Iklan

29 August 2008|6:20:04AM

English Arabic Chinese (Simplified) Dutch German Japanese Indonesian Thai
LOGIN & KIRIM WARTA

          Login reminder Forgot login? | Register Register
Belum punya akun? Klik Register

Lupa password? Klik Forgot Login?
PEWARTA ONLINE

GELORA SEPEDAJatuh Bangun Nadine Go wes Bersepeda den.....
20/06/2017 | Didi Rinaldo

KOPI, Jakarta – Aktris Nadine Chandrawinata menyukai olahraga seperti  Renang, Menyelam, Senam serta olahraga baru yang kini Ia geluti yakni bersepeda. Ditemui di acara Polygon Follow Your Own P [ ... ]



    POLLING WARGA
    Menurut Anda, program apa yang seharusnya menjadi prioritas PPWI saat ini?
     

    Memperkuat Peran Tiga Pilar Utama Pendidikan

    KOPI - “Pendidikan merupakan alat yang memiliki tenaga untuk mengubah dunia” ini salah satu mutiara terkait dengan pentingnya pendidikan. Dari kata mutiara singkat ini memperlihatkan begitu pentingnya keberadaan pendidikan tersebut, bukan saja untuk memberi perubahan kepada satu individu, tetapi pengaruh dari kekuatan pendidikan tersebut dapat merubah dunia. Sebagai contohnya, pendidikan tidak semata-mata untuk membuat manusia menjadi bijak dan pinter, tetapi dengan konsep pendidikan yang benar, maka dunia dapat maju dan beradab.

    Lihat, perkembangan teknologi akhir-akhir ini, dimana dulu manusia hanya bisa bermimpi untuk sekedar pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, tetapi sekarang dengan kemajuan pendidikan, manusia bisa berpindah secara massal melalui kemajuan transportasi darat, laut dan udara. Inilah beberapa bukti bahwa pendidikan itu sebagai alat yang mampu mengubah dunia.

    Lalu timbul pertanyaan besar, mengapa pendidikan sangat penting bagi sebuah bangsa seperti Indonesia? Tidak lain, karena pendidikan menjadi salah satu barometer atau ukuran dari kemajuan negara. Negara akan dikatakan maju apabila pendidikan di negara tersebut berkembang pesat dan memadai. Dengan pendidikan kita bisa mengetahui banyak hal. Melalui pendidikan juga kita bisa meningkatkan potensi diri dan cara berfikir kita.

    Menurut Imam Syafi’í , dikatakan, “kalau mau bahagia didunia haruslah dengan ilmu , kalau mau bahagia di akhirat juga dengan ilmu” (Lihat, Imam an-Nawawi asy-Syafi’iy dalam al-Majmu syarh al-Muhadzab juz 1 hal 20, juga Imam as-Syarbini as-Syafi’iy dalam Mughni al-Muhtaj hal.31). Di sini ditekankan bahwa ilmu itu sangat penting dan utama, bahkan orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain, lebih tinggi kedudukannya.

    Salah satu cara untuk mendapatankan ilmu adalah melalui pendidikan. Namun, ironis bila kita melihat posisi peringat pendidikan Indonesia, kita kan menemukan peringkat pendidikan Indonesia di dunia masih rendah, bahkan bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia dan Singgapora, peringkat pendidikan Indonesia masih di bawah negara-negara tersebut. Kondisi tersebut sebenarnya tidak perlu disedihkan, tetapi sebaliknya menjadi motivasi bagi bangsa Indonesia untuk menyelesaikan problem pendidikan yang terjadi selama ini.

    Ada banyak permasalahan pendidikan yang “menyelimuti” bangsa Indonesia, mulai dari permasalahan ketimpangan sarana dan prasarana fisik sekolah, kekurangan dan pemerataan guru (Mulkeen dan Chen, 2008), kemiskinan dan faktor latar belakang pendidikan orang tua murid (Flora et al., 2003). Adanya sikap metrosentrik guru di daerah terpencil (Campbell dan Yates,2011). Belum lagi, masih banyaknya siswa di pedesaan kurang termotivasi belajar (Stewart, Abbot-Chapman, (2011), dan Singh et al. (2010)). Banyaknya guru dan siswa yang tinggal jauh dari lokasi sekolah (hasil penelitian Adlim, Helida Gusti, Zulfadli, 2016). Adanya aturan-aturan konvensional yang masih berlaku di masyarakat pinggiran, struktur sosial, beban ekonomi, dan perkara gender, semua itu turut menghambat pendidikan di daerah pinggiran (tirto.id – Pendidikan, 2012).

