata lembut. Ia pun sangat memberi perhatian dibidang hukum, terutama pada rakyat kecil. Dia adalah sosok D [ ... ]



    OPINIPeran OJK dalam Menciptakan Kondisi yang.....
    10/11/2018 | Harjoni Desky

    KOPI, Jakarta - Salah satu tugas menarik dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah upaya dalam hal melindungi konsumen, dan tugas ini tertuang dalam Un [ ... ]



    ROHANIKanwil Kemenag Riau H. Ahmad Supardi Mut.....
    10/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari, Jumat (05/10) melantik M Nur kholis Setiawan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama [ ... ]



    RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
    05/01/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



    CERPEN & CERBUNGSuami Genjot Pedal Becak, Istri Genjot T.....
    08/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI - Memang tak ada undang-undang yang melarang tukang becak beristri cantik, karena semua itu tergantung rejeki dan kelihaian lobi masing-masing. M [ ... ]



    PUISIMenatap Rasa.....
    07/06/2017 | Mas Ade

    Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



    CURAHAN HATINikki Haley : Negara Arab Hanya Bisa B.....
    22/08/2018 | Didi Rinaldo
    article thumbnail

    KOPI, New York - Adapun dalam Daftar Donatur Anrwa ( yayasan mengurus Pengungsi Palestina) terdapat 11 negara mayoritas Muslim yakni : Arab Saudi, K [ ... ]



    SERBA-SERBIKomunikasi Secara Langsung.....
    23/10/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi d [ ... ]



    Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.