    Memperkuat Peran Tiga Pilar Utama Pendidikan

    Begitu banyaknya permasalahan yang terjadi (sesuai dengan paparan sebelumnya), maka sudah sepantasnya kondisi dan situasi tersebut, menyadarkan seluruh eleman bangsa bahwa untuk membuat pendidikan Indonesia maju dan sejajar dengan pendidikan negara lain harus diwujudkan dengan usaha keras, komitmen tinggi, kerjasama yang kokoh, saling isi mengisi peran, dan saling menguatkan satu sama lainnya.

    Pendidikan secara sederhana merupakan usaha yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah (sekolah) melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.

    Dari pengertian di atas mengungkapkan beberapa hal penting, diantara: pertama, pendidikan sangat penting dalam memajukan negara; kedua, pendidikan juga penting dalam proses pembangunan negara yang lebih maju; dan ketiga, untuk mencapai kemajuan pendidikan tersebut, minimal ditentukan melalui sinergitas dari tiga pilar utama pendidikan, yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan masyarakat.

    Penguatan tiga pilar utama pendidikan ini harus dilakukan dalam berbagai ragam dan pola hubungan sinergitas. Kita beruntung kesadaran akan peran penting dari masyarakat dan keluarga bagi pendidikan peserta didik sangat dirasakan pemerintah, yaitu melalui Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, masyarakat dan orang tua siswa didorong untuk telibat aktif dalam peningkatan mutu layanan pendidikan sebagai bagian dari Tri Pusat Pendidikan.

    Hubungan tiga pilar utama pendidikan ini harus diikat dengan tali kasih sayang, hubungan sejajar dan saling isi-mengisi peran. Lingkungan keluarga harus menyadari bahwa tugas utama dalam mendidik anak ada dalam lingkungan keluarga. Lalu dengan kesadaran ini pihak keluarga harus berperan aktif dalam melakukan upaya pendidikan tersebut. Tidak semata-mata melepaskan tanggung jawab begitu saja kepada pihak sekolah karena sudah membayar uang sekolah, komite atau lainnya.

    Demikian jugas pihak sekolah harus menyadari bahwa sekolah merupakan lembaga yang diamanahkan oleh keluarga peserta didik, dan negara untuk mencertaskan anak bangsa, pemimpin-pemimpin masa depan bangsa Indonesia. Sehingga dengan dasar kesadaran ini, para guru tentunya akan lebih semangat, komitmen dan kontiniu untuk menemukan inovasi baru dalam melakukan proses pendidikan dan pengajaran.

    Masyarakat juga memiliki peran yang tidak kalah penting. Lingkungan masyarakat sebagai lingkungan terbesar dari keluarga dan sekolah, tempat dimana para peserta didik akan dikembalikan. Lingkungan masyarakat memiliki pengaruh besar dalam proses pendidikan dan pengajaran. Alangkah bangganya lingkungan yang memiliki anak-anak (masyarakatnya) unggul, cerdas dan santun. Alangkah senangnya lingkungan tersebut yang memiliki sekolah (favorit). Kondisi-kondisi seperti ini, tentu saja akan mempengaruhi dan menggerakkan bidang-bidang lain, misalnya ekonomi masyarakat setempat, strata sosial dan pendidikan masyarakatnya secara umum.

    Harmonisasi dari pelaku utama pendidikan, yaitu: lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan masyarakat, harus dilakukan untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Saling isi-mengisi peran, harus diwujudkan secara sungguh-sungguh dan kontiniu, karena akan menimbulkan banyak manfaat. Baik manfaat dalam jangka pendek (mencerdaskan anak bangsa), maupun dalam jangka panjang, demi mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia. Semoga.


    Artikel Lainnya:
    Artikel Lainnya:

     

    Pengamat : Beranikah KPK Tangkap dan Penjarakan James Riady Owner Lippo Grup (II)
    Jumat, 02 November 2018

    KOPI, Jakarta – Kini heboh pula pembangunan perumahaan kota Meikarta melibatkan grup Lippo. Apakah nasib James Riady berakhir dalam Hotel Prodeo” Cakap Pengamat Ekonomi dan Politik Indonesia singkatan dari (Pepi). Banyak yang terkejut ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menggeledah rumah dan apartemen big boss Lippo Group James Riady. Bahwa Lippo group beberapa kali kedapatan melakukan suap untuk melancarkan proyek dan bisnisnya, itu... Baca selengkapnya...

    Brigjen Pol Dr. Victor Pudjiadi Adakan Penyuluhan Anti Penyalahgunaan Narkoba di SMK Kansai
    Rabu, 31 Oktober 2018

    KOPI, PEKANBARU - Penyuluh Anti Penyalahgunaan Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat, Brigjen Pol Dr. Victor Pudjiadi, SpB, FICS, DFM, melakukan kunjungan kerja ke SMK Kansai Pekanbaru, 29 Oktober 2018. Di Sekolah Menengah Kejuruan yang beralamat di Jl. Damai Ujung No. 120 Panam, Pekanbaru, Riau itu, Polisi berbintang satu ini berkenan memberikan penyuluhan anti penyalahgunaan narkoba bagi 300-an siswa SMK Kansai Pekanbaru. Hadir... Baca selengkapnya...

    Dr. Victor Pudjiadi Gegerkan Pekanbaru di Acara 90 Tahun Sumpah Pemuda
    Rabu, 31 Oktober 2018

    KOPI, PEKANBARU - Seorang warga peserta Gerak Jalan Sehat di area Car Free Day (CFD), Jl. Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, tiba-tiba lunglai dengan leher dan kepalanya terjatuh ke samping akibat tertusuk pisau sepanjang 40-an centimeter yang ditancapkan Dr. Victor Pudjiadi, Minggu (28/10/2018). Kejadian tidak terduga tersebut berlangsung sangat cepat, membuat seluruh penonton tercekat, bengong, dan merasa khawatir. "Waduh, di luar skenario... Baca selengkapnya...

    Anak Ketua PPWI Banten Dibacok Oknum Siswa SMK Prestek Cikande, Ketum PPWI: Usut Tuntas Pelakunya!
    Selasa, 23 Oktober 2018

    KOPI, Serang, Banten - Genta Alfiza Putra Aditya Nur atau nama panggilan Adit (15), anak yatim-piatu yang tinggal bersama neneknya di Desa Junti, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten harus menjalani operasi bedah dan rawat inap di Rumah Sakit Rangkas akibat terkena bacokan clurit di pinggang bagian atas, 16 Oktober 2018 lalu. Kejadian naas pembacokan terhadap siswa kelas IX di SMPN 2 Jawilan itu, terjadi pada hari Selasa, 16 Oktober 2018,... Baca selengkapnya...

    Rhido Slank Apresiasi Aksi Pemuda Tapung Peduli Palu
    Senin, 22 Oktober 2018

    Tapung, 21/10/2018 - Live Band Accaustic penggalangan dana untuk para korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng) oleh pemuda Tapung dengan tema " Tapung Peduli Palu " yang berlokasi di lapangan parkir Kopi Ateng berakhir ceria. Pasalnya, panitia dan penonton dikejutkan  kehadiran salah satu personil Band papan atas. Yaitu Rhido SLANK dan istrinya yang kebetulan ada agenda di Pekanbaru kota. Kedatangan mereka berkat kordinasi... Baca selengkapnya...

    Peduli Bencana Sulawesi Tengah, Forum Agen 46 Indonesia Kirim Bantuan
    Minggu, 21 Oktober 2018

    KOPI - Sulawesi Tengah (21/10) - Bencana Gempa dan Tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah mendatangkan duka mendalam, kehilangan dan penderitaan bagi masyarakat yang mengalaminya. Sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban, Forum Agen BNI 46 Indonesia yang merupakan perkumpulan Agen BNI yang merupakan Mitra Kerja Bank BNI tersebar di berbagai Provinsi di Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan... Baca selengkapnya...

    Seluruh Kepala Daerah di Riau Deklarasikan Dukung Pasangan Capres dan Wapres Jokowi- Maruf Amin
    Kamis, 11 Oktober 2018

    KOPI, Pekanbaru- Dua belas orang Kepala daerah dari Gubernur, Walikota, Bupati se Riau Deklarasikan dukung Relawan Projo. Sembilan Kepala Daerah hadir saat deklarasi bertempat di hotel Aryaduta Pekanbaru, Rabu 10 Oktober 2018 untuk mendukung relawan Projo pasangan calon presiden dan wakil presiden Republik Indonesia Jokowi-Ma'ruf Amin. Bupati yang hadir saat itu Bupati kepulauan Meranti Irwan Nasir, Walikota  Zulkifli, Mursini Bupati... Baca selengkapnya...

    INTERNASIONALAnggota Parlemen Timor Leste Memutarbali.....
    08/09/2018 | Mohamad Nur Arifin

    KOPI, NTT - Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M di Kupang, Jumat ( 07/09) menjelaskan bahwa apa yang di tuduhkan pada tan [ ... ]



    DAERAHMantri Dadang Berikan Penyuluhan Kepada .....
    31/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Kampar – Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Pembantu Perhentian Raja, Desa Hangtuah, Kabupaten Kampar. Memberikan penyuluhan kepada ibu-i [ ... ]



    PENDIDIKANKabid Paud dan Dikmas Jayapura Meresmika.....
    01/11/2018 | Sem Gombo, S.Kom

    KOPI, Jayapura - Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Kabupaten Jayapura, Milka Hernawati Reba, melakukan kunjungan kerja ke lokasi yang akan dibangun sekola [ ... ]



    EKONOMIMES Aceh Menatap Masa Depan.....
    18/10/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Masyarakat Aceh merasa bersyukur karena sekarang telah hadir di provinsi Aceh kepengurusan MES atau Masyarakat Ekonomi Syariah. Saat ini [ ... ]



    HANKAMDanlanud RHF Pecat Prajurit TNI AU Pra.....
    01/09/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Pulau Batam - Ditempat kerjanya , sebut saja namanya Sugeng Triwardono mengatakan “ Jangan ada pula oknum Tentara “ Separoh Tentara Sepa [ ... ]



    OLAHRAGAIPSI Banda Aceh Target 4 Mendali Emas.....
    09/11/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta,Banyak olahraga yang digemari oleh setiap orang. Salah satunya adalah cabang olahraga pencak silat. Wadah yang menaunggi pencak silat [ ... ]



    PARIWISATAKunjungan Turis Mancanegara ke Riau .....
    04/09/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Pekanbaru – Ditempat kerjanya, sebut saja namanya Aji Sulung mengatakan “ Program promosi Pariwisata dan event lainnya yang diadakan oleh D [ ... ]



    HUKUM & KRIMINALKetum PPWI: Usut Tuntas Pelaku Pembacoka.....
    23/10/2018 | Wawan Setiawan
    article thumbnail

    KOPI,Serang - Genta Alfiza Putra Aditya Nur atau nama panggilan Adit (15), anak yatim-piatu yang tinggal bersama neneknya di Desa Junti, Kecamatan J [ ... ]



    POLITIKSeorang Anak Petani Tembakau dan Tenun I.....
    19/10/2018 | Anjelino Mali

    KOPI, NTT - Berpenampilan sederhana, tutur kata lembut. Ia pun sangat memberi perhatian dibidang hukum, terutama pada rakyat kecil. Dia adalah sosok D [ ... ]



    OPINIPeran OJK dalam Menciptakan Kondisi yang.....
    10/11/2018 | Harjoni Desky

    KOPI, Jakarta - Salah satu tugas menarik dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah upaya dalam hal melindungi konsumen, dan tugas ini tertuang dalam Un [ ... ]



    ROHANIKanwil Kemenag Riau H. Ahmad Supardi Mut.....
    10/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hari, Jumat (05/10) melantik M Nur kholis Setiawan sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Agama [ ... ]



    RESENSIHeboh Buku Fire and Furry Ungkap “ D.....
    05/01/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI, Washington DC- Heboh buku Fire and Fury ungkap “Dapur Gedung Putih” Menjelang Pemilu Pilres Amerika Serikat . Dilansir dari The Guardian, R [ ... ]



    CERPEN & CERBUNGSuami Genjot Pedal Becak, Istri Genjot T.....
    08/10/2018 | Didi Rinaldo

    KOPI - Memang tak ada undang-undang yang melarang tukang becak beristri cantik, karena semua itu tergantung rejeki dan kelihaian lobi masing-masing. M [ ... ]



    PUISIMenatap Rasa.....
    07/06/2017 | Mas Ade

    Masih di bulan Juni Angin mendatangi jendelaku Bisikkan rindu yang basah Oleh hujan bulan Mei Meski embun tetap nyenyak dalam tidurnya Mendekap s [ ... ]



    CURAHAN HATINikki Haley : Negara Arab Hanya Bisa B.....
    22/08/2018 | Didi Rinaldo
    article thumbnail

    KOPI, New York - Adapun dalam Daftar Donatur Anrwa ( yayasan mengurus Pengungsi Palestina) terdapat 11 negara mayoritas Muslim yakni : Arab Saudi, K [ ... ]



    SERBA-SERBIKomunikasi Secara Langsung.....
    23/10/2018 | Rachmad Yuliadi Nasir

    KOPI-Jakarta, Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi d [ ... ]



    Copyright © 2008-2013 Pewarta Indonesia. All Rights Reserved